cover
Contact Name
Safiil Maarif
Contact Email
safiilmaarif873@gmail.com
Phone
+6285645436734
Journal Mail Official
safiilmaarif873@gmail.com
Editorial Address
Universitas PGRI Jombang, Jl. Pattimura 20 Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Edumath
ISSN : 23377682     EISSN : 27221687     DOI : https://doi.org/10.32682/edumath
Core Subject : Education, Social,
Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature matematika
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023" : 7 Documents clear
KAJIAN ETHNOMATEMATIKA PADA SUMBU FILOSOFIS DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Anastasia Victri Dewi Mentaru; Meta Citra Amanda; Dominikus Arif Budi Prasetyo; Riawan Yudi Purwoko
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/2sfcvs30

Abstract

Sumbu Filosofis Yogyakarta merupakan sebuah garis lurus imajiner yang saling berhubungan dari Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta, Panggung Krapyak, dan Laut Selatan. Berdasarkan penelitian sebelumnya belum dijelaskan secara mendalam mengenai aktivitas fundamental matematika yang terdapat pada Sumbu Filosofis Yogyakarta melainkan hanya terfokus mengenai konsep ethnomatematika pada budaya masyarakat Yogyakarta (Pardimin, 2018). Sehingga dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kaitan antara Sumbu Filosofis Yogyakarta dengan aktivitas fundamental matematika agar bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan yang berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif yang terfokus pada Sumbu Filosofis Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penyusunan artikel ini adalah observasi dan studi literatur yang berkaitan dengan ethnomatematika dan Sumbu Filosofis Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah adanya aktivitas fundamental matematika seperti counting (menghitung) yaitu melakukan aktivitas dengan menghitung jumlah titik yang dilewati garis imajiner, locating (menempatkan) yaitu menentukan letak Keraton Yogyakarta yang berada ditengah antara Panggung Krapyak dan Tugu Pal Putih, measuring (mengukur) yaitu mengukur berapa jarak antara titik satu ke titik yang lain pada Sumbu Filosofis Yogyakarta, designing (mendesain) yaitu melihat bentuk dari Gunung Merapi, Tugu Yogyakarta, Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, dan Laut Selatan, playing (bermain) yaitu merencanakan strategi dan model penempatan Tugu Yogyakarta, Panggung Krapyak, dan Keraton Yogyakarta agar membentuk garis lurus dan imajiner dengan Laut selatan dan Gunung Merapi, dan explaining (menjelaskan) yaitu menggambarkan siklus kehidupan manusia dan Sang Pencipta, manusia dan manusia, serta manusia dan alam. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dalam Sumbu Filosofis Yogyakarta terdapat enam aktivitas fundamental matematika. Selain itu, terdapat konsep ethnomatematika yang berkaitan dengan Sumbu Filosofis tersebut yakni mengenai konsep garis lurus yang mana suatu garis lurus akan terbentuk apabila terdapat dua atau lebih titik yang posisinya beraturan dan berkesinambungan.
PENGARUH  SELF EFFICACY  TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI Nurul Aini
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/1hn6rw94

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa, karena dapat mendorong siswa untuk merespon pertanyaan, terampil memilih dan mengidentifikasi konsep relevan  yang akan digunakan, merumuskan rencana penyelesaian, dan menyusun keterampilan yang sudah dimiliki sebelumnya untuk menyelesaikan masalah. Pada saat siswa memecahkan masalah, siswa tidak hanya dilatih dengan memberikan latihan soal tapi perlu diimbangi dengan Self-efficacy. Maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah Pegaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada salah satu Sekolah Menengah Pertama di wilayah kabupaten Jombang, yaitu SMP swadaya kesamben. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 19. Data yang telah didapatkan di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Teknik analisis data akan dilakukan dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 20. Adapun hipotesis statistik regresi linear. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPPS 20.0 nilai sig.0,000 < α , maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh  self efficacy  terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD Eka Agustina Rizkyati; Eny Suryowati
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/yfhs3y87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa di MI Miftahul Ulum Jatipelem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian model yaitu Pottest-Only Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftahul Ulum Jatipelem. Sedangkan sampel pada penelitian ini 32 siswa dengan 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 16 siswa sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal post test yang telah diuji validitasnya menggunakan  validasi ahli.  Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel bebas (Independent Sample T Test).Berdasarkan perhitungan uji statistik pada pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,047. Pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria H0 ditolak jika nilai sig < 0,05, sehingga sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar Perbedaan Hasil Belajar Matematika  Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dengan Model Kooperatif Tipe STAD
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, MINAT BELAJAR, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BUDI UTOMO Brima Happy Rahmatulloh; Abd. Rozak
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/2wpjmb96

