cover
Contact Name
Ari Wibowo
Contact Email
arhyhikmal88@gmail.com
Phone
+6285255984116
Journal Mail Official
arhyhikmal88@gmail.com
Editorial Address
Universitas Sawerigading Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading
ISSN : 28283643     EISSN : eISSN282     DOI : -
SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil penelitian karya tulis ilmiah, konsep , berbagai dan aplikasi dalam pembelajaran dan pengajaran, serta ilmu dalam pendidikan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): September" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA Nuranna; nana Harlina Haruna; risnawati
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa pada Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 45 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: (1) pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 15 orang (33,33%), (2) pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 39 orang (86,67%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mangalami perubahan kearah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.
PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BALANG BODDONG MAKASSAR muhdaniar; Muh. Rusli Al; Nurhidayah
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SD Negeri Balang Boddong Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Balang Boddong Makassar pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan tindakan adalah: (1) pada Siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 11 orang (37,93%), (2) pada Siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar matematika sebanyak 25 orang (86,21%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas IV SD Negeri Balang Boddong Makassar setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan realistik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 WELONGE KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG ita; Isnani Arianti
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan menyimak cerita rakyat melalui media audio pada siswa kelas V SD Negeri 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam menyimak cerita rakyat melalui media audio pada siswa kelas V SDN 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio pada siswa kelas V SDN 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas II siklus meliputi tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media audio dalam menyimak cerita rakyat. Subjek penelitian Siswa kelas V SDN 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, sebanyak 18 orang sebanyak 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 semester genap. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk nilai hasil belajar siswa dalam bentuk persentase dan teknik analisis kualitatif untuk mengamati kegiatan guru dan siswa dan pengambilan photo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama hasil belajar menyimak cerita rakyat melalui media audio siswa kelas V pada kategori rendah sebagian besar tidak tuntas pembelajarannya. Kemudian pada siklus kedua, hasil belajar menyimak cerita rakyat siswa kelas V meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan tuntas pembelajarannya. Jadi, dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak cerita rakyat.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN METODE DIALOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA KRISTEN KONDOSAPATA MAKASSAR rezeki amaliah; Elentrius Jali Bonis Bentah Bonis Bentah; Muh. Yahya
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini, strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum maksimal meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran konstruktivistik dengan metode dialog terhdap hasil belajar biologi materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI SMA Kristen Kondosapata Makassar. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari kelas XI MIA yang berjumlah 19 siswa dan XI IIS yang berjumlah 22 siswa. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen 41,37 dan rata-rata nilai postes 75,32 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 33,95. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes 34,09 dan nilai rata-rata postes 68,91 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 34,82. Dari analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh nilai , < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran konstruktivistik dengan metode dialog berpengaruh terhadap hasil belajar biologi materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI SMA Kristen Kondosapata Makassar.
MAKNA SIMBOL PADA PERAYAAN JEPE SYURA DI PULAU BARRANG LOMPO KECAMATAN SANGKARRANG KOTA MAKASSAR (PENDEKATAN SEMIOTIK) kartina; Isnani Arianti; sulfiani masri
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Makna Simbol Pada Perayaan Jepe Syuradi Pulau Barrang Lompo Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar Pendekatan Semiotik. Penelitian ini bertujuaan untuk mengkaji informasi mengenai Makna Simbol pada Perayaan JepeSyura di Pulau Barrang Lompo Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan data yang diteliti yang berkaitan dengan masalah yang menjadi fokus penelitian. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, simak catat, studi pustaka, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Makna Simbol Perayaan Jepe Syura di Pulau Barrang Lompo Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar menggunakan Pendekatan Semiotik yang terdapat simbol benda dan simbol suasana pada Jepe Syura.

Page 1 of 1 | Total Record : 5