cover
Contact Name
Safiil Maarif
Contact Email
safiilmaarif873@gmail.com
Phone
+6285645436734
Journal Mail Official
safiilmaarif873@gmail.com
Editorial Address
Universitas PGRI Jombang, Jl. Pattimura 20 Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Edumath
ISSN : 23377682     EISSN : 27221687     DOI : https://doi.org/10.32682/edumath
Core Subject : Education, Social,
Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature matematika
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 1 (2025): Edumath Volume 19 Nomor 1 Februari 2025" : 5 Documents clear
HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI BANDARKEDUNGMULYO Masruroh, Faridatul; Umami, Rohmatul; Nugraheni, Gita
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 17 No 1 (2025): Edumath Volume 19 Nomor 1 Februari 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/eegsv942

Abstract

Media merupakan alat untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan atau dijelaskan oleh guru kepada siswa bisa diterima dengan cepat. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah wordwall. Wordwall adalah  sebuah  aplikasi  gamefikasi  digital  berbasis  jaringan  yang  menyediakan berbagai  fitur  game  dan  kuis  yang  dapat  dimanfaatkan  oleh  guru  dalam  penyampaian  evaluasi materi. Selain itu media juga dapat mendorong motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen  dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode angket untuk mengumpulkan data keterlaksanaan media pembelajaran wordwall dan metode tes dipergunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan dari analisis data diperoleh bahwa nilai  sebesar     sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan penerapan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa  SMA Negeri Bandarkedungmulyo.
KOMUNIKASI MATEMATIS GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Umami, Rohmatul
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 17 No 1 (2025): Edumath Volume 19 Nomor 1 Februari 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/gdmvnc46

Abstract

Salah satu ketrampilan guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik minat belajar siswa dan membantu siswa untuk membangun dan mengembangkan pemahaman konsep matematika siswa ketrampilan komunikasi dalam memberikan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan komunikasi matematika guru dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Melalui wawancara yang mendalam diperoleh komunikasi dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa, subjek memberikan motivasi dengan menggunakan teknik memberikan penjelasan, mengundang partisipasi siswa, dan verifikasi dan klarifikasi pemahaman siswa. Dan disampaikan secara lengkap, lancar, tepat dan akurat
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Qomarijah, Oemi Noer; Marcella, Vinna
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 17 No 1 (2025): Edumath Volume 19 Nomor 1 Februari 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/epr3vv57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matemaatika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabuh. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling, siswa yang terpilih yaitu kelas VII – B dengan jumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pretest dan posttest pada mata pelajaran matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis Paired Sample t-Test. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, hasil uji Paired Sampel t-Tes menggunakan SPSS for windows versi 26 diperoleh nilai diperoleh nilai thitung sebesar -5,451 dan nilai sig sebesar . berdasarkan tabel t diperoleh nilai t-tabel sebesar2,03951, karena thitung>ttabel maka pengambilan keputusan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada perbedaan antara sebelum dengan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Ristra Verni Pratiwi
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 17 No 1 (2025): Edumath Volume 19 Nomor 1 Februari 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/8dcxxq90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimental dengan desain Two-group Post-test-Only Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 96 siswa dan sebagai sampel kelas X OTKP-1 dan kelas X OTKP-2 dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan nilai thitung (2,258) > ttabel (1,66980). Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Sehingga ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X OTKP SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK AL-IHSANI KESAMBEN Felian Nabela
Edumath : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 17 No 1 (2025): Edumath Volume 19 Nomor 1 Februari 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/9jj0wj95

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi begitu cepat, menimbulkan masalah yang paling mendasar dalam dunia pendidikan yaitu bagaimana upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran sehingga efektif dan efisien dengan hasil yang maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Oleh sebab itu, tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK AL- IHSANI Kesamben. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMK AL-IHSANI Kesamben Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Two-Group Post- Test Only Design menggunakan lembar tes hasil belajar siswa (post test). Penentuan sampel penelitian menggunakan Cluster Random Sampling dimana kelas X PMS 1 sebagai kelas kontrol dan X PMS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: uji normalitas data, uji homogenitas data, uji hipotesis (uji t), analisis korelasi dan menghitung nilai koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig (2-Tailed) sebesar 0,04 < 0,05 mengakibatkan H0 ditolak artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Karena ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas X, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK AL-IHSANI Kesamben. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8,47 % yang tergolong sangat lemah

Page 1 of 1 | Total Record : 5