cover
Contact Name
Muhammad Fuad Rasyid
Contact Email
m.fuadrasyid12@gmail.com
Phone
+6289538973171
Journal Mail Official
m.fuadrasyid12@gmail.com
Editorial Address
jl.raya inspeksi kalimalang, cikarang selatan, kab.bekasi Jawa barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. The scopes of the topics include: 1) Indonesian language for foreigners, Indonesian language, Indonesian language teaching; (2) Linguistics; (3) Applied Linguistics, and; (4) Literature Teaching. Articles can be written in English, Indonesian or Malay. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia has been indexed in DOAJ, Google Scholar, BASE (Bielefeld Academic Search Engine), and Sinta (Science and Technology Index).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1: Mei 2016" : 10 Documents clear
ESENSI KONTEMPLATIF DEHUMANISASI PADA SYAIR LAGU IWAN FALS DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR Adi Yudo Hantoro
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11293

Abstract

Syair lagu Iwan Fals ditulis berdasarkan fenomena sosial, melibatkan manusia sebagai objeknya. Beberapa syair lagu Iwan Fals justru memotret dehumanisasi yang dialami masyarakat Indonesia. Esensi dehumanisasi tersebut berpotensi untuk membina jiwa halus, berbudi, dan berbudaya, sehingga dapat dijadikan alternatif bahan pengajaran sastra yang menarik. Penelitian ini mendeskripsikan esensi kontemplasi bentuk dehumanisasi, korelasi bentuk dehumanisasi dengan fenomena sosial, dan desain aplikatif syair yang berkesan dehumanisasi sebagai bahan ajar pembelajaran apresiasi puisi di SMA Program Bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan historis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk dehumanisasi dalam syair lagu Iwan Fals adalah penghilangan nilai-nilai luhur kebenaran, kebaikan, keindahan, dan kesucian manusia serta penistaan terhadap hak-hak asasi manusia. Bentuk dehumanisasi tersebut mengandung esensi manusia pada dasarnya memiliki nilai dan hak yang sama, menempatkan manusia secara asasi sama memperkecil timbulnya ketidakadilan dan kesenjangan. Syair lagu Iwan Fals memenuhi kriteria dan layak untuk dijadikan bahan ajar.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI METODE KARYAWISATA Nur Ula Fahman Habibi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11294

Abstract

Keterampilan menulis laporan perjalanan peserta didik kelas VIII A MTs YPI Klambu Grobogan masih rendah. Peneliti mencoba memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis laporan perjalanan, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis laporan perjalanan, dan mendeskripsi perubahan perilaku peserta didik kelas VIII A MTs YPI Klambu Grobogan setelah mengikuti pembelajaran menulis laporan perjalanan dengan metode karyawisata. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah keterampilan menulis laporan perjalanan peserta didik kelas VIII A MTs YPI Klambu Grobogan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis laporan perjalanan dan penggunaan metode karyawisata. Pengambilan data menggunakan instrument tes dan nontes. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Melalui tes prasiklus diperoleh hasil rata-rata 59,72, termasuk kategori kurang. Kemudian pada tes siklus I diperoleh hasil rata-rata 67,79, mengalami peningkatan sebesar 13,51 % dari hasil prasiklus, termasuk kategori cukup. Dari tes siklus II diperoleh rata-rata yaitu 80,76, termasuk kategori baik, dengan peningkatan sebesar 19,13 % dari siklus I. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa dengan pembelajaran menulis laporan perjalanan melalui metode karyawisata, peserta didik senang dengan pembelajaran, bersemangat, aktif, dan mandiri dalam mengerjakan tugasnya.
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERBASIS KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK SISWA SMA KELAS X Husniyatul Adibah Alwaliyah
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan pengembangan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahsa menurut persepsi siswa dan guru, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan, (3) menghasilkan prototipe buku pengayaan, dan (4) mendeskripsikan penilaian dan perbaikan prototipe. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan dalam lima tahap, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan desain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku pengayaan ini layak digunakan sebagai buku pendamping dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru bahasa Indonesia kelas X sebesar 82,50 yang termasuk dalam kategori baik dan dosen ahli sebesar 71,75 yang termasuk dalam kategori cukup baik.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Suci Nur Amalia
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11296

