cover
Contact Name
Kurnia Suci Titih Angelina
Contact Email
ppm.sps@univpancasila.ac.id
Phone
+6281519642215
Journal Mail Official
ekobisman@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila Jl. Borobudur No. 7, Jakarta Pusat, 10320
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Ekobisman : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 25284304     EISSN : 25979302     DOI : https://doi.org/10.35814/ekobisman
Core Subject : Economy, Social,
1) Micro and macro economics; 2) Marketing, Finance, Operational, Human Resources and Strategic Management; 3) Business Digital
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS" : 6 Documents clear
STRATEGI PENERAPAN PELATIHAN, INOVASI DAN PERMINTAAN PASAR TERHADAP PRODUKTIVITAS IKAN BANDENG DI KELOMPOK TANI ANEKA TANI Sulistiani, Dwi; Widyastuti, Sri; Sihite, Mombang
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i1.5798

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi penerapan Pelatihan, Inovasi dan Permintaan Pasar Terhadap Produktivitas. Metode dalam penelitian ini menggunakan mixed methods atau penelitian campuran yang mengkombinasikan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 responden karyawan kelompok tani yaitu Aneka Tani. Penelitian ini menggunakan teknik focus group discussion (FGD) yang dihadiri oleh ketua, bendahara dan pengawas kelompok tani Aneka Tani serta orang-orang yang sudah mempunyai pengalaman dalam bidang strategi inovasi intensif (modern) dalam budidaya ikan bandeng. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan software SPSS versi 26 dan analisis data kualitatif menggunakan analisis faktor EFE, IFE, CPM sebagai input stage TOWS Matriks sebagai Matching Stage dan QSPM Matriks sebagai Decision Stage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelatihan berpengaruh terhadap produktivitas, variabel inovasi berpengaruh terhadap produktivitas dan variabel permintaan pasar berpengaruh terhadap produktivitas. Hasil QSPM menghasilkan strategi alternatif yaitu Strategy Benchmark dengan menerapakan metode teknologi intensif (modern) dalam budidaya ikan bandeng untuk menghasilkan produktivitas ikan bandeng yang jauh lebih baik.
Strategi Membangun Reputasi Perusahaan Berbasis Kepuasan Pelanggan Produk Oxygen.Id Home Di PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) Kurniawan, Hendrik; Zulkifli, Zulkifli; Miranda, Agustinus
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i1.5813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi membangun reputasi perusahaan berbasis kepuasan pelanggan produk oxygen.id home di PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (campuran). Sampel yang digunakan sebanyak 277 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, kualitas produk, kompetensi sales dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna layanan produk Oxygen.id Home perusahaan PT. Moratelindo. Sedangkan promosi, kualitas produk, kompetensi sales dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan PT. Moratelindo pada pengguna layanan produk Oxygen.id Home. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan PT. Moratelindo. Reputasi perusahaan PT. Moratelindo dapat ditingkatkan melalui kepuasan pelanggan dengan upaya meningkatkan promosi melalui upaya pemberian buku panduan tentang produk Oxygen.id Home, kualitas produk melalui upaya menjaga kestabilan kecepatan akses, kompetensi sales melalui upaya lebih memahami keinginan pelanggan dan harga melalui upaya menawarkan harga yang sesuai dengan manfaat yang diperoleh pelanggan.
Pengaruh Transformasi Digital Sales Untuk Menghasilkan Kinerja Penjualan Dan Penurunan Biaya Promosi Rifqi Abdul Wahab Thalib; Zulkifli; Miranda, Agustinus
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i1.5815

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Interaksi Sales, Ekuitas Merek, Transformasi Digital dan Kinerja Penjualan terhadap Penurunan Biaya Promosi secara langsung maupun tidak langsung pada PT. “X”. Sampel penelitian 122 responden karyawan, untuk fokus grup diskusi (FGD) dihadiri oleh Top manajemen Perusahaan dan Tim marketing. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan fokus grup diskusi (FGD). Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan software Smart PLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Interaksi Sales berpengaruh terhadap Kinerja Penjualan, variabel Ekuitas Merek berpengaruh terhadap Kinerja Penjualan, variabel Transformasi Digital berpengaruh terhadap Kinerja Penjualan, variabel Interaksi Sales berpengaruh terhadap Penurunan Biaya Promosi, variabel Ekuitas Merek tidak berpengaruh terhadap Penurunan Biaya Promosi, variabel Transformasi Digital berpengaruh terhadap Penurunan Biaya Promosi dan variabel Kinerja Penjualan berpengaruh terhadap Penurunan Biaya Promosi.
Strategi Kualitas Pelayanan Perbankan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Dewi, Tiya Marliyana; Purwoko, Bambang; Zulkifli, Zulkifli
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i1.5816

