cover
Contact Name
Hamdi Yusliani
Contact Email
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Phone
+62812-6911-445
Journal Mail Official
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jalan Muhammadiyah No 91 Bathoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Jalan Muhammadiyah No 91 Batoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Phone: +6285323642520 Email: istiqamahtul.masyithah@unmuha.ac.id Phone: +6212-6911-445 Email: hamdi.yusliani@unmuha.ac.id
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Core Subject : Religion, Education,
Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching methods, the development of instruments in evaluation of Islamic Education, Islamic Education learning model development, Islamic Education Curriculum. In addition, It also covers various topics related to Islamic Studies.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam" : 7 Documents clear
PERANAN CENDEKIAWAN KAMPUS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) (Suatu Kajian Pemikiran Psikologi Islami) Miskahuddin, Miskahuddin
Al-Fathanah Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v4i1, April.2154

Abstract

Cendekiawan adalah orang mempunyai sikap hidup cermat dan teliti yang senantiasa berusaha sungguh untuk meningkatkan kemampuan diri berfikir guna mengetahui dan memahami sesuatu secara komprehensif dari kehidupan alam maupun lingkungan tatanan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran cendikiawan kampus dalam melakukan upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditinjau dari pemikiran psikologi islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui identifikasi wacana, baik dari buku, artikel, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan masalah penelitian. Selanjutnya data dianalisis secara konten analisis. Hasil penelitian adalah peranan cendekiawan atau intelektual dianggap penting bagi pengembangan dan penguatan kemajuan kampus khususnya dan untuk pembangunan SDM, karena ia dapat memfungsikan kecerdasan akal pikirannya untuk bekerja, belajar, menggagas, membuat program, berdialog, berdiskusi, dan menjawab berbagai persoalan penting mengenai gagasan-gagasan dan pemikiran-pemikiran yang ada. Sebagai sosok cendekiawan yang memiliki keahlian khusus dan kecemerlangan ide-ide atau gagasan-gagasan pikiran yang luas dengan keterampilannya cepat mengerti situasi dan kondisi, pandai mencari dan memberi jalan keluar dalam memecahkan masalah atau pun tepat menawarkan solusi penyelesaian masalah, maka tentu akan dibutuhkannya guna untuk membangun SDM yang berkualitas
Pengaruh Penggunaan Metode Talqin Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik Di MA Muhammadiyah Bireuen Ridhwan, Kausar; Jeumpa, Nurul; Rosnidarwati, Rosnidarwati
Al-Fathanah Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v4i1, April.2162

Abstract

Pembelajaran untuk memahami tajwid atau metode talqin merupakan langkah awal, dimana dalam ilmu tajwid ini menjelaskan mengenai tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sering kita sebut dengan makharijul huruf. Seorang penghafal Al-Qur’an juga memiliki kendala dalam prosesnya ketika menghafalkan Al-Qur’an. Kesulitan bagi penghafal Al-Qur’an itu seperti sulitnya ayat-ayat Al-Qur’an untuk diingat, hal ini sering terjadi dikarenakan ayat nya yang terlalu panjang atau ayat nya yang susah dilafadzkan. Susah dalam melawan rasa malas dan bosan yang disebabkan karena banyak nya kegiatan lain sehingga mengganggu waktu untuk menghafal. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan kualitas bacaan Al-qur’an siswa sebelum menggunakan metode Talqin serta mengetahui pengaruh penggunaan metode Talqin terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di MA Muhammadiyah Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode talqin yang digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas selama 3 x Pertemuan. Pada saat menyampaikan materi berawal dari pendahuluan/awal, kegiatan inti dan penutup. Adapun dalam kegiatan inti ustadz melakukan pembelajaran dengan langkah-langkah metode tahsin yang diambil yaitu Kelassikal Baca Simak (KBS). Hasil dari penelitian pengaruh metode talqin dari sampel yang di ambil dari 2 kelas yaitu kelas X dengan nilai tertinggi diperoleh oleh Fairuz Bariq dengan nilai rata-rata nilai 91,8 dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan di kelas XI dengan nilai rata-rata tertinggi 95,2 dengan kriteria “sangat baik”. Kualitas baca Al-Qur’an siswa di MA Muhammadiyah Bireuen tergolong dalam kategori baik, hal ini berdasarkan penilaian yang dilakukan pada proses pembelajaran dan tes individu yang dilakukan langsung oleh peneliti.
Interrelasi dalam Masyarakat; Peran Pendidikan Islam dalam Dinamika Persaingan (Competition), Pertentangan (Conflict) dan Penguasaan (Domination) fadhilah, Muhammad; Sabirin Mohd Yusoff, Ahmad Za'im bin; Rahmi, Yustia; Rizki, Muhammad
Al-Fathanah Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v4i1, April.2179

