cover
Contact Name
Husnul Amin
Contact Email
husnulamin@stairu.ac.id
Phone
+6282179896862
Journal Mail Official
info@stairu.ac.id
Editorial Address
Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum Kampus "A" Pondok Pesantren Raudhatul ( Jalan Kh. Mohammad Harun, Sakatiga, Indralaya, Sakatiga, Kec. Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30816) Telpon/Fax (0711) 7583000 Website: stairu.ac.id/
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah
ISSN : 25413686     EISSN : 27462447     DOI : https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i3.773
Core Subject : Religion, Education,
Naskah yang diterima mencakup tema yang sesuai dengan fokus dan scope Jurnal Raudhah : Proud To be Profesional, dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Semua naskah akan melalui proses review sebelum terbit. Focus and Scope: 1.⁠ ⁠Islamic education learning  2. Islamic education teaching  3. Islamic education curriculum development  4. Islamic education education policy  5. Islamic education technology  6. Islamic education development  7. Islamic education psychology  8. History of Islamic education  9. Management of Islamic education  10. Islamic education in other countries in the world. https://ejournal.stairu.ac.id/index.php/raudhah/focusandscope
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018" : 7 Documents clear
MEMAKMURKAN BUMI DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI PENDIDIKAN Husnul Amin
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i2.26

Abstract

Kehadiran manusia di muka bumi ini, tiada lain adalah untuk beribadah kepada Allah. Demikianlah kehendak Allah sebagai pencipta manusia, Allah menciptakan manusia agar melakukan pengabdian kepadaNya, bentuk pengabdian yang dimaksud bukan saja dengan melaksanakan ibdah mahdhah melainkan juga ghairu mahdah yang kesemuanya itu diperuntukkan untuk mencari ridho Allah SWT. Seperti halnya kewajiban memakmurkan dunia di mana manusia telah Allah anugerahkan berbagai macam fasilitas yang terhamr dimuka bumi ini untuk dikelolanya karena manusia adalah khalifatullah, semua itu bukan untuk kepentingan Allah, akan tetapi justru untuk kepentingan manusia itu sendiri. Agar terwujud tugas pemakmuran dunia yang maksimal, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang terdidik, dan cara satu-satunya adalah dengan pendidikan, diperlukan pendidikan untuk menopang kualitas sumber daya tersebut, selanjutnya pada akhirnya manusia mampu memajukan dunia, memakmuran dunia dengan memunculkan penemuan-penemuan yang baru di segala bidang yang akan dibutuhkan oleh generasi setelanya yang relevan dengan waktu dan tempat, dan hal tersebut telah dibuktikan manusia dari masa kemasa yaitu dengan semakin banyaknya penemuan terbaru di segala bidang, lebih-lebih pada sektor teknologi dan pendidikan.
PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN, MADRASAH DAN SEKOLAH Ahmad Arifai
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i2.27

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan kurikulum pesantren, madrasah dan sekolah. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berfokus kepada studi kepustakaan (library reseach). Hasil penelitian membuktikan bahwa Pesantren dan Madrasah merupakan suatu lembaga pendidikan yang lebih menekankan pada pendidikan agama. Kurikulum PAI di Madrasah memiliki suatu hal yang lebih pokok yang memang diharapkan dan bukan hanya dalam target tujuan PAI tapi juga sebagai pendidikan yang lahir dari agama islam diharapkan dapat berkompetensi jasmani dan rohani, artinya berkompetensi dalam hal sikap, skill, pengetahuan secara afektif, kognitif, psikomotorik sesuai dengan ajaran agama islam dalam aspek jasmani. Dan dengan adanya kurikulum madrasah diharapkan menjadikan anak didik menjadi makhluk yang beriman dan bertaqwa kepada Allah serta senatiasa mau mengamalkan apa yang telah diajarkan di dalam madrasah
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI Zulkifli Agus
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i2.28

