cover
Contact Name
Qholiva Yuni Fadilla
Contact Email
qholiva.yuni.fadilla@umy.ac.id
Phone
+6282323199490
Journal Mail Official
audiens.ik@umy.ac.id
Editorial Address
Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Audiens
ISSN : -     EISSN : 27224856     DOI : https://doi.org/10.18196/jas
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, Disaster Communications, Sport Communication 4. Political Communication, Political Marketing 5. Multiculturalism, Islam and Communication
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): September" : 15 Documents clear
Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan Thermolyte Plus Salsabila Aulia Putri; Arinda Novitasari; Hasna Arsita Khoirunnisa
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11627

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah kompleksitasnya mengenai standar kecantikan pada sosok perempuan. Perempuan yang ditunjang memiliki visual yang sempurna menjadi suatu tuntutan dalam perempuan untuk menampilkan sosok dirinya. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan mengenai tubuh ideal perempuan yang terdapat pada iklan Thermolyte Plus. Tubuh ideal perempuan sering kali direpresentasikan media massa dengan makna yang berbeda, dimana makna tersebut berbeda dengan makna sebenarnya tentang tubuh ideal pada perempuan. Kesepakatan yang terjadi dimasyarakat membuat adanya persepsi akan makna tubuh ideal perempuan sesuai dengan apa yang media tampilkan. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian kritis dan juga menggunakan metode semiotika untuk menganalisis objek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu iklan Thermolyte Plus merepresentasikan bahwa sosok perempuan ideal wajib memiliki tubuh yang langsing tanpa lemak berlebih karena dengan tubuh langsing tersebut akan membuat perempuan percaya diri untuk tampil.
YouTube Approach Sebagai Media Pembelajaran Komunikasi Digital Preschool di Masa Pandemi Covid-19 Fathimah Aqilah; Mega Ardina
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11863

Abstract

Media sosial memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain dan mendapatkan informasi dari berbagai bidang seperti politik, sosial, ekonomi, kesehatan, bahkan pendidikan. Pada pergantian tahun 2019 hingga 2020, aktivitas manusia dilakukan secara online akibat munculnya penyakit virus corona (Covid-19). Pembelajaran juga dilakukan dengan menggunakan metode online atau online agar proses belajar mengajar tetap berjalan. Peschool SC Club menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran di masa pandemi. Kemandirian anak tetap menjadi prioritas utama dan peran YouTube sangat penting sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penting YouTube terhadap kemandirian anak di PAUD SC Club Wonosobo. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, menyajikan dan mengetahui secara mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi penelitian. Pengumpulan data diperoleh dari observasi ke lokasi penelitian, serta wawancara dengan beberapa orang tua dan guru SC Klab. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan youtube terhadap kemandirian anak dipengaruhi oleh rasa percaya diri anak prasekolah seperti yang ditunjukkan dengan tampil di depan umum sejak dini tingkat kreativitas anak prasekolah meningkat yang ditunjukkan dengan menuangkan ide kreatifnya ke dalam tugas, penyampaian materi melalui youtube dengan cara yang menarik memberikan motivasi untuk giat belajar yang ditunjukkan dengan kesiapan anak setiap kali pembelajaran dimulai , anak-anak prasekolah dapat beradaptasi dengan pembelajaran online/menggunakan youtube yang ditunjukkan dengan antusiasme anak-anak saat pembelajaran berlangsung.
An Analysis of the Themes of Refuting Rumors on China's Sina Weibo During the Period of Covid-19 Difan Guo
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11909

Abstract

From the end of 2019 to 2020, there were countless rumors on the Internet related to COVID-19 during the viral epidemic. This study analyzed how government Weibo, the official news release channel of government social media, refuted rumors on China's leading social media platform Sina Weibo during the COVID-19 pandemic outbreak in China. This study used the LDA topic model to model the Weibo text topic and obtain the topics of the rumors that the government Weibo defied. This study find that the five main topics of rumors presented in the anti-rumor Weibo are highly related to the operation of the social system, disease prevention and treatment, and social security.
Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan Marjan Edisi Bulan Ramadhan M. Alqodri Ramadhan; Revi Yudhistira; Hizwa Naufal Muhammadi
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11652

