cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra" : 9 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Teks Hasil Observasi Menggunakan Model Pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) Siswa Kelas VII-1 SMP Bina Agung Tanjung Gusta Tahun Pelajaran 2018/2019 Syahrizal Akbar; Anisa Ulfandari
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.595 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil Dalam Menyimpulkan Teks Hasil Observasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means-Ends Analysis) Pada Siswa Kelas VII-1 Smp Bina Agung Tanjung Gusta Tahun Pelajaran 2018/2019. Masalah yang mendasar adalah rendahnya kemampuan menyimpulkan siswa. Pendekatan penelitian ini mengunakan kualitatif deskriptif dalam bentuk PTK. Subjek dari penelitian ini adalah siswa dan Guru Bahasa Indonesia siswa kelas VII-1. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, dan observasi. Prosedur penelitian ini menggunakan design Kemmis Mc Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil pembelajaran menyimpulkan teks hasil observasi menggunakan model pembelajaran MEA setelah melakukan 2 siklus dengan rincian peningkatan dari 50 % yang tuntas menjadi 85%. Kata kunci: Teks hasil observasi, MEA, PTK
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARIAS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 27 MEDAN Trisnawati Hutagalung; Toman Toman; Inayah Hanum
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.563 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13120

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 sebelum menggunakan model ARIAS. (2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS (3) untuk mengetahui apakah ada perubahan siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran ARIAS dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Data penelitian berupa nilai kemampuan menulis teks berita tanpa menggunakan model pembelajaran ARIAS dan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diteliti bahwa hasil tes keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan menulis teks berita tersebut diketahui dari hasil siklus I dan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata hasil tes menulis teks berita sebesar 69 termasuk dalam kategori kurang baik, dan tidak memenuhi ketuntasan. Aspek-aspek menulis teks berita mengalami peningkatan mencapai ketuntasan belajar dan semua siswa juga mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes menulis teks berita sebesar 81 termasuk dalam kategori sangat baik.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Teks Berita, ARIAS
Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Oktavia Lestari P
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.676 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 40 orang (empat puluh) siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, instrument penelitian yaitu tes kemampuan menulis paragraf eksposisi. Setelah menghitung dan mengolah data dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa mengetahui kemampuan menulis paragraf eksposisi berdasarkan teknik klasifikasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan berada pada tingkat cukup. Hal ini diketahui dari nilai rata- rata yang diperoleh siswa yaitu 5,90 yang dibulatkan menjadi 6. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Paragraf, Paragraf Eksposisi
RETRACTION: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Maretta, Desy; Barus, Sanggup
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.585 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13121

Abstract

Pada 6 Mei 2019, kami menerbitkan artikel berjudul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 yang ditulis oleh Desy Maretta, Sanggup Barus. Artikel tersebut terbit dalam Asas: Jurnal Sastra, Vol. 8, No. 1, Tahun 2019, halaman 77 ? 87. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh Tim Editor Asas: Jurnal Sastra, artikel tersebut telah diterbitkan oleh penulis pada jurnal lain selain Asas: Jurnal Sastra seperti terdapat dalam tautan berikut ini.https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/3776Dengan demikian Ketua Editor memutuskan untuk menarik penerbitan artikel tersebut dari Asas: Jurnal Sastra 
LINGUISTIK HISTORIS KOMPARATIF DALAM REKONSTRUKSI BAHASA MANDAILING Rahmawati Rahmawati
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.081 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13117

Abstract

Linguistik Komparatif Historis adalah cabang linguistik yang meneliti perkembangan bahasa dari satu waktu ke waktu yang lain, mengamati cara-cara perubahan bahasa, dan meneliti penyebab perubahan bahasa. tugas utama linguistik komparatif adalah menganalisis dan memberikan penjelasan tentang sifat perubahan bahasa. Secara umum, sifat bahasa yang pertama memiliki struktur (dimensi sinkronis) dan kedua bahasa selalu mengalami perubahan (dimensi diakronis). Linguistik Historis Komparatif dalam Bahasa Mandailing meliputi Rekonstruksi Morfem, netralisasi, reduplikasi, bentuk infleksi, rekonstruksi atas morfem dan penerapan rekonstruksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Linguistik Historis Komparatif Dalam Bahasa Mandailing. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara. Rekonstruksi dalam bahasa mandailing terdiri dari adanya alomorf, netralisasi, reduplikasi, dan infleksi. Rekonstruksi di atas morfem terjadinya rekonstruksi dari kata *aso dan *aen. Penerapan rekonstruksi terdapat contoh kata *babah dan *igung. Kata kunci: Linguistik Komparatif Historis, Rekonstruksi, Bahasa Mandailing
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING, DAN ORGANIZING) OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Patimah Patimah; Azhar Umar
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.436 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13122