Abstract

Pendidikan merupakan komponen penting dalam kehidupan. Hal ini menjadi pembahasan para ulama tak terkecuali Imam al-Ghazali. Untuk itu, penelitian ini membahas pendidikan Islam dalam perspektif al-Ghazali. Hasil penelitian ini adalah bahwa pendidikan menurut Al Ghazali menekankan pada pendidikan agama dan akhlak. Menurutnya pengertian dan tujuan pendidikan Islam yaitu pendidikan yang berupaya dan bertujuan dalam proses pembentukan insan paripurna. Adapun dalam membuat sebuah kurikulum, Al Ghazali memiliki dua kecenderungan, yaitu kecenderungan terhadap agama dan kecenderungan pragmatis. Adapun aspek-aspek materi pendidikan Islam menurut pemikiran Al Ghazali adalah meliputi: pendidikan keimanan, akhlak, akal, sosial dan jasmani. Menurutnya guru yang baik itu selain cerdas dan sempurna akalnya, juga harus memiliki sifat-sifat yang terpuji. Adapun sifat yang harus dimiliki oleh seorang murid yaitu rendah hati, mensucikan diri dari segala keburukan taat dan istiqamah. Sementara yang menjadi evaluasi pendidikan adalah semua bentuk aktifitas yang terkait dengan tugas tanggung jawabnya masing-masing dalam proses pendidikan.
PENERAPAN METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR Komputri Apria Santi
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i2.29

Abstract

Keberhasilan suatu program, terutama pengajaran dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari pemilihan metode. Metode adalah seperangkat cara, jalan dan teknik yang digunakan oleh pendidikan dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran atau menguasai kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam silabus mata pelajaran. Dan disini banyak sekali metode yang digunakan, yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan belajar anak. Akan tetapi metode yang digunakan tidak selalu cocok untuk peserta didik karena kadang-kadang metode yang digunakan tidak sesuai dengan keadaan peserta didik. Oleh karena itu metode qiroati sangatlah berpengaruh dalam sistem belajar mengajar terutama dalam pelajaran al-Qur’an. Penelitian ini mengangkat masalah, Bagaimana penerapan metode qiro’ati siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Ogan Ilir? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik (kuantitatif).Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner (angket) dan metode tes prestasi. Kemudian sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah guru al-Qur’an, dan 43 orang siswa sebagai responden. Setelah melakukan proses pengumpulan data dan analisis data, maka diperoleh kesimpulkan bahwa, Penerapan metode qiro’ati dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an siswa kelas VI MI Raudhatul Ulum Sakatiga adalah 11 orang responden tinggi (25,58%), 28 orang responden sedang (65,11%). Dan 4 orang responden rendah (9,30%). Maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode qiro’ati dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an adalah dalam kategori sedang yaitu (65,11%). Dan kefasihan membaca al-Qur’an siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulim Sakatiga adalah 5 orang responden tingi (11,62%), 35 orang responden sedang (81,39%). dan 3 orang responden rendah (6,97%). Maka dapat dikatakan bahwa kefasihan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya adalah dalam kategori sedang karena dari 43 siswa sebanyak 35 siswa atau 81,39% yang mendapatkan skor dengan kualifikasi sedang.
KONTEKS SYUKUR SEBAGAI PARADIGMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Moh. Fuadi
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i2.30

Abstract

Education is a rehumanisme, that was oriented to form individuals who able to understand the reality it self and the surrounding communities. The aim of education is to create significant social change in the life of mankind. One of the contents of the national education goals is to appreciate the reality of humanity and the potential that owned learners (human). Islam in its victorius was a center of the study of various discipline. It was proved by the emergence of Muslim scientists. But over time, the Islamic intellectualism began to decline along with cultural understanding and taqlid, whereas al-Qur`an have many signaled to examines all disciplines, not limited to the religious sciences. It can be seen from the verses of al-Qur`an that ordered to examine the verses kauniyah. Thus Islamic comprehensive assessment is a paradigm of Humanist Islamic Education or in other words, humanize human accordance with the primary task of man as a khalifah on earth. Keywords: Islamic Education, Paradigm, and Humanist.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR‟AN KELAS IX DI MTs AISYIYAH PALEMBANG Abdhillah Abdhillah
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i2.31