Abstract

Secara umum dalam kehidupan sosial kita diikat dengan nilai dan norma-norma sebagai aturan yang berlaku dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Bentuk-bentuk interrelasi dapat berupa persaingan (competition), pertentangan (conflict) dan penguasaan (domination) Persaingan (competition) adalah proses sosial yang melibatkan persaingan antar individu atau antar kelompok untuk mencapai tujuan tertentu dengan tidak menggunakan kekerasan dan ancaman. Pengaruh-pengaruh ini adakalanya mengarah kepada hal-hal yang positif dan ada yang mengarah kepada hal-hal yang negatif, yang secara nyata memberikan pengaruh kepada bentukan budaya dan kesadaran hukum yang dilahirkan maupun aplikasinya dalam masyarakat.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAJWID DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-MUNAWWARAH DESA LAMBLEUT DARUL KAMAL ACEH BESAR Farhan, Muhammad; Saiful, Saiful; Rosnidarwati, Rosnidarwati
Al-Fathanah Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v4i1, April.2160

Abstract

TPQ sebagai lembaga pendidikan seharusnya dapat menjadi sarana efektif bagi terciptanya pemahaman yang kritis dan kreatif menjadi tempat bagi anak didiknya dalam upaya pembinaan dan pengembangan potensinya agar mampu menjadi generasi qur’ani. Namun dalam pelaksanaannya masih didapati kelemahan santri dalam membaca Al-Qur’an, sedangkan pembelajaran tajwid telah diberikan sebagaimana mestinya oleh para guru TPQ. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran tajwid, upaya ustazh/ah dalam meningkatkan pembelajaran tajwid ,dan faktor keberhasilan dan penghambat pembelajaran tajwid di TPQ Al-Munawwarah Desa Lambleut. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Dalam penelitian ini sumber data primer diperoleh langsung dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran tajwid di TPQ Al-Munawwarah dapat dikatakan sudah efektif dibuktikan dengan penggunaan beragam metode dalam pembelajaran tajwid seperti metode jibril, qirati, metode baca tulis/tahfizh. 2) upaya yang dilakukan guru TPQ dalam meningkatkan pembelajaran tajwid berupa pembelajaran bertahap, bimbingan bacaan huruf hijayyah bagi santri pemula, pembiasaan metode klasikal dan metode face to face serta pengarahan dan bimbingan ilmu tajwid kepada santri.3) Faktor keberhasilan yaitu motivasi dari dalam diri anak, orang tua, ustadz/ah serta kecukupan media pembelajaran tajwid, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya keseriusan santri dalam belajar tajwid, kurangnya waktu orang tua dalam mendampingin anak belajar tajwid serta pengaruh lingkungan.Kata Kunci:  Pembelajaran Tajwid, TPQ Al-Munawwarah, Generasi Qur’ani.
Interrelasi dalam Masyarakat; Peran Pendidikan Islam dalam Dinamika Persaingan (Competition), Pertentangan (Conflict) dan Penguasaan (Domination) fadhilah, Muhammad; Sabirin Mohd Yusoff, Ahmad Za'im bin; Rahmi, Yustia; Rizki, Muhammad
Al-Fathanah Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v4i1, April.2179

