cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
glorespublication@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Irajagaddhita : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29866006     DOI : https://doi.org/10.59996
Irajagaddhita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat focuses on studies and reports on community service in the social sector. The scope of Irajagaddhita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat includes education, religion, law, economics, culture, humanities and various social issues. 
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): Irajagaddhita : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat" : 5 Documents clear
Penguatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Polengan, Srumbung, Kabupaten Magelang Berbasis DESTANA Septiani, Yustirania; Khabibah, Nibras Anny; Sugiharti, Rr. Retno; Ayuningtyas, Andini
Irajagaddhita Vol. 2 No. 1 (2024): Irajagaddhita : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v2i1.353

Abstract

Penguatan Kapasitas LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) Desa Polengan Kec. Srumbung berbasis DESTANA ini bertujuan untuk mensosialisasikan suatu metode atau cara untuk menanggulangi bencana yang mungkin bisa terjadi pada masyarakat di Desa Polengan. Karena Desa Polengan merupakan kumpulan pedukuhan yang terletak di kaki Gunung Merapi sebelah barat, kira-kira berada pada radius 11 Km dari puncak gunung. Sehingga menjadi Wilayah yang termasuk kawasan rawan bencana (KRB) III,. Kerawanan terutama terkait gunung berapi, wilayah KRB III (merah) yang merupakan kawasan yang sering terlanda awan panas, aliran lava, lontaran bom vulkanik, gas beracun maupun guguran batu (pijar).  Adapun cara yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat menuju siaga bencana adalah dengan memperkuat kapasitasnya dalam hal Tanggap darurat yakni serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan (penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan berupa metode penyuluhan dengan menggandeng  Pemerintah desa Polengan , dan BPBD Kab. Magelang sebagai Narasumber, yang mengisi Kepala Pelaksana BPBD Kab. Magelang Edy Wasono, S.H beserta jajarannya. Sehingga LPBD Polengan mampu menjadi garda terdepan Ketika terjadi bencana terutama terkait gunung berapi dan kedepan mampu menginisiasi menjadi DESA TANGGAP BENCANA (DESTANA) di Desa Polengan, Srumbung, Muntilan Kabupaten Magelang.
Edukasi Peningkatan Kesadaran Berhijab dalam Aktivitas Olahraga Risdiani; Setianto, Gigih; Kamal, Aisyah Dzil; Risqiana, Fina
Irajagaddhita Vol. 2 No. 1 (2024): Irajagaddhita : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v2i1.557

Abstract

Mengenakan hijab merupakan kewajiban dan komitmen bagi seorang muslimah untuk menaati ajaran agama Islam. Berhijab bukan merupakan penghalang bagi para muslimah untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk olah raga. Tujuan utama olahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh. Untuk itu seorang muslimah dapat memilih pakaian olahraga sesuai ketentuan syariat Islam antara lain menutup aurat, tidak tipis dan tidak ketat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pemakaian hijab bagi muslimah dalam berolahraga bagi para pimpinan dan anggota Aisyiyah cabang Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Sebelum sesi edukasi dimulai, pengabdi melakukan kegiatan pre test untuk mengetahui pengetahuan awal dan pemahaman peserta terhadap materi edukasi, dan sesudahnya dilakukan post test. Metode yang digunakan adalah bentuk kegiatan berupa edukasi. Hasil pre test pengetahuan dari 28 peserta menunjukkan peserta memiliki pengetahuan rendah 21,4%, sedang 57,1%, dan tinggi 21,4%. Setelah dilaksanakan edukasi dan dilakukan post test, 64,1% sedang dan 35,7% berpengetahuan tinggi. Sedangkan pencapaian pemahaman pada saat pre test menunjukkan 7,1% peserta cukup memahami, 50% paham, dan 42,9% sangat paham. Sesudah dilaksanakan post test menunjukkan 7,1% paham dan 92,9% sangat memahami materi edukasi. Berdasar hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh positif pemberian edukasi tentang berhijab dalam aktivitas olahraga dengan p value 0,000 < 0,05.
Pelatihan Digital Entrepreneur (Digipreneur) pada Pemuda Muhammadiyah Pemalang Effendi, Bahtiar; Adinugraha, Hendri Hermawan; Adiwinarto, Wahid Wachyu; Mubtadi, Novendi Arkham
Irajagaddhita Vol. 2 No. 1 (2024): Irajagaddhita : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v2i1.570