Abstract

Dalam proses pendidikan, guru merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswanya. Guru hendaknya selalu berusaha memberikan bimbingan dan selalu mendorong semangat belajar anak didik, mengorganisasikan kegiatan belajar sebaik mungkin dan menjadi media informasi yang sangat dibutuhkan siswa di bidang pengetahuan, keterampilan dan perilaku atau sikap. Penggunaan model pembelajaran think talk write adalah salah satu cara guru untuk membuat siswa berperan aktif di dalam kelas dengan adanya interaksi antara guru dan siswa serta adanya timbal balik dari siswa dengan guru, sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang signifikan. Dengan diterapkannya model pembelajaran think talk write hasil belajar siswa menjadi lebih baik dari pada sebelumnya, karena sebelumnya hasil belajar siswa masih tergolong rendah disebabkan kurangnya motivasi belajar siswa, sehingga siswa kurang memperhatikan waktu proses belajar.Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif kuantitatif dan bersifat korelasional. Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan adalah dengan menghubungkan penggunaan model pembelajaran think talk write terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Baca Tulis al-Qur’an. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa teknik, diantaranya teknik observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang berupa dokumen. Dalam menganalisis data pada penelitian ini, peneliti menggunakan rumus tes “t” atau untuk dua sampel kecil yangsatu sama lain saling berhubungan. Berdasarkan data yang diperoleh dan kemudian dianalisis dengan cara membandingkan, maka hasil penelitian diketahui bahwa secara umum model pembelajaran think talk write lebih unggul dibandingkan menggunakan cara yang konvensional, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada t0 adalah jauh lebih besar dari pada “t” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,06 < 7,56 > 2,80), hal ini juga dapat dilihat dari sudah semakin banyaknya jumlah siswa yang mendapatkan nilai tinggi. Dengan demikian, hipotesis nihil yang diajukan di depan ditolak dan hipotesis alternatifnya diterima yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran think talk writeterhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran BTA.
PROFESIONALISME GURU DALAM PANDANGAN QS. Al-ISRA’: 84 M. Saiyid Mahadhir
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i2.32

Abstract

Didalam Al-Quran proses pendidikan sering diungkap dengan tiga istilah: (1) tarbiyah, (2) ta’lim dan (3) ta’dib. Murobbi adalah orang yang melakukan aktivitas menumbuh kembangkan peserta didik (fisik, akal dan jiwa), memperbaikinya, menuntunnya, menjaga dah memeliharamya. Mu'allim adalah orang yang menguasai ilmu dan mampu mengembangkannya serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan, menjelaskan dimensi teoritis dan praktisnya, sekaligus melakukan transfer ilmu pengetahuan, internalisasai, serta implementasinya. Mu'addib adalah orang yang mampu mengajarkan adab serta mampu menyiapkan peserta didik untuk bertanggung jawab dalam membangun peradaban yang berkualitas di masa kini maupun masa yang akan datang. Profrsionalisme berarti bersifat profesional, merupakan paham yang mengajarkan bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan oleh orang yang profesional. Orang yang profesional adalah orang yang memiliki profesi. Dalam Islam, setiap pekerjaan harus dilakukan secara profesional, dalam arti harus dilakukan secara benar. Hal ini hanya mungkin dilakukan oleh orang yang ahlinya. Apapun jenis profesi yang disandang, hendaknya dilakukan dengan profesional. Profesionalisme guru dalam al-Quran surat Al-Isra’: 84 sesungguhnya diambilkan dari adanya pendapat mufasir yang memberikan penekanan terhadap makna kata ‘ala syakilatihi yang berarti bentuk, tabiat, jalan, tujuan, niat, agama, kebiasaan, akhlak dan madzhab. Dari sinilah yang dapat ditarik pemahaman bahwa ayat tersebut memberikan isyarat pekerjaan itu harus dilakukan secara profesional. Demikian pula dengan profesi guru harus dilakukan secara profesional

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue مجلد 10 عدد 1 (2025): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah April 2025 مجلد 9 عدد 3 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2024 مجلد 9 عدد 2 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- Agustus 2024 مجلد 9 عدد 1 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- April 2024 مجلد 8 عدد 3 (2023): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- Desember 2023 مجلد 8 عدد 2 (2023): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- Agustus 2023 مجلد 8 عدد 1 (2023): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-APRIL 2023 مجلد 7 عدد 2 (2022): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-DESEMBER 2022 مجلد 7 عدد 1 (2022): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-JUNI 2022 مجلد 6 عدد 2 (2021): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-Desember 2021 مجلد 6 عدد 1 (2021): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2021 مجلد 5 عدد 2 (2020): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2020 مجلد 5 عدد 1 (2020): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2020 مجلد 4 عدد 1 (2019): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2019 مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018 مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018 مجلد 2 عدد 1 (2017): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2017 مجلد 1 عدد 1 (2016): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2016 More Issue