cover
Contact Name
Khusnul Isma Nuriza
Contact Email
khusnul.isma@gmail.com
Phone
+6281234547748
Journal Mail Official
jurnaltarbawiyat@gmail.com
Editorial Address
Ground Floor Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Jl. Masjid Al Akbar Timur No.1 Pagesangan Jambangan Surabaya 60222
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
TARBAWIYAT: Jurnal Kependidikan
ISSN : -     EISSN : 29861276     DOI : https://doi.org/10.62589/t.v2i01.64
Core Subject : Education,
TARBAWIYAT: Jurnal Kependidikan adalah jurnal yang diterbitkan 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Desember dan Juni oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al-Akbar Surabaya. Jurnal ini mengkaji berbagai riset kependidikan dalam berbagai aspek. Ruang lingkup lingkup TARBAWIYAT: Jurnal Kependidikan yakni (1) Kependidikan dasar (2) Pembelajaran (3)Menejemen pendidikan (4) Kompetensi guru (5) Pengembangan kurikulum dan berbagai kajian bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah lainnya. Diharapkan jurnal ini dapat memberikan referensi bagi pembaca dalam pengembangan wawasan dan keilmuan. E-ISSN : 2986-1276
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 01 (2022): Tarbawiyat : Jurnal Kependidikan" : 5 Documents clear
Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 MI Islamiyah Taman-Sidoarjo Nurul Nazilah, Siti; Isma Nuriza, Khusnul
TARBAWIYAT Vol 1 No 01 (2022): Tarbawiyat : Jurnal Kependidikan
Publisher : Prodi PGMI STAI Al-Akbar Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62589/t.v1i01.38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada siswa dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif dan jenis penelitian ini mengunakan deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas 1 MI Islamiyah Taman-Sidoarjo dengan jumlah 38 siswa dengan pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan kelas 1 MI Islamiyah Taman-Sidoarjo ialah: Kurangnya perhatian dari orang tua, seringnya lupa huruf, lingkungan dari teman, kurangnya percaya diri, sulit mengeja. Selain itu dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan kelas 1 MI Islamiyah Taman-Sidoarjo yaitu sebagai berikut: Mengunakan metode suku kata, ketika jam pelajaran berlangsung guru memperhatikan dan mengarahkan, memberikan motivasi, meminjamkan buku di perpustakaan, memeberikan jam tambahan. Maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa sangat berpengaruh pada siswa yang berkesulitan membaca permulaan.
Peran Keterampilan Human Relation Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MA Islamiyah Candi Sidoarjo Mahmudah, Nur; Mutmainah, Mutmainah
TARBAWIYAT Vol 1 No 01 (2022): Tarbawiyat : Jurnal Kependidikan
Publisher : Prodi PGMI STAI Al-Akbar Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62589/t.v1i01.42

Abstract

Peran kepala madrasah sebagai edukator, supervisor, motivator yang harus melaksanakan pembinaan kepada para karyawan, dan para guru di madrasah yang dipimpinnya karena faktor manusia faktor sentral yang menentukan seluruh gerak aktivitas suatu organisasi, walau secangggih apapun teknologi yang dipergunakan tetap faktor manusia yang menentukannya. Setiap kepala madrasah juga dituntut untuk memiliki keterampilan manajerial. Keterampilan manajerial adalah kemampuan seseorang dalam mengelola sumber daya organisasi yang ditetapkan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Keterampilan manajerial ini diperlukan untuk melaksanakan tugas sebagai manajer dalam pendidikan secara efektif. Untuk mengetahui kinerja guru pada Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin Candi Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran dan faktor pendukung keterampilan human relation kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin Candi Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian deskriptif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan data yang ada di lapangan. Peran Keterampilan manajerial kepemimpinan yang dilakukan oleh Kepala MA.Islamiyah Tanggulangin Candi Sidoarjo terhadap guru melalui manajerial human skill yaitu dengan dilakukannya komunikasi formal atau resmi yaitu melakukan rapat koodinasi dengan para wakil kepala, guru dan seluruh guru . Dalam acara itu peran pimpinan memberikan pengarahan, instruksi, dan petunjuk terhadap para guru dan guru untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
Implementasi Model Picture And Picture Pada Materi Bangun Datar Di Kelas 2 MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo Vella Anggraini, Devi; Nurkholis Kholik, Muhammad
TARBAWIYAT Vol 1 No 01 (2022): Tarbawiyat : Jurnal Kependidikan
Publisher : Prodi PGMI STAI Al-Akbar Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62589/t.v1i01.43

