cover
Contact Name
Rooswhan Budhi Utomo
Contact Email
bismaku@gunadarma.ac.id
Phone
+6221-78881112
Journal Mail Official
bismaku@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Bisnis Manajemen dan Keuangan
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : -     EISSN : 30643643     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/bismaku
BISMAKU adalah Jurnal Bisnis Manajemen Keuangan Universitas Gunadarma. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. Bismaku menerbitkan artikel di bidang manajemen yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu manajemen bisnis meliputi manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen sumber daya manusia
Articles 18 Documents
Front Matter Bismaku Vol. 1 No. 2, 2024 Editorial Bismaku
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2024): BISMAKU - July 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG Nurjannah Adinitasya; Sulastri Sulastri
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 1 (2024): BISMAKU - January 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i1.12420

Abstract

Pada masa kini, aktivitas manusia tidak lepas dari yang namanya Smartphone. Smartphone sudah seperti kebutuhan pokok bagi masyarakat saat ini khususnya bagi para remaja. Smartphone dirancang untuk memudahkan hidup. Saat ini banyak sekali bermunculan merek smartphone dengan berbagai model, desain, kualitas dan harga yang cukup bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel persepsi harga, citra merek, kesadaran merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrument kuesioner dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Alat bantu pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek, kesadaran merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung dan variabel persepsi harga secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.
ANALYSIS ON FINANCIAL DISTRESS USING ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE, AND ZMIJEWSKI METHODS IN TELECOMUNICATION COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE Zaidatun Ekastuti; Nafisa Haura Nur Elandta; Sudarsono Sudarsono; Ira Phajar Lestari; Hendri Rahmayani Asri
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2024): BISMAKU - July 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i2.12425

Abstract

This study aims to predict and analyze the potential for financial distress in telecommunications companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2019-2022 period using the Altman Z-Score, Springate, and Zmijewski models. The type of data used is secondary data in the form of financial statements of telecommunications companies listed on the IDX for the 2019-2022 period. The analysis was carried out using the financial distress prediction method of the Altman Z-Score, Springate, and Zmijewski models. The results showed that there were three companies predicted to have potential financial distress using the Altman Z-Score and Springate models during the observed year. While the calculation results with the Zmijewski Model in 2019 and 2020 there is one company that is predicted to potentially experience financial distress.
PENGARUH INDIKATOR KESEHATAN BANK METODE RGEC TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN GOLONGAN KBMI 4 PERIODE 2013-2022 Rizkykha Pramesty; Lies Handrijanimgsih
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2024): BISMAKU - July 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i2.12421

Abstract

Industri perbankan berperan penting pada perekonomian Indonesia, sehingga bank harus senantiasa menjaga kepercayaan pemangku kepentingan dengan melakukan penilaian kesehatan bank. Tingkat kesehatan bank memengaruhi peningkatan dan penurunan harga saham, artinya semakin sehat suatu bank maka investor tertarik untuk membeli saham perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indikator kesehatan bank yaitu Risk Profile (NPL), Good Corporate Governance (GCG), Earnings (ROA), dan Capital (CAR) terhadap harga saham perusahaan perbankan golongan KBMI 4 periode 2013-2022. Data yang digunakan merupakan data sekunder, penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh empat perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Risk Profile (NPL), Good Corporate Governance (GCG), Earnings (ROA), dan Capital (CAR) berpengaruh secara simultan terhadap harga saham. Secara parsial, Risk Profile (NPL) dan Capital (CAR) berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan Good Corporate Governance (GCG), Earnings (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Variabel yang paling dominan atau yang memiliki kontribusi paling besar dalam menjelaskan harga saham bank KBMI 4 adalah Capital Adequacy Ratio
THE INFLUENCE OF CAR, NIM, ROE, LDR AND NPL ON PROFIT GROWTH AT PT. BANK NEGARA INDONESIA Tbk PERIOD 2018-2022 Enjel Luciantika Arnedy; Syntha Noviyana
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2024): BISMAKU - July 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i2.12426

