cover
Contact Name
Taufik Zulfikar
Contact Email
taufikzulfikar16@gmail.com
Phone
+6281931373298
Journal Mail Official
jiim@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Jl.. Surapati No. 189 Bandung.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
ISSN : 29617405     EISSN : 29617995     DOI : https://doi.org/10.32897/jiim
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Pebruari - Agustus) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang Ilmu Manajemen. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Manajemen Ruang lingkup Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen meliputi : 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Produksi 5. Manajemen Resiko 6. Manajemen Pendidikan 7. Manajemen Rumah Sakit 8. Manajemen Kesehatan Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen pertama kali terbit Volume 01 Nomor 01 bulan Agustus tahun 2022. Setiap naskah yang masuk ke editor Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen akan dinilai oleh reviewer. Proses review dilakukan secara double-blind review, artinya reviewer tidak mengetahui identitas penulis dan begitu juga penulis tidak mengetahui identitas reviewer.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen" : 7 Documents clear
PEMODELAN GIZI BURUK BALITA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP ANGKA KEMATIAN BALITA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI GIZI BURUK BALITA DI KABUPATEN LAMONGAN) Abdullah Wasi'an; Abdul Gani Sidqi; Etty Sofia; Rukhiyat Syahidin; Didin Saepudin
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.2.1.2593

Abstract

Saat mengalami pandemi Covid-19 di Indonesia. Penduduk miskin di Lamongan meningkat 0,65%, prevalensi Bumil KEK meningkat 1,79%, pemantauan berat badan balita menurun 23,99% dan peningkatan gizi buruk balita 0,31 %, angka kematian balita relatif tidak terpengaruh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data sekunder runtut waktu dan sampel jenuh dari laporan bulanan Dinkes, BPS dan laman resmi Pemkab Lamongan Tahun 2019 – 2021, menggunakan model Regresi Berganda OLS dengan variabel bebas Kemiskinan Penduduk Lamongan, Bumil KEK, Pemantauan Berat Badan Balita dan variabel terikat Gizi Buruk Balita serta Regresi Dinams ARDL dengan variabel bebas Gizi Buruk Balita dan variabel terikat Angka Kematian Balita.. Rancangan analis data adalah statistika deskriptif dan verifikatif. Hasil regresi OLS, pada uji t terhadap variabel terikat GBB, KPL signifikan berlawanan arah, BKK dan PBB signifikan dan searah. Uji F signifikan dan R2 = 0.843028. Hasil regresi dinamis ARDL, pada uji t terhadap variabel terikat AKBA, GBB (-1) signifikan dan berlawan arah, GBB (-4) signifikan dan searah, uji F signifikan dan R2 = 0.744318. Disarankan kepada Pemkab dan Dinkes Lamongan untuk membuat kebijakan menurunkan kemiskinan, meningkatkan intervensi bumil KEK dan pemantauan berat badan balita serta menurunkan angka kematian balita
DAMPAK KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PENELITIAN KASUS DI UPT PUSKESMAS BABULU) Dwi Sulistyani; Kosasih Kosasih; Rukhiyat Syahidin
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.2.1.2626

Abstract

Fokus penelitian ini adalah peran kepuasan kerja sebagai moderator antara kompetensi dan faktor lingkungan dalam menentukan kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini yang berjumlah 67 orang merupakan seluruh pegawai Puskesmas Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. Kuesioner disebar untuk mengumpulkan informasi penelitian ini, yang kemudian dianalisis menggunakan program SmartPLS dan metode PLS Structural Equation Modeling (SEM). Baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja, data menunjukkan bahwa kompetensi dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh besar terhadap kinerja. Ketika pekerja terlatih dengan baik dan memiliki akses terhadap sumber daya pendukung, mereka akan lebih merasa puas dengan peran mereka, sehingga dapat meningkatkan produktivitas. 
PENGETAHUAN DAN PERILAKU MENINGKATKAN TINGKAT KEBERHASILAN PENANGANAN COVID 19 MELALUI KEPATUHAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (STUDI PADA TENAGA KESEHATAN DI RSUD NGIMBANG LAMONGAN) Muhammad Abdul Muntholib; Sri Rochani Mulyani; Chevie Wirawan
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.2.1.2628

Abstract

Tenaga kesehatan adalah salah satu kelompok yang rentan tertular penyakit Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Alat Pelindung Diri (APD) menjadi sangat penting bagi tenaga kesehatan untuk mencegah dan mengurangi risiko terpapar COVID-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat pengetahuan dan perilaku terhadap kepatuhan Standar Operasional (SOP) memakai APD dan melepas APD yang berimplikasi pada keberhasilan penanganan pasien Covid-19 di RSUD Ngimbang Lamongan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian Tim penanganan Covid-19 RSUD Ngimbang Lamongan dengan sampel 100 orang tim penanganan Covid-19 RSUD Ngimbang Lamongan baik medis maupun non medis. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan tentang pemakaian APD, perilaku pemakaian APD, keberhasilan penanganan Covid-19 melalui kepatuhan pemakaian APD, responden memiliki nilai cukup menuju kuat,  pengaruh langsung pengetahuan lebih kecil dibandingkan pengaruh tidak langsung terhadap keberhasilan penanganan Covid-19. Pengaruh langsung perilaku lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung terhadap keberhasilan penanganan Covid-19. Nilai korelasi antar variabel pengetahuan dengan perilaku pemakaian APD sangat kuat), dan nilai korelasi kepatuhan dengan keberhasilan penanganan Covid-19 kuat.
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MELALUI MANAJEMEN TERINTEGRASI DI RUMAH SAKIT: SYSTEMIC LITERATURE REVIEW Dimas Ageng Prayogo; Risda Choirunisa; Yohana Kifli
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.2.1.2704

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sangat bergantung pada pelayanan kesehatan yang dikasih untuk masyarakat pada rumah sakit, maka dari itu diperlukan suatu manajemen terintegrasi untuk meningkatkan suatu kualitas pelayanan kesehatan terdapat pada rumah sakit. Kualitas pelayanan kesehatan baik bisa digunakan dalam mengembangkan suatu rumah sakit bisa terus berkembang dengan begitu pesat. Penelitian ini menggunakan studi literatur review menggunakan pemilihan sumber sesuai standar dibutuhkan dalam suatu penelitian, bahwa: Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap manajemen terintegrasi
DIGITALISASI LAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA SUKABUMI Alhidayatullah Alhidayatullah
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.2.1.2724

Abstract

Digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan merupakan faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pemustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka. Data penelitian ini adalah pemustaka pada Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi dengan populasi sebanyak 1.120. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan web.raosoft.com sample size dengan tingkat error sebesar 5% sehingga didapatkan sampel sebanyak 287 responden. Menyebarkan kuesioner adalah metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pemustaka, dan pengaruhnya sebesar 60,9% sedangkan 39,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel yang memiliki pengaruh dominan yaitu fasilitas perpustakaan, dengan pengaruhnya sebesar 49,9%. Adapun kontribusi dalam penelitian ini adalah memperluas literature manajemen pemasaran terkait digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan dalam konteks organisasi.
ANALISIS PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BPR SUPRA ARTAPERSADA CABANG SUKABUMI Ade Sudarma
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.2.1.2758

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat merupakan lembaga perbankan yang mengutamakan layanan pemberian kredit kepada masyarakat. Dalam penyalurannya akan diiringi dengan risiko kredit yaitu timbulnya kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait penanganan kredit bermasalah pada PT.BPR Supra Cabang Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif dengan melakukan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian adanya peningkatan NPL pada tahun 2022 sebesar 1,37%, sedangkan dalam penyaluran modal kerjanya menurun sebesar 6.05%.  Dalam hal penanganan kredit bermasalah PT.BPR Supra Artapersada Cabang Sukabumi menerapkan beberapa upaya yaitu dengan melakukan kunjungan intensif kepada debitur, memberikan surat peringatan 1-3, melakukan upaya 3R (Rescheduling, Reconditioning, Restructuring), pengambilalihan agunan dan hapus buku bagi debitur.
TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH DI PEMERINTAH DAERAH KOTA SUKABUMI Nurni Arrina Lestari
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.2.1.2768

Abstract

Penelitian ini menyelidiki bagaimana transparansi dan akuntabilitas mempengaruhi kualitas laporan keuangan daerah di pemerintahan daerah Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 30 SKPD Pemerintahan Kota Sukabumi, yang terdiri dari 102 individu. Semua populasi diambil sebagai sampel dalam metode non probability sampling. Penyebaran kuesioner kepada responden adalah metode pengumpulan data. Alat analisis data menggunakan regresi linier berganda.  Hasil analisis menunjukkan transparansi dan akuntabilitas berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan daerah, dengan pengaruhnya adalah 69,2%, dan 30,8% dipengaruhi faktor lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 7