cover
Contact Name
Frans Halawa
Contact Email
info@saintmary.ac.id
Phone
+6281381733991
Journal Mail Official
admin@lemondial.ac.id
Editorial Address
l. K.H. Hasyim Ashari No.54 Petojo, Jakarta Pusat 10130
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal kesekretarisan, manajemen bisnis, Perhotelan, Pariwisata dan logistik.
ISSN : 22523596     EISSN : 22523596     DOI : https://doi.org/10.3333/lbs.v10i2
Jurnal Manajemen Lemondial Business School adalah jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesailis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, manajemen bisnis, Perhotelan, Pariwisata dan logistik. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ini mengedepankan hasil penelitian, analisa dan pemikiran orisinal dan inovatif. Diharapkan publikasi ini dapat ikut mengembangkan khasanah ilmu dan menunjang best-pratices di bidang administrasi perkantoran, kesekretarisan, manajemen bisnis, Perhotelan, Pariwisata dan logistik di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata" : 5 Documents clear
Indonesia Guest Comment Card Sebagai Bahan Evaluasi Kompetensi Guest Service Agent Terhadap Kepuasan Tamu Di MH Hotel Ipoh, Perak, Malaysia: Guest Comment Card Sebagai Bahan Evaluasi Kompetensi Guest Service Agent Terhadap Kepuasan Tamu Di MH Hotel Ipoh, Perak, Malaysia Halawa fransiscus amonio; Agnes Vicky
Journal Management SMC Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3333/lbs.v9i3.37

