cover
Contact Name
Bachrul Ilmi
Contact Email
bachrul.ilmi@staff.uns.ac.id
Phone
+6282278726278
Journal Mail Official
evokasi.journal@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Department of Administration, Social and Humanities Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan
ISSN : -     EISSN : 29642116     DOI : https://doi.org/10.20961/evokasi
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan is a journal that publishes articles in administrative studies, and applied social, with the focus and scope of discussion: office administration, archiving, secretarial, business administration, knowledge management, information literacy, librarianship and information studies, population administration, civil registration, public policy, public sector management and public services. This journal publishes articles (Research Articles and Reviews) and Book Reviews. This journal is published by the Department of Administration, Social and Humanities, Vocational School, Sebelas Maret University twice a year in June and December.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI" : 7 Documents clear
PERCEPATAN KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN BAGI PENDUDUK RENTAN MELALUI PROGRAM JEMPUT BOLA DI KABUPATEN KARANGANYAR Hanif Veftin Novita; Enis Tristiana
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI
Publisher : Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/evokasi.v1i1.253

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses percepatan kepemilikan dokumen kependudukan bagi penduduka rentan melalui program jemput bola. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk melihat hasil penelitian dan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program jemput bola yang sudah dilakukan sudah pada target sasaran yaitu penduduk rentan sehingga adanya program ini membantu pendudukan rentan untuk memproses dokumen kependudukan, salah satunya e-KTP tanpa harus datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program pelayanan jemput bola penduduk rentan dapat dikatakan sesuai dengan kriteria inovasi yang ditetapkan oleh PERMENPAN- RB terdiri dari 5 (lima) kriteria inovasi yaitu : Memiliki Kebaruan, Efektif, Bermanfaat, Tranfer/replikasi, dan Berkelanjutan. Kata kunci: Pelayanan Publik, Dokumen Kependudukan, Penduduk Rentan
MANAJEMEN DATA AKREDITASI MELALUI SISTEM INFORMASI ARSIP AKREDITASI BERBASIS WEBSITE Lina Rifda Naufalin; Aldila Krisnaresanti; Adi Indrayanto
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI
Publisher : Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/evokasi.v1i1.255

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun model sistem informasi arsip akreditasii yang sesuai dengan kebutuhan pengguna data terakreditasi dan sebagai wujud dari pengelolaan data yang efektif dan efisien. Ruang lingkup penelitian ini adalah untuk mengkaji permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan akreditasi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, serta menganalisis kebutuhan pengguna sistem informasi arsip akreditasii sebagai dasar dalam membangun website. -model sistem informasi arsip akreditasii berbasis sesuai kebutuhan pengguna. Efektivitas dan efisiensi layanan data akreditasi menjadi tujuan utama penelitian ini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam menggali kebutuhan melalui observasi dan wawancara serta menggunakan model waterfall dalam pengembangan sistem. Temuan dalam penelitian ini masih banyak kekurangan dalam pengelolaan data akreditasi, antara lain pengelolaan data, input data, kualitas data, dan pengelolaan personalia. Temuan tersebut menjadi dasar pengembangan pengelolaan data akreditasi berbasis website, yang meliputi pengumpulan data, penyimpanan data, dan pengolahan data menjadi laporan
IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI DAN KONEKSITAS DESA (SIKDES) DI KANTOR KEPALA DESA TAMPIRWETAN Rahayu; Rohmawan Adi Pratama; Yuniva; Islamiyah
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI
Publisher : Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/evokasi.v1i1.267

Abstract

People as citizens have the right to optimally obtain services from the government, such as administrative services, goods and services. The most basic service organized by the village government is service in the field of population administration, this is because it involves legitimacy as a citizen and is an inherent identity in one's life. In 2017, the Magelang Regency government provided free facilities in the form of an Information System and Village Connectivity application or commonly called SIKDES. The SIKDES application is based on the main data of the Magelang Regency Population and Civil Registry Office which aims to provide accurate and effective population data services because the system is based on information technology. This study aims to examine and determine administrative services through the SIKDES application as well as the obstacles and levels of community satisfaction with administrative services in Tampirwetan Village, Candimulyo District. This research is a qualitative descriptive study with data collection in the form of documentation studies, observations, and interviews. The results showed that the use of the SIKDES application greatly facilitated village officials in serving the community more efficiently. So that it creates community satisfaction, compared to the manual service process.
INOVASI “KADAL SAKTI” DALAM PENYELENGGARAAN PENERIMA BANTUAN IURAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOGIRI Dhea Fitri Setya; Gabriela Ariana Octaviani
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI
Publisher : Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/evokasi.v1i1.284

