cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
info.ejournal@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana No. 11 Singaraja, Bali Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Innovation and Learning
ISSN : -     EISSN : 29879698     DOI : https://doi.org/10.23887/jil.v2i1.39154
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. 1) Instruction 2) Learning and teaching 3) Curriculum development 4) Learning environment 5) Teacher education 6) Educational technology 7) Educational development
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): August" : 5 Documents clear
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Aktivitas Siswa Husniati, Rohil; Gita, I Nyoman
Journal of Innovation and Learning Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jil.v1i2.27842

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja melalui penerapan PBL dengan metode Mind Mapping.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus berupa soal essay.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I berkategori cukup dan pada siklus II aktivitas belajar siswa berkategori sangat tinggi. Dapat dilihat terdapat peningkatan kategori aktivitas belajar siswa dari tiap siklus. Berdasarkan analisis hasil evaluasi belajar siswa, persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 79,41% dan 88,23%. Dari hasil belajar, terlihat bahwa terdapat peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II yang menandakan prestasi belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan metode Mind Mappingpada pembelajaran logika matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja.  
Penerapan Lesson Study pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan Pembelajaran 1 Amalia, Titah; Parmiti, Desak Putu; Rudi, I Wayan
Journal of Innovation and Learning Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jil.v1i2.39270

Abstract

Lesson study muncul sebagai salah satu alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Sekarang ini masih  banyak praktik pembelajaran di Indonesia yang cenderung melakukan pembelajaran secara konvensional. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas VA SD Negeri 1 Banjar Jawa Semester Genap Tahun Ajaran  2018/ 2019 ke arah yang jauh lebih efektif. Fokus yang paling utama dari Lesson study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.  
Pelaksanaan Lesson Study di Kelas X Ilmu Budaya dan Bahasa SMA Laboratorium Undiksha P. R. Kefi; Utami, I. G. L. P.; Widyareni, L. P.
Journal of Innovation and Learning Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jil.v1i2.39271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas X Ilmu Budaya dan Bahasa SMA Laboratorium Undiksha. Terdapat 21 siswa di kelas yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini berbentuk kelas observasi. Pengamatan atau obervasi dilakukan oleh dosen pengamat, guru pengamat dan juga rekan penulis. Pengamatan dilakukan ketika proses belajar mengajar belangsung. Pelaksanaan lesson study dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Materi ajar yang digunakan dalam proses lesson study ini adalah materi teks report. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lesson study adalah upaya yang efektif untuk meningkatkan keefektivan dalam belajar bahasa inggris. Tujuan pembelajaran dalam pembelajaran ini dilakukan dengan efektif sesuai dengan manajemen waktu yang telah direncanakan, tetapi masih terdapat beberapa kelemahan yang harus diperbaiki oleh guru dalam pembelajaran berikutnya. Untuk itu, dalam refleksi lesson study akan menjadi sebuah upaya untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang akan datang. 
Penerapan Lesson study Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Subtema Benda Tunggal dan Campuran di Sekolah Dasar Cahyaningsih, Haprilia; Widiana, I Wayan; Kurniasih, Ni Wayan
Journal of Innovation and Learning Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jil.v1i2.39272

Abstract

Lesson study muncul sebagai salah satu alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Sekarang ini masih banyak praktik pembelajaran di Indonesia yang cenderung melakukan pembelajaran secara konvensional. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas V SDN 3 Somopuro Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 ke arah yang jauh lebih efektif. Fokus yang paling utama dari Lesson study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah. 
Pengembangan Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas VI Sekolah Dasar Ayu Olistia, Ni Luh
Journal of Innovation and Learning Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jil.v1i2.58737

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran IPS yang berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar IPS siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas serta efektivitas komik digital berbasis problem based learning materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta statistik inferensial. Dari hasil review ahli rancang bangun pengembangan diperoleh skor sebesar 90%, ahli isi/materi pembelajaran diperoleh skor sebesar 90%, ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 91%, ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 92%, uji coba perorangan diperoleh skor sebesar 97,50%, uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 95,28% dan uji coba lapangan diperoleh skor sebesar 96,13% yang secara keseluruhan berkualifikasi sangat baik sehingga komik digital berbasis problem based learning yang dikembangkan layak digunakan. Hasil dari uji efektivitas diperoleh thitung sebesar 26,15 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan db=38 sebesar 2,021, maka thitung lebih besar daripada ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5