cover
Contact Name
Roi Milyardi
Contact Email
roi.milyardi@maranatha.edu
Phone
+6222 - 2012186
Journal Mail Official
jurnal_ts@eng.maranatha.edu
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Maranatha, Jl. Surya Sumantri No.65, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40164
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 14119331     EISSN : 25497219     DOI : https://doi.org/10.28932/jts
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil is an Indonesia national wide accredited, peer reviewed, open access journal that publish and disseminate high quality, original research papers in Civil Engineering Field. Jurnal Teknik Sipil covers the following scope of research Structures, Geotechnics, Hydrology and Hydraulics, Transportation, Construction Engineering & Management, Infrastructure Management, Disaster Management, Materials Technology.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil" : 7 Documents clear
Appraisal of Landslides Due to Rainfall Alfrendo Satyanaga Nio
Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v4i1.1292

Abstract

Makalah ini menjelaskan analisa pengaruh hujan terhadap kestabilan lereng melalui beberapa simulasidengan menggunakan software geoteknik. Keruntuhan lereng bisanya terjadi pada tanah residual yangterletak di daerah yang mengalami musim hujan yang berkepanjangan. Dari hasil simulasi yangdilakukan, dapat disimpulkan bahwa kestabilan lereng dipengaruhi oleh 2 faktor yang sangat penting,yaitu: curah hujan dan geometri dari lereng tersebut. Hasil analisis menggambarkan hubungan antara 2faktor penting tersebut dan kestabilan dari lereng, berikut dengan kesimpulannya. Perbandingandengan data dari hasil penelitian yang lain juga dilampirkan dalam makalah ini.
Komputerisasi Perhitungan Parameter Marshall Untuk Rancangan Campuran Beton Aspal Deni Setiawan
Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v4i1.1293

Abstract

Selama ini perhitungan dan pengolahan hasil pengujian Marshall dilakukan secara manual denganbantuan tabel. Perhitungan secara manual terdapat beberapa kelemahan di antaranya: banyaknyaprosedur yang harus dilakuakan, adanya ketidaktelitian dalam perhitungan akibat kesalahan manusia(human error), dan tidak efisien dalam waktu. Untuk itu maka diperlukan adanya program yangmengatasi atau memperkecil kesalahan yang timbul. Tugas Akhir ini bertujuan untukmengkomputerisasikan perhitungan pengujian Marshall dengan mempergunakan bahasa programBorland Delphi 7.0. Perbandingan perhitungan secara manual dan perhitungan secara program secarauji statistik diperoleh hasil t < t? ini membuktikan bahwa perhitungan secara program dapat diterima.Pemrograman hasil pengujian Marshall ini diperlukan beberapa penyempurnaan yaitu kemampuanuntuk menggambar grafik dan kemampuan untuk mencetak grafik.
Studi Manajemen Pemeliharaan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi Maksum Tanubrata; Dini Handayani Asmara
Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v4i1.1294

Abstract

PT. Jasa Marga (Persero) saat ini menghadapi kondisi dimana biaya pemeliharaan jalan tol semakinmahal, sementara jumlah dana yang tersedia sangat terbatas. Disisi lain jumlah volume lalu lintasyang melalui jalan tol akan semakin meningkat serta menuntut adanya pelayanan yang memadai.Maka pengelola jalan tol harus mencari cara untuk menjaga agar jalan tol tetap dalam kondisi yangprima dan layak. Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari masyarakat pengguna jasa tol ini,diperlukan suatu cara yaitu sistem penanganan jalan tol yang baik. Sistem penanganan jalan toltersebut dikenal dengan Manajemen Pemeliharaan Jalan Tol atau Maintenance Management System(MMS). MMS ini sangat membantu dalam rangka pemeliharaan dan pengelolaan jalan tol Padalarang-Cileunyi. Dengan adanya MMS seluruh kegiatan pemeliharaan, baik itu pemeliharaan rutin, periodikdan khusus/darurat, dapat terawasi dan terjadwal dengan baik. Seluruh kegiatan pemeliharaan yangtelah dilaksanakan disimpan/direkam dalam MMS ini, sebagai data yang apabila diperlukan sewaktuwaktudapat segera dimunculkan dengan cepat. Dalam struktur organisasi jalan tol Padalarang-Cileunyi terdapat bagian yang bertugas mengatur program, pelaksanaan serta pengawasanpemeliharaan. Tata cara pelaksanaan Manajemen Pemeliharaan Jalan Tol yang sudah ada cukup baik,dilengkapi dengan prosedur pemeliharaan, diagram alir pendataan aset, inspeksi, serta perencanaantindak lanjut. Berdasarkan data dan studi literatur yang diperoleh, didapatkan bahwa denganmenggunakan manajemen pemeliharaan jalan tol akan memudahkan pelaksanaan pekerjaanpemeliharaan.
Analisa Daya Dukung Tata Guna Lahan Dalam Menunjang Keberlanjutan Sungai Robby Yussac Tallar
Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v4i1.1295

