cover
Contact Name
Purbo Suwandono
Contact Email
purbo@widyagama.ac.id
Phone
+6282132697144
Journal Mail Official
purbo@widyagama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin Widyagama University of Malang Jl. Taman Borobudur Indah No 3, Malang 65128, INDONESIA
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
PROTON : Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Mesin
Published by Universitas Widyagama
ISSN : 20862962     EISSN : 27212874     DOI : 10.31328/jp
Ruang lingkup jurnal ini mencakup, tetapi tidak terbatas pada, bidang-bidang berikut: 1. Konversi Energi 2. Rekayasa dan Konstruksi Mesin 3. Ilmu dan Rekayasa Material 4. Proses dan Teknologi Manufaktur 5. Teknik Industri dan Sistem Produksi
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2: Oktober 2012" : 10 Documents clear
ANALISA PENGGUNAAN MINYAK JARAK PAGAR (JATROPHA CURCAS OIL) SEBAGAI CAMPURAN BAHAN BAKAR BIODIESEL Glen Stewart Timu; Nurida Finahari; Gatot Subiyakto
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.334

Abstract

Dalam perkembangan kehidupan manusia, kebutuhan transportasi semakin luas dan menjadi kebutuhan primer yang akan semakin bertambah seiring dengan perubahan waktu dengan adanya berbagai kebutuhan yang semakin meningkat, juga dimasa-masa era globalisasi diperlukannya inovasi-inovasi, salah satunya adalah pemakaian jenis bahan bahan bakar misalnya bahan bakar minyak jarak. Minyak jarak (Jatropha oil) akhir-akhir ini mulai banyak diperkenalkan sebagai energi alternatif biodiesel. Biodiesel tersebut dihasilkan dari minyak yang diperoleh dari biji tanaman jarak yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Dan dalam berbagai penelitian tentang minyak yang dihasilkan oleh tanaman ini dalam pembahasan berikut, tampaknya dapat menjadi substitusi bahan bakar diesel. Untuk mengetahui Pengaruh Pemakaian Bahan Bakar Minyak jarak Terhadap Kinerja Mesin Diesel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen langsung. Adapaun variabel bebas adalah putaran mesin tanpa pembebanan dan waktu pengambilan data selama 120 detik dan beban rem 0,15 Kg. Dan variabel terikat yaitu putaran mesin, Daya, temperatur dan konsumsi bahan bakar. Dari hasil pengujian di peroleh kesimpulan: 1). Nilai torsi tinggi akan semakin baik dan sangat baik jika digunakan sebagai meningkatkan putaran awal mesin. 2) Penggunaan daya mesin akan maksimal dengan menggunakan campuran bahan bakar biodiesel 100%, karena untuk campuran bahan bakar biodiesel dengan minyak jarak pagar (jatropha curcas oil) cenderung mengalami penurunan. 3) Konsumsi bahan bakar yang digunakan baik menggunakan biodiesel murni karena lebih efisien dalam penggunaannya. Kata kunci: radiator, bahan bakar dan gas buang.
ANALISIS PENGGUNAAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MESIN SEPEDA MOTOR YAMAHA Dwi Wahyudi; Muhammad Agus Sahbana; Toni Dwi Putra
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.335