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui atau mendapatkan kebenaran dari model pembelajaran picture and picture. penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat membantu siswa dalam memahami dengan mudah materi pembelajaran. Hambatan tersebut adalah salah satu faktor penyabab kesulitan belajar yang dapat menyebabkan belajar seorang siswa bisanya tampak jelas dari menurunya kinerja akademik atau prestasi belajar. Setiap tindakan yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar membutuhkan kesabaran dan keuletan dari guru sehingga dapat mencapai tujuan proses pembelajaran. Proses pembelajaran dengan mengimplementasikan model pembelajaran ini sangat disukai oleh siswa karena tidak monoton atau tidak mudah membuat siswa bosan serta mengantuk sehingga dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. siswa Pada dasarnya materi bangun datar akan lebih mudah dipahami apabila ada gambar-gambar dan akan lebih untuk diingat.
Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dengan Media Kartu Huruf Berwarna Kelas I MI Al-Hidayah Kebraon Surabaya Aisyah, Hafsah; Syairofi Syafi’, Moh. Agus
TARBAWIYAT Vol 1 No 01 (2022): Tarbawiyat : Jurnal Kependidikan
Publisher : Prodi PGMI STAI Al-Akbar Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62589/t.v1i01.45

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan kartu huruf berwarna pada anak didik Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan anak didik kelas 1 MI Al-Hidayah kebraon karangpilang setelah menggunakan media kartu huruf berwarna. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas 1 MI Al-Hidayah kebraon karangpilang sejumblah 23 orang. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kemampuan membaca anak kelas 1 MI Al-Hidayah kebraon karangpilang dapat ditingkatkan melalui kegiatan kartu huruf dengan warna dan gambar. Meningkatnya kemampuan membaca anak dapat dilihat dari rata- rata hasil observasi membaca anak pra tindakan yaitu 39.13 %, pada siklus I mencapai 54.16 %, pada siklus II mencapai 81,24%. Jadi persentase 81,24% telah mencapai target capaian dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).Berdasarkan hasil penelitian di atas, di simpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan dan dapat mengatasi kesulitan belajar mebaca anak didik kelas 1 MI Al-Hidayah kebraon karangpilang setelah menggunakan media kartu huruf bergambar.
Aplikasi Strategi Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Siswa MI As-Shibyan Gresik Ita Puspa sari, Harum
TARBAWIYAT Vol 1 No 01 (2022): Tarbawiyat : Jurnal Kependidikan
Publisher : Prodi PGMI STAI Al-Akbar Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62589/t.v1i01.46

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang membosankan dan kurang menarik. Apalagi dalam menghafalkan surat-surat pendek, mereka jenuh karena selalu diminta gurunya untuk mengahafal dan menerjemahkan aja. Pembelajaran yang monoton, dikarenakan kurang bervariasi dalam memberikan strategi atau metode, sehingga motivasi belajar anak menurun. Selain itu sikap perkembangan sosial dan emosional siswa kurang meningkat, sehingga interaksi dan sikap simpati serta empati siswa kepada orang/teman tidak muncul. Untuk itu, peneliti mencoba menerapkan strategi project based learning untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa dengan strategi Project Based Learning (PjBL)? (2) Bagaimana aplikasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa dengan strategi PjBL? (3) Bagaimana efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan strategiPjBL untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dalam prosesnya banyak menggunakan angka-angka dari mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dari hasilnya. Hasil penelitian yang diperoleh di sekolah MI As-Shibyan Gresik melalui strategi PjBL ditunjukkan dengan skalapretest skor perolehan 63 dengan persentase rendah 16,67%, terjadi karena siswa memiliki motivasi rendah saat pembelajaran. Sedangkan untuk skala posttest skor perolehan 84,33 dengan persentase 88,88%, siswa sudah terkondisikan dan motivasi belajar mereka lebih meningkat dibanding pembelajaran sebelumnya. . Sehingga Pengembangan strategi PjBL dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa kelas V MI As-Shibyan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5