cover
Contact Name
Danang Prasetyo
Contact Email
danangprasetyo@stipram.ac.id
Phone
+6285643643084
Journal Mail Official
harmoninusabangsa@stipram.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani, Ring Road Timur 52B, Modalan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kodepos 55198
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Harmoni Nusa Bangsa
ISSN : -     EISSN : 30323770     DOI : -
Ruang lingkup JHNB adalah semua kajian terkait dengan mata kuliah wajib perguruan tinggi, mata kuliah penciri perguruan tinggi, dan mata kuliah lain yang relevan.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA" : 17 Documents clear
Peran Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penanaman Karakter Sosial Peserta Didik Lusie Putri, Mas Fierna Janvierna; Sigara, Cori Marnika; Sasmita, Saepudin Karta; Tajudin, Tajudin
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.374

Abstract

Dengan melihat permasalahan yang ada di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan, peneliti melakukan penelitian dengan memfokuskan penelitian ini yaitu untuk mengetahui atau mencari gambaran tentang peran mata pelajaran PPKn dalam penanaman karakter sosial  peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mata pelajaran PPKn dalam penanaman karakter sosial di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. hasil penelitian, menunjukkan bahwa Peran mata pelajaran PPKn di  SMP Negeri 9 Tangerang Selatan sudah berjalan dengan cukup baik, dimana materi PPKn yang diajarkan di dalam kelas telah memberikan pemahaman tentang karakter pada peserta didik kearah yang lebih baik dan menjadi garda terdepan dalam membangun karakter peserta didik. Karakter sosial yang sudah diterapkan oleh peserta didik, yakni menghormati, gotong royong, toleransi, dan kepedulian sosial. Peran mata pelajaran PPKn dalam proses kegiatan pembelajaran, mampu memberikan banyak perubahan pada peserta didik yang mengarah pada penguatan karakter sosial.
Analisis Fonologi Pemerolehan Bahasa Anak pada Usia 2,4 Tahun Rahmawati, Yeni; Romadani, Anggit Tiyas Fitra; Hidayat, Rahmat
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.413

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pemerolehan vokal pada anak usia 2 tahun 4 bulan, (2) untuk mengetahui pemerolehan konsonan pada anak usia 2 tahun 4 bulan, dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan fonologi pada anak usia 2 tahun 4 bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara, observasi, catatan harian, dokumentasi, dan rekaman adalah semua metode yang digunakan untuk mengumpulkan data.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemerolehan bunyi vokal pada anak usia 2 tahun 4 bulan yang paling banyak adalah huruf [a] di tengah dengan jumlah 32, [i] di tengah dengan jumlah 14, [u] di tengah dengan jumlah 13, [e] di tengah dengan jumlah 11, [o] di tengah dengan jumlah 4. Selanjutnya, pengucapan vokal gabungan [au] berjumlah 2, [ai] berjumlah 1, dan [ua] berjumlah 1. Sementara itu, jumlah huruf konsonan bilabial yang diucapkan oleh Keenand yang paling banyak adalah [p] berjumlah 7 dan [m] berjumlah 7. Jumlah huruf konsonan alveolar yang paling banyak adalah [s] dengan jumlah 6. Jumlah huruf  konsonan palatal yang paling banyak adalah [c] berjumlah 4. Jumlah huruf konsonan velar yang paling banyak [k] berjumlah 2.
Etika Komunikasi dalam Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Mutiarani, Unika Putry; Karimah, Iztiyaul Nur; Syarafa, Yudistira Phrygian
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.301

