cover
Contact Name
Romi Fajar Tanjung
Contact Email
romifajar@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jkk@fkip.ejournal.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Palembang - Prabumulih No.KM. 32, Indralaya Indah, Kec. Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557303     EISSN : 28282965     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Konselor.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4, No. 1: Mei 2017" : 5 Documents clear
Hubungan antara Locus of Control dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Negeri 9 Palembang Isni, Farizah; Yosef, Yosef
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 4, No. 1: Mei 2017
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan jenis penelitian survei. Sampel penelitian berjumlah 36 orang siswa yang diseleksi dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur locus of control dan prokrastinasi akademik siswa berupa skala psikologi dengan model skala likert. Analisis data dengan menggunakan Product Moment Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif (-) antara locus of control dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Palembang. Artinya semakin tinggi locus of control yang dimiliki oleh siswa maka semakin rendah terjadinya prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Palembang.
Penerapan Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Terisolir Kelas X dI SMA Negeri 1 Indralaya Utara Santiria, Silvia; Syarifuddin; Harlina
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 4, No. 1: Mei 2017
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to determine the application of group counseling services for the isolated students at SMAN 1 North Indralaya. This type of research was the applied research with descriptive approach. Data were collected in this study using observation guidelines and analyzed descriptively qualitative. In this study there were 7 (seven) students were chosen as subjects from different class X. In the process of applyed the group's counseling service to discuss 1 (one) problems experienced by students named DS. The result of this study indicated that the DS experienced a change in mindset and attitude to improve their social relation in class. The implementation of group counseling services was not optimal yet, but the result of this study could be used as an alternative problem-solving for students who were isolated. Group counseling services could be also implemented to help students to reach maturity social accomplished development task students isolated.
Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI Yang Mengalami Prokrastinasi Akademik di SMA Negeri 2 Lubuklinggau Hasanah, Ratu Ayu; Hakim, Imam B
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 4, No. 1: Mei 2017
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aimed of this study was to find out the students self confidence of XI class who faced academic procrastination in SMA Negeri 2 Lubuklinggau. This was survey study and subjects were 32 students who faced academic procrastination. The students self confidence data used psycology likert model scale. The result showed that XI class students who faced/ did the academic procrastination in SMA Negeri 2 Lubuklinggau were in moderate category. It can be stated that the students who had firm belief of ability and positive thinking foward him/ her self well, although not yet fully able to act independently.
Penerapan Model Bimbingan Klasikal Sciarra pada Kompetensi Memperoleh Pengetahuan untuk Mencapai Tujuan Karir Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya Erni, Erni; Yosef, Yosef; Harlina, Harlina
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 4, No. 1: Mei 2017
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the application of classical models Sciarra guidance on competence gained knowledge to achieve career goals of students and to determine the effectiveness of the application of classical models Sciarra guidance on competence gained knowledge to achieve career goals of students. Subjects were students of class X Senior High School No. 1 Indralaya with a sample of 33 students of class X Natural Science 4 randomly selected. The study design used is one group pretest posttest design. The results showed differences in pretest and posttest results were higher after the students followed the classical model of counseling services Sciarra. From the results of hypothesis testing can be concluded that the model of classical Sciarra guidance effectively applied as a classical method of service delivery.
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Sikap Saling Menghargai Siswa dalam Bergaul dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang Utama, Akidah
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 4, No. 1: Mei 2017
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang siswa yang menunjukkan sikap saling menghargai rendah. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Penelitian eksperimen ini menggunakan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi tentang sikap saling menghargai siswa yang telah diuji tingkat validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkanadanya peningkatan sikap saling menghargai siswa setelah diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palembang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5