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi, teknologi industry 4.0 dan kualitas produk langsung maupun tidak langsung terhadap kualitas pelayanan, serta pengaruh seluruh variabel tersebut terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Sampel penelitian sejumlah 185 responden yang merupakan nasabah Bank BSI di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu Non Probability Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Focus Group Discussion (FGD). Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan software SmartPLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel inovasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan begitu juga kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Teknologi industry 4.0 juga berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Namun pada variabel teknologi industry 4.0 tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan nasabah. Hasil penelitian juga menunjukkan Rencana Strategi kepuasan nasabah dengan mengacu pada strategi-strategi dari hasil analisis yang telah dilakukan dan dipilih strategi yang tepat yaitu pengembangan IT core banking.
Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Target Penjualan Produk EDC Ingenico Melalui Keputusan Pembelian (Studi Kasus PT. Arah Dinamika Abadi, Jakarta) Hanantasena, Arya; Derriawan; Salim, Fahruddin
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i1.5817

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari keunggulan bersaing, dimana dalam keunggulan bersaing tersebut termasuk kedalamnya adalah harga produk, kualitas dari produk dan juga citra merek baik pengaruh secara langsung maupun pengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian, serta seluruh variabel tersebut yaitu harga produk, kualitas produk, citra merek serta keputusan pembelian terhadap peningkatan penjualan. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah sejumlah 92 orang responden yang merupakan konsumen dari PT Arah Dinamika Abadi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 92 konsumen tadi dengan teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) yang mana diolah dengan bantuan software SmartPLS. Dimana hasil dari penelitian menyatakan bahwa harga produk memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. ,kualitas produk memiliki tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, citra merek mempengaruhi secara positif keputusan pembelian, keputusan pembelian konsumen berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk, citra merek yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penjualan produk, harga produk tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan penjualan, kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penjualan.
Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening Pada PT. KTC Makassar Wahyudin; Putriana, Lies; Salim, Fahruddin
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i1.5819

Abstract

Perusahaan selalu menuntut karyawan memberikan kontribusi terbaik dalam meningkatkan kinerja. Namun, tuntutan ini harus didukung oleh stimulus seperti Kualitas Kehidupan Kerja, kompensasi, dan komitmen. PT. KTC Makassar, perusahaan kayu lapis, dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk memahami kontribusi Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap produktivitas dan daya saing global. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan kompensasi pada Kinerja Karyawan, dengan Komitmen Organisasi sebagai penghubungnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi 500 karyawan produksi dan sampel 165 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan, Kualitas Kehidupan Kerja, kompensasi, dan Komitmen Organisasi berpengaruh signifikan pada kinerja karyawan. Analisis jalur menunjukkan bahwa motivasi kerja memediasi hubungan antara kompetensi dan kompensasi dengan kinerja. Namun, motivasi kerja tidak memediasi hubungan lingkungan kerja dengan kinerja. Dalam kesimpulannya, peningkatan Kualitas Kehidupan Kerja, kompensasi, dan lingkungan kerja akan meningkatkan komitmen dan kinerja karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 1 (2025): AGUSTUS Vol. 9 No. 3 (2025): APRIL Vol 9 No 2 (2024): Desember Vol. 9 No. 2 (2024): DESEMBER Vol. 9 No. 1 (2024): AGUSTUS Vol 9 No 1 (2024): AGUSTUS Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL Vol 8 No 3 (2024): APRIL Vol 8 No 2 (2023): Desember Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS Vol 8 No 1 (2023): Agustus Vol 7 No 3 (2023): APRIL Vol. 7 No. 3 (2023): APRIL Vol 7 No 2 (2022): DESEMBER Vol. 7 No. 2 (2022): DESEMBER Vol. 7 No. 1 (2022): AGUSTUS Vol 7 No 1 (2022): AGUSTUS Vol 6 No 3 (2022): APRIL Vol. 6 No. 3 (2022): APRIL Vol. 6 No. 2 (2021): DESEMBER Vol 6 No 2 (2021): DESEMBER Vol. 6 No. 1 (2021): AGUSTUS Vol 6 No 1 (2021): AGUSTUS Vol 5 No 3 (2021): APRIL Vol. 5 No. 3 (2021): APRIL Vol. 5 No. 2 (2020): DESEMBER Vol 5 No 2 (2020): DESEMBER Vol 5 No 1 (2020): AGUSTUS Vol. 5 No. 1 (2020): AGUSTUS Vol 4 No 3 (2020): APRIL Vol. 4 No. 3 (2020): APRIL Vol 4 No 2 (2019): DESEMBER Vol. 4 No. 2 (2019): DESEMBER Vol. 4 No. 1 (2019): AGUSTUS Vol 4 No 1 (2019): AGUSTUS Vol. 3 No. 3 (2019): APRIL Vol 3 No 3 (2019): APRIL Vol 3 No 2 (2018): DESEMBER Vol. 3 No. 2 (2018): DESEMBER Vol. 3 No. 1 (2018): AGUSTUS Vol 3 No 1 (2018): AGUSTUS Vol. 2 No. 3 (2018): APRIL Vol 2 No 3 (2018): APRIL Vol. 2 No. 2 (2017): DESEMBER Vol 2 No 2 (2017): DESEMBER Vol 2 No 1 (2017): AGUSTUS Vol. 2 No. 1 (2017): AGUSTUS Vol 1 No 3 (2017): APRIL Vol. 1 No. 3 (2017): APRIL Vol 1 No 2 (2016): DESEMBER Vol. 1 No. 2 (2016): DESEMBER Vol. 1 No. 1 (2016): AGUSTUS Vol 1 No 1 (2016): AGUSTUS More Issue