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan etika komunikasi di media sosial di kalangan mahasiswa yang bertujuan untuk mengungkap dan mengidentifikasi bentuk etika mahasiswa dalam penggunaan media sosial dan penyebaran informasi yang berasal dari media sosial. Partisipan yang terlibat adalah mahasiswa di Kota Yogyakarta yang aktif menggunakan media sosial. Penelitian dikerjakan dengan menyebarkan kuesioner secara daring dan wawancara secara langsung dengan informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kebebasan dalam penggunaan media sosial membuat mahasiswa mengabaikan etika dalam berkomunikasi di media sosial, seperti berkomentar tanpa berpikir. Kurangnya pemahaman etika dalam diri  seseorang khususnya mahasiswa dapat menjadi masalah serius jika terus diabaikan. 2) etika komunikasi mahasiswa dalam menggunakan media sosial sudah tergolong baik namun tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa mahasiswa yang kurang memperhatikan penggunaan bahasa yang baik khususnya saat memberikan komentar kepada orang lain di media sosial. 3) komentar yang kurang sopan dikirim ke publik, dapat menimbulkan konflik negatif terhadap diri seseorang. Walaupun kata-kata yang dilontarkan tergolong sederhana namun mengandung kata-kata yang merujuk pada judge dapat menjadi salah satu contoh cyberbullying di media sosial. 4) luasnya jangkauan media sosial menyebabkan banyaknya berita dan informasi yang dapat diperoleh mahasiswa. Hal tersebut menyebabkan mudah tersebarnya berita hoax karena adanya rasa mudah percaya terhadap suatu berita yang tersebar di media sosial. 5) menyebarkan berita yang belum pasti benar merupakan salah satu contoh etika yang kurang baik karena memberikan informasi yang tidak valid kepada orang lain.
Komunikasi antara Orang Tua dan Anak di Perantauan Widjayanti, Wahyu Wingit; Wicaksono, Muhammad Zulfikar; Athika, Safira Suci
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.318

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika komunikasi antara orang tua dan anak di luar negeri. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana faktor-faktor di luar negeri mempengaruhi interaksi komunikasi, serta dampaknya terhadap hubungan keluarga. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang menggambarkan pola komunikasi, tantangan, dan strategi adaptasi yang digunakan oleh keluarga perantauan. Hasil penelitian menyoroti pentingnya pemahaman antara orang tua dan anak dalam mengatasi hambatan komunikasi yang muncul karena jarak geografis. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi perantauan keluarga untuk memperkuat hubungan keluarga mereka melalui komunikasi yang efektif.
Dampak Media Sosial pada Ragam Bahasa Masyarakat Dinda M, Fara; Mujaddid, Muhammad; Rania, Qeyzha Putri
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.293

Abstract

Di era masyarakat modern ini berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia menggunakan sosial media adalah sesuatu yang sangat dimungkinkan. Kehadiran media sosial telah membawa dampak yang sangat signifikan dalam cara melakukan komunikasi. Baik dampak positif seperti mempermudah akses komunikasi tanpa adanya batasan jarak dan waktu, mudahnya mencari segala informasi, berbagi pengalaman, dan sarana mengembangkan diri. Namun tidak dapat dipungkiri juga media sosial memunculkan dampak negatif, seperti kurangnya komunikasi efektif secara langsung ketika bersama keluarga di rumah, banyaknya informasi-informasi negatif atau hoaks yang tersebar dimana-mana. Proses komunikasi yang dilakukan tentu saja melibatkan ragam bahasa tulis dan juga lisan. Pada media sosial sendiri yang biasa digunakan yaitu ragam bahasa nonformal atau biasa disebut bahasa gaul “slang”. Penyebab maraknya penggunaan bahasa “slang” ini karena bahasanya sendiri yang cenderung simpel, tidak terikat aturan atau kaidah kebahasaan seperti kata baku, ejaan, dan sebagainya. Ketidakbakuan penggunaan bahasa dalam media sosial disebabkan oleh teknologi itu sendiri dan dipengaruhi oleh budaya, bahasa daerah, serta serapan bahasa di media sosial. Banyaknya ragam bahasa ini salah satunya karena budaya dan keberagaman yang ada di Indonesia
Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Tunanetra Sari, Fitriani Harum; Prastini, Endang
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra di kelas X di Sekolah Khusus Islam Terpadu (SKhIT) Yarfin Kota Tangerang Selatan dan mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra kelas X Sekolah Khusus Islam Terpadu (SKhIT) Yarfin Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif, untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra, yang kemudian dideskripsikan kedalam laporan penelitian sesuai dengan jenisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil wawancara, strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra kelas X di SKhIT Yarfin Kota Tangerang Selatan yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta memberikan apresiasi atau penghargaan berupa nilai ekstra kepada peserta didik yang aktif dalam diskusi dan tanya jawab. Mengingat proses pembelajaran bagi peserta didik tunanetra sangat memerlukan strategi khusus dan metode yang sesuai agar materi pelajaran mudah dipahami dan peserta didik antusias dalam proses belajar mengajar maka antara metode pembelajaran dan motivasi saling berkaitan.
Strategi Membangun Reputasi Positif AIESEC Melalui Inovasi Hubungan Masyarakat di Instagram Ramadhenti, Annida Dian; Pradety, Shandina Nandita; Nisa, Azahra Khairul
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.330

