cover
Contact Name
Arif Hartono
Contact Email
arif.hartono@seb.co.id
Phone
+6282112414180
Journal Mail Official
titikdesiharsoyo@seb.co.id
Editorial Address
Pundong I, Tirtoadi, Mlati, Sleman, DIY 55287
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management
ISSN : -     EISSN : 29880211     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
We invite researchers, academics and practitioners to submit research results, internship reports, and business design manuscripts to the Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM). Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) is an open peer-reviewed journal dedicated to the publication of research articles, internship reports, and business design articles of economic, business, accounting and management quality, but not implicitly limited. The peer-review process is applied and ethical consideration is in our best interest. All publications in the Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) are open access which allows articles to be freely available online without any subscription and free of charge. please click here to submit online. The cost of publishing articles can be accessed by clicking here. Acceptance of manuscripts has started from now on. We are waiting for your best manuscripts for quality publications. Thank you
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 5 (2023): Volume 1, No. 5, 2023" : 5 Documents clear
Minat Beli Sepeda Motor Vespa Melalui Faktor Intervening Sikap Daffa, Muhammad; Sumadi
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 5 (2023): Volume 1, No. 5, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i5.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk, brand image, negara asal, dan harga melalui sikap sebagai variabel mediasi terhadap minat beli pada pengguna sepeda motor merek vespa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain TRA (theory of reasoned action) yang melibatkan survei pada 224 pengguna sepeda motor merek vespa di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui skala likert dengan rentang usia 18 sampai 60 tahun. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinan (R2), uji signifikansi individual (Uji statistik T), uji signifikansi simultan (Uji statistik F) dan uji mediasi menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara sikap dengan kualitas produk, brand image, negara asal dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu variabel mediasi yaitu sikap mampu memediasi hubungan antara kualitas produk, brand image, negara asal, dan harga terhadap minat beli.
Strategi Pengembangan Pelayanan Lembu Sakti Car Wash Aji, Firman Candra; Nasito, Mochamad
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 5 (2023): Volume 1, No. 5, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i5.27

Abstract

Tujuan dari penelitian rancang bangun bisnis ini adalah untuk menguji kemampuan Lembu Sakti Car Wash dalam mengatasi kurangnya efisiensi dan efektivitas kerja dalam strategi pengembangan pelayanannya. Penelitian ini menggunakan sistem antar jemput kendaraan pelanggan sebagai strategi pengembangan pelayanannya dan dapat dimaksimalkan dengan menambahkan personil dan armada. Hasil penelitian ini menunjukkan meningkatnya efisiensi dan efektivitas kerja, mengurangi antrian panjang, dan peningkatan jumlah cucian perharinya.
Pengaruh Corporate Governance terhadap Pengungkapan Enterprise Risk Management (Studi Empiris pada Perusahaan Keluarga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2019) Janitra, Muhammad Miftahatha; Moin, Abdul
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 5 (2023): Volume 1, No. 5, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i5.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komisaris independen, dewan direksi, RMC, reputasi auditor, dan konsentrasi kepemilikan terhadap implementasi Pengungkapan ERM. ERM adalah bagian dari variabel terikat dan variabel bebasnya terdiri dari komisaris independen, dewan direksi, RMC, reputasi auditor dan konsentrasi kepemilikan. Dalam penelitian ini populasinya yaitu perusahaan keluarga yang listing di BEI periode 2015-2019. Teknik pengumpulan sampelnya dilakukan dengan purposive sampling dan mendapatkan 25 perusahaan yang menjadi sampelnya. Data penelitian didapatkan dari laporan tahunan dan situs perusahaan dan analisisnya menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian memperlihatkan jika konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan ERM. Komisaris independen dan risk management committee (RMC) berpengaruh negatif terhadap pengungkapan ERM. Reputasi auditor dan jumlah dewan direksi berpengaruh positif terhadap pengungkapan ERM.
Pengaruh Servant Leadership dan Ethical Leadership terhadap Kreativitas Tenaga Pendidik FBE UII: Peran Organizational Citizenship Behavior sebagai Mediator Kesumadiputra, Dewa Dharmanegara; Setyaning, Alldila Nadhira Ayu
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 5 (2023): Volume 1, No. 5, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i5.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh servant leadership dan ethical leadership terhadap kreativitas karyawan serta mediasi faktor organizational citizenship behavior dalam hubungan keduanya. Riset ini dilakukan secara kuantitatif pada tenaga pendidik FBE UII dengan purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 75 orang. Adapun PLS structural equation modeling (SEM) juga digunakan sebagai metode analisisnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif OCB terhadap kreativitas karyawan; (2) terdapat pengaruh positif servant leadership terhadap OCB; (3) tidak terdapat pengaruh positif servant leadership terhadap kreativitas karyawan; (4) terdapat pengaruh positif OCB memediasi hubungan antara servant leadership dan kreativitas karyawan; (5) tidak terdapat pengaruh positif ethical leadership terhadap kreativitas karyawan; (6) tidak terdapat pengaruh positif ethical leadership terhadap OCB; dan (7) tidak terdapat pengaruh positif OCB memediasi hubungan antara ethical leadership dan kreativitas karyawan.
Effect of Innovation Capability on Marmer Supply Chain Performance: Case Study at Amazing Indonesian Alabaster Rizki, Azka Ainnur; Isfianadewi, Dessy
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 5 (2023): Volume 1, No. 5, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i5.32

Abstract

Amazing Indonesian Alabaster is an MSME company that managing marble raw materials into (home accessories). This internship was conducted using a quantitative approach. The work analysis unit analysis is on employees with permanent status and non-managerial at Amazing Indonesian Alabaster. Based on the analysis in the internship activities, it shows that: (1) Innovation capability has a positive effect on supply chain performance with a regression coefficient of 0,250; (2) based on arithmetic data the ability to innovate is referred to with an average of 3,52, meaning that the individual factors of employees factor is highly approved to be applied at Amazing Indonesian Alabaster because employees have a high ability to innovate characterized by the progress of innovation activities. Based on arithmetic data, supply chain performance performance is referred to as an average of 3,60, meaning that sales performance is in the category of high high level of sales in this company in the absence of the Covid-19 pandemic.

Page 1 of 1 | Total Record : 5