cover
Contact Name
Rusdyi Habsyi
Contact Email
rusdy.habsy@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
jimatjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kampus STKIP Kie Raha kel. Sasa Kota ternate. Gedung D Lantai 1. Program Studi Pendidikan Matematika Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo.
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika. Dengan menggunakan Open Journal System (OJS), JIMAT dapat diakses secara luas dan para peneliti dapat men-submit hasil-hasil penelitian yang dikemas dalam bentuk artikel dengan mengikuti panduan-panduan yang telah disediakan oleh JIMAT.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2024): Januari-Juni 2024" : 5 Documents clear
Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Materi Bangun Ruang Thalib, Faradila; Tegamuni, Suhaimi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 5 No 1 (2024): Januari-Juni 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v5i1.506

Abstract

Penelitian ini awalnya didasarkan pada minat peneliti dalam kasus yang ditemukan pada siswa ketika menyelesaikan persoalan matematika yang diberikan dalam bentuk keterampilan berpikir terhadap suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola berpikir siswa untuk menggambarkan keterampilan berpikir kritis siswa saat mereka memberikan solusi penyelesaian secara kritis terhadap sebuah masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam studi kasus yang melibatkan satu siswa sebagai subjek penelitian. Temuan menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa menyelesaikan masalah dengan strategi yang tepat sesuai dengan pengetahuan awalnya dengan gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa tersebut; (2) pengalaman pribadi dari pengetahuan awal yang disimpan dalam memori jangka panjang; (3) aktivitas kebenaran dalam bernalar.
Peroses Berpikir Siswa SMP Negri 3 Kota Ternate Dalam Menyelesaikkan Masalah Bangun Ruang Pratama, Muh Resky; Tasanif, Nurlailai H.
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 5 No 1 (2024): Januari-Juni 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v5i1.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa SMP Negeri 3 Kota Ternate dalam menyelesaikan masalah bangun ruang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Eksploratif. Dalam penelitian ini ada beberapa hal yang di temukan oleh peneliti, sebagai berikut. Siswa SMP Negri 3 kelas VIII E memahami masalah yang diberikan secara langsung (directly), spontan dan segera yang didukung oleh faktor feeling. Ide yang muncul dalam pikiran siswa merupakan solusi sebagai pemecahan masalah dan dapat dikaitkan dengan masalah yang dihadapi sehingga membuat keputusan untuk menghasilkan jawaban secara spontan. Proses merencanakan pemecahan masalah matematika siswa olimpiade memikirkan usaha untuk menyelesaikan masalah yang diberikan dengan mengaitkan pemahamannya terhadap pengalaman atau pengetahuan sebelumnya, namun siswa tidak bisa menjelaskan konsep atau strategi tersebut secara merinci. Selanjutnya, dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah siswa menentukan skema pemecahan yang akan digunakan untuk memecahkan masalah. Siswa memunculkan ide dalam pikirannya yang sudah dikaitkan dengan pengetahuan sebelumnya sebagai suatu strategi untuk membuat keputusan sehingga menghasilkan jawaban spontan dalam melakukan pemecahan masalah.
Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan Kasim, Asmiran; Muhammad, Hujairah Hi; Kalamu, La Yusran La; Tinamba, Safri Yusran La; Lukman, Asmin Yusran La
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 5 No 1 (2024): Januari-Juni 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v5i1.728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, Untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan Untuk mengetahui pengaruh langsung kemampuan awal matematika terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa pengaruh kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan awal matematika terhadap motivasi belajar dapat dilihat dari hasil Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa kemampuan awal matematika dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara langsung. Besaran pengaruh kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mengacu pada nilai R Square 0.385 atau sebesar 38.5%, Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara langsung. Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 31.8% dan hasil pada kemampuan awal matematika terhadap motivasi belajar pengaruh langsung secara signifikan dan positif. Besaran kontribusi pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan awal matematika sebesar 18.8%.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inquiri Untuk Meningkatkan Proses Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan Amir, Wulandari; Habsyi, Rusdyi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 5 No 1 (2024): Januari-Juni 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v5i1.729

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan pendidikan saat ini. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran inquiri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inquiri untuk meningkatkan proses berpikir kritis siswa pada materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunaakan dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Sampel ditentukan berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan siswa kelas VII A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normallitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji data observasi. Hasil peneltian menunjukkan model pembelajaran inquiri efektif dalam meningkatkan proses berfikir kritis siswa, kesimpulan ini dapat dilihat dari hasil perhitungan kelas VII A (kelas Kontrol) diperoleh nilai rata-rata 70,32 sementara kelas VII B (kelas Eksperimen) diperoleh nilai rata-rata adalah 78,27. Data tersebut membuktikan adanya perbedaan proses berpikir kritis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inquiri terhadap proses berpikir kritis siswa materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan berpengaruh dan terdapat perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol.
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Teori Poliya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII B SMP Negeri 47 Halmahera Selatan Rifai, Nurnisa M.; Sudiman, Asmira
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 5 No 1 (2024): Januari-Juni 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v5i1.730

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (a) Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. (b) Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Pengumpulan data di lakukan dengan metode tes soal dan wawancara. Dalam penelitian ini ada beberapa kesalahan yang di alami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII B SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Kesalahan tersebut adalah: (1) Kesalahan dalam memahami soal cerita, (2) kesalahan dalam menentukan model matematikanya, (3) kesalahan dalam menentukan rumus. Dalam penelitian ini peneliti menemukan sebanyak 10 siswa tidak memahami soal cerita. Dimana mereka tidak mampu dalam mengidentifikasi atau menentukan ide pokok yang terkandung dalam soal cerita. Di mana ke – 10 siswa tersebut dalam menyelesaikan soal tidak menuliskan ditanya dan diketahui. Kemudian ada sebanyak 9 siswa yang mengalami kesalahan menentukan model matematika. Kesalahan menentukan model matematika adalah kesalahan di mana siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk model matematika. Ada sebanyak 5 siswa yang mengalami kesalahan dalam menentukan atau menggunakan rumus saat pengerjaan atau menyelesaikan soal cerita. Kesalahan menentukan rumus adalah kesalahan dimana siswa bingung dalam menentukan rumus mana yang mau di gunakan dalam proses penyelesaian soal cerita.

Page 1 of 1 | Total Record : 5