Abstract

The aim of this research is to determine and analyze the influence of financial ratios on profit growth at PT. Bank Negara Indonesia Tbk. The variables used are financial ratios in the period 2018 to 2022 using secondary data from PT's quarterly report. Bank Negara Indonesia Tbk. SPSS version 25 was used to process the data, with multiple linear regression testing. The independent variables in this research are Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM) Return on Equity (ROE), Loan to Deposit Ratio (LDR) and Non-Performing Loans (NPL). The methods used in this scientific writing are Descriptive Analysis, Normality Test, Multicollinearity Test, Heteroscedasticity Test, Autocorrelation Test, Multiple Linear Regression Analysis, F Statistical Test, T Statistical Test and Determination Coefficient Analysis (R2). The research results show that the variables NIM, ROE and NPL partially have no effect on PT's profit growth. Bank Negara Indonesa Tbk, while the CAR and LDR variables partially influence PT's profit growth. Bank Negara Indonesia Tbk. In simultaneous testing, the variables CAR, NIM, ROE, LDR and NPL influence PT's profit growth. Bank Negara Indonesia Tbk. The research results also show that the Adjusted R Square value is 0.614 or 61.4%. This means that the five independent variables, namely CAR, NIM, ROE, LDR and NPL, can explain the relationship to the dependent variable, namely profit growth of 61.4, while the remaining 0.386 or 38.6% is explained by other variables which are not included in the regression model of this research.
PERAN HEDONIC SHOPPING VALUE, GAYA HIDUP BERBELANJA, DAN EMOSI POSITIF TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE Haidar Ali; Yusye Milawaty
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 1 (2024): BISMAKU - January 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i1.12422

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle dan Positive Emotion terhadap Impulse Buying Pengguna Pada E-Commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan data primer. Uji yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji realiabilitas, uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrument kuesioner, dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Hedonic Shopping Value secara parsial terhadap Impulse Buying, Shopping Lifestyle berpengaruh secara parsial terhadap Impulse Buying dan Positive Emotion berpengaruh secara parsial terhadap Impulse Buying serta Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle dan Positive Emotion berpengaruh secara simultan Emotion terhadap Impulse Buying Pengguna Pada E-Commerce Shopee.
PEMBUATAN APLIKASI KEUANGAN SEDERHANA BERBASIS EXCEL GUNA MEMBANTU PELAPORAN KEUANGAN UMKM AYAM KEFREC & COFFEESHOP SHINE AND SMILE CAR WASH Muhammad Abdul Karim; Dhining Putri Herianti; Bertilia Lina Kusrina; Ira Phajar Lestari; Melisa Melisa; Nur Asih Paridah
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2024): BISMAKU - July 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i2.12427

Abstract

This research report aims to: (1) recapitulate the initial balance data for 2022 and 2023, (2) record and input financial data into the excel application. In this study, several methods were used, namely observation, interviews and literature studies. The results obtained while carrying out the research are to make steps for preparing financial statements. In the preparation of financial statements consists of several steps including: (1) recording and identifying data in MSMEs, (2) account codes, (3) opening balances, (4) general journals, (5) ledgers, (6) trial balance, (7) adjusting journal paragraphs, (8) income statements, (9) equity statements, (10) balance sheets, (11) cash flow statements, (12) closing journals, and (13) balance sheets after closing. The preparation of financial statements using the excel application makes the financial statements more effective and efficient
PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, LIVE STREAMING DAN DISCOUNT TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA SHOPEE DARI KALANGAN MAHASISWA Rabiatus Sakinah; Dandy Kurnia; Indah Jauhari
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 1 (2024): BISMAKU - January 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i1.12411

Abstract

Orang-orang yang peduli dengan tren fashion terbaru pasti akan sangat memperhatikan penampilan mereka, sehingga membeli pakaian yang terkait menjadi suatu keharusan dan bukan lagi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Live Streaming dan Diskon terhadap Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Fakutas Ekonomi Universitas Gunadarma yang merupakan Pengguna Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan berhasil mengumpulkan sebanyak 239 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variable Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Diskon berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif, sementara Live streaming tidak berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif dan secara simultan, variable Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Live Streaming dan Diskon berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif. Variabel Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Live Streaming dan Diskon berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif sebesar 45,7%
PERAN PEMBIAYAAN SYARIAH PADA PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI JAKARTA UTARA Mutiara Salsabiilaa; Riskayanto Riskayanto; Stevani Adinda Nurul Huda
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2024): BISMAKU - July 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/bismaku.2024.v1i2.12423

Abstract

Pemahaman terkait peran pembiayaan syariah terhadap pemberdayaan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di Jakarta Utara menjadi tujuan dari penelitian ini. Analisis pada penelitian ini mengandalkan pendekatan data utama (primer) yang terhimpun melalui pendistribusian kuesioner skala likert kepada 105 partisipan. Penelitian ini memanfaatkan metode pendekatan kuantitatif. dan menerapkan analisis regresi linear sederhana dalam pemodelan. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan program SPSS 29. Berdasarkan hasil analisis, mengungkapkan bahwa variabel pembiayaan syariah memiliki dampak positif pada tingkat pemberdayaan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Utara.
Front Matter Bismaku Vol. 1 No. 1, 2024 Editorial Bismaku
Bisnis Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 1 (2024): BISMAKU - January 2024
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 18