cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra" : 8 Documents clear
PENERAPAN MODEL MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X IPS SMA KRISTEN HOSANA MEDAN 2018/2019 Faisan Sarumaha
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.975 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model mind mapping (peta pikiran) dalam keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X IPS SMA Kristen Hosana Medan 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS SMA Kristen Hosana Medan yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan model mind mapping (peta pikiran).Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan, pendekatan penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk PTK. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model mind mapping (peta pikiran) dari dua siklus yang telah dilakukan dengan rincian hasil peningkatan bahwa di siklus I memperoleh KKK 64% yang tuntas dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh KKK sebesar 92% yang tuntas.
DAMPAK PSIKOLOGI NOVEL SANG ALKEMIS KARYA PAULO COELHO TERHADAP PEMBACA Machrus Abadi; Jamila Wijayanti
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.794 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15448

Abstract

Abstrak: gagasan-gagasan resepsi psikologi dalam karya sastra menunjukkan betapa pentingnya efek sastra bagi pembaca. Sastra memiliki daya keras dan lunak dalam kehidupan psikologi pembaca. Sebagai daya keras, sastra akan mampu mengubah kehidupan pembaca secara langsung dan cepat seperti sakit hati, marah, berteriak keras setelah membaca sastra. Sebagai daya lunak, sastra akan merambat pelan-pelan ke dataran psikis pembaca. Dalam proses ini bukan mustahil jika pembaca suatu saat akan berubah kiblat hidupnya. Novel Sang Alkemis karya Paulo Coelho ini merupakan dongeng spiritual tentang bagaimana merealisasikan mimpi untuk menjadi kenyataan. Novel ini mampu memberikan motivasi dan inspirasi terhadap pembaca untuk tergerak meraih cita-citanya. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengungkapkan dampak-dampak psikologis karya sastra terhadap karakter, pendidikan, spiritualitas, dan kaitan karya sastra sebagai media motivasi dan inspirasi dalam pendidikan.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Dian Syahfitri; Dedy Syahhputra Silalahi
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.066 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran menulis teks biografi siswa masih tergolong rendah. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan tindakan kelas yang mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi  pada siswa secara klasikal dan kemampuan menulis teks biografi  melalui model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks biografi. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil tes siklus I di peroleh nilai rata-rata 68, dan tes siklus II  meningkat dengan nilai rata-rata 82 dan telah mencapai KKM ≤70. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 48% meningkat pada siklus II 88%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BUKU NONFIKSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Hizriah Hasibuan; Fitriani Lubis
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.629 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15443

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket, pada validasi ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan tanggapan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 tergolong dalam kategori “Sangat Baik.” Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 87,3%, yang berkategori “Sangat Baik.” Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Hasil penilaian dari ahli desain memperoleh skor 90,9% yang berkategori “Sangat Baik.” Kemudian hasil penilaian dari guru bidang studi bahasa Indonesia memperoleh skor 93% yang berkategori “Sangat Baik.” Diperkuat lagi dari hasil uji coba kelompok kecil yang memperoleh skor 79% yang berkategori “Baik”, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor 85,14% berkategori “Sangat Baik.” Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran buku nonfiksi yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 Layak dan Efektif digunakan dalam pembelajaran. 
ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI BERITA POLITIK HARIAN TRIBUN MEDAN (KAJIAN SEMANTIK LEKSIKAL) Entin Novita; Malan Lubis
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.877 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15440