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan diperlukan sinergi antara masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta lembaga pengguna. Hal ini berlaku untuk proses kepesertaan PBI JK Kesehatan yang menggunakan data kependudukan. Penelitian ini mendeskripsikan proses pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” dalam penyelenggaraan Penerima Bantuan Iuran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri, solusi yang akan dinerikan selama pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis penelitian empiris, pendekatan kualitatif, sifat penelitian deskriptif. Pengambilan data, didapatkan berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 470/51/HK/2020 yang bekerja sama langsung dengan Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan Kabupaten Wonogiri. Inovasi “Kadal Sakti” berjalan sesuai kesepakatan dan menggunakan sistem yang bisa diakses secara real-time. Namun, terdapat kendala seperti eror server, kesadaran masyarakat dalam hal pelaporan peristiwa yang dirasa kurang, tetapi dapat diatasi dengan koordinasi dan sosialisasi secara berkala.
UPAYA KPU KOTA SEMARANG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PADA PEMILIHAN WALIKOTA SEMARANG DI MASA PANDEMI PANDEMI COVID-19 Muchamad Priyo Utomo; Sri Suneki
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI
Publisher : Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/evokasi.v1i1.304

Abstract

Terlaksananya pemilihan Walikota Kota Semarang di masa pandemic Covid-19 merupakan hal yang baru bagi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Kota Semarang sejak pertama kali diselenggarakan secara langsung pada tahun 2005. Maka dengan adanya pandemic Covid-19 perlu adanya pemberian pengertian kepada masyarakat untuk tetap menggunakan hak pilihnya walaupun dihadapkan dengan krisis Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya KPU Kota Semarang dalam meningkatkan partisipasi politik pada pemilihan Walikota Semarang 2020 di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa KPU Kota Semarang mengupayakan beberapa hal untuk mengedukasi masyarakat agar tetap memilih di masa pandemic ini, yaitu dengan memfokuskan pada kegiatan sosialisasi, sosialisasi yang dilaksanakan dengan berpedoman bahwa setiap kegiatan haruslah menghindari kontak fisik dengan masyarakat dan mengindari adanya kerumunan. KPU Kota Semarang menginiasi dengan kegiatan sosialisasi berbasis digital seperti mengencarkan kegiatan lewat postingan di media social milik KPU. Untuk menarik peran aktif masyarakat, KPU Kota Semarang juga menyelenggarakan program seperti virtual bike, wayang kulit virtual serta konser music virtual. Kegiatan sosialisasi KPU dapat dikatakan berhasil karena jumlah pemilih pada pemilihan Walikota 2020 mencapai angka 68.30% lebih tinggi dari tahun tahun sebelumnya walaupun dihadapkan pada pandemic Covid-19
PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP MINAT MENGIKUTI PPG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNS Niqmah Ida Hanifiani; Tri Murwaningsih; Nur Rahmi Akbarini
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI
Publisher : Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/evokasi.v1i1.308

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh efikasi diri terhadap minat mengikuti PPG; 2) pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap minat mengikuti PPG; 3) pengaruh efikasi diri dan Pengenalan Lapangan Persekolahan secara simultan terhadap minat mengikuti PPG. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2018 sebanyak 72 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, regresi linier berganda, koefisien determinasi, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap minat mengikuti PPG dengan hasil thitung 7,514 > ttabel 1,995 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap minat mengikuti PPG dengan hasil thitung 2,014 > ttabel 1,995 dan signifikansi kurang dari 0,05 (0,048 < 0,05); 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri dan Pengenalan Lapangan Persekolahan secara simultan terhadap minat mengikuti PPG dengan nilai Fhitung 31,520 > Ftabel 3,128.
STRATEGI PRESERVASI DAN KONSERVASI BAHAN PUSTAKA TERCETAK DI PERPUSTAKAAN STIE AUB (ADI UNGGUL BHIRAWA) SURAKARTA Bachrul Ilmi; Natasia Sulistyoningtyas
EVOKASI: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): EVOKASI
Publisher : Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/evokasi.v1i1.345

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi penanganan perbaikan kerusakan bahan pustaka tercetak beserta faktor penyebab kerusakan dan kendala yang dihadapi pustakawan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan studi literatur, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Perpustakaan STIE AUB untuk mencegah dari kerusakan tersebut antara lain memperbaiki cover yang terlepas, perbaikan halaman yang robek, dan perbaikan label buku yang rusak. Masih ditemukan beberapa faktor yang mengakibatkan kegiatan pelestarian tidak berjalan dengan maksimal, yaitu kurangnya pustakawan ahli preservasi, belum adanya kesadaran pemustaka menjaga kondisi fisik bahan pustaka, tidak ada alokasi anggaran, serta belum ada ruangan, alat, dan bahan pendukung kegiatan preservasi bahan pustaka tercetak. Walaupun terdapat hambatan, perpustakaan dapat memaksimalkan alat dan bahan minimum yang dimiliki perpustakaan untuk preservasi bahan pustaka tercetak secara maksimal. Strategi ini dapat digunakan untuk perpustakaan dengan keadaan yang serupa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7