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui sekaligus mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, dan extending) oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskriptif kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan dan dan siswa kelas VII-6 berjumlah 27 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode Deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan cara observasi partisipasi pasif (nonpartisipan) karena peneliti memang hadir di tempat kegiatan penelitian atau orang yang diamati, tetapi peneliti tidak terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Di lihat dari pelaksanaan model pembelajaran Core selama proses pembelajaran, diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, dan extending) yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran menulis teks deskriptif di kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan mendapat nilai 75 dan guru termasuk ke dalam kategori baik dalam menerapkan model pembelajaran di sekolah.Kata kunci: Model Core, Pembelajaran, Menulis Teks Deskriptif.
ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SECANGGANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Irmalisa Sirait; Frinawaty L Barus
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.951 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13118

Abstract

Pendekatan saintifik lahir dengan mengadaptasi scientific learning.  Istilah scientific learning diadaptasikan ke Indonesia menjadi pembelajaran saintifik atau disebut juga sebagai pembelajaran ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Secanggang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru I sangat baik dengan persentase 90 %, guru II dalam kategori cukup baik dengan persentase 77,5 %, begitu juga dengan guru III dalam kategori cukup baik dengan persentase 72,5 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Secanggang sudah cukup baik.Dari hasil penelitian dalam penerapan pendekatan saintifik, aspek 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan yang ada pada pendekatan santifik guru rata-rata hanya melaksanakan 3M yaitu mengamati, mengumpulkan informasi atau mencoba, dan mengkomunikasikan atau menyajikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.      Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Guru Bahasa Indonesia
ANALISIS PERJUANGAN PEREMPUAN TOKOH ITEUNG DALAM NOVEL SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS KARYA EKA KURNIAWAN Eka Wijayanti; Sugiarti Sugiarti
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.18 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13113

Abstract

Penelitian ini menyajikan tentang representasi sikap tokoh Iteung dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan (1) bentuk perjuangan tokoh dalam mewujudkan hak-hak perempuan; (2) bentuk pengungkapan hak-hak perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Feminis Julia Kristeva tentang hubungan kesetaraan gender terhadap perempuan. Pendekatan pada penilitian ini adalah pendekatan psikologis sastra yang memberikan perhatian pada masalah kejiwaan tokoh dalam sastra. Metode yang digunakan berupa deskriptif analisis untuk mendeskripsikan perjuangan perempuan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Terdapat beberapa langkah untuk meneliti novel karya Eka Kurniawan berdasarkan topik yaitu pengumpulan data yang berasal dari monolog dan dialog yang menceritakan tokoh Iteung. Tahap selanjutnya yaitu  mengolah data-data yang telah terkumpul dan dikaitkan dengan masalah yang akan dianalisis dan tahap selanjutnya menganalisis terkait permasalahan yang akan dianalisis, berupa (1) membaca, (2) mengidentifikasi data (3) mengelompokkan data sesuai dengan kajian. Hasil penelitian ini berupa kajian tentang beberapa hal. Pertama,bentuk perjuangan seorang perempuan berupa kesetaraan gender dan hak-hak berpendapat pada seorag perempuan. Kedua, bentuk ungkapan hak perempuan berupa perlawan serta pembelaan. Hubungan keduanya merupakan fitrah perempuan sebagai pemerjuang.Kata Kunci : Tokoh Iteung, feminis, psikologi sastra.
ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 Priyo Utomo; Fitriani Lubis
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 1 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.485 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i1.13119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) jenis-jenis kesalahan penggunaan kalimat (2) penyebab terjadinya kesalahan penggunaan kalimat (3) solusi terhadap kesalahan penggunaan kalimat. Hasil penelitian, yaitu (1) kesalahan sintaksis berupa penggunaan kalimat dari 36 teks terdapat sejumlah 66 kalimat yang mengandung kesalahan sintaksis penggunaan kalimat. Rincian kesalahan tersebut yaitu, kalimat tidak bersubjek, kalimat tidak berpredikat, kalimat tidak lengkap, antara predikat dan objek yang tersisipi, penghilangan konjungsi, penggunaan konjungsi yang berlebihan, penggunaan istilah asing, dan penggunaan kata tanya yang tidak perlu (2) faktor penyebab kesalahan sintaksis berupa penggunaan kalimat dalam teks laporan hasil observasi siswa meliputi: terpengaruhnya bahasa yanglebih dahulu dikuasainya, kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakainya, dan  pengajaran bahasa yang kurang tepat atau kurang sempurna. (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesalahan sintaksis berupa penggunaan kalimat yaitu: member contoh terlebih dahulu, meningkatkan penguasaan komptensi kaidah penulisan kalimat, memperbanyak latihan menulis, memberikan waktu yang cukup kepada siswa, dan menerapkan teknik koreksi yang tepat. Kata Kunci: analisis kesalahan, sintaksis, dan teks laporan hasil observasi

Page 1 of 1 | Total Record : 9