Abstract

The guest service area is also known as the first and the impression of the guest. This means that this is the first and last part of the guest. Hotel guests will arrive first at the guest service area and at check-out the guest must communicate with the guest service agent. So it is only natural that a deep impression will be created in the guest service area. The front office or guest service area is an information center and almost all guest activities such as receiving and sending letters, managing guest luggage, paying hotel accounts, handling lost guest items, accommodating guest complaints and also a place to provide all kinds of information both inside the hotel. or outside the hotel. Every guest who comes to the hotel to stay, for the first time is handled and managed by the guest service area by following the check-in procedure as well as when the guest leaves the hotel it will be taken care of and handled again by the guest service area by following the check-out procedure .Keywordsi: Guest Service, Competence, Guest Satisfaction
Penerapan Kualitas Pelayanan untuk mencapai Tingkat Kepuasan Tamu menggunakan Indikator SERVQUAL Pada Front Office Department di Hotel Grand Hyatt Jakarta: Penerapan Kualitas Pelayanan untuk mencapai Tingkat Kepuasan Tamu menggunakan Indikator SERVQUAL Pada Front Office Department di Hotel Grand Hyatt Jakarta Jeanette Kurniawan
Journal Management SMC Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel Grand Hyatt Jakarta mendapatkan penilaian yang baik secara keseluruhan dalam Online Travel Agent, namun Hotel Grand Hyatt Jakarta belum mampu menyaingi penilaian service Hotel bintang 5 lainnya, sedangkan penilaian daring mampu mempengaruhi pengambilan keputusan tamu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat Kepuasan tamu melalui Kualitas pelayanan menggunakan Indikator SERVQUAL pada Front Office Department di Hotel Grand Hyatt Jakarta dengan berpedoman pada dimensi TERRA yaitu tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif menggunakan skala likert dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil survey angket atas perbandingan antara harapan dan kenyataan dan data sekunder dari peneliti sebelumnya. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan metode sampel jenuh menggunakan populasi event organizer forever planner dengan alasan memiliki potensi atas penginapan kembali, dan responden yang didapatkan adalah sebanyak 28 tamu yang valid sesuai klasifikasi pengambilan sampel. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi masukkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan menggunakan dimensi TERRA, serta membuka peluang bagi peneliti selanjutnya dengan segmen populasi yang lebih luas terkait kualitas pelayanan. Hasil penelitian yang diteliti menunjukkan bahwa dimensi TERRA mempengaruhi tingkat kepuasan tamu, terutama pada jawaban dalam pertanyaan dari dimensi empathy dan assurance yang membutuhkan perbaikan dalam memberikan respon, sikap, perilaku dan komunikasi yang tepat kepada tamu. Namun dalam segmen yang lebih luas pada dimensi reliability, responsiveness dan tangible, secara keseluruhan sudah mencapai nilai kepuasan karena mendapatkan selisih (gap) yang sangat sedikit.Kata Kunci : Front office, Kepuasan Tamu, Kualitas Pelayanan, Terra
Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat: Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat Agnes Vicky; Diyan Putranto; Milawati
Journal Management SMC Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu pendapatan terbesar yang sedang mengalami pertumbuhan. Salah satu bagian dari pariwisata adalah perhotelan. Hotel tidak bisa dipisahkan dari pariwisata karena sebagai penunjang perjalanan liburan seseorang. Hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya yang dikelola secara komersial. MyHotel adalah sebuah jasa akomodasi di Jakarta Barat yang menawarkan kamar dengan harga murah. Hotel berbintang tiga ini adalah tempat yang strategis bagi siapapun yang ingin berlibur atau berwisata di Kota Jakarta. Demi menunjang sisi komersial, manajemen MyHotel memperhatikan banyak hal termasuk aspek kebersihan. Kebersihan menjadi faktor penunjang sebuah hotel itu layak dikunjungi atau tidak. Di sini departement housekeeping memiliki peranan penting. Mereka bertugas merawat, membersihkan, membuat rapih seluruh isi hotel agar memberi dampak positif bagi para pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperhatikan situasi sosial yang terdiri dari tempat, pelaku, dan aktivitas.Kata kunci: House Keeping, Kamar Hunia, Myhotel.
Strategi Promosi Café Rasa Koffie Melalui Teknik Sales Promotion, Personal Selling dan Direct and Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Antonia Maurra Habirowo adminojs
Journal Management SMC Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era globalisasi yang penuh persaingan di sektor pariwisata, termasuk bisnis kafe, terjadi evolusi dari sekedar menyajikan kopi, menjadi tempat bersantai. Dalam persaingan bisnis, terutama di bidang kuliner seperti kafe, strategi pemasaran yang tepat menjadi penting. Rasa Koffie, kafe yang muncul selama pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), berhasil mempertahankan rata-rata penjualan harian 18%, menunjukkan kebutuhan akan strategi promosi kuat di tengah pembatasan. Penelitian ini meneliti strategi promosi yang digunakan oleh Rasa Koffie dalam bertahan, menggunakan metode kualitatif dengan data primer dari studi pustaka dan wawancara kepada pemilik dan pegawai Rasa Koffie. Analisis menunjukkan bahwa Rasa Koffie berhasil mengimplementasikan strategi periklanan yang efektif dengan menggabungkan pendekatan online dan offline serta media yang tepat. Ini mencapai tujuan periklanan dan dampak positif pada konsumen, serta menciptakan pengalaman emosional yang menguatkan hubungan antara kafe, karyawan, dan pelanggan. Melalui promosi seperti diskon, pendekatan personal, tawaran menu spesial, serta adaptasi cerdas terhadap tren digital dan kemitraan dengan influencer melalui media sosial, Rasa Koffie berhasil membangun citra merek yang positif dan menarik bagi konsumen.Kata Kunci : Cafe; Direct dan Digital Marketing; Personal Selling; Sales Promotion; Strategi Promosi
Implementasi Standar Operasional Prosedur untuk Meningkatkan Pelayanan di Sana Sini Restoran Hotel Pullman Jakarta Indonesia Thamrin Michelle Adisty Sutjiadi
Journal Management SMC Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3333/lbs.v9i3.44

Abstract

Di dalam dunia pariwisata, hotel merupakan sarana akomodasi penting yang diperlukan oleh wisatawan untuk mencari tempat menginap selama berpergian. Hotel adalah jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk dikelola secara komersial. Restoran merupakan fasilitas di dalam hotel yang menyediakan makanan dan minuman bagi tamunya. Semakin banyak jumlah tamu yang menginap, maka hotel memerlukan semakin banyak fasilitas penunjang untuk kepuasan tamu. Restoran yang ada di hotel ada berbagai macam, seperti lounge, coffee shop, dining restaurant, dll. Untuk menjaga kualitas pelayanan, terdapat standar yang harus dijalankan setiap harinya. Standar operasional prosedur ini salah satunya mengatur sequence of service karyawan. Untuk memastikan standar operasional dijalankan, maka diperlukan instrumen penilaian berupa assessment yang dilakukan oleh auditor yang sifatnya anonim. Implementasi standar operasional prosedur bertujuan agar kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Pelayanan yang diberikan oleh karyawan berkaitan erat dengan kepuasan tamu. Di dalam penelitian deskriptif ini disimpulkan bahwa dari segi operasional, karyawan di Sana Sini Restoran sudah menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar yang berlaku.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sequence of Service, Standar Operational Prosedur

Page 1 of 1 | Total Record : 5