cover
Contact Name
Muh. Nadzirin Anshari Nur
Contact Email
nadzirin@uho.ac.id
Phone
+6281342713802
Journal Mail Official
manajemen.rekayasa@uho.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayjend S. Parman, Kendari Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management)
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 26853752     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jmr.v5i2
Perancangan dan Pengukuran Kerja Manajemen Rekayasa Teknik Sipil Manajemen Rekayasa Teknik Elektro Manajemen Rekayasa Teknik Kelautan Manajemen Rekayasa Teknik Arsitektur Manajemen Rekayasa Teknik Mesin Manajemen Rekayasa Teknik Informatika Penelitian Operasional Analisis Ekonomi Teknik Rekayasa Fasilitas dan Manajemen Energi Rekayasa Kualitas dan Keandalan Rekayasa Operasi dan Manajemen Operasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sistem Informasi Rekayasa Perancangan dan Manufaktur Perancangan dan Pengembangan Produk Perancangan dan Rekayasa Sistem
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): Oktober Tahun 2022" : 6 Documents clear
MANAJEMEN PENGELOLAAN PELAYANAN TAKSI ONLINE DAN TAKSI KONVENSIONAL DI KOTA KENDARI Hardyanty, Vivin; Putra, Adris Ade; Ahmad, Siti Nurjanah
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 4, No 2 (2022): Oktober Tahun 2022
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v4i2.27307

Abstract

Taksi merupakan salah satu transportasi angkutan umum berkapasitas kecil yang sering masyarakat gunakan dalam kegiatan sehari-hari khususnya di Kota Kendari. Terdapat dua jenis taksi yang menjadi sarana transportasi masyarakat yaitu taksi online dan taksi konvensional. Taksi konvensional adalah alat transportasi darat roda empat yang memiliki jumlah penumpang lebih dari satu orang yang dapat mengantarkan penumpang sesuai tujuan yang diinginkan, sedangkan taksi online adalah transportasi umum yang memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi online untuk pemesanan dan pembayaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat kinerja dari taksi online dan taksi konvensional, Mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa taksi online dan taksi konvensional, Menganalisis perbedaan tingkat kinerja dan tingkat kepuasan pengguna jasa taksi konvesional dan taksi online, Mengetahui manajemen pengelolaan berdasarkan tingkat kinerja dari taksi online dan taksi konvensional. Analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan analisis nilai rata-rata tingkat kinerja dan tingkat kepentingan taksi konvensional lebih baik dari taksi online. Berdasarkan analisis Tingkat kepuasan pengguna jasa setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan motode Customer Satisfaction Index (CSI) pengguna jasa pada taksi online dinilai sangat puas dengan kinerja yang diberikan sedangkan untuk taksi konvensional pengguna jasa merasa puas atas pelayanan yang diberikan.Kata kunci : Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction index (CSI).
Analisis Tingkat Kerawanan Bahaya Longsor di Hulu Daerah Aliran Sungai Wanggu, Provinsi Sulawesi Tenggara Golok Jaya, La Ode Muhammad; Restele, La Ode; Kadir, Abdul; Asmirani, Sri; Muhibudin, Muhibudin; Lawa, Asis
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 4, No 2 (2022): Oktober Tahun 2022
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v4i2.27608

Abstract

Bencana tanah longsor adalah salah satu bencana yang paling sering terjadi di wilayah Indonesia disebabkan berbagai factor termasuk adanya aktivitas manusia pada lahan yang tidak sesuai dengan kaidah pelestarian dan konservasi lingkungan. Diperlukan berbagai upaya mitigasi sehingga dampak bencana dapat dikurangi. Hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Wanggu yang berada di Kecamatan Konda dan Ranomeeto kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara merupakan daerah yang sering terjadi longsor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kerawanan longsor pada hulu DAS Wanggu serta teknik mitigasi yang diperlukan. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini mencakup survey lapangan serta identifikasi kuantitatif terhadap lima parameter kondisi lahan, yaitu tutupan lahan, tingkat kelerengan, kondisi geologi, besarnya curah hujan, dan jenis tanah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tumpang susun dari parameter yang telah ditentukan disertai pembobotan terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap bahaya longsor. Dari penelitian yang dilakukan terlihat bahwa wilayah di hulu DAS Wanggu yang memiliki tingkat kerawanan tinggi seluas, 10,541 Ha, tingkat kerawanan menengah 8,741 Ha, dan daerah dengan tingkat kerawanan rendah 15,191 Ha. Beberapa rekomendasi yang dapat diberikan untuk menurunkan risiko bahaya longsor adalah aspek teknis seperti perkuatan tebing, konservasi lahan yang memperhatikan kemiringan, penatagunaan air dan penguatan aspek manajemen, tatakelola kelembagaan dan kerjasama stakeholder.Kata Kunci: Hulu DAS Wanggu, Tanah Longsor, Mitigasi.
ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS BERDASARKAN TIPOLOGI KECELAKAAN PADA JALAN NASIONAL RUAS JALAN WAWOTOBI - POHARA Syarifuddin, Syarifuddin; Magribi, La Ode Muh; Putra, Adris Ade
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 4, No 2 (2022): Oktober Tahun 2022
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v4i2.27300