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kesalahan penggunaan diksi dalam harian Tribun Medan terbitan Desember 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data dengan melakukan kegiatan pemaparan dan deskripsi terhadap objek penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik baca, simak, dan catat kemudian memaparkan hasil analisis secara keseluruhan. Analisis data dalam penelitian ini merupakan analisis kesalahan penggunaan diksi secara deskriptif. Berdasarkan analisis kesalahan penggunaan diksi yang diperoleh hasil penelitian bahwa dalam harian Tribun Medan terbitan Desember 2018 terdapat kesalahan diksi dari segi konotasi, kesalahan diksi dari segi bersinonim. Kesalahan diksi dari segi pemakaian kata yang tidak ekonomis, dan kesalahan diksi dari segi pemakaian kata yang mubazir. Kesalahan penggunaan diksi yang paling banyak ditemukan di dalam harian Tribun Medan terbitan Desember 2018 kesalahan diksi dari segi bersinonim yaitu sebanyak 21 (56,75%), kesalahan diksi dari segi konotasi yaitu sebanyak 16 (43,24%). Kemudian kesalahan diksi dari segi pemakaian kata yang tidak ekonomis yaitu sebanyak 7 (87,5%), kesalahan diksi dari segi pemakaian kata yang mubazir yaitu sebanyak 1 (12,5%).  Maka dapat disimpulkan bahwa kesalahan diksi yang sering ditemukan adalah ketidaktepatan dalam pemilihan kata, ketidaksesuaian atau kecocokan kata dalam kalimat, ketidaklangsungan atau tidak ekonomis kata yang dipilih dalam kalimat sehingga menjadi tidak efektif dan tidak efisien.
PENGARUH STRATEGI ANTICIPATION GUEDE TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AEK KUASAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Indah Atika Suri; Khairil Ansari
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.024 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15444

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang keterampilan menelaah teks ulasan pada puisi dengan Strategi Anticipation Guede.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Anticipation Guede terhadap kemampuan menelaah teks ulasan puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Kuasan tahun pembelajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas 7 kelas yang berjumlah 252 siswa.Sampel penelitian ini adalah kelas berjumlah 72 siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Desain penelitian yang digunakan one group pretest posttest design.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 41 dan standar deviasi = 12. Sedangkan hasil posttest dengan rata-rata = 69,5 dan standar deviasi = 8,0. Data pretest diperoleh Lhitung<Ltabel ( 0,<0922 0,185) dan data posttest diperoleh Lhitung<Ltabel (0, 1192 < 0,185). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu < (1,28< 1,96).5% adalah df = n-1, df = 72-1 = 71 diperoleh taraf signifikan 5% adalah 2,06. Oleh karena to yang diperoleh dari ttabel yaitu 5,97 >c 2,06, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi Anticipation Guedeberpengaruhterhadap kemampuan menelaah teks ulasan puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Kuasan Tahun Pembelajaran 2018/2019
ANALISIS PRODUK PEMBELAJARAN MENULIS BAHAN AJAR BERBASIS KKNI Beslina Afriani Siagian
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.722 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15439

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan analisis terhadap produk pembelajaran mata kuliah Menulis Bahan Ajar sesuai dengan KKNI. Adapun produk yang dianalisis adalah hand out, modul  dan LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik). Ketiga produk tersebut disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa stambuk 2016 yang mengukti mata kuliah Menulis Bahan Ajar. Data dikumpulkan berdasarkan teknik penugasan dan ditegaskan dengan metode observasi dan wawancara tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai penulisan hand out ada pada grade A sebanyak 35,2 %, penulisan modul sebanyak 68,23%, dan penulisan LKPD sebanyak 72,9%. Artinya, mahasiswa sudah mampu menghasilkan produk dalam mata kuliah Menulis Bahan Ajar yang sudah disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Peningkatan Kemampuan Mentrasformasi Cerpen Menjadi Naskah Drama Menggunakan Metode Diskusi Siswa Kelas VIII-A SMP Kristen Hosana T.P 2018/2019 Santa Nova Manik; Ramadhan Saleh
Asas: Jurnal Sastra Vol 8, No 2 (2019): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.928 KB) | DOI: 10.24114/ajs.v8i2.15445

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: proses, hasil, serta peningkatan pembelajaran kemampuan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama menggunakan metode diskusi kelas VIII-A SMP Kristen Hosana tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII-A SMP Kristen Hosana yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuaan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama menggunakan metode diskusi. Hasil tes yang dilakukan pada siklus I, ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 36,36%. Hasil tes pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,27%. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan pada tes kemampuan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama pada siklus I-siklus II sebesar 40,91%.Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpukan bahwa mengunakan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan mentransformasi cerpen menjadi naskah drama siswa VIII-A SMP Kristen Hosana tahun 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 8