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) seberapa beasr pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo. (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo, (3) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo, dan  (4) pengaruh kecerdasan intelektual, minat belajar, dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di SMP Budi Utomo Perak Jombang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 295 siswa dan 60 siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) besar pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo dengan sumbangan efektif sebesar 26,2%. (2) besar pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo dengan sumbangan efektif sebesar 11,7%. (3) besar pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo dengan sumbangan efektif sebesar 1%. (4) besar pengaruh kecerdasan intelektual, minat belajar, dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo adalah 38,9%, sedangkan sisanya 61,1% dipengaruhi oleh faktor lain misalnya motivasi belajar, fasilitas belajar, perhatian orang tua, dan lingkungan teman sebaya
PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RME Trin Taqwani
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/29z06g28

Abstract

Pada saat melaksanakan proses belajar mengajar,hasil belajar mata pelajaran matematika, materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih dirasa sangat rendah. Sehingga peneliti mengambil keputusan untuk mencari permasalahan yang ada pada guru atau pada siswa. Guru kurang memotivasi siswa dana siswa juga tidak dapat memehami apa yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, guru memutuskan mengubah model pemebelajaran dengan model pembelajaran RME. Diharapkan dengan model pembelajaran RME, siswa dapat belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan relialita kehidupan sehari-hari.Berdasarkan teori Bruener, model pembelajaran RME diharapkan dapat membantu guru dalam pemahaman siswa kelas VI SDN Glgagahan I dalam penyelesaian operasi bilangan bulat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana model pembelajaran matematika realistik, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dalam materi pokokoperasi hitung bilangan bulat di kelas VI SD Negeri Glagahan I Perak. Berdasarkan analisis di atas, peneliti mengharapkan bahwa dengan Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas VI SDN Glagahan I Perak. Dan diharapkan pemilihan model Pembelajaran RME dapat memiliki dampak yang positif, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar dalam setiap siklus
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH Aji Prabowo
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/4efvt406

Abstract

Penelitian ini dilandasi pada kurang berminatnya para siswa tentang pelajaran Matematika. Karena mereka mempunyai anggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit, Mungkin juga dalam menyampaikan konsep materi pelajaran kurang menarik. Tujuan penelitian untuk menerapkan Metode Kooperatif Tpe Make A Match pada Matematika Materi Perkalian dan pembagian kelas 6 SDN Kromong adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam metode ini adalah interaksi dan kooperatif antar siswa artinya siswa diharapkan aktif dalam pembelajaran. Aktif antar siswa dan bekerjasama. Dari jumlah siswa kelas 6 yang hanya 5 siswa terdiri dari 4 siswa laki – laki dan 1 siswa perempuan masih ada 4 siswa yang nilai matematika khususnya yang berhubungan dengan perkalian dan pembagian kurang dari batas kkriteria minimum atau kurang dari KKM. Diharapkan dari metode ini para siswa mampu mengoperasikan soal – soal yang berhubungan dengan perkalian dan pembagian
PENERAPAN  PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Arik Eko Cahyono
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 15 No 4 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 4 November 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/x39p3m90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Jatipelem I Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Jatipelem I Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini tes dan observasi.  Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kelas V SDN Jatipelem I. Mulai dari 36% siswa yang tuntas pada pre-test dengan rata-rata nilai 52,7  kemudian meningkat menjadi 55% siswa yang tuntas dengan rata-rata yang ikut naik pada siklus I yakni 68,18. Hal ini terus mengalami peningkatan lagi pada siklus II yakni 73% siswa tuntas dan mendapatkan nilai rata-rata yang cukup tinggi yakni 75,45. Sedangkan untuk observasi aktivitas siswa, rata-rata nilai siklus I  75,76, namun terjadi peningkatan pada aktifitas siswa pada siklus II, yakni rata-rata nilainya 84,85. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas siswa di dalam kelas selama pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 7