cover
Contact Name
Romi Fajar Tanjung
Contact Email
romifajar@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jkk@fkip.ejournal.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Palembang - Prabumulih No.KM. 32, Indralaya Indah, Kec. Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557303     EISSN : 28282965     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Konselor.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1, No. 1: Mei 2014" : 5 Documents clear
Pemberian Layanan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Lulusan Berahlak Mulia Aisyah.AR
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1: Mei 2014
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran bahwa layanan pendidikan berkarakter merupakan kewajiban bagi tenaga pendidik di perguruan tinggi dalam meningkatkan lulusan berakhlak mulia. Ruang lingkup bahasan tulisan ini adalah pendidikan akademik berkarakter meliputi beberapa komponen yang terintegrasi dalam Tri darma Perguruan Tinggi, budaya organisasi di perguruan tinggi, kegiatan kemahasiswaan, kegiatan keseharian dan kegiatan budaya perguruan tinggi. Selain itu juga mengkaji beberapa pendekatan layanan yaitu 1) pendekatan penanaman nilai (inculcation approach), 2) pendekatan perkembangan moral kognitif (cognitive moral development approach), 3) pendekatan analisis nilai (values analisys approach), 4) pendekatan klarifikasi nilai (values clarification approach), 5) pendekatan pembelajaran berbuat (action learning approach). Sedangkan metode yang digunakan dalam layanan pendidikan karakter adalah metode Lesson Study, metode Live In, metode hiwar, metode qisbah, metode uswah dan metode pembinaan.
Aplikasi Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Reska; Sofah, Rahmi; Gani, Syarifuddin
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1: Mei 2014
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of the research is to increase students’ self esteem at class XI IPS in SMA 1 Indralaya through Islam-based group guidance services. This study used action research guidance and counseling. Research subjects consisted of 8 students, with a criterion of selfesteem is medium and self-esteem is low. Instruments of data collection using psychological scale, observation, and interview. Data were analyzed using descriptive quantitative. The process of activity islam-based group guidance still refers to stages of group counselingservices in general but in every stage are accompanied by the adoption of Islam values and are equipped by the usual norms of Islamic mentoring. The results showed increased self esteem before given action shows that negative self-esteem (low and medium category)having given a positive self esteem (medium and high). So it can be concluded that islambased group guidance services can be applied toimprove students’ self esteem.
Mengefektifkan Gaya Belajar Auditory melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI IPA II dI SMA Kapandra, Hendri; Sofah, Rahmi; Karim, Kelanawaty
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1: Mei 2014
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to streamline the auditory learning styles of students through the guidance of the group discussion method. This research method uses PTBK the 8 study subjects, obtained from the analysis of questionnaires that have been tested for validity and reliability as well as supporting the observation made. Data were analyzed by descriptive quantitative. The results of this action researchs uggests that groups can make effective guidance auditory learning styles of students in schools. Average scores improved the effectiveness of auditory learning styles of students prior to the action that is 45.5 in the low category. After the first cycle of the action performed on the score to 53.6 are categorized as low to medium. In the second cycle, appeared to score the effectiveness of auditory learning styles increased to 76.1 in the high category. Thus it can be recommended that the guidance of the group can be used to streamline the auditory learning styles of students in schools .
Upaya Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa “F” terhadap Perubahan Kondisi Keluarga melalui Konseling Realitas di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya Utara Sary, Devita; Harlina; Hakim, Imron A
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1: Mei 2014
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this study was to improve self adaptation of student “F” toward the changes in family condition through reality counseling in SMA N 1 Indralaya Utara. Guidance and counseling action research method was used in this study. The data wereanalyzed in a descriptive qualitative way. Observation and interview were done for collecting the data. The result showed that counseling reality which emphasizes on the desire exploration and action planning by the counselee could improve the self adaptation of student “F” toward the changes of family condition. This result was supported by the score improvement of the interview before and after the treatment in the second cycle. In the first cycle, the reality counseling focused on the expressing desire exploration of the counselee toward the family. In the second cycle, the counseling reality process emphasized on the step of action planning especially giving the positive encouragement and motivating the counselee to do the action which has been well planned. Thus, the counseling reality could be used to improve the self adaptation of student “F” toward the changes of family condition.
Meningkatkan Kepemimpinan Tranformasional Pengurus OSIS Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi Rapat di SMA Amarullah, Imam B; Andi, Amiruddin; Menarus, Romli
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1: Mei 2014
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kepemimpinan tranformasional pada pengurus OSIS melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi sehingga pengurus OSIS dapat melaksanakan kepemimpinan transformasional tersebut dalam rapat organisasi. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan PTBK, dengan subjek penelitian berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan rata-rata nilai kemudian diklasifikasikan menjadikategori, sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi rapat dapat meningkatkan kepemimpinan transformasional pengurus OSIS. Sebelum dilakukantindakan skor dari subjek penelitian, kepemimpinan transformasionalnya diklasifikasikan rendah. Setelah dilakukan tindakan siklus pertama terjadinya peningkatan kepemimpinan transformasional pada 3 orang Pengurus OSIS yang diklasifikasinya tinggi, sedangkan 6orang diklasifikasikan rendah. Begitu juga pada siklus kedua terjadi peningkatan signifikan pada 9 orang Pengurus OSIS, yaitu 3 orang klasifikasi sangat tinggi dan 6 orang diklasifikasikan tinggi. Saran kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi rapatdapat digunakan untuk meningkatkan kepemimpinan transformasional pengurus OSIS di SMA Negeri 4 Lahat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5