cover
Contact Name
M. AZKA KESUMA WARDANA
Contact Email
m.azkakesuma.w@gmail.com
Phone
+6287762154904
Journal Mail Official
jebr@instidla.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Negeri Sakti No.16, Negeri Sakti, Kec. Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35366
Location
Kab. pesawaran,
Lampung
INDONESIA
Journal of Economic and Bussiness Retail
ISSN : 28073185     EISSN : 28072987     DOI : -
Core Subject : Economy,
The Journal of Retail Economics and Business aims to share knowledge and current issues related to Retail Economics and Business research. Our specific coverage is Retail Business In the field of business, we accept articles with the following scope: Financial Management and Financial Accounting Operational Management. HR and Knowledge Management. Marketing Management. Strategy Management Entrepreneurship Management Information System Economics In Economics, we accept articles with the following scope: Macroeconomics Microeconomics Translated with DeepL.com (free version)
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)" : 6 Documents clear
Kinerja Keuangan Toko Ritel (Indomaret VS Alfamart) Agustin, Maulina; Puspitasari, Ayudia Dwi; Rachmawati, Levina
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.206

Abstract

Untuk mengetahui kinerja keuangan ataupun menilai kinerja keuangan pada suatu perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisi laporan keuangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja keuangan Indomaret, menganalisis kinerja keuangan Alfamart dan membandingkan kinerja keuangan Indomaret dan Alfamart. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif sendiri berarti penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data – data yang ada dengan menguji, membandingkan, menganalisis dan menjelaskan tentang gejala – gejala kondisi keuangan suatu perusahaan. Data menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang dilaporkan ke Bursa efek Indonesia BEI selama tahun 2019 sampai dengan 2023. Dalam penelitian ini populasi adalah Indomaret atau PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET. PT) dan Alfamart atau PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), dengan sampel yang digunakan laporan keuangan Indomaret atau PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET. PT) dan Alfamart atau PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), untuk sampel laporan keuangan kedua perusahaan khususnya terdapat data untuk perhitungan rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio hutang/ solvabilitas/leverange), dan rasio profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan kedua toko ritel Indomaret dan Alfamart memiliki kelebihan masing-masing, ada beberapa rasio yang Indomaret lebih baik dari pada Alfamart namun ada di beberapa rasio juga Alfamart lebih baik dari Indomaret.
Pemberdayaan Masyarakat Islam melalui Kearifan Lokal: Studi Kasus Bank Sampah Berkah (BSB) Talang Benih Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Soleha, Soleha; Nurhasanah, Iis Ariska
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.199

Abstract

Sampah merupakan penyumbang terbesar dan sangat berbahaya jika tidak dikelola dengan baik. Salah satu kota yang sering mengalami banjir akibat penumpukan sampah ialah Kota Curup. Kota Curup merupakan salah satu Kota yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong. Kota dengan luas 1550,28 km2 mempunyai 15 kecamatan dan 156 desa/ kelurahan. Data pada tahun 2023 sampah yang dihasilkan dari 15 kecamatan ini sebanyak 37 ton/hari. Sampah kerap menjadi masalah merusak keindahan kota, menimbulkan bau tidak sedap, penyebaran penyakit dan banyak lainnya. Penyebab terjadinya penumpukan sampah karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai sampah. Semenjak dinonaktifkannya kotak sampah pemerintah daerah masyarakat semakin mengeluh karena banyak sampah yang terbengkalai dan menggangu sistem irigasi dan sumber air pembangkit listrik. Oleh karena itu salah satu warga setempat berinisiatif membentuk bank sampah. Banyak sampah ini dikenal dengan sebutan Bank Sampah Berkah (BSB). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi efektivitas bank sampah, mengevaluasi dampak dari adanya bank sampah berkah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa dengan adanya bank sampah masyarakat mempunyai kemampuan dalam mengelola sampah seperti memilah sampah dan dapat memenuhi kebutuhannya melalui tabungan sampah. Masalah yang kerap terjadi dapat diatasi, sampah menjadi bernilai ekonomi, kesadaran masyarakat meningkat akan pentingnya pengelolaan sampah. Menciptakan peluang kerja baru, menambah pendapatan bagi masyarakat sekitar, pendapatan masyarakat meningkat yang semulanya hanya dari satu sumber, hubungan antar masyarakat terjalin dan memberdayakan anak-anak disabilitas yang kerap mendapatkan kendala dalam mencari pekerjaan. Adanya BSB membawa keberkahan bagi semua dan diridhoi Allah swt karena Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan membersihkan diri.
MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK IPHONE (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Iphone di Bandar Lampung) Kurniawan, Rudi
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.209

