cover
Contact Name
Heryenzus
Contact Email
heryenzus@indobarunasional.ac.id
Phone
+6281363711800
Journal Mail Official
heryenzus@indobarunasional.ac.id
Editorial Address
Komplek Mitra Mas Blok C no. 11-18 Jl. Dang Merdu, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen
ISSN : 23381523     EISSN : 2541576X     DOI : https://doi.org/10.47024/js.v9i3
Jurnal ini merupakan sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinil yang berhubungan dengan sistem informasi dan komunikasi, sistem komputer, manajemen informatika serta bidang-bidang terkait lainnya. Adapun ruang lingkup jurnal JURSIMA ini meliputi: Manajemen E-Business dan E-Commerce Sistem Informasi Bisnis Digital Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Jaringan komputer dan komunikasi data (Computer network and data communication) Kewirausahaan Pembelajaran berbasis komputer Sistem pendukung keputusan Sistem Informasi Akuntansi dan Manajemen
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019" : 8 Documents clear
SISTEM PAKAR PENDIAKNOSAAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN TEH MENGGUNAKAN METODE CASE-BASED REASONING BERBASIS ANDROID Agus Suryadi
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v7i2.168

Abstract

Perancangan aplikasi android Case-based rasoning (CBR)  merupakan metode yang di gunakan untuk membangun sebuah sistem berbasis pengetahuan.Sumber pengetahuan sistem di peroleh dengan mengumpulkan penanganan kasus-kasus oleh seorang ahli atau pakar. Dalam penelitian ini peneliti membuat atau menganalisa penyakit Tanaman Teh melalui gejala-gejala yang dialami oleh Tanaman tersebut sehingga dapat membantu seseorang atau petani dalam mendiagnosa jenis penyakit dan hama tanaman teh berdasarkan gejala-gejalanya.Keuntungan dengan penerapan metode ini adalah petani tidak perlu menanyakan gejala dan penyakit pada seorang pakar.Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan petani untuk mengenali jenis hama dan penyakit pada tanaman teh dan juga aplikasi ini terdapat perhitungan dengan jelas mengenai hama dan penyakit tanaman teh.
PENGELOLAAN ADMINISTRASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR UNIT KERJA BAAK BERBASIS WEB indah kusuma dewi
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v7i2.172

Abstract

Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Batam yang bertempat di Lubuk Baja. Pada STT Ibnu Sina Batam ada Bagian Administrasi Akademik (BAAK) yang menangani Persuratan yang membutuhkan data cepat dan tepat. Dalam pengelolaan surat masuk dan keluar di instansi ini masih menggunakan sistem manual sehingga prosesnya masih lambat dan kurang terjamin ketepatannya. Oleh karena itu untuk mendapatkan semua itu membutuhkan Sistem Pengelolaan Terkomputerisasi yang cepat dan tepat. Sistem Terkomputerisasi ini mengacu pada kegiatan Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar. Sistem ini dibuat dengan sistem satu user dan menggunakan program PHP dan MySQL. Dari Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Unit BAAK STT Ibnu Sina yang dibuat, diharapkan mampu menghasilkan data yang tepat dan sesuai kebutuhan.
METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PEMILIHAN BUDIDAYA IKAN LAUT (STUDI KASUS PADA BALAI PERIKANAN BUDIDAYA LAUT (BPBL) BATAM) Zainul Munir munir
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v7i2.174

Abstract

Sistem  Pendukung  Keputusan  (SPK)  atau  dikenal  dengan  Decision  Support    System  (DSS), pada  tahun  1970-an  sebagai  pengganti  istilah  Management    Information  System  (MIS).  Batam  merupakan  pulau  kaya  raya,  dimana  mempunyai  laut  yang  terdapat  ikan  melimpah ruah.  Penelitian  ini bertujuan  merancang  sistem  penunjang  keputusan  untuk  budidaya  ikan  laut  dengan  pendekatan metode  Analytical  Hierarchy  Process  (AHP),  sehingga  dapat  membantu  nelayan  dalam  memilih ikan  yang  mudah  dibudidayakan. Tahapan  penelitian  ini  yaitu  menetapkan  alternatif-alternatif dan  kriteria  dalam  sebuah  sistem  penunjang  keputusan  untuk  budidaya  ikan  laut. Dalam  hal budidaya  ikan  laut,  ada  beberapa  kriteria  dan  alternatif  agar  menjadi  ekonomis  dan menguntungkan,  antara  lain  kriteria  jenis  ikan  dan  alternatif-alternatif  yaitu  PH  air,  Jumlah Pakan,  Suhu,  dan  luas  keramba. Tahapan  yang  dilakukan  yaitu  menghitung  bobot  kriteria  mencari  normalisasi  matrik  setiap  bobot dan  kriteria,  mengecek  konsistensi  dengan  cara  mengitung  konsistensi  setiap  langkah-langkah yang  akan  dilakukan,  maka  kriteria  atau  jenis  ikan  yang  dibudidaya  akan  mendapatkan  nilai bobot  tertinggi,  selanjutnya  akan  dilakukan  perbandingan  setiap  kriteria  dan  alternatif-alternatif, Hasil  yang  didapatkan  adalah  nilai  bobot  dari    masing-masing  alternatif  yang  dirangking  dari tertinggi  sampai  terendah.  Hasil  nilai  alternatif  budidaya  ikan  yang  telah  diberi  rangking  tersebut dapat  digunakan  sebagai  pendukung  keputusan  dalam  menentukan  budidaya  pemilihan  ikan terbaik  di  Balai  Perikanan  Budidaya  Laut  Batam.
SIMULASI MONTE CARLO UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN Muhamad Apri; Dasril Aldo; Hariselmi Hariselmi
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v7i2.176