Abstract

Problem yang menjadi bahasan utama dalam kegiatan pengabdian ini adalah minimnya edukasi yang diperoleh Pemuda Muhammadiyah dalam mengembangan usaha yang ditekuni anggotanya. Karenanya kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan meningkatkan jiwa kewirausahaan di Pemuda Muhammadiyah Pemalang. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah Pemuda Muhammadiyah yang ada di Pemalang yang berjumlah 50 orang. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan menggunakan pendekatan pelatihan serta mengkombinasikan dengan diskusi dan praktik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta bisa mengikuti tahapan-tahapan pelatihan digipreneur dengan baik. Melalui pelatihan digipreneur peserta mengetahui mengenai dasar-dasar memulai menjadi pengusaha di dunia digital seperti melakukan riset pasar-pasar potensial yang ada di internet, melakukan setting media sosial agar lebih banyak dikunjungi dan menarik minat pengunjung, kemudian juga melalui praktik secara langsung peserta bisa menggunakan media sosial yang mereka miliki untuk lebih fokus pada pencapaian target-target penjualan melalui promosi dan penawaran online dengan menggunakan flyer promosi yang menarik.
Pendampingan Promosi Kerupuk Eyek-Eyek Melalui Pemasangan Banner: Studi Kasus UMKM di Desa Argopeni, Tanggamus, Lampung Sari, Mutiara; Vabila, Intan Nia Siti; Meisyah, Nur Putri; Putra, Joe Bethrand Andi; Suryadin, Achmad Rizky; Febiana, Putri; Mardhiah, Mardhiah; Rahmita, Rahmita
Irajagaddhita Vol. 2 No. 1 (2024): Irajagaddhita : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v2i1.602

Abstract

UMKM makanan tradisional yang menjadi ciri khas di Desa Argopeni adalah kerupuk eyek-eyek, namun kondisinya belum memiliki nama produk atau branding produk dan promosi yang dilakukan masih tradisional, sehingga akses pasar dan visibilitas menjadi terbatas. Kegiatan pendampingan masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Lampung bertujuan untuk membantu UMKM kerupuk eyek-eyek di Desa Argopeni dalam mempromosikan produk mereka. Pengabdian ini menggunakan metode tahapan pelaksanaan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan pemasaran yang dihadapi UMKM kerupuk eyek-eyek di Desa Argopeni melalui pemasangan banner sebagai media promosi sekaligus pemberian nama produk “Eyek-Eyek Endulita”. Hasil pemantauan setelah pemasangan banner di rumah produksi kerupuk eyek-eyek telah memberikan dampak positif bagi UMKM kerupuk eyek-eyek, terlihat adanya peningkatan perhatian dari masyarakat sekitar sehingga memudahkan konsumen untuk membeli langsung di rumah produksi. Kegiatan pendampingan promosi kerupuk eyek-eyek melalui pemasangan banner telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman tentang nama produk atau branding produk dan promosi yang efektif sehingga dapat membuka akses pasar lebih luas dan meningkatkan visibilitas UMKM di Desa Argopeni.
Pelatihan Branding Produk dan Strategi Konten Kreator Instagram untuk UMKM di Desa Gadingrejo-Juwana-Pati Luthfi, M.; Kurniawan, Fajar Adhi; Nashiruddin, Ahmad; Mu’ad, Ahmad
Irajagaddhita Vol. 2 No. 1 (2024): Irajagaddhita : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/irajagaddhita.v2i1.605

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah membekali pelaku UMKM di Desa Gadingrejo tentang pentingnya branding produk yang kuat serta strategi membuat konten media sosial Instagram yang efektif. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 26 peserta yang mayoritas bergerak bada bidang makanan olahan. Pengabdian ini menggunakan pendekatan ABCD. Pendekatan ABCD adalah sebuah paradigma yang menekankan pentingnya mengenali dan mengembangkan aset, potensi, dan kekuatan yang dimiliki oleh komunitas. Dalam pengabdian ini dilakukan dengan empat langkah yaitu discovery, dream, design dan destiny. Hasil pelatihan ini menunjukkan jika semula para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya masih sangat tradisional hanya sebatas membuat produk dan memasarkannya secara terbatas lokal desa. Setelah mengikuti pelatihan muncul semangat baru dan optimisme dalam membesarkan usaha UMKM yang mereka jalankan. Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan karena wawasan mereka terbuka dan timbul optimisme untuk membesarkan branding produk dan jangkauan pemasaran sehingga dapat meningkatkan omset pendapatan mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 5