Abstract

Pada era sekarang, agama tidak terlepas dari komodifikasi. Perubahan paradigma dari agama yang mengatur kehidupan manusia yang disampaikan melalui dakwah di dalam masjid kini mulai berpindah pada budaya kapital komodifikasi melalui iklan di media televisi. Dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini berusaha mengungkap makna denotasi, konotasi serta mitos yang dibangun dalam iklan komersial televisi sirup Marjan edisi ramadhan. Peneliti mencoba menjelaskan hubungan antara penanda, petanda, dan tanda dalam berbagai teks (audio visual), yang membentuk mitos, hingga melanggengkan praktik komodifikasi agama. Adapun hasil dari pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan pembuat iklan adalah untuk mengajak masyarakat/konsumen agar menggunakan produk sirup Marjan. Melalui penggunaan visual tanda-tanda keagamaan, menjadi sesuatu yang mutlak untuk mendapatkan empati dan simpati khalayak untuk membeli dan menggunakan produk sirup Marjan. Peneliti menyadari bahwa konsep semiotika yang bekerja pada proses penanda, petanda, dan tanda, menemukan mitos-mitos untuk melanggengkan sistem ideologi konsumtif dan kapitalisme, berbungkus nilai-nilai sakral ajaran agama.
Manajemen Produksi dan Siaran Streaming Ikom Radio Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19 Diego Lamone; Muhammad Fahdil Santoso; Muhammad Faruq Al Farisi
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11757

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya situasi pandemic Covid-19 yang membuat keadaan saat ini menjadi tidak normal dan membuat hampir semua kegiatan dilakukan dengan cara yang baru untuk dapat beradaptasi dengan situasi tidak normal ini. Dengan proses manajemen produksi yang baik, Ikom Radio dapat melakukan siaran streaming untuk dapat beradaptasi dengan situasi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses manajemen produksi siaran streaming Ikom Radio di masa pandemic Covid-19. Dalam penelitian ini membahas tentang manajemen Ikom Radio, segmentasi Ikom Radio dan proses produksi siaran streaming Ikom Radio selama pandemi Covid-19. Bahwasanya manajemen dari Ikom Radio berjalan baik dan lancar sehingga dapat bertahan di situasi pandemi dengan membuat program streaming yang khususnya ditargetkan kepada mahasiswa FISIPOL Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Vlog: A New Communication Practice in Post Pandemic Hong Lin Liu
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11910

Abstract

The COVID-19 epidemic has triggered a large-scale global transmission event, and Vlog has emerged from many transmission media. It quickly adapts to the new trend of online social media during the epidemic, and represents the new trend of video-based social media. Based on the theoretical basis of user production, this article sorts out the development history of Vlog, lists typical cases of vlog during the epidemic, analyzes the new thinking of social interaction brought about by the spread of vlog, and analyzes the new communication practice in post pandemic.
The Online Social Support of Chinese Fellow Townsman in Post Pandemic Ning Gao
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11911

Abstract

As a kind of disease risk, the global spread of the COVID-19 may just be a microcosm of the global risk society. Affected by the epidemic, people adopt more online virtual connections and have become more dependent on social media. This paper conducted the online social support of Chinese fellow-townsman analysis via conducting online participatory observations on the QQ group of Xinhua immigrants and conducting in-depth interviews with 15 of them. This study found that the social support obtained by the Chinese Fellow Townsman through the Internet interpersonal mutual aid network has made up for the shortcomings of formal social support to a certain extent. In the risk society, it helps individuals get immediate and personalized help. In terms of online social support sources, the Internet social support of Chinese Fellow Townsman mainly comes from bridging social capital. From the perspective of online support content, the online social support of this group is mainly manifested in emotional support, companionship support, and informational support, and the role of tangible support is relatively weak. As to the support effect, through the Online social support from the group, the peers can obtain timely, diverse, and non-redundant information to help them make better decisions. But the ability of interpersonal networks to provide resources is limited. When necessary, we still need social support from the government and other formal organizations.
Relasi Perempuan dan Laki-laki dalam Iklan Teh Sariwangi Anisa Eka Kusuma Dewi; Anika Dwi Kusuma Dewi
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11661

