cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jurnal Inovasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "VOL. 06, NO. 02, THN. 2009" : 6 Documents clear
PENENTUAN HARGA TRANSFER DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) Zulkifli Bokiu
Jurnal Inovasi VOL. 06, NO. 02, THN. 2009
Publisher : Jurnal Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.724 KB)

Abstract

Persaingan antar perusahaan yang semakin ketat telah mendorong manajemen perusahaan untuk meningkatkan daya saing produknya dari produk pesaing. Keunggulan dalam persaingan diantaranya ditentukan oleh harga produk. Penentuan harga produk dapat di tentukan dengan metode activity based costing. Metode ini menetapkan harga transfer dengan menggunakan unsur-unsur (1) Unit level activity (2) Batch related activity (3) Product sustaining activity (4) Facility sustaining activity. Metode ABC menghasilkan perhitungan yang lebih akurat dan adil dalam penilaian kinerja setiap divisi yang terlibat serta meningkatkan efisiensi biaya produksi.
PEMILIHAN KEPALA DAERAH LANGSUNG SEBAGAI LEGITIMASI KEPEMIMPINAN DI ERA OTONOMI DAERAH Rusli Isa
Jurnal Inovasi VOL. 06, NO. 02, THN. 2009
Publisher : Jurnal Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.029 KB)

Abstract

Pilkada langsung merupakan tonggak demokrasi yang sangat penting di daerah. Oleh karena itu semua pihak tidak ada pilihan lain untuk mensukseskannya. Kesuksesan pilkada tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan penyelenggaraannya tetapi juga oleh hakekat demokrasi yang mengedepankan prinsip kejujuran dan keadilan. Demokrasi yang hendak diwujudkan melalui Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung adalah demokrasi prosedural dan demokrasi substansial.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI I.S -7 PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN DENGAN MEDIA APLIKASI POWER POINT DI SMA NEGERI 3 GORONTALO Sawiyah Habibie
Jurnal Inovasi VOL. 06, NO. 02, THN. 2009
Publisher : Jurnal Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.888 KB)

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi, dan juga Penggunaan media khususnya pada program aplikasi power point dalam kegiatan belajar mengajar yang baik akan dapat menumbuhkan respon siswa di kelas untuk belajar Akuntansi, sehingga akan terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitin tindakan kelas pada siklus I dan siklus II maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pada siklus II telah menunjukkan adanya peningkatan dari siklus sebelumnya. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,09% dengan nilai rata-rata sebesar 63,1. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,31% dengan nilai rata-rata sebesar 75,3. Adapun capaian hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II meningkat sebesar 16,23%.
BUKTI DAN PEMBUKTIAN DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH Tedy Machmud
Jurnal Inovasi VOL. 06, NO. 02, THN. 2009
Publisher : Jurnal Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.641 KB)

Abstract

Pengajaran matematika pada dasarnya dititikberatkan pada perubahan tingkah laku yang berorientasi pada tiga aspek menurut Taksonomi Bloom, yaitu aspek kognirif, afektif dan psikomotorik. Dengan tidak mengecilkan aspek lain, aspek penalaran matematika menjadi fokus utama karena penalaran matematika ini merupakan semacam benang merah yang mendasari dan menjiwai seluruh matematika. Salah satu hal yang terpenting dalam kegiatan bernalar dan penalaran adalah perlunya penguasaan akan prinsip-prinsip logika. Prinsip-prinsip logika ini sangat penting dipahami terutama disaat akan memahami konsep bukti dan pembuktian dalam matematika. Konsep bukti dan pembuktian dalam matematika pada dasarnya telah dikenal siswa sekolah menengah. Strategi pembuktian dalam matematika yang telah dikenal siswa tersebut secara umum dapat dibagi atas dua kelompok besar yaitu pembuktian secara langsung dan pembuktian secara tidak langsung.
BENTUK-BENTUK PERBUATAN PEMERINTAH Maisara Sunge
Jurnal Inovasi VOL. 06, NO. 02, THN. 2009
Publisher : Jurnal Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.826 KB)

Abstract

Pemerintah atau administrasi negara sebagai subjek hukum, atau pendukung hak-hak dan kewajiban-kewajiban. Sebagai subjek hukum, pemerintah sebagaimana objek hukum lainnya melakukan berbagai tindakan baik tindakan nyata maupun tindakan hukum. Tindakan nyata adalah tindakan-tindakan yang tidak ada relevansinya dengan hukum dan tidak menimbulkan akibat-akibat hukum, sedangkan tindakan hukum yang berdasarkan sifatnya dapat menimbulkan akibat hukum tertentu atau dapat menciptakan hak dan kewajiban.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DEMOKRASI MELALUI STRATEGI KLARIFIKASI NILAI DI KELAS VIII SMPN 06 GORONTALO Revoltje O. W. Kaunang
Jurnal Inovasi VOL. 06, NO. 02, THN. 2009
Publisher : Jurnal Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep demokrasi melalui strategi klarifikasi nilai di SMPN 06 Kota Gorontalo. Manfaat penelitian adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK) ini guru dapat mengetahui strategi klarifikasi nilai untuk memperbaiki dan meningkatkan sistim pembelajaran, dan membantu memperbaiki pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah. Masalah penelitian yang diidentifikasi yakni siswa-siwa belum memahami konsep-konsep demokrasi, cara mengajar guru belum optimal, guru kurang memberikan motivasi dalam pembelajaran, guru lebih dominan aspek-aspek kognitif, sedang aspek afektif masih sangat kurang bahkan terabaikan. Subjek penelitian adalah siswa di kelas VIII SMPN 06 Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi klarifikasi nilai para peserta didik dapat menikmati dan antusias dalam mengikuti pelajaran, lebih berani dalam megemukakaqn pendapat. Strategi Klarifikasi Nilai dapat memberikan penalaran nilai-nilai moral sehingga peserta didik mengetahui apa yang seharusnya dan apa yang tidak seharusnya dilakukan dalam interaksi dengan orang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 6