cover
Contact Name
Havid Ardi
Contact Email
havid_a@fbs.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
havid_a@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Abdi Humaniora Sekretariat Pusat Kajian Humaniora, Gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP). Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
ISSN : 27209652     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora
Core Subject : Education, Social,
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Humaniora adalah jurnal yang memuat implementasi hasil penelitian dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS dalam bidang humaniora. Fokus dan Skop jurnal mencakup hasil penelitian dan implementasi pengabdian kepada masyarakat yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Abdi Humaniora akan menerbitkan Artikel terpilih dalam hasil penelitian dan sosialisasi dan implementasi pengembangan IPTEKS di bidang humaniora, pendidikan, pengajaran.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022)" : 3 Documents clear
Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Padang Fitrawati Fitrawati; Refnaldi Refnaldi; Yetti Zainil
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v3i2.116494

Abstract

Permasalahan pokok yang terjadi di beberapa SMA di kota Padang yang menginspirasi dari kegiatan ini adalah kompetensi pedagogik guru Bahasa Inggris pada aspek pengembangan evaluasi hasil pelajar yang masih bersifat konvensional. Dengan kata lain ketika guru membuat soal ulangan, guru hanya mengambil soal dari sumber lain dan bentuk soal yang dihasilkan umumnya hanya dalam bentuk pilihan ganda, mengisi rumpang, ataupun memilih mana yang “benar” atau “salah” saja. Adapun penyebab permasalahan tersebut dapat dirumuskan dalam tiga hal, yaitu: 1) kurangnya keterampilan pedagogik guru tentang evaluasi hasil belajar, 2) kurangnya pemahaman guru tentang konsep penilaian berbasis HOTS dan 3) kemampuan guru yang belum memadai dalam membuat soal ulangan Bahasa Inggris berbasis peniliaian berbasis HOTS, sehingga penilaian yang dilakukan benar-benar bisa mengukur kemampuan siswa tersebut. Karena penilaian berbasis HOTS dapat dilakukan dengan berbagai cara, guru dapat menilai siswa dari berbagai aspek. Kurikulum pelajaran Bahasa Inggris 2013 juga mengajurkan guru untuk menggunakan penilaian berbasis HOTS. Oleh karena itu perlu diadakan pelatihan pembuatan soal Bahasa Inggris berbasis HOTS bagi guru-guru Bahasa Inggris yang menawarkan solusi terhadap permasalahan guru di atas.
Pelatihan Public Speaking bagi Siswa SMAN1 Kintamani Anak Agung Ayu Dian Andriyani; I Komang Sulatra; Desak Putu Eka Pratiwi; Komang Dian Puspita Candra
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v3i2.116730

Abstract

Siswa SMA merupakan generasi muda yang sangat berpotensi serta berkesempatan berperan aktif untuk kemajuan nusa dan bangsa. Untuk menunjang kemampuan dalam bersaing di era kini, siswa SMA dituntut untuk memiliki rasa percaya diri, mampu berkomunikasi secara santun, bersikap sopan sebagai bagian dari public speaking. Apabila  tidak memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dihadapan umum secara tepat karena kurangnya rasa percaya diri, maka interaksi tidak dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, untuk memberikan pemahaman serta wawasan bagi siswa SMA, kegiatan pengabdian yang dilaksanakan melalui adanya pelatihan public speaking.  Kegiatan ini dilakukan oleh dosen berkolaborasi dengan badan eksekutif mahasiswa sebagai satu bentuk nyata implementasi dari Tri darma perguruan tinggi. Kegiatan pelatihan bagi generasi muda khusunya di SMAN1 Kintamani bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam berkomunikasi untuk menunjang interaksi. Meskipun dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting mengingat kondisi pandemi seperti saat ini, antusias peserta sangat tinggi berbagai pertanyaan telah dilontarkan saat diskusi sehingga kegiatan ini dapat memberikan pelatihan pengembangan public speaking presentation skill.
Penerapan Metode Pembelajaran Bersama Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Perumahan Nindya Indah, Desa Tonja I Wayan - Juniartha; Putu Armitha Widiyanthi; Nengah Landra; I Putu Andri Permana
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v3i2.116819

Abstract

This studi aims to know the signifincasies of grup learning method implemented to elementary students in Nindya Indah residence toward their understanding of school learning material during the Covid-19 pandemic situation. The method used in this study is observation method in comprehending the situation of learning process faced by elementary students in Nindya Indah Residence during Covid-19 pandemic. Furthermore, the interview method is implemented in discovering the issues faced by the parents asisting their children to understand the school subject material. And finally, the descriptive qualitative method is conducted to explain the method used in the group learning of elementary students in Nindya Indah Residence. The result showed that there is a significant progress in term of focus and creativity during the implementation of grup learning method.  

Page 1 of 1 | Total Record : 3