cover
Contact Name
-
Contact Email
prodimtkugn85@gmail.com
Phone
+6281270214014
Journal Mail Official
prodimtkugn85@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan Alamat : Jl.Kolonel Hamzah Lubis. No.30
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Cermatika
ISSN : -     EISSN : 27766039     DOI : -
Jurnal Cermatika means pedagogy or the science of learning, so Jurnal Cermatika is defined as mathematics learning. The presence of mathematics journals is expected to increase the publications in the field of mathematics learning in order to discuss mathematics issues such as students’ perception of mathematics as a difficult subject. Jurnal Cermatika is a periodical academic journal that is published by the Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara. This Journal is published twice a year (April and October).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021" : 5 Documents clear
MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN A mandopa saputra
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dari skor angket motivasi belajar matematika siswa maka diperoleh rata-rata 76 dengan simpangan baku 4,50 pada kelas eksperimen yang diterapkan pendekatan SAVI dan rata-rata 65 dengan simpangan baku 4,38 pada kelas kontrol yang diterapkan pendekatan konvensional. Uji normalitas pada kelas eksperimen L0 = 0,1296 dan Ltabel = 0,1730 maka L0 < Ltabel ( 0,1296 < 0,1730 ) dan pada kelas kontrol L0 = 0,1220 dan Ltabel = 0,1730 maka L0 < Ltabel ( 0,1220 < 0,1730 ) sehingga dapat disimpulkan bahwa angket siswa kedua kelas berdistribusi normal. Dan uji homogenitasnya diperoleh hasil Fhitung < Ftabel yaitu (1,073 < 1,87). Dilihat dari uji hipotesis data skor angket motivasi belajar matematika thitung > ttabel (9,13 > 1,674 ) yang mana H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara pendekatan SAVI dengan pendekatan konvensional pada kubus di kelas VIII siswa SMP Negeri 10 Padangsidimpuan.
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KELAS VIII HALONGONAN TAHUN AJARAN 2020-2021 Nur dalilah
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 kelas VIII Halongonan Tahun Ajaran 2020-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Halongonan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada semester pertama dengan Materi Pola Bilangan. Subjek dalm penelitian ini adalah kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Halongonan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melaui model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Halongonan pada materi Pola Bilangan tahun pelajaran 2020/2021 meningkat sebesar 73,31 dengan kategori “Cukup” pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86,73 dengan kategori “Baik” pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa sudah terpenuhinya kategori yang diharapkan yaitu dengan rata-rata nilai 75 dan ketuntasan klasikal 70% siswa memperoleh nilai minimal Baik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BILANGAN RASIONAL BERPANGKAT BILANGAN BULAT adek nila sari
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan bilangan rasional berpangkat bilangan bulat dikelas IX. Serta melihat ketuntasan belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postest, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes hasil belajar pada materi bilangan rasional berpangkat bilangan bulat. Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,5008 > 1,667 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada sub pokok bahasan bilangan rasional berpangkat bilangan bulat dikelas IX. Ketuntasan belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing diperoleh 27 dari 30 siswa (92,5%) telah tuntas belajar dan 3 siswa (7,5%) siswa tidak tuntas belajar.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH puspa riani nasution
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: Peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pengajaran langsung, Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Padangsidimpuan.Secara acak, dipilih satu sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMP Negeri 3Padangsidimpuan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari lima kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran langsung.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi Analisis data dilakukan dengan analisis covarians (ANACOVA).Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika dibandingkan siswa yang pembelajaran dengan model pengajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS VII-2 SMPN 5 SIABU syntia dewi
Jurnal Cermatika Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL CERMATIKA VOLUME 1 NOMOR 1 BULAN APRIL TAHUN 2021
Publisher : Program Studi Matematika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui model teams Games Tournament (TGT) di ke kelas VII-2 SMP Negeri 5 Siabu Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). yaitu merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Alasan pemilihan kelas ini adalah karena di kelas ini prestasi belajar siswanya masih relatif rendah Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa melalui Model PembelajaranTeams Games Tournament(TGT) dengan Menggunakan Alat Peraga Roda Bangun Datar dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas VII-2 SMP Negeri 5 Siabu”. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase pemahaman konsep matematika siswa pada Siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 23,07% meningkat menjadi 46,15%. Kemudian pada Siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 65,38% meningkat menjadi 80,76%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5