cover
Contact Name
Dodik Prasetyo
Contact Email
dodikpsetyo@alfattah.ac.id
Phone
+6285640018663
Journal Mail Official
jurnalsentrapaud@alfattah.ac.id
Editorial Address
LPPM STAI AL-FATTAH PACITAN Jl. Nawangan Km. 02 Jatimalang, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Published by STAI Al-Fattah Pacitan
ISSN : -     EISSN : 28088921     DOI : https://doi.org/10.1515
Core Subject : Education,
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its multidisciplinary approach, covering all related fields, including Islamic religion, gender, psychology, sociology, child’s health and social work.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2025): JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini" : 3 Documents clear
Analisis Transformasi Manajerial dalam Digitalisasi Administrasi Lembaga PAUD Islam di Kecamatan Pacitan Prasetyo, Dodik
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5 No. 1 (2025): JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/xsfzgy95

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam sistem administrasi lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia, termasