cover
Contact Name
Ratu Ilma Indra Putri
Contact Email
ratuilma@unsri.ac.id
Phone
081287447886
Journal Mail Official
jpm@unsri.ac.id
Editorial Address
Department of Master Program on Mathematics Education Sriwijaya University, Palembang, Indonesia, Kampus FKIP Bukit Besar Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar, Palembang-30139, Indonesia
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Mathematics Education Journal
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 19780044     EISSN : 25491040     DOI : https://doi.org/10.22342/jpm
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika or Mathematics Education Journal is an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing original research articles, reviewing articles from contributors, and publishing novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers who will publish research reports or literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instruction for authors and readers worldwide. The journal invites original research articles and is not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education is welcome, which includes, but is not limited to, the following topics, such as Realistic Mathematics Education, Design Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, PISA Tasks, and Ethnomathematics.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika" : 9 Documents clear
ARGUMEN MATEMATIKA STUDI KASUS PADA MATA KULIAH MATEMATATIKA SEKOLAH II Darmawijoyo
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang dua hal, yaitu; sistem argumen dalam kajian matematika formal dan kajian kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peserta mata kuliah matematika sekolah II tahun akademik 2009\2010. Kajian pada sistem argumen difokuskan pada penarikan kesimpulan dengan berbagai tipe pembuktian pada mateamtika formal dan contoh sederhananya pada operasi bilangan. Sedangkaan yang kedua menganalisis kesalahan yang terjadi pada mahasiswa yang mengikuti kuliah matematika sekolah II pada penarikan kesimpulan dan komputasinya. DOI: 10.22342/jpm.4.2.315
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1O PALEMBANG Emilya, Devi; Darmawijoyo; Putri, Ratu Ilma Indra
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menghasilkan soal-soal open- ended yang valid dan praktis pada materi lingkaran di SMP; (2) untuk melihat efek potensial soal-soal open-ended terhadap penalaran matematika siswa pada materi lingkaran di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 10 Palembang sebanyak 35 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis dokumen, dan tes soal open-ended. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal open-ended materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan content, konstruk, dan bahasa. Selain itu kevalidan soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada siswa small group. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal open-ended yang diberikan. (2) prototype soal open-ended yang dikembangkan memilki efek potensial yang positif terhadap penalaran siswa , hal ini terlihat dengan munculnya beragam solusi jawaban siswa, dan pada tes pertama siswa berkategori baik dan sangat baik berjumlah 29 siswa, sedangkan pada tes kedua siswa berkategori baik dan sangat baik berjumlah 26 siswa. DOI: 10/22342/jpm.4.2.316
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK Hasratuddin
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian adalah quasi-ekperimen. Populasi penelitian adalah siswa SMP di Kota Medan, dengan sampel siswa kelas VIII yang diambil secara acak kelas dari sekolah peringkat tinggi, sedang dan rendah berdasarkan perolehan nilai Ujian Nasional Tahun 2008 yang dikeluarkan Diknas. Instrumen penelitian terdiri dari tes berpikir kritis matematika bentuk uraian. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, Mann-Whitney U, uji-T, ANOVA dan uji Post Hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang diberi pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa, 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan peringkat sekolah, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan gender, 4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan peringkat sekolah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, 5) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dan 6) siswa memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran matematika realistik. Secara umum, melalui pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, yang menjadi saran atas hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dapat diimplementasikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tidak harus membedakan peringkat sekolah dan gender. DOI: 10.22342/jpm.4.2.317
PERMAINAN “TEPUK BERGILIR” YANG BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN KONSEP KPK SISWA KELAS IV A DI SD N 21 PALEMBANG Prahmana, Rully Charitas Indra
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari permainan tepuk tangan secara bersamaan (tepuk bergilir), yang berorientasi konstruktivisme yang valid dan praktis, dalam pembelajaran konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) siswa kelas IV SD. Pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini, dibawakan oleh Nila, Sasa, Rully, ditemani oleh bu Neti, selaku guru kelas, dan diikuti oleh 23 siswa. Sebelum memulai pembelajaran, didapatkan informasi, bahwa bu Neti telah mengajarkan materi kelipatan kepada siswa. Sehingga, disain pembelajaran dimulai dengan me-review kembali materi kelipatan, dengan permainan “tepuk bergilir”, kemudian memandu mereka untuk lebih memahami apa itu kelipatan. Selanjutnya, level permainan ditingkatkan, dengan membagi siswa menjadi 2 kelompok dan melakukan permainan diatas secara bersamaan, yang bertujuan menggiring siswa ke arah pembelajaran persekutuan. Akhirnya, pembelajaran ditutup dengan mencari bilangan terkecil dari persekutuan bilangan sebelumnya, sehingga di dapat nilai KPK dari 2 bilangan yang diberikan. Hasil-nya, siswa mampu memahami pelajaran KPK dengan baik dan mampu menyelesaikan soal-soal yang diberikan. DOI: 10.22342/jpm.4.2.406
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG Yusup, Muhammad
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media LKS interaktif berbasis komputer, akan membantu peserta didik dalam pembelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif berbasis Komputer dapat meningkatkan prestasi belajar tentang persamaan garis singgung, fungsi naik, fungsi turun dan titik stasioner dengan jenis-jenisnya, siswa kelas X1 IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar tentang persamaan garis singgung, fungsi naik, fungsi turun dan titik stasioner dengan jenis-jenisnya, siswa kelas X1 IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang semester genap (dua) tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 30 orang. Dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam dua kali siklus tindakan, penggunaan LKS Interaktif berbasis komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPA Plus-02 SMA Muhammadiyah 1 Palembang semester genap (dua) tahun pelajaran 2008/2009. Peningkatan ini terjadi pada nilai rata-rata 6,33 pada siklus I menjadi 6,90 pada siklus II. Ketuntasan belajar dengan KKM yang ditetapkan 75 % juga meningkat, pada siklus I ketuntasan 73,33% menjadi 76,67 % pada siklus II. Respon siswa terhadap penggunaan LKS Interaktif pada pembelajaran matematika adalah baik. Dari hasil penelitian ini dalam pembelajaran matematika guru diharapkan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif, inovatif dan memanfaatkan teknologi sehingga menerapkan pembelajaran berbasis komputer. DOI: 10.22342/jpm.4.2.816
PENGEMBANGAN BLOG SUPPORT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS Arifin, Sujinal; Zulkardi; Darmawijoyo
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to (1) get a valid and practice prototype mathematics’ blog support for learning in senior high school, (2) see the effect of blog support for learning mathematics. That is used in this study is a developmental research that consist of conception, designing, collecting materials, assembling, trying out and distributing. Mathematics’ blog support was tried out to eleventh grade of senior high school student in SMA YPI Tunas Bangsa. The instruments for collecting data are test, observation, questioner, and document analyzing. Test is used to see students’ achievement. Observation is used to see students’ activities. Questioner is used to see students’ opinion after using mathematics’ blog support. Document analyzing is used to see opinions of expert review about validity and practically of mathematics’ blog support. The results of analysis are: (1) mathematics’ blog support which is developed has been valid and practice. Valid is based on expert review. Practice is based on one to one and small group. (2) Mathematics’ blog support which is developed has been effectivefor students’ activities and students’ achievement. DOI: 10.22342/jpm.4.2.817
DESAIN BAHAN AJAR PENJUMLAHAN PECAHAN BERBASISPENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 23 INDRALAYA Ullya; Zulkardi; Putri, Ratu Ilma Indra
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research purposes to result teaching material of fractional summation on Indonesia Realistic Mathematic Education (PMRI) basis for class IV of SD N 23 Indralaya and find out dtudent‟s in enumerating fractional trough activity from informal to formal. The research subject of class IV SD N 23 Indralaya. Researcher used the methods: Design research ( Gravemaije, 2009) designed in 3 stages, i.e. Front – end analysis and expert review, teaching expriment and reflection, and assessment and evaluation stage. Based on front- end analysis, teaching material design on PMRI basis in the from of student book and teacher‟,s. Stage was teaching experiment carried out in class IV and observerped by 4 (four) observers, 3 obsevers observed studens aktivity and 1 (one) obsever which wasthe researcher erself observer the students and teacher activities, the result (after analyzed) was indicator 1 with the best category, indicator number 2, 3,4,5, 6, 7, and 8 student activity were seen well category, while in indecator numser 9 with poor criteria. Menwhile in the third stage was assessment or evaluatin was carried out to refer the students learning result achievement either daily evaluation or assignments. For daily evaluation result was 97,96% achievement in summsting the efrction with simelar quotation, 85,71% different quotation 65,21% student,s achiefement in summating mixed fraction and 83,67% student,s achievement in summating defferent quotation fraction with mixed mix praction.The student‟s assignment result for the first student who reached ≥ KKM was 33 students (67,30%), second assignment achievement was 38 students (77,66%), the third assignment achievement was 40 students (81,63%), and the fourth assignment reached 41 students (83,67%) which generally the assignment result was increasing. DOI: 10.22342/jpm.4.2.818