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar, membuat prototipe bahan ajar, memperoleh hasil penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli, dan membuat perbaikan prototipe bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan dalam lima tahap penelitian, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan siswa-siswi terhadap teori dan praktik menulis berita sehingga keterampilan dalam menulis berita meningkat, bahan ajar terdiri atas enam bab, nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru sebesar 89,00 dan oleh dosen ahli sebesar 67,50, dan setelah dilakukan perbaikan bahan ajar hanya terdiri atas tiga bab.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KLIPING FOTO JURNALISTIK PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 8 BATANG Santika Damayanti Sari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11298

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita melalui model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 8 Batang, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa setelah mengikuti pembelajaran ini, dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus II juga terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran menulis teks berita, menunjukkan adanya perubahan perilaku pada siswa, serta adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 67,3 dan siklus II sebesar 78. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 10,67.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE Khusna Kusumawati
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11299

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pendidikan. Penulis mengamati kegiatan menulis naskah drama di kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dan metode picture and picture, dan mendeskripsikan perubahan perilaku terhadap pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture. Penelitian ini menggunakan media kartu gambar dan metode picture and picture dalam pembelajarannya yang diharapkan mampu membantu mengatasi kesulitan siswa dalam menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Untuk hasil tes siswa berupa naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture, sedangkan hasil nontes siswa berupa laporan hasil observasi, wawancara, jurnal siswa dan guru, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis naskah drama. Siklus I mencapai nilai rata-rata 63,24 dan siklus II mencapai nilai rata-rata 73,76.
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK URAI UNSUR INTRINSIK BAGI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Arifa Amalia
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11300

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan kebutuhan siswa dan guru terhadap buku panduan menyusun teks cerpen, (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku panduan menyusun teks cerpen dengan menggunakan teknik urai unsur instrinsik, dan (3) mendeskripsikan prototipe pengembangan buku panduan menyusun teks cerpen dengan menggunakan teknik urai unsur intrinsik bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap. Buku panduan dikemangkan untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks cerpen.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS X MIA-4 SMA NEGERI 1 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Lies Aryanti Nur Sholekah
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11301

Abstract

Keterampilan siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan dalam kompetensi dasar menulis teks anekdot rata-rata belum mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik dari siswa maupun guru. Penelitian ini membahas permasalahan tentang proses, hasil pengetahuan, hasil keterampilan, serta perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses, keterampilan menulis teks anekdot, dan perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas siklus I dan siklus II.  Setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan. Proses pembelajaran mengalami peningkatan pada aspek perhatian, keaktifan, keantusiasan, dan kekondusifan siswa menuju arah lebih baik. Keterampilan menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa mengalami peningkatan 4,70% dari siklus I (76,00)  ke siklus II (83,54). Pengetahuan memahami teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa mengalami peningkatan 11,83% dari siklus I (68,14) ke siklus II (86,26). Perubahan perilaku siswa dalam sikap religius dan sikap sosial juga mengalami peningkatan sebesar 18,54% dari siklus I ke siklus II.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERCERITA BERMUATAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN BERBENTUK CD INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VII Liliek Handoko
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11302

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi karakteristik bahan ajar bercerita bermuatan nilai-nilai kewirausahaan berbentuk CD interaktif bagi peserta didik kelas VII SMP, (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar bercerita bermuatan nilai-nilai kewirausahaan berbentuk CD interaktif bagi peserta didik kelas VII SMP, dan (3) menyusun bahan ajar bahan ajar bercerita bermuatan nilai-nilai kewirausahaan berbentuk CD interaktif bagi peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap. Sebagai sebuah produk pengembangan, produk bahan ajar yang dikembangkan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan guru terhadap bahan ajar bercerita berbentuk CD interaktif.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN JOYFULL LEARNING MELALUI MEDIA PUZZLE BERMUATAN KONSERVASI ALAM PADA SISWA KELAS VII 4 SMP 1 PEGANDON KENDAL Nur Fatoni
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1: Mei 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v5i1.11303

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsi peningkatan proses pembelajaran puisi, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII 4 SMP 1 Pegandon dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan joyfull learning melalui media puzzle bermuatan konservasi alam. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi, pendekatan joyfull learning, dan media puzzle bermuatan konservasi alam. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan teknik nontes yang terdiri atas observasi, jurnal guru, jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes sebesar 16,36%, dari 69,95pada siklus I menjadi 81,16 pada siklus II. Selain itu, proses pembelajaran dan perilaku siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan percaya diri.

Page 1 of 1 | Total Record : 10