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Otomotif di Indonesia semakin berkembang pesat. Hal ini mengikuti kondisi masyarakat Indonesia sekarang yang memiliki mobilitas yang tinggi yang menuntut adanya sarana transportasi yang memadai. Dengan semakin berkembangnya teknologi mesin kendaraan, maka tuntutan kebutuhan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi untuk meningkatkan kinerja mesin semakin meningkat. Zat aditif digunakan untuk memberikan peningkatan sifat dasar tertentu yang telah dimilikinya. Perumusan masalah adalah pengaruh penambahan zat aditif terhadap emisi gas buang. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu  prosentase campuran zat aditif dan premium sedangkan  variabel terikat berupa  emisi gas buang. data yang diperoleh akan diplotkan pada grafik. dan akan dijadikan acuan untuk menilai besarnya pengaruh pemakaian zat aditif terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Dengan menggunakan zat aditif pada mesin maka dapat diketahui pengaruhnya terhadap emisi gas buang yang dihasilkan akan jauh lebih bagus dan ramah lingkungan dari pada tanpa penggunaan zat aditif. Dengan penambahan zat aditif  akan memperbaiki proses pembakaran yang akan menurunkan kadar CO, CO2, HC, meningkatkan konsumsi oksigen (O2) dan akan menghilangkan senyawa NOx  sesuai dengan penambahan rpm. Dari hasil penelitian yang dilakukan di dapat bahwa penurunan senyawa emisi gas buang yang signifikan terjadi pada CO dari 2,982 turun menjadi 1,372 pada rpm 4000 dengan penambahan zat aditif 100%, sedangkan untuk O2 mengalami kenaikan dari 13,14 menjadi 15,52 pada rpm 4000 dengan penambahan zat aditif 100 %.   Kata kunci:  Zat aditif, emisi gas buang, mesin sepeda motor
ANALISIS VOLUME AIR RADIATOR TERHADAP PERUBAHAN TEMPERATUR PADA MOTOR DIESEL CHEVROLET Koni Raflando; Gatot Subiyakto; Akhmad Farid
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.336

Abstract

Sistem pendinginan pada kerja mesin berfungsi sebagai pelindung mesin dengan cara menyerap panas. Panas mesin dihasilkan dari pembakaran bahan bakar dalam silinder. Panas tersebut merupakan suatu hal yang sengaja diciptakan untuk menghasilkan tenaga, namun jika dibiarkan akan menimbulkan panas yang berlebihan (over heating effect). Panas yang berlebihan itu menjadi penyebab berubahnya sifat – sifat mekanis serta bentuk dari komponen mesin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengaruh antara debit aliran air terhadap efektifitas radiator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dan Data yang diperoleh akan dilakukan uji statistic dan uji F, setelah itu diplotkan pada grafik. Grafik akan dijadikan acuan untuk menilai besarnya pengaruh antara debit aliran air terhadap efektifitas radiator yang dihasilkan. Hasil penelitian ini adalah semakin berkurangnya volume air radiator maka temperatur mesin mengalami kenaikan temperatur yang signifikan dan Efisiensi radiator menurun seiring dengan berkurangnya volume radiator. Kata Kunci : volume, air radiator, temperatur
PENGARUH MEDAN MAGNET TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KINERJA MOTOR BAKAR BENSIN JENIS DAIHATSU HIJET 1000 Andersen Karel Ropa; Naif Fuhaid; Nova Risdiyanto Ismail
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.337

Abstract

Pemerintah menghadapi permasalahan akan semakin besarnya kebutuhan bahan bakar untuk kendaraan. Sehingga sekarang banyak orang berlomba menciptakan alat untuk menghemat bahan bakar, mulai alat berupa cairan, tablet hingga pengaturan bakar yang masuk ke kalburator. Berbagai cara telah dilakukan untuk menciptakan alat mana yang dapat menghemat bahan bakar yang paling sempurna .Akan tetapi sekarang ini orang masih terus melakukan percobaan. Salah satunya adalah memberikan perlakuan terhadap bahan bakar sebelum memasuki ruang bakar atau sebelum mengalami proses pembakaran. Metode penelitian dilakukan secara eksperimen, yaitu menguji dengan dan tanpa medan magnet (elektromagnet) pada saluran masuk bahan bakar dengan memberikan variasi  pada putaran mesin. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah penggunaan elektromagnet dan variabel terikatnya adalah konsumsi bahan bakar dan putaran mesin. Adapun hasil penelitian adalah konsumsi bahan bakar yang dihasilkan menggunakan medan magnet lebih rendah dibandingkan tanpa menggunakan medan magnet pada setiap variasi putaran mesin. Daya dan Efisiensi yang dihasilkan menggunakan medan magnet lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan medan magnet pada setiap variasi putaran mesin.   Kata Kunci: medan magnet, konsumsi bahan baker, daya dan efisiensi.
PENGARUH OCTANE BOOSTER PADA BAHAN BAKAR TERHADAP KONSUMSI DAN DAYA UNTUK MOTOR BENSIN 4 TAK 1 SILINDER Syaiful Mukmin; Akhmad Farid; Nurida Finahari3
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.338