Abstract

Secara umum dalam kehidupan sosial kita diikat dengan nilai dan norma-norma sebagai aturan yang berlaku dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Bentuk-bentuk interrelasi dapat berupa persaingan (competition), pertentangan (conflict) dan penguasaan (domination) Persaingan (competition) adalah proses sosial yang melibatkan persaingan antar individu atau antar kelompok untuk mencapai tujuan tertentu dengan tidak menggunakan kekerasan dan ancaman. Pengaruh-pengaruh ini adakalanya mengarah kepada hal-hal yang positif dan ada yang mengarah kepada hal-hal yang negatif, yang secara nyata memberikan pengaruh kepada bentukan budaya dan kesadaran hukum yang dilahirkan maupun aplikasinya dalam masyarakat.
PERANAN CENDEKIAWAN KAMPUS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) (Suatu Kajian Pemikiran Psikologi Islami) Miskahuddin, Miskahuddin
Al-Fathanah Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v4i1, April.2154

Abstract

Cendekiawan adalah orang mempunyai sikap hidup cermat dan teliti yang senantiasa berusaha sungguh untuk meningkatkan kemampuan diri berfikir guna mengetahui dan memahami sesuatu secara komprehensif dari kehidupan alam maupun lingkungan tatanan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran cendikiawan kampus dalam melakukan upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditinjau dari pemikiran psikologi islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui identifikasi wacana, baik dari buku, artikel, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan masalah penelitian. Selanjutnya data dianalisis secara konten analisis. Hasil penelitian adalah peranan cendekiawan atau intelektual dianggap penting bagi pengembangan dan penguatan kemajuan kampus khususnya dan untuk pembangunan SDM, karena ia dapat memfungsikan kecerdasan akal pikirannya untuk bekerja, belajar, menggagas, membuat program, berdialog, berdiskusi, dan menjawab berbagai persoalan penting mengenai gagasan-gagasan dan pemikiran-pemikiran yang ada. Sebagai sosok cendekiawan yang memiliki keahlian khusus dan kecemerlangan ide-ide atau gagasan-gagasan pikiran yang luas dengan keterampilannya cepat mengerti situasi dan kondisi, pandai mencari dan memberi jalan keluar dalam memecahkan masalah atau pun tepat menawarkan solusi penyelesaian masalah, maka tentu akan dibutuhkannya guna untuk membangun SDM yang berkualitas
Pengaruh Penggunaan Metode Talqin Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik Di MA Muhammadiyah Bireuen Ridhwan, Kausar; Jeumpa, Nurul; Rosnidarwati, Rosnidarwati
Al-Fathanah Vol 4, No 1, April (2024): Al-Fathanah: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v4i1, April.2162

Abstract

Pembelajaran untuk memahami tajwid atau metode talqin merupakan langkah awal, dimana dalam ilmu tajwid ini menjelaskan mengenai tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sering kita sebut dengan makharijul huruf. Seorang penghafal Al-Qur’an juga memiliki kendala dalam prosesnya ketika menghafalkan Al-Qur’an. Kesulitan bagi penghafal Al-Qur’an itu seperti sulitnya ayat-ayat Al-Qur’an untuk diingat, hal ini sering terjadi dikarenakan ayat nya yang terlalu panjang atau ayat nya yang susah dilafadzkan. Susah dalam melawan rasa malas dan bosan yang disebabkan karena banyak nya kegiatan lain sehingga mengganggu waktu untuk menghafal. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan kualitas bacaan Al-qur’an siswa sebelum menggunakan metode Talqin serta mengetahui pengaruh penggunaan metode Talqin terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di MA Muhammadiyah Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode talqin yang digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas selama 3 x Pertemuan. Pada saat menyampaikan materi berawal dari pendahuluan/awal, kegiatan inti dan penutup. Adapun dalam kegiatan inti ustadz melakukan pembelajaran dengan langkah-langkah metode tahsin yang diambil yaitu Kelassikal Baca Simak (KBS). Hasil dari penelitian pengaruh metode talqin dari sampel yang di ambil dari 2 kelas yaitu kelas X dengan nilai tertinggi diperoleh oleh Fairuz Bariq dengan nilai rata-rata nilai 91,8 dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan di kelas XI dengan nilai rata-rata tertinggi 95,2 dengan kriteria “sangat baik”. Kualitas baca Al-Qur’an siswa di MA Muhammadiyah Bireuen tergolong dalam kategori baik, hal ini berdasarkan penilaian yang dilakukan pada proses pembelajaran dan tes individu yang dilakukan langsung oleh peneliti.

Page 1 of 1 | Total Record : 7