cover
Contact Name
Leili Kurnia Gustini
Contact Email
darmaabdikarya@plb.ac.id
Phone
0812-2174-505
Journal Mail Official
darmaabdikarya@plb.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.59, Bandung, Provinsi Jawa Barat, 40123
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Darma Abdi Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29868696     DOI : https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v3i2
Darma Abdi Karya adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Darma Abdi Karya meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. Darma Abdi Karya menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup: bisnis dan ekonomi, sosial, pengembangan sumberdaya manusia, dan teknologi tepat guna.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Darma Abdi Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
Penguatan Strategi Perencanaan Bisnis Ikan Bakar Villa Putih, Telaga Bogo, Kuningan Maharani, Leonita
Darma Abdi Karya Vol. 2 No. 1 (2023): Darma Abdi Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/darmaabdikarya.v2i1.1418

Abstract

Bisnis rumah makan berkembang cukup pesat di daerah pesawahan, kuningan. Hal ini dikarenakan. Terus bermunculannya tempat wisata baru di daerah tersebut, rumah makan Ikan Bakar Villa Putih adalah salah satunya. Banyaknya kompetitor membuat pemilik harus benar-benar menyusun perencanaan bisnis yang efektif agar bisa bertahan dan berkembang, terlebih rumah makan ini baru dibuka sekitar satu tahun lalu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan gambaran materi dan pemahaman akan strategi perencanaan bisnis, khususnya personal branding dan memaksimalkan digital marketing. Melalui pembuatan logo diharapkan brand rumah makan ini memiliki ciri khas yang mudah diingat oleh pengunjung yang sudah dan akan datang ke tempat ini. Pemberian logo ini pun dapat diaplikasikan dalam pemasangan plang jalan sebagai tanda memasuki area rumah makan, mengingat rumah makan ini berlokasi di area masuk gang dan bukan jalan umum. Oleh karena rumah makan ini juga menerima pesanan catering berupa nasi box, logo brand yang sudah dibuat juga dapat dipasangkan dalam packaging. Selain personal branding, materi digital marketing pun turut menjadi bagian dalam pemberian materi strategi penguatan perencanaan bisnis rumah makan ini, salah satunya melalui media sosial dan atau memaksimalkan penggunaan Google Maps yang menjadi bagian produk dari kegiatan pengabdian ini. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membantu memberikan penguatan dalam merencanakan strategi bisnis rumah makan Ikan Bakar Villa Putih sehingga bisnis tumbuh dan berkembang dengan lancar serta menghasilkan profitabilitas sesuai harapan.
Strategi Pengembangan Manajemen Marketing Dan Pengelolaan Keuangan Produk Unggulan Tenun Songket Khas Pekanbaru Zaman, Delfian; Kurniawan, Mohd. Ideal; Sefrizawati; Zulyandri
Darma Abdi Karya Vol. 2 No. 1 (2023): Darma Abdi Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/darmaabdikarya.v2i1.1430

Abstract

Pekanbaru memiliki beberapa usaha kecil menengah yang berkembang pesat, salah satunya kerajinan tenun. Usaha kerajinan ini merupakan industri kecil menengah berbasis tradisional. Pengelolaan usaha masih sederhana sehingga mengakibatkan lambatnya perkembangan usaha yang sebenarnya memiliki potensi bersaing di pasar internasional. Pengusaha hanya fokus pada bidang produksi, sementara bagaimana menambah jumlah pelanggan belum tersentuh secara terencana, termasuk keuangan belum dikelola sesuai prinsip akuntansi sederhana, tentu berimbas kepada penghitungan laba. Hasilnya, pengusaha kesulitan membuat keputusan pengembangan usaha karena tidak memiliki roadmap usaha. UMKM tenun Tampuk Manggis Pekanbaru mempunyai rentang pendapatan yang belum bisa diperkirakan. Metode pemasaran mengandalkan pelanggan yang saling memberikan referensi dan media sosial facebook. Pengelolaan keuangan masih ditangani langsung oleh pemilik tanpa pembukuan sehingga uang masuk dan keluar tidak tercatat. Selain menjadi masalah secara manajemen, kondisi arus uang yang tidak tercatat dalam sebuah laporan keuangan membuat UMKM tidak menyadari tentang posisinya sebagai wajib pajak. Alhasil UMKM tidak pernah melaporkan SPT Tahunan. Kelalaian ini jika berlangsung secara terus menerus pada batas omset wajib pajak UMKM, yaitu di atas 500 juta, maka akan menghambat pemasukan negara untuk pembangunan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan manajemen marketing dan pengelolaan keuangan produk unggulan tenun songket khas Pekanbaru di UMKM tenun Tampuk Manggis. Pendekatan pemecahan masalah berupa intervensi mengembangkan strategi marketing dan pengelolaan keuangan yang dipaparkan kepada UMKM melalui dua siklus tindakan, yang masing-masing terdiri dari edukasi, penyertaan contoh, dan pendampingan langkah kerja untuk mengembangkan manajemen marketing digital berbasis website dan pengelolaan keuangan sederhana sesuai prinsip akuntansi keuangan perusahaan manufaktur.
Manfaat Aplikasi Pengelolaan Persediaan Barang Untuk Optimalisasi UMKM Pamicacu Komalasari, Rita; Rani Rantika; Dwijayanti, Andina; Pramesti, Puji; Munawar, Zen
Darma Abdi Karya Vol. 2 No. 1 (2023): Darma Abdi Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/darmaabdikarya.v2i1.1437