Abstract

Kecelakaan lalu-lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecelakaan lalu lintas berdasarkan tipologi kecelakaan pada jalan nasional ruas jalan Wawotobi-Pohara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kualitatif, dimana penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur, dan digambarkan melalui pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara studi literatur.Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa : (1) tingkat kecelakaan tertinggi pada 2018 sebesar 64 kecelakaan; (2) keparahan dengan jumlah terbanyak terjadi pada tahun 2016 dengan orang meninggal berjumlah 18 orang; (3) Kecelakaan lalu lintas berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh laki-laki dengan jumlah rata-rata persentasi kecelakan tiap tahunya sebesar tahunya sebesar 79,5% untuk laki-laki dan 20,5% (4) Kecelakaan lalu lintas berdasarkan waktu kejadian pada tahun 2015 sampai dengan 2019 terjadi paling banyak pada pukul 14.00-22.00; (5) kecelakaan lalu lintas berdasarkan jenis tabrakannya didominasi oleh tabrak depan; (5) Kecelakaan berdasarkan penyebabnya disebabkan oleh tiga faktor yaitu manusia , kendaraan dan jalan (6) ruas jalan dan kecematan yang berada di ruas jalan Wawotobi-Pohara tidak memilki daerah rawan kecelakaan; (7) upaya penanggulangan kecelakaan dan perbaikan jalan dengan melakukan perbaikan geomterik jalan, pemasangan marka jalan dan perbaikan struktur jalanKata Kunci: kecelakaan, tipologi, lalu lintas
Implemetasi Sistem Keamanan pada Jaringan Server Pemilu Raya (PEMIRA) Universitas Halu Oleo (UHO) Menggunakan Metode Intrusion Prevention System (IPS) Suricata Aksara, L.M Bahtiar; Surimi, La; Nuralam, Wa Ode Siti
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 4, No 2 (2022): Oktober Tahun 2022
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v4i2.27836

Abstract

Keamanan pada sebuah jaringan server merupakan salah satu aspek yang penting selain keamanan dari sisi aplikasi. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, berdampak pula pada sistem keamanan jaringan khususnya jaringan pada server. Kebutuhan akan keamanan tentunya akan sangat dibutuhkan karena meningkatnya ilmu pengetahuan tentang hacking. Universitas halu oleo memanfaat server untuk berbagai jenis kegiatan, salah satunya ada Pemilu Raya (PEMIRA) BEM Universitas. Pemira merupakan agenda pemilihan Ketua BEM Universitas, BEM Fakultas, DPM dan MPM dan Kegiata pemira ini melibatkan seluruh elemen mahasiswa dalam jumlah yang banyak. Karena pentongnya kegiatan ini, maka server perlu dijaga keamanannya. Oleh karena itu dibutuhkan system yang dapat mencegah serangan terjadi terhadap server. Sistem tersebut adalah Instrusion Prevention System (IPS). Sistem keamanan menggunakan IPS dapat memblokir attacker dan memberikan alert kepada administrator saat melakukan monitoring data pada server pemira dan juga dapat mengatasi mobilitas administrator untuk memonitor serangan kapanpun dan dimanapun.Kata Kunci : Server, Pemira, IPS, Keamanan, e-voting
KAJIAN LAIK FUNGSI JALAN (Studi Kasus pada Ruas Jalan Orinunggu Jalan Provinsi Sulawesi Tenggara) Taziruddin, Taziruddin; Putra, Adris Ade; Kadir, Abdul
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 4, No 2 (2022): Oktober Tahun 2022
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v4i2.27303