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PELUANG BERBASIS RECIPROCAL TEACHING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 LUBUKLINGGAU Yulianti; Zulkardi; Putri, Ratu Ilma Indra
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research purposes to result valid and practical opportunity learning equipment on reciprocal teaching in class XI SMK, to observe the effect of teaching ware on reciprocal teaching towards mathematic critical thinking skill of SMK student. The subjects of the research were the 26 students of class XI TMR 3 SMKN 3 Lubuklinggau. Data collecting methods such as: Walk through, documentation, and critical thinking test. All collected data was descriptively and quantitatively analyzed. The analysis results concluded that the researcher had resulted the product of valid and practical opportunity learning ware on reciprocal teaching basis for students of class XI SMK. It has potential effect towards student’s mathematic critical thinking skill. Based on this result, it is suggested to develop and apply learning ware on reciprocal basis for other subjects. DOI: 10.22342/jpm.4.2.819
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Mustikasari; Zulkardi; Aisyah, Nyimas
Mathematics Education Journal Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research is aimed to: (1) Get the set of open-ended problems which are valid and practical about fraction number in the Junior High School. (2) Find out the potential effects of open ended problems in relation to students’achievement in solving open-ended problems at Junior High School. This research is a developmental research. The respondence of this research are 37 students of seventh grade at SMP Negeri 6 Sekayu. The instrument used for this research is test of open ended problems. All data have been collected was analysed qualitatively. The results show that: (1) This research produces open ended problem about fraction number for students of VII grade which are valid and practical. The validity was judged by validator, where the all validators state that the instrument have been valid based on the content, construct and face. The validity was also judge by validator in the small group. The practicality was shown by the result of validators, which most of students could solve the open-ended problems. (2) The prototype of open-ended problems which were developed has positive potential effect to the result of student achievement, and that is shown by the variety of students’ answers, and the average students’positive category of 2 tests were 79,8%. DOI: 10.22342/jpm.4.2.820

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 4 (2025): Mathematics Education Journal Vol. 19 No. 3 (2025): Mathematics Education Journal Vol. 19 No. 2 (2025): Mathematics Education Journal Vol. 19 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 19 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 18 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 18 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 18 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 17 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 17 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 17 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 16 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 16 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 16 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 15 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 14 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 14 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 13 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 13 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 12 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 12 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 11 No. 2 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 11 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 1 (2014): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2012): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2012): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2011): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2011): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 1 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2009): Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 (2009): Jurnal Pendidikan Matematika More Issue