Abstract

Berkembangnya teknologi mesin kendaraan, maka tuntutan kebutuhan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi untuk meningkatkan kinerja mesin semakin meningkat. Namun, apakah benar octane booster yang telah diproduksi oleh produsen A, B, C yang dijual di pasaran tersebut memang terbukti secara signifikan dapat mendongkrak nilai oktan gasoline dan meningkatkan kinerja mesin. Nilai oktan bahan bakar menentukan proses pembakaran di dalam ruang silinder, kecepatan reaksi pembakaran juga ditentukan dari nilai oktan bahan bakarnya. Dalam penelitian ini, akan dilihat bagaimana pengaruh octane booster penambah nilai oktan terhadap konsumsi bahan bakar dan daya kerja motor bensin 4 tak 1 silinder. Bahan bakar yang digunakan adalah premium murni, kemudian dengan penambahan 2 liter premium : ¼ octane booster, 2 liter premium : ½ octane booster dan 2 liter premium : 1 octane booster. Obyek yang di teliti adalah konsumsi bahan bakar dan daya yang dihasilkan sepeda motor Yamaha new vega ZR. Hasil dari penelitian ini adalah terhadap Daya, komposisi 2 liter premium : ¼ pil oktan booster memberikan pengaruh yang baik, hal ini terbukti dari hasil pengujian bahwa dengan komposisi 2 liter premium : ¼ pil oktan booster menghasilkan daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan premium murni atau yang diberi campuran zat aditif (oktan booster) baik ½ pil maupun 1 pil. Terhadap konsumsi bahan bakar, komposisi 2 liter premium : ¼ pil oktan booster juga memberikan pengaruh yang baik, hal ini terbukti dari hasil pengujian bahwa konsumsi bahan bakar dengan komposisi 2 liter premium : ¼ pil oktan booster lebih rendah dibandingkan dengan premium murni atau yang diberi campuran zat aditif (oktan booster ) baik ½ pil maupun 1 pil. Dari seluruh hasil menunjukkan bahwa komposisi 2 liter premium : ¼ pil oktan booster memberikan pengaruh yang paling baik dalam meningkatkan daya mesin maupun menghemat konsumsi bahan bakar. Kata kunci : oktan booster, premium, konsumsi bahan bakar, daya
PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR DENGAN RADIATOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA MESIN BENSIN Rano Wibowo; Suriansyah S; Agus Suyatno
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.339

Abstract

Proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder dipengaruhi oleh: temperatur, kerapatan campuran, komposisi, dan turbulensi yang ada pada campuran. Apabila temperatur campuran bahan bakar dengan udara naik, maka semakin mudah campuran bahan bakar dengan udara tersebut untuk terbakar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanasan bahan bakar dengan media radiator terhadap konsumsi bahan bakar dan kinerja Motor bakar bensin jenis daihatsu hijet 1000. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Variabel bebasnya adalah  putaran mesin dan jenis bahan bakar yaitu  premium dan variabel Terikat adalah konsumsi bahan bakar dan daya mesin. Hasil penelitian menunjukkan, bahan bakar yang telah dipanaskan lewat radiator mempunyai keuntungan yaitu menghemat bahan bakar, sebelum dipanaskan sebesar 42 ml/s setelah dipanaskan menjadi 25.8 ml/s pada putaran 2000 rpm. daya efektif yang dihasilkan juga meningkat,sebelum dipanaskan sebesar 18.521 kg/cm² setelah dipanaskan sebesar 20.949 kg/cm² pada putaran 2500 rpm.   Kata Kunci : Konsumsi Bahan Bakar, Pemanasan, Radiator
PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR PADA RADIATOR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KADAR EMISI GAS BUANG DAIHATSU HIJET 1000 Julius Hidayat; Agus Suyatno; Suriansyah S
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.340