Abstract

Indonesia adalah negara yang kepulauan yang sebagian besar panjang sungainya kurang dari 250 kmatau tergolong pendek. Kondisi alamiah dari sungai-sungai tersebut tidaklah terlalu mendukung darisegi keberlanjutannya. Hal tersebut tampak dari fluktuasi debit sungai yang dari tahun ke tahunsemakin meningkat, yaitu relatif besar pada musim hujan (seringkali menyebabkan banjir) dan relatifkecil pada musim kemarau (seringkali menyebabkan kekeringan). Disamping itu, perubahan dari tataguna lahan terutama pada wilayah hulu DAS dari waktu ke waktu semakin lama semakin tidakterkendali. Kondisi-kondisi demikian menunjukkan bahwa telah terjadinya kerusakan DAS yangberdampak terhadap permasalahan surplus/defisit neraca air sepanjang tahun. Begitu juga denganDAS Ciliwung yang sebagian besar sungai-sungainya mengalami kerusakan sehingga mengancamkeberlanjutannya. Keberlanjutan sungai merupakan salah satu cara dari melindungi DAS dalamrangka mewujudkan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.
Perhitungan Lendutan Pondasi Telapak Dengan Metode Elemen Hingga Hanny J Dani; Olga Pattipawaej; Putra W Remantan
Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v4i1.1296

Abstract

Bangunan teknik sipil seperti gedung, jalan dan jembatan bertumpu pada lapisan tanah. Dalampelaksanaan pembangunan sering kali tanah tersebut tidak memenuhi kriteria kekuatan untuk memikulbeban dari struktur di atasnya, sehingga diperlukan suatu pemecahan dalam masalah tersebut. Pondasimemikul beban yang di salurkan oleh kolom sebelum diteruskan ke tanah. Salah satu parameter yangperlu diperhatikan dalam suatu desain pondasi adalah lendutan. Dalam tulisan ini, lendutan pondasitelapak dihitung dengan menggunakan metode elemen hingga. Pondasi diasumsikan sebagai strukturyang rigid dan berada di atas tumpuan elastis/pegas sebagai pengganti pengaruh modulus reaksi tanah.Desain pondasi pelat dimodelkan sebagai persamaan matrik dari perilaku pelat tipis yang dimodifikasiterletak di atas tanah. Studi kasus dilakukan untuk mendapatkan lendutan pada tiap-tiap titik nodal.Dalam metode elemen hingga, pondasi telapak dimodelkan sebagai pelat lentur. Hasil lendutanmaksimum dengan perhitungan manual dan numerik dengan menggunakan software SAP2000.Perbedaan hasil lendutan maksimum dari kedua metode ini diperoleh sebesar 0.28 %.
Visualisasi Pembelajaran Tekuk pada Kolom Dengan Bantuan Software Berbasis Perhitungan Numerik Yosafat Aji Pranata; Anang Kristianto
Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v4i1.1298

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi antara dosen dengan mahasiswa, yaitubagaimana materi disampaikan, kurikulum sebagai rangkaian materi kuliah, serta hasil prosespembelajaran. Ketiga komponen tersebut saling terkait. Dalam prakteknya, banyak terjadi kendalaketika mahasiswa berhadapan dengan materi kuliah yang sulit untuk dibayangkan, bahkan untukmateri yang secara matematis dapat dituliskan dengan sederhana. Kondisi ini berhubungan dengangaya belajar mahasiswa. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa teknik pada beberapaperguruan tinggi menunjukkan bahwa gaya belajar visual leaners ternyata lebih dominan daripadaactive leaners dan sensing leaners. Mahasiswa dengan gaya belajar active-sensing-visual leanersmemiliki kecenderungan belajar melalui metode praktis problem-solving, penggunaan banyak gambar,grafik atau sketsa sederhana serta aktivitas kelompok dimana mahasiswa diberi kesempatan untukbertukar pikiran. Dalam penulisan ini disampaikan masukan untuk pembelajaran tekuk pada kolomdengan visualisasi menggunakan alat bantu software komputer. Beberapa manfaat penggunaan alatbantu ini adalah yang pertama, mahasiswa dapat memahami proses mulai dari dasar teori, penggunaanrumus, latihan soal serta hasil perhitungan dapat terdokumentasi dengan baik. Kedua, dengan bantuanflowchart yang berguna untuk menjelaskan urutan suatu proses pelaksanaan yang mempunyai banyakkondisi pilihan atau percabangan. Ketiga, mahasiswa dapat melakukan berbagai variasi simulasisederhana untuk berbagai kondisi bentuk, dimensi serta ukuran kolom.
Kajian Operasional Bus Rapid Transit Trans-Jakarta dan Transmilenio Bogota Budi Hartanto Susilo; Apriyanto Loentan
Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v4i1.1299

