cover
Contact Name
Falah Alfarizi
Contact Email
aljupri@upi.edu
Phone
+6289531212923
Journal Mail Official
j-mer@upi.edu
Editorial Address
FMIPA Building, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154, West Java, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal on Mathematics Education Research
ISSN : -     EISSN : 30471095     DOI : https://doi.org/10.17509/j-mer.v5i2.78906
Core Subject : Education,
The scope of this journal covers, but not limited to, the fields of: Mathematics Education, Algebra Education, Geometry Education, Statistics and Probability Education, Realistic Mathematics Education, Teaching and Learning in Mathematics Education, and Assessment in Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): May" : 5 Documents clear
Pengembangan bahan ajar berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi limas dan prisma Martin Valerian Amadeus
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 4, No 1 (2023): May
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v4i1.61815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika pada materi luas permukaan dan volume limas dan prisma untuk meningkatkan kemampiuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dilakukan  karena berdasarkan hasil observasi, banyak sekolah yang masih menerapkan model pembelajaran ekspositori sehingga siswa kurang mendapatkan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (RD) di mana menciptakan perangkat pembelajaran serta dilakukan pengujian validitas oleh para ahli (judgement expert). Hasil uji validitas dengan ahli menunjukkan bahwa baik validitas isi maupun validitas muka untuk setiap jenis perangkat pembelajarannya yaitu RPP, lembar penilaian, kisi – kisi assessment, bahan ajar, LKPD, dan PPT pembelajaran sangat valid. Besar harapannya, perangkat pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal di dalam pembelajaran sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. 
Penerapan Etnomatematika Permainan Geometri Pada Siswa Sekolah Dasar Erin Nurhaliza
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 4, No 1 (2023): May
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v4i1.57734

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang seringkali dianggap menakutkan oleh para siswa, khususnya siswa sekolah dasar. Konsep materi geometri pun termuat di dalamnya sehingga pada saat proses pembelajaran, terdapat banyak kendala. Hal ini terjadi karena para siswa sekolah dasar yang masih berpikir konkret dan belajar dari melihat sekitar (lingkungan) sehingga jika hanya diajarkan dengan simbol-simbol dan rumus, anak sulit untuk memahaminya. Etnomatematika menjadi salah satu langkah represif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran konsep materi geometri melalui pendekatan etnomatematika, dengan dipadukannya budaya serta matematika. Budaya yang di ambil di sini ialah permainan tradisional anak-anak. Penelitian ini menggunakan studi dari beberapa literatur yang telah melakukan penelitian terhadap beberapa sekolah dasar di Indonesia. Berdasarkan hasil pengumpulan data, dapat diketahui bahwasannya penerapan etnomatematika permainan geometri pada siswa sekolah dasar berjalan efektif dan dapat menjadi upaya dalam mengatasi kendala penyampaian materi yang terkesan membosankan. Pasalnya, dengan menggunakan pendekatan etnomatematika (permainan tradisional pada materi geometri), para siswa dapat turut berperan aktif dalam memecahkan masalah pembelajaran dan siswa pun dapat lebih mudah memahami materi tersebut karena diajarkan melalui hal-hal yang konkret dan budaya lingkungan sekitar.
Efektivitas Penggunaan Media Sempoa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 1 Samsul Pahmi; rani sugiarni; Neng Juwita Albeta; Najmah Hisan Kamila; Nadiya Hamidah
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 4, No 1 (2023): May
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v4i1.65074

Abstract

Dalam proses belajar mengajar kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif. Hal ini menyebabkan dalam kegiatan pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan yang disampaikan tanpa banyak terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Cibatu yang berlokasi di Jalan Nasional 3 No. 316 Cibatu, kecamatan Cisaat kabupaten Sukabumi dengan jumlah siswa 34 orang dengan subjek sampel yang diambil adalah 26 siswa dari jumlah populasi. Intrumen yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Proses pengumpulan data dan penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan data pre-test dan post test kepada seluruh siswa yang menjadi sampel penelitian. Metode analisis data dilakukan menggunakan dua cara yaitu (1) Uji normalitas (2) Uji mann whitney.. Tindakan dinyatakan berhasil karena sampel mengalami peningkatan kemampuan menyelesaikan perhitungan. Hasil penelitian ini membuktikan peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran menyelesaikan operasi menghitung penjumlahan dan pengurangan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dikatakan bahwa : Terdapat dampak penggunaan sempoa antara lain melalui kegiatan permainan menggunakan media sempoa siswa akan merasa tertarik, siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan. Sehingga melalui penggunaan media pembelajaran sempoa dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan
Systematic Literature Review untuk Identifikasi Kecemasan Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Woro Anglia Banda Sutomo
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 4, No 1 (2023): May
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v4i1.55526

Abstract

Kecemasan terhadap matematika dapat ditemukan di semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kecemasan matematika dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang memiliki penelitian sejenis dalam laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 98 artikel yang diterbitkan pada periode 2014 – 2022. Penelitian dilakukan pada semua jenjang pendidikan. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa (1) kecemasan matematika dapat terjadi pada berbagai aspek pembelajaran matematika, seperti (a) kompetensi matematika, (b) media dan alat pembelajaran, (c) pendekatan dan metode pembelajaran, (d) perbedaan jenis kelamin, dan adanya (e) kategori kecemasan matematika, (2) melalui penelitian SLR ini ditemukan adanya peningkatan penelitian kecemasan matematika dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: Kecemasan Matematis, Systematic Literature Review, Pembelajaran Matematika
Pengaruh media pembelajaran mobil–mobilan kardus berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Muspiqotus Sadiyah
Journal on Mathematics Education Research (J-MER) Vol 4, No 1 (2023): May
Publisher : Departemen Pendidikan Matematika, FPMIPA, UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/j-mer.v4i1.53060

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh media pembelajaran mobil-mobilan kardus terhadap pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan media pembelajaran tersebut terhadap pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat dimana peserta didik lebih mudah memahami konsep pengurangan bilangan bulat setelah digunakannnya media pembelajaran tersebut

Page 1 of 1 | Total Record : 5