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi primadona bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Puskesmas pada suatu kedaan dan waktu tertentu dapat dikunjungi oleh pasien yang datang secara massal dalam waktu bersamaan, menyebabkan aktivitas pelayanan kesehatan menjadi terhambat, terganggu dan kurang optimal. Akibatnya pasien tidak mendapatkan pelayanan secara menyeluruh, bahkan ada pasien yang menunggu terlalu lama dalam antrian. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu dilakukan simulasi untuk memprediksi jumlah kunjungan mungkin terjadi dimasa mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Monte Carlo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada pihak Puskesmas tentang prediksi jumlah kunjungan pasien yang kemunkinan terjadi dimasa akan datang. Data yang digunakan adalah data jumlah kunjungan pasien tahun 2016, 2017 dan 2018 pada Pusekesmas Air haji. Hasil dari penelitian ini adalah prediksi jumlah kunjungan pasien masa akan datang dengan tingkat akurasi rata-rata 91% dan 71 %. Sehingga, informasi ini bisa menjadi rujukan bagi pihak Puskesmas mengambil tindakan dan kebijakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan.
HEDONIC-MOTIVATION SYSTEM: PENGUKURAN INTENSI MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM Suryo Widiantoro; Marfuah Marfuah
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v7i2.179

Abstract

One part of the academic information system at Universal University is a learning management system (LMS) that is used to support learning activities, so this system must be designed to be able to provide convenience for students as the main users. There are intrinsic motivational behaviors that need to be identified as consideration of factors that might have an impact on students' perceptions in their intentions to use a system. The Hedonic-motivation system (HMS) theory emphasized that in order to increase one's intention to use information systems, then the pleasure factor needs to be included along with the usability factor and the ease of use factor. The four HMS variables used in the measurement are ease of use, usability, enjoyment, and intention to use. The measurement results will be obtained dominant influential factors that can be used as a basic guideline in designing system interactions in the form of conceptual designs for the development of LMS at Universal University.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY ( MAUT ) Dasril Aldo; Nursaka Putra; Zainul Munir
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v7i2.180

Abstract

SPK merupakan sistem informasi yang dibangun dalam bentuk interaktif untuk menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data dalam menghasilkan keputusan. Metode MAUT digunakan sebagai peubah dari beberapa kepentingan dalam bentuk nilai numerik yang skala 0-1 nilai 0 mewakili nilai buruk sedangkan 1 nilai terbaik. Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuwan yang mempunyai tugas utama untuk mengembangkan, mentransformasika, dan menyebarluaskan berbagai ilmu pengetahuan  melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Proses evaluasi kinerja dosen adalah kegiatan yang harus dilaakukan secara rutin dilaksanakan pada perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas dosen secara berkelanjutan. Adapun kriteria yang digunakan dalam SPK ini adalah Penguasaan dan Kemampuan dalam menjelaskan, Kemampuan dalam menjawab pertanyaan, Kemampuan dalam memberi motivasi mahasiswa, Kemampuan membuat suasana kelas menyenangkan, Kedisiplinan hadir dalam perkuliahan. Hasil dari penelitian ini berupa bobot score yang dapat menentukan apakan kinerja dari dosen yang dinilai bagus atau tidak
ANALISA SISTEM PAKAR DIAGNOSIS AWAL PENYAKIT AMEBIASIS DENGAN METODE CASE BASED REASONING Dedi Rahman Habibie
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v7i2.181

Abstract

Amebiasis merupakan infeksi parasit pada usus yang disebabkan oleh parasit Entamoebae histolytica. Parasit ini  dapat hidup di dalam atau permukaan kulit manusia yang merupakan gabungan dari beberapa parasit tunggal yang bertekstur seperti jeli. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui informasi mengenai penyakit ini yang mengakibatkan penyakit semakit parah. Metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah case based reasoning yang menggunakan kasus lama sebagai pembelajaran terhadap kasus baru dengan cara mencari nilai kemiripan dari kasus lama. Dengan ada nya sistem pakar yang ini dapat menjadi alat untuk diagnosis awal terhadap penyakit Amebiasis sehingga masyarakat mengetahui langkah yang harus diambil jika terdiagnosis penyakit tersebut.
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA MUSEUM GEOLOGI BANDUNG Intania, Lina; Wardana, Wardana
JURSIMA Vol 7 No 2 (2019): Jursima Vol. 7 No. 2, Tahun 2019
Publisher : INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS INDOBARU NASIONAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47024/js.v12i2.1101

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran berbasis Integrated Marketing Communication (IMC) di Museum Geologi Bandung, dengan fokus pada isu-isu pokok seperti efektivitas promosi digital, keterbatasan anggaran, rendahnya literasi Masyarakat, dan hambatan regulasi pemerintah. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi penerapan IMC dalam meningkatkan kunjungan dan kesadaran Masyarakat terhadap museum sebagai destinasi edukasi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melalui wawancara mendalam dengan staf pemasaran dan pengunjung, observasi, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga strategi utama: (1) segmentasi pasar (demografis, geografis, psikografis, perilaku) dengan target pelajar, mahasiswa, dan wisatawan, (2) brand storytelling via media sosial dan website, serta (3) personalisasi melalui virtual tour dan kolaborasi dengan institusi pendidikan. Museum juga mengimplementasikan elemen IMC seperti iklan digital (Instagram, Tiktok), public relations (survey kepuasan), event marketing (Day & Night at the Museum), dan mobile marketing (WhatsaApp). Kendala utama meliputi anggaran terbatas dan regulasi promosi. Rekomendasi mencakup kolaborasi influencer, pemanfaatan teknologi (augmented reality), dan penguatan direct marketing.

Page 1 of 1 | Total Record : 8