Abstract

Trans-Jakarta dibangun dengan terinspirasi oleh Trans-Milenio Bogota yang telah dibangun dandioperasikan jauh sebelumnya dan sukses besar sehingga menjadi sorotan dan contoh positif bagi kotabesar lainnya khususnya bagi negara berkembang termasuk Jakarta. Trans-Jakarta setelahdioperasikan lebih dari 3 tahun, sudah terlihat kesuksesannya dan seyogyanya melampaui kesuksesanpendahulunya atau lebih baik dari Trans-Milenio, tetapi kenyataannya tidaklah demikian khususnyapembangunan koridor-koridor lainnya setelah koridor Blok M - Kota, mengapa demikian? Banyakaspek yang mempengaruhi suksesnya Trans-Jakarta mulai dari kata keseriusan, kepedulian danketekunan orang-orang dan lembaga yang menanganinya termasuk para penggunanya. Aspek lainjuga muncul dari sistem operasinya antara lain ketimpangan antara jumlah armada dan kebutuhanpengangkutan (supply and demand), kondisi sarana dan prasarana (maintenance), sistem penjadwalan(time schedule), serta penegasan sanksi bagi pengemudi kendaraan lain yang menggunakan jalurbusway atau pun bagi pengemudi busway yang tidak mentaati peraturan lalu lintas (law enforcement).Kurangnya unit-unit armada bus yang beroperasi pada masing-masing koridor yang akhirnyaberimbas pada waiting time penumpang yang lama yang berakibat pada penumpukan calonpenumpang yang berlebihan di halte. Saat ini masih belum terlambat untuk bercermin dan belajarkembali pada sukses-besar transmilenio, melakukan evaluasi diri pada program yang telah berjalandan mengejar kesuksesannya yang tertunda.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2008 2008


Filter By Issues
All Issue Vol 21 No 2 (2025): Jurnal Teknik Sipil Vol 21 No 1 (2025): Jurnal Teknik Sipil Vol 20 No 2 (2024): Jurnal Teknik Sipil Vol 20 No 1 (2024): Jurnal Teknik Sipil Vol 19 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil Vol 19 No 1 (2023): Jurnal Teknik Sipil Vol 18 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil Vol 18 No 1 (2022): Jurnal Teknik Sipil Vol 17 No 2 (2021): Jurnal Teknik Sipil Vol 17 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 2 (2020): Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil Vol 15 No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Teknik Sipil Vol 14 No 2 (2018): Jurnal Teknik Sipil Vol 14 No 1 (2018): Jurnal Teknik Sipil Vol 13 No 2 (2017): Jurnal Teknik Sipil Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Teknik Sipil Vol 12 No 2 (2016): Jurnal Teknik Sipil Vol 12 No 1 (2016): Jurnal Teknik Sipil Vol 11 No 2 (2015): Jurnal Teknik Sipil Vol 11 No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil Vol 10 No 2 (2014): Jurnal Teknik Sipil Vol 10 No 1 (2014): Jurnal Teknik Sipil Vol 9 No 2 (2013): Jurnal Teknik Sipil Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 2 (2012): Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2012): Jurnal Teknik Sipil Vol 7 No 2 (2011): Jurnal Teknik Sipil Vol 7 No 1 (2011): Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 2 (2010): Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 1 (2010): Jurnal Teknik Sipil Vol 5 No 2 (2009): Jurnal Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2009): Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 2 (2008): Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2007): Jurnal Teknik Sipil Vol 3 No 1 (2007): Jurnal Teknik Sipil Vol 2 No 2 (2006): Jurnal Teknik Sipil Vol 2 No 1 (2006): Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2005): Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2003): Jurnal Teknik Sipil More Issue