Abstract

Emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar didalam mesin pembakaran dan mesin pembakaran luar, yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin. Dari alat uji emisi ada 5 unsur dalam emisi gas buang yang akan dikaji yaitu CO, HC, CO2, O2 dan NOx. Dalam penelitian ini adalah melakukan suatu percobaan yaitu memberikan suatu treatment terhadap bahan bakar premium dengan memanaskan bakan bakar tersebut melalui pipa yang dipasang pada upper tank radiator, sehingga diharapkan memperoleh suatu kondisi dimana campuran bahan bakar dengan udara diharapkan dapat lebih baik, sehingga bahan bakar dapat terbakar dengan sempurna dan menghasilkan emisi gas buang yang relatif aman. Proses perlakuan pemanasan bahan bakar dilakukan dengan memanfaatkan fluida di radiator yang berada pada upper tank radiator yaitu dengan membuat saluran yang terbuat dari pipa tembaga melalui upper tank radiator dengan panjang pipa pemanas bahan bakar yaitu panjang 500 mm dan jenis bahan bakar yaitu : premium pada putaran mesin 1000, 1500, 2000, 2500 Rpm, serta temperatur keja mesin (60° – 80°C) dan beban output yang tetap sebesar 3Kg. Sistem pemanasan bahan bakar dengan media radiator, kadar kandungan emisi gas CO sebesar 0,21 %, CO2 6,30 %, HC 849 ppm, O2 9,6%, dan NOx sebesar 1832,2 ppm.  Hal ini dapat dikatakan bahwa gas buang mobil daihatsu hijet 1000 tergolong ramah lingkungan.   Kata kunci: radiator, bahan bakar dan gas buang.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR BERBASIS ELEKTROMAGNETIK TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL Didi Eryadi; Toni Dwi Putra; Indah Dwi Endayani
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.341

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan dunia otomotif di negara ini yang semakin besar, maka semakin banyak pula kebutuhan bahan bakar. Oleh sebab itu banyak orang berlomba menciptakan alat untuk menghemat bahan bakar, mulai alat berupa cairan, tablet hingga pengaturan bahan bakar. Berbagai cara telah dilakukan untuk menciptakan alat mana yang dapat menghemat bahan bakar yang paling sempurna. Akan tetapi sekarang ini orang masih terus melakukan uji coba dengan berbagai penelitian. Salah satunya adalah memberikan perlakuan terhadap bahan bakar sebelum memasuki ruang bakar atau sebelum mengalami proses pembakaran. Metode yang dapat digunakan adalah aplikasi medan magnet (elektromagnetik) karena peralatan ini menggunakan kumparan yang cukup sederhana. Produk-produk alat elektromagnetik dipasaran telah banyak ditemukan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Bertitik tolak dari latar belakang di atas maka perlu diketahui tentang pengaruh alat penghemat bahan bakar menggunakan elektromagnetik terhadap unjuk kerja mesin diesel. Data-data penelitian diambil secara langsung melalui pengujian terhadap mesin diesel dengan variasi putaran mesin (rpm) menggunakan saluran bahan bakar yang dipasangkan elektromagnetik dan tanpa elektromagnetik. Penelitian menghasilkan dengan pemasangan alat elektromagnetik menjadikan konsumsi bahan bakar lebih sedikit, daya yang meningkat, dan efisiensi yang meningkat pula. Kata Kunci : Elektromagnetik, Bahan Bakar, Mesin Diesel
PENGARUH PENGGUNAAN TURBO CYCLONE DI INTAKE MANIFOLD TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL Roy Andriyanto; Gatot Subiyakto; Akhmad Farid
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/.v4i2.342

Abstract

Performance mesin identik dengan daya, sedangkan daya yang dihasilkan dipengaruhi oleh banyak faktor, dimana salah satunya pemakaian bahan bakar dan konstruksi dari saluran masuk (intake manifold) yang letaknya berada ditengah filter udara. Konstruksi saluran intake ini terus menerus dikembangkan dan memerlukan pengkajian lebih lanjut, yaitu pada penggunaan turbo cyclone pada saluran masuk (intake manifold) yang memanfaatkan tekanan hisapan kompresi udara ke ruang bakar untuk memperoleh pembakaran yang sempurna, guna memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja mesin. Lebih daripada itu dimungkinkan berdampak pada daya yang dihasilkan, efisiensi bahan bakar, dan pengupayaan ramah lingkungan dengan meminimasi kepekatan gas buang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui performance mesin diesel standart yang telah dimodifikasi dengan menggunakan turbo cyclone pada saluran masuk (intake manifold). Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mesin Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah data-data yang sesuai dengan spesifikasi mesin, diantaranya adalah n (putaran/ rpm), T (torsi/ kgm), N (daya/ hp), P (tekanan/ kg/cm²), η (efisiensi/ %). Adapun hasil penelitian adalah Torsi efektif yang dihasilkan sama yaitu 2,35 kgm, Daya efektif yang dihasilkan lebih tinggi yaitu 7,72 hp dan Daya indikasi yang dihasilkan lebih tinggi yaitu 9,65 hp, Tekanan efektif yang dihasilkan sama yaitu 1,51 kg/cm² dan Tekanan indikasi yang dihasilkan sama yaitu 1,89 kg/cm², Efisiensi thermal efektif yang dihasilkan lebih tinggi yaitu 5,81% dan Efisiensi thermal indikasi yang dihasilkan lebih tinggi yaitu 7,26%. Kata Kunci : Putaran, Daya, Intake Manifold, Turbo Cyclone.
PENGARUH PENGGUNAAN WATER COOLANT TERHADAP PERFORMANCE MESIN DIESEL Muhammad Rijalul Fikry; Gatot Subiyakto; Indah Dwi Endayani
PROTON Vol. 4 No. 2: Oktober 2012
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v4i2.343

Abstract

Mesin konversi energi ini dikenal dengan motor bakar yang banyak digunakan manusia sebagai penggerak mesin-mesin produksi, pompa, kendaraan bermotor dan lain sebagainya yang sering dijumpai diberbagai instansi-instansi perusahaan sekarang ini dengan menggunakan sistem radiator untuk pendinginan, sehingga dapat menghasilkan efisiensi yang tinggi, disamping harus diperhatikan gas sisa pembakaran yang berbahaya sehingga perlu diadakan analisa pendinginan pada mesin, pengujian ini melakukan pengamatan Pemakaian Water Coolant, sehingga karakteristik motor bakar dapat diketahui. Untuk meningkatkan efisiensi kerja maka penulis menggunakan engine sebagai motor penggerak, dimana daya yang dihasilkan tidak selalu stabil, dengan mempergunakan alat ini maka dapat diperoleh data-data mengenai efektif pemakaian water coolant tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Water Coolant Terhadap Performance Mesin Diesel. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah melakukan eksperimental melalui uji laboratorium untuk mengetahui hasil percobaan dari pemakaian  water coolant terhadap daya mesin diesel. Adapun langkah–langkah yang ditempuh melalui  alat dan uji coba, water coolant yang digunakan dalam penelitian, pengambilan data,  analisis data, kesimpulan. Variabel yang diteliti yaitu  variabel  bebas pemakaian water coolant dalam proses penelitian dan variabel terikat yaitu putaran mesin yang disebabkan akibat water coolant. Hasil dari penelitian ini adalah penambahan water coolant tidak berpengaruh terhadap torsi sebuah mesin apabila bebannya sama, penambahan water coolant berpengaruh terhadap daya dari sebuah mesin, tekanan pada setiap penambahan water coolant tidak berbeda jauh hasilnya, penurunan effisiensi thermal dipengaruhi oleh besarnya daya.   Kata kunci:  water coolant, putaran mesin, dan daya  

Page 1 of 1 | Total Record : 10