Abstract

Pamicacu merupakan salah satu toko alat tulis yang berada di kabupaten Cirebon. Pamicacu sendiri telah berdiri sejak November 2020 yang lalu. Penerapan sebuah teknologi dan informasi pada toko Pamicacu dirasa perlu, karena dalam pelaksanaan kegiatan manajemen stok barang masih mengalami kendala dan kelemahan dalam sistem pengelolaan data barang. Kendala dan kelemahan yang terjadi dapat dilihat dari banyaknya barang yang masuk tidak sesuai dengan barang yang dikeluarkan. Yang kemudian juga mengakibatkan stok barang yang tersedia tidak bisa sepenuhnya terpantau. Selain itu juga berdampak terhadap barang yang akan direstock menjadi tidak sesuai yang kemudian juga menghambat proses transaksi jual beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam pengelolaan stok barang, agar pengguna melakukan proses pencatatan / pengelolaan secara digital bukan manual, dan mengurangi tingkat selisih stok barang masuk dan keluar. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah UMKM Pamicacu dapat mempermudah usahanya dalam melakukan pengelolaan persediaan barang melalui aplikasi web.
Implementasi IOT dan Pengenalan Web di SMP N 1 Koto XI Tarusan M Syahputra; Sunaryo, Abrar Hadi; Yulef Dian; Sunaryo, Nandra
Darma Abdi Karya Vol. 2 No. 1 (2023): Darma Abdi Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman pada saat sekarang ini berjalan dengan sangat cepat dan pesat terutama pada bidang teknologi. Pasca Covid-19, pemanfaatan teknologi sangat terasa di berbagai bidang aspek kehidupan. Salah satu topik yang menjadi buah bibir belakangan ini adalah mengenai Internet of Things (IoT). Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan IoT dan melakukan pengenalan Web. Metode pendekatan yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan. Kegiatan berlangsung di SMP N 1 Koto XI Tarusan. Dalam penerapannya, pelatihan pengenalan web ini mampu membantu siswa/i untuk melakukan customized tampilan dan melakukan pemostingan tulisan. Selain itu, pengadaan bel untuk penerapan IoT juga berhasil dilakukan dan dapat digunakan oleh sekolah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan kemampuan pada bidang teknologi terkhusus penggunaan IoT (Internet of Things)
Strategi Digital Marketing Menggunakan Sosial Media Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis Pada PT. Sembilan Cipta Karya Sunaryo, M Syahputra; Sunaryo, Amalia Hanifa; Sunaryo, Aminah; Yulindo
Darma Abdi Karya Vol. 2 No. 1 (2023): Darma Abdi Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemasaran dengan sistem digital biasa disebut sebagai (Digital Marketing) atau sering disebut juga sebagai (E-Marketing). Digital marketing yaitu kegiatan pemasaran yang menggunakan teknologi informasi dan juga internet untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing konvensional yang ada dengan kata lain digital marketing ini merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk membuat konsumen dan calon konsumen tertarik akan produk yang ditawarkan. Peserta dan karyawan akan mendapatkan pengetahuan praktis tentang strategi digital marketing menggunakan sosial media dalam meningkatkan kinerja bisnis pada perusahaan karena pengetahuan ini sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Maka dari itu kami merancang sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang diberi nama Strategi Digital Marketing Menggunakan Sosial Media Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis pada PT. Sembilan Cipta Karya adalah bentuk kepedulian kami pada bidang pendidikan khususnya meningkatkan kinerja bisnis dalam hal digital marketing dengan teknologi informasi dan internet pada perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5