Abstract

Relasi antara perempuan dan laki-laki dalam keluarga merupakan hal yang menarik untuk diteliti mengenai pandangan peran gender dan tugas seorang suami dan istri dari kebanyakan masyarakat terutama di Indonesia sekarang ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana relasi perempuan dan laki-laki dalam iklan teh SariWangi dan melihat kesetaraan gender dalam keharmonisan keluarga? Penelitian ini menggunakan teori maskulinitas dan feminisme dengan menggunakan metode semiotika mengenai produksi sosial makna dari sistem tanda dari pemikir sang pakar bahasa Swiss, Ferdinand de Saussure. Analisis ini dilakukan melalui tanda-tanda iklan dari potongan adegan-adegan tersebut mengenai bagaimana peran gender mempresentasikan tugas dan tanggung jawab dalam keluarga. Berdasarkan hasil analisis, laki-laki mempunyai kendali penuh dalam hal apapun sehingga laki-laki memiliki hak yang dominan dalam keluarga dimana sistem patriakhi sangat kuat dipegang laki-laki sebagai kepala rumahtangga. Dimana yang artinya di dalam keluarga perempuan memiliki hak minoritas yang harus menuruti apapun yang diputuskan oleh suami sebagai kepala keluarga.
Manajemen Produksi Siaran Berita Liputan 6 SCTV Selama Pandemi Covid-19 M. Failasuf Ramadhan; Audrey Vania Zachrani Kinasih; Ditha Aditya Pernikasari
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11780

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adaptasi media penyiaran di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen produksi siaran berita di Liputan 6 SCTV selama pandemi virus Corona seiring adanya kebijakan pembatasan jarak yang terjadi di DKI Jakarta. Selain itu juga, adakah perubahan yang terjadi dalam proses produksi siaran berita di Liputan 6 SCTV. Penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana cara Liputan 6 SCTV sebagai salah satu program dari industri media dalam beradaptasi selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumen, arsip dan beberapa kasus. Berdasarkan hasil analisis, awalnya dalam peliputan berita, reporter melakukan wawancara dilakukan secara langsung dengan narasumber. Namun, selama pandemi Covid-19 wawancara dilakukan dengan menggunakan perantara media conference seperti zoom, skype, dan lainnya. Apabila kegiatan liputan diperuntukkan di daerah zona merah maka liputan dilakukan dengan jarak 100 meter memanfaatkan perantara dari narasumber yang tinggal di daerah tersebut untuk mendapatkan informasi yang akurat.
The Digital Heritage of Covid-19 's Governance: How to Upgrade and Use the "Health Code" in the Post-Epidemic Era Wu Siqi; Wu Yi
Jurnal Audiens Vol. 2 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jas.v2i2.11912

Abstract

The outbreak of Covid-19 accelerated the practice of digital survival, and the "health code" launched based on the needs of epidemic prevention and control has become the representative of digital survival media, which is jointly built by science and technology enterprises and government departments. it has realized the full-state use in China, and accumulated long-term digital survival experience for the country, enterprises and individuals. At the same time, there are some media ethical problems in the use of Health Code, such as distinguishing users, leaking information, imprisoning the body and leading to the lack of subjects. In order to resolve the risk, we should re-examine the relationship between people and the media from the perspective of the subject, treat "health code" as a digital projection of personal health, and regain the service principle of digital technology. Humanize the "health code" and other digital media.

Page 1 of 2 | Total Record : 15