Abstract

Penelitian ini membahas strategi inovatif penggunaan media sosial Instagram dalam konteks organisasi AIESEC untuk memperkuat hubungan masyarakat dan membangun reputasi positif. Melalui pendekatan yang terintegrasi, kami mengidentifikasi bagaimana AIESEC dapat memanfaatkan fitur-fitur kreatif Instagram untuk meningkatkan keterlibatan, menyampaikan pesan kunci, dan membangun citra yang kuat. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi organisasi nirlaba lainnya yang ingin memanfaatkan media sosial sebagai alat efektif dalam memperkuat hubungan masyarakat dan reputasi yang baik.
Gambaran Gaya Kepemimpinan Transformasional yang Efektif untuk Memimpin Generasi Z Bantam, Dian Jualiarti; Shiddiq, Mochammad Azhar; Putra, Andhika Wahyu; Saputra, Andika
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.399

Abstract

Gaya kepemimpinan transformasional yang efektif dalam memimpin Generasi Z merupakan suatu pendekatan kepemimpinan yang menekankan pada keterlibatan, pembinaan hubungan yang kuat, dan pengembangan visi bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menggali gambaran tentang seberapa efektif gaya kepemimpinan transformasional dalam memimpin Generasi Z di lingkungan kerja pada era sekarang. Aspek di dalam penelitian ini adalah Idealized influence, Intellectual simulation, Individual consideration, dan Inspiration motivation. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang dilakukan melalui proses wawancara semi- terstruktur, dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis data dilakukan menggunakan pengkodean tematik. Hasil penelitian gaya kepemimpinan yang efektif untuk Generasi Z adalah mampu menjadi standar moral yang baik, mampu mendorong pemikiran kreatif, mampu memberikan perhatian yang baik, dan mampu memberikan semangat optimisme.
Pengaruh Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Terhadap Sikap Toleransi dan Nasionalisme Sari, Nurul Lita; Therreshia, Annisha; Rahmah, Siti
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Y

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.377

Abstract

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain. Penelitian ini merupakan penelitian ekspLanotari. Fenomena dalam penelitian ini adalah sikap toleransi dan nasionalisme. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis Program Pertukaran Mahasiswa Terhadap Sikap Toleransi dan Nasionalisme Bagi Mahasiswa Universitas Pamulang. Untuk menguji pengaruh langsung atau tidak langsung dari setiap variabel digunakan metode survey kausal dengan teknik analisis jalur (path analysis).Kesimpulan penelitian ini yaitu banyak mahasiswa yang sadar akan pentingnya toleransi apalagi dalam dunia perkuliahan yang sangat luas, salah satunya dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ini. Hal ini pun ditandai dengan banyaknya partisipasi para mahasiswa untuk mengikuti program PPM ini. Mereka pun merasa sikap toleransi dapat mempersatukan setiap mereka yang berbeda, baik suku, agama, hingga ras, terlebih perbedaan cara belajar dari kampus satu dengan kampus lainnya. Begitu pula dengan sikap nasionalisme pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini.
PENGARUH PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA TERHADAP SIKAP TOLERANSI DAN NASIONALISME Nurul Lita Sari; Annisa Therreshia; Siti Rahmah
JURNAL HARMONI NUSA BANGSA Vol 1, No 2 (2024): HARMONI NUSA BANGSA
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47256/jhnb.v1i2.357

Abstract

Dimulainya pembelajaran jarak jauh membuat Kemendikbud memberi banyak solusi menarik agar pembelajaran tak begitu membosankan. Adanya program baru di Kampus Merdeka yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka, menjadi salah satu wadah yang menyalurkan banyak inovasi dalam sistem pembelajaran di Indonesia. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini menjadi penggagas baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Hadirnya Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain. Konsep merdeka belajar ini mengusung perihal nasionalisme dan sikap toleransi antar sesama mahasiswa. Kalau mengulas nasionalisme dalam pendidikan, maka dapat dikaitkan dengan pendidikan karakter. Perwujudannya akan mirip dengan perjuangan lahirnya nasionalisme, dimana tiap manusia akan merasa senasib sepenanggungan yang haus akan pendidikan, juga akan mencintai bangsa dan negaranya melalui pendidikan yang dikenyam. Melalui adanya Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ini diharapkan banyak mahasiswa yang mengerti dan mampu mengimplementasikan dengan baik bagaimana sikap toleransi yang selaras dengan nasionalisme yang ditorehkan ditengah masa perguruan tinggi.

Page 1 of 2 | Total Record : 17