Abstract

Ruas Jalan Orinunggu merupakan Jalan Provinsi Sulawesi Tenggara yang terletak di Kota Kendari yang sebagian besar belum pernah teruji laik fungsi jalan. Data dari Polda Sulawesi Tenggara tahun 2019 mengatakan bahwa jumlah peristiwa kecelakaan tiap bulannya rata-rata 15 kejadian, Dalam mewujudkan kondisi suatu ruas jalan yang memenuhi keselamatan bagi penggunanya juga mengurangi tingkat risiko kecelakaan yang sering terjadi di jalan raya, melalui uji laik fungsi jalan dapat mengetahui kondisi suatu ruas jalan apakah telah memenuhi persyaratan teknis kelaikan dan persyaratan administrasi sehingga dapat mewujudkan jalan yang sesuai dengan ketentuan keselamatan.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui kategori kelaikan fungsi teknis Ruas Jalan Orinunggu Km 0 - Km 3,15 berdasarkan parameter perencanaan laik fungsi jalan, dan (2) Mengetahui tindak lanjut yang perlu dilakukan apabila Ruas Jalan Orinunggu Km 0 - Km 3,15 belum memenuhi kategori kelaikan jalan secara teknis. Pengambilan data di lapangan menggunakan Metode Uji dengan cara pengamatan dan pengukuran kondisi ruas jalan Orinunggu Kendari Km 0 - Km 3,15 terhadap standar teknis, meliputi: (1) teknis geometrik jalan; (2) teknis struktur perkerasan jalan; (3) teknis struktur bangunan pelengkap jalan; (4) teknis pemanfaatan bagian - bagian jalan; (5) teknis penyelenggaraan manajemen dan rekayasa lalu lintas; (6) teknis perlengkapan yang terkait langsung dengan pengguna jalan maupun yang tidak terkait langsung dengan pengguna jalan. Dari hasil uji lapangan dilakukan analisis laik fungsi jalan secara teknis menggunakan Metode Evaluasi yaitu membandingkan dengan parameter perencanaan laik fungsi jalan (Peraturan Menteri Nomor: 11/PRT/M/2010 dan Panduan Teknis Pelaksanaan Laik Fungsi Jalan Tahun 2012).Hasil analisis kelaikan fungsi jalan pada ruas jalan Orinunggu – Kendari Km 0 - Km 3,15 yaitu laik fungsi bersyarat dengan rekomendasi (LS). Tindak lanjut yang dilakukan pada ruas jalan Orinunggu Km 0 – Km 3,15 yaitu dengan memberikan rekomendasi sesuai dengan kondisi fisik lingkungan jalan yang dapat memenuhi ketentuan keselamatan, kelancaran, ekonomis, dan ramah lingkungan.Kata kunci: Ruas Jalan Orinunggu, Laik Fungsi Jalan, Standar Teknis
Pola Penanganan Pemukiman Kumuh Kelurahan Abeli Kota Kendari Heber, Heber; Kadir, Abdul; Kadir, Ishak
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 4, No 2 (2022): Oktober Tahun 2022
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v4i2.27304

Abstract

Slum settlements are uninhabitable settlements because of building irregularities, high levels of building density, and the quality of buildings and facilities and infrastructure that do not meet the requirements, while slum housing is housing that has decreased quality as a residential and slum area is an area with high population density in a city.The purpose of the study was to describe the Pattern of Handling Quality Improvement of Slum Settlements from the Aspects of Environmental Physical Management in Abeli Village.The research method is descriptive research by describing the phenomenon and method of analysis using the Triagulation method.The results of the study show that the scenario of slum handling in Abeli Village is done by using technical patterns of handling slum patterns; (1) Restoration and (2) Rejuvenation, through technical handling with physical handling on; (1) house building; (2) environmental roads; (3) provision of drinking water; (4) environmental drainage; (5) waste water management; (6) waste management; (7) providing fire protection and (8) providing green open space.To complete the slum handling in a coordinated manner, the collaboration model is carried out, with the effectiveness of (1) Participation; (2) Acceptance; (3) Communication; (4) Mutual trust; and (5) Sharing.In optimizing slum handling, it is expected that joint arrangements in the form of a participatory agreement, because in handling, with collaborative models that are in accordance with the agreement with the community.

Page 1 of 1 | Total Record : 6