Abstract

ABSTRAK Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara komponen marketing mix (produk, harga, promosi, dan distribusi) dengan keputusan konsumen dalam menggunakan telepon seluler merek iPhone. Sampel terdiri dari 100 responden yang menggunakan iPhone di Bandar Lampung, dipilih secara acak oleh penulis selama penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan studi pustaka. Sebelum analisis dilakukan, data yang terkumpul diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data mencakup analisis deskriptif, kualitatif, serta analisis statistik regresi dan korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, faktor produk, harga, promosi, dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan iPhone. Secara berurutan, produk, distribusi, dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen, dengan produk menjadi faktor yang paling dominan. Namun, promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam penggunaan iPhone. Hubungan antara produk dan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel harga, sedangkan hubungan antara harga dan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel produk dan promosi. Selain itu, hubungan antara promosi dan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel produk dan harga, dan hubungan antara distribusi dengan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel harga. Kata Kunci: marketing mix, produk, harga, promosi, distribusi, dan keputusan konsumen
Determinan Pengangguran Terdidik di Provinsi Lampung (Analisis Data Sakernas Agustus 2022) Budiono, Danu; Agustin, Maulina
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.201

Abstract

Permasalahan pengangguran masih krusial dalam pembangunan ketenagakerjaan di Provinsi Lampung . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran, karakteristik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengangguran terdidik berdasarkan Kabupaten/kota di Provinsi Lampung tahun 2022 menggunakan data SAKERNAS Agustus 2022. Variabel yang dikaji antara lain pengalaman kerja, pelatihan kerja, status perkawinan, wilayah tempat tinggal, umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan status dalam keluarga. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan tabel silang (crosstab) dan model regresi logistik biner. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah Kecamatan Gedong Tataan memiliki tingkat pengangguran terdidik tertinggi sebesar 1,6% dan Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah memiliki rentang TPT 0,2-0,4%. Pengangguran terdidik didominasi oleh jenis kelamin laki-laki, usia muda antara 15-24 tahun, tingkat pendidikan SMA sederajat, belum kawin, bukan kepala rumah tangga, bertempat tinggal di perkotaan, belum pernah mengikuti pelatihan kerja dan memiliki pengalaman kerja. Variabel yang berpengaruh signifikan dan positif antara lain tingkat pendidikan, wilayah tempat tinggal, status dalam rumah tangga, umur, status perkawinan, status dalam rumah tangga, belum pernah mengikuti pelatihan kerja, dan pengalaman kerja. Sementara, variabel jenis kelamin berpengaruh signifikan dan negatif terhadap kecenderungan angkatan kerja untuk menjadi pengangguran terdidik.
STRATEGI BISNIS RITEL DALAM MEMPERTAHANKAN PERSAINGAN YANG KOMPETITIF KEPADA PEMILIK TOKO RITEL Prikurnia, Anas Khair; Adriani, Weni Yunisa
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.202

Abstract

ABSTRACT This research activity was conducted for retail store owners in Natar Village, South Lampung Regency. The outcomes of this activity are: 1) Increased knowledge and insights of the participants in maintaining retail businesses in the face of competitive challenges, 2) Enhanced participant knowledge in business management, where owners must be able to separate roles in financial management, operational management, human resource management, and marketing management to ensure their businesses remain sustainable, 3) Improved participant knowledge in online marketing, enabling direct delivery of goods to stores, 4) Continuation of this activity, fostering a partnership principle between the outreach team and the retail store owners. The activity was carried out through the following stages: 1) Selection of community outreach participants, specifically retail business owners in Natar Village, South Lampung Regency, 2) Presentation of outreach materials on strategies to sustain retail businesses in a competitive environment, 3) Conducting evaluations. The evaluations were done by: pre-outreach, conducting a Q&A session to assess each participant's initial knowledge of the retail business; post-outreach, conducting another Q&A session on the same material. By comparing the results, it will be determined whether there is an increase in participant knowledge about retail business management and its scope. Keywords: strategy, retail business, competitive environment
Analisis Pemahaman Pengantar akuntansi dan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Implementasi Aplikasi MYOB Rahmawati, Yannisa
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 2 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i2.208

Abstract

MYOB (Mind Your Own Business) merupakan salah satu perangkat lunak akuntansi yang populer di kalangan perusahaan dan lembaga pendidikan. implementasi aplikasi MYOB tidak terlepas dari tantangan, terutama dalam konteks pendidikan. Siswa yang belajar akuntansi harus memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar akuntansi dan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai. Pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar akuntansi adalah prasyarat penting bagi siswa yang ingin menggunakan MYOB dengan efektif. Meskipun beberapa siswa mampu memahami konsep dasar akuntansi, tantangan terbesar mereka adalah dalam mengerjakan siklus akuntansi yang panjang dan kompleks. Kesulitan ini dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam menggunakan aplikasi MYOB. emahaman siswa terhadap kosa kata bahasa Inggris, khususnya istilah akuntansi, juga masih perlu ditingkatkan. Ketidakmampuan menghafal nama akun dalam bahasa Inggris dapat menghambat pemahaman mereka terhadap siklus akuntansi manual dan penggunaan aplikasi MYOB. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang berfokus pada latihan kosa kata, pendekatan bilingual, dan pemanfaatan teknologi sangat diperlukan untuk membantu siswa menguasai istilah-istilah tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6