cover
Contact Name
Prima Mytra
Contact Email
primamytra@uiad.ac.id
Phone
+6285239211417
Journal Mail Official
jurnalpgmiiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sultan Hasanuddin No. 20, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
ISSN : 2527578X     EISSN : 27156818     DOI : https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar (SD/MI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan" : 5 Documents clear
KONSEPTUALISASI INTEGRASI PSIKOLOGI DAN ISLAM (PSIKOLOGI ISLAM) DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH Tri Wibowo
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v6i1.582

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menguraikan dan mendeskripsikan proses konseptualisasi integrasi Psikologi dan Islam (Psikologi Islam) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Berawal dari latar belakang dikotomisasi ilmu-ilmu agama dengan umum oleh Barat dengan cara mendirikan pusat pendidikan keagamaan pada tempat yang khusus. Dari sinilah muncul generasi-generasi sekuler yang tidak menguasai ilmu agama atau sebaliknya. Melihat fenomena tersebut, tanggapan dari umat Islam pun beragam. Ada yang menanggapi sebagai sebuah momentum kebangkitan umat Islam di segenap bidang ataupun sebaliknya yang bersifat apatis-dogmatik. Wujud nyata dari semangat kebangkitan umat Islam tercermin dari upaya melahirkan ilmu-ilmu yang Islami, baik melalui Islamisasi ilmu pengetahuan maupun saintifikasi Islam seperti dalam bidang Psikologi Islam. Psikologi Islam dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dalam rangka mengoptimalkan segenap potensi yang dimiliki peserta didik yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif jenis riset studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseptualisasi integrasi Psikologi dan Islam (Psikologi Islam) dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dengan cara mengintegrasikan konsep Psikologi Islam dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, budaya madrasah dan pembiasaan secara terstruktur dan terjadwal kepada peserta didik.
KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN MADRASAH IBTIDIYAH Muhammad Kadir; Diarti Andra Ningsih; Hasmiati; Laeli Qadrianti
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v6i1.583

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih banyaknya kepala madrasah ibtidaiyah yang belum melakukan karakteristik kepemimpinan madrasah yang ideal, bahkan sampai ada yang sangat jauh dari harapan kepemimpinan madrasah yang diharapkan oleh segenap lingkungan madrasah ibtidaiyah yang ada di Kabupaten Sinjai. Selain itu, masih terdapat oknum kepala madrasah yang kadang melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tentunya akan merugikan lembaganya dan mencederai karakter kepemimpinannya. penelitian ini difokuskan pada karakteristik kepemimpinan madrasah ibtidaiyah yang ada di kabupaten sinjai yang tentunya akan dijadikan tolak ukur bagi pemimpin-pemimpin madrasah untuk mengelolah lembaganya. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala dinas pendidikan setempat, pakar pendidikan, kepala madrasah ibtidaiyah, wakil kepala madrasah bagian kesiswaan, guru dan peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman dengan validitas data triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada dasarnya karakteristik kepemimpinan madrasah ibtidaiyah adalah suatu gambaran obyektif yang hampir terjadi di seluruh madrasah, hal itu dapat dilihat dari keterampilan-keterampilan kepemimpinan madrasahibtidaiyah, kriteria-kriteria kepemimpinan madrasah, tugas dan peranan kepala madrasah ibtidaiyah sebagai pemimpin.
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN TERBUKA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH (ONLINE) MENURUT BATES DI MASA PENDEMIC COVID-19 Irwin Hidayat; Murtina; Nurul Hasanah A; Mutiatul Rahma
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v6i1.593

Abstract

Literatur ini di buat dengan tujuan untuk untuk menelaah masalah pendidikan di masa pandemi berdasarkan desain model pembelajaran online menurut Bates. Metode penulisan dilakukan dengan pencarian literatur menggunakan kata kunci "pembelajaran terbuka" DAN "pendidikan di masa pandemi" ATAU "model pembelajaran menurut Bates" pada mesin pencarian google cendekia. Didapatkan hasil berupa artikel-artikel ilmiah serta buku baik bereputasi nasional maupun internasional. Hasil penulisan menunjukkan masalah pendidikan Indonesia dimasa pandemi yaitu perubahan metode pembelajaran menjadi model pembelajaran e-learning yang menunjukkan begitu banyak keterbatasan, baik dari sisi pendidik, peserta didik, maupun fasilitas pendukung pembelajaran. Hal ini menuntut terjadinya inovasi pendidikan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Analisis pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran e-learning adalah desain pembelajaran menurut Bates, yang disebut juga sebagai model pembelajaran terbuka. Model pembelajaran terbuka adalah sebuah system pendidikan jarak jauh atau online. Adapun hal yang melatar belakanginya adalah karena ada beberapa hambatan, antara lain lokasi yang tidak geografis, minimnya waktu untuk melakukan pembelajaran seperti pada umumnya, terhambat oleh ekonomi maupun usia. Maka desain pembelajaran seperti ini memberikan alternatif untuk menghilangkan semua hambatan-hambatan untuk tetap belajar. Hal ini juga sesuai dengan model pembelajran e-learning yang merupakan respon dunia pendidikan dalam menyikapi perubahan tersebut.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SDN 45 LEMPANGAN SINJAI SELATAN Warni; R Nurhayati; Muh. Judrah; Syarifuddin
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v6i1.596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN 45 Lempangan Sinjai Selatan dan untuk mengetahui besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN 45 Lempangan Sinjai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 8 orang dan adapun yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 8 orang. Data yang diambil dengan menggunakan angket dan dokumen. Pengolahan data memakai teknik analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikan 95 % dengan menggunakan SPSS 25. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SDN 45 Lempangan Sinjai Selatan. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SPSS 25, Pada tabel coefficients diketahui thitung kepemimpinan kepala sekolah 4,435 > dari ttabel 2,477 dan nilai probablitas 0,004 < 0,05 dan pada tabel model summary dengan melihat R Square=0,766 atau 76,6 %. Jadi besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN 45 Lempangan Sinjai Selatan adalah 76,6%.
ANALISIS KEBIJAKAN PETA JALAN PENDIDIKAN NASIONAL 2020-2035 Gita Dwi Jayanti; Farid Setiawan; Rivaldo Azhari; Nursaima Putri Siregar
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v6i1.618

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Dengan adanya pendidikan maka negara juga akan semakin berkembang. Untuk mencapai pendidikan yang baik tentunya pemerintah sudah membuat sebuah kebijakan ataupun peta pendidikan agar pendidikan semakin teratur dan dapat mencapai tujuan secara maksimal. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tentu saja sudah melalui proses pemikiran yang panjang, jika nantinya terdapat kendala dalam penerapan kebijakan maka hal tersebut bisa dijadikan perbaikan atau pelajaran agar kedepannya semakin baik. Didalam penelitian ini akan dibahas mengenai analisis kebijakan peta perjalanan pendidikan nasional 2020-2035. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimanakah gambaran pendidikan di Indonesia?, (2) Apa saja tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan?, (3) Bagaimanakah kebijakan peta jalan pendidikan nasional Indonesia?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi analitik dan studi literatur kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan Indonesia pernah mengalami suatu perubahan sistem pendidikan, karena pada saat itu terjadi pembaharuan Undang-Undang yang berkaitan dengan pendidikan. Kemudian, tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan berkaitan dengan proses input, pelaksanaan, dan output dari pendidikan. Untuk membuat pendidikan semakin berkembang maka dibuatlah Peta Jalan Pendidikan Nasional dimana program atau kebijakan Merdeka Belajar menjadi strategi utamanya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5