cover
Contact Name
Betty Masruroh
Contact Email
betty.masruroh@um.ac.id
Phone
+6285733562345
Journal Mail Official
humanitieshorizonjournal@gmail.com
Editorial Address
Cyber Mall, lantai 3 Jl. Raya Langsep No.2, Kota Malang Jawa Timur 65146, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Humanities Horizon Journal
Published by Pena Produktif Kreatif
ISSN : -     EISSN : 30478014     DOI : -
Humanities Horizon encourages contributions that engage with the issues, debates, and contemporary challenges faced by humanity in the 21st century, including globalization, environmental sustainability, social justice, technological advancement, and cultural diversity. We are committed to promoting inclusive research that transcends geographical, linguistic, and disciplinary boundaries, thereby enriching our understanding of the human condition and fostering a more connected and compassionate world.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2024)" : 5 Documents clear
Eksplorasi Candi melalui Google Earth untuk Pengenalan Budaya pada Siswa KB Nurul Ummah 23 Bojonegoro Mimin Dwi Astutik; Betty Masruroh; Fuad Maysa; Ardyanto Tanjung
Humanities Horizon Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : PT. Pena Produktif Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Google Earth sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman budaya pada anak usia dini, dengan fokus pada pengenalan warisan budaya, terutama candi. Melalui pendekatan eksperimental, dilakukan kegiatan wisata virtual menggunakan Google Earth di KB Nurul Ummah 23 Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Earth efektif dalam meningkatkan pemahaman budaya anak-anak, seperti pemahaman tentang sejarah, budaya, dan nilai-nilai keagamaan terkait dengan candi. Analisis kualitatif juga menunjukkan antusiasme dan kegembiraan anak-anak terhadap kegiatan tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi pemanfaatan teknologi, khususnya Google Earth, dalam pengenalan dan pembelajaran budaya pada anak usia dini, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan budaya pada tingkat ini.
Persepsi Masyarakat Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto terhadap Seni Pertunjukan Bantengan Danang Kurniawan; Margono Margono; Rista Ayu Mawarti
Humanities Horizon Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : PT. Pena Produktif Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bantengan selalu menghadirkan adegan-adegan berbahaya dalam pertunjukannya, pertunjukan ini dapat disaksikan secara bebas dari usia dewasa hingga anak-anak yang masih dalam proses belajar dan meniru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui persepsi masyarakat mengenai adegan berbahaya yang dihadirkan dalam seni pertunjukan Bantengan, mengetahui persepsi masyarakat mengenai anak-anak yang menyukai seni pertunjukan Bantengan, persepsi masyarakat mengenai anak-anak yang ingin meniru belajar bela diri dan meniru adegan berbahaya dalam seni pertunjukan Bantengan, serta untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap seni pertunjukan Bantengan di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah (1) Masyarakat mempersepsikan seni pertunjukan Bantengan merupakan seni yang lahir dan besar di Desa Claket (2) Orang tua sangat antusias mengajak anak-anaknya melihat seni pertunjukan Bantengan sejak dini. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Desa Claket terhadap Bantengan yakni kekhasan, kesiapan mental, warisan, sistem nilai, dan tipe kepribadian.
Studi Fenomenologi Dinamika Carnival Sound System di Beberapa Kecamatan Kabupaten Malang Sulistyowati Sulistyowati; Kusnul Kusnul
Humanities Horizon Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : PT. Pena Produktif Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah studi fenomenologi tentang Carnival Sound System di beberapa kecamatan kabupaten Malang, sebuah fenomena budaya yang menggabungkan musik, tarian, dan interaksi sosial yang semakin populer. Tujuannya adalah memahami pengalaman, persepsi, dan dampak individu yang terlibat dalam komunitas ini. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mengungkap makna subjektif dari pengalaman dan pandangan peserta. Melalui wawancara dan observasi, data kualitatif dikumpulkan dan dianalisis untuk mengungkapkan esensi pengalaman individu dalam komunitas ini. Hasilnya memberikan wawasan tentang bagaimana Carnival Sound System mempengaruhi kehidupan sehari-hari pesertanya dan bagaimana interaksi sosial dalam konteks ini membentuk identitas komunitas. Temuan ini dapat membantu pemahaman tentang peran individu dalam dinamika sosial di tingkat lokal, serta implikasi Carnival Sound System terhadap kehidupan masyarakat setempat. Hasilnya dapat menjadi sumber informasi bagi pengambil kebijakan, praktisi budaya, dan peneliti masa depan yang tertarik memahami fenomena budaya dalam konteks lokal.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Geografi Wahyuning Sasi; Saiful Amin
Humanities Horizon Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : PT. Pena Produktif Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lectora inspire dan mengetahui kelayakan pada mata pelajaran geografi di SMA Sultan Agung Puger Jember, Indonesia. Model penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini mengacu pada model ADDIE. Produk media yang dikembangkan divalidasi 1 ahli materi dan 1 ahli desin media. Selanjutnya medi adiujikan kepada 1 guru geografi dan 30 siswa kelas 10 IPS di SMA Sultan Agung Puger Jember yang sedang mempelajari materi DInamika Litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan analisis kualitatif meninjau tanggapan validator desain, materi, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran lectora inspire memiliki tingkat kelayakan dari: ahli media sebesar 90 persen, ahli materi sebesar 95 persen, guru sebesar 95 persen, dan siswa sebesar 87 persen. Nilai rata–rata kelayakan media lectora inspire adalah sebesar 91,75 persen dan berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran lectora inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran terutama pada mata pelajaran geografi materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap kehidupan.
Pengembangan Aplikasi SIVIRCADO (Situs Virtual Candi-Candi di Sidoarjo) Berbasis Virtual Tour sebagai Media Pembelajaran IPS di SMP Bina Budi Mulia Malang Suryani Naiborhu; Bayu Kurniawan
Humanities Horizon Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : PT. Pena Produktif Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan di era teknologi abad 21 mengalami perkembangan signifikan dengan adopsi media pembelajaran berbasis ICT. Namun, pembelajaran IPS, khususnya sejarah, masih menggunakan media konvensional. Untuk mengatasi hal ini, penelitian mengembangkan aplikasi SIVIRCADO (Situs Virtual Candi-Candi di Sidoarjo) Berbasis Virtual Tour sebagai media pembelajaran IPS pada materi peninggalan Hindu-Buddha. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 30 peserta didik dan 1 guru IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki lima tahapan pengembangan dan dapat direkomendasikan untuk penelitian eksperimen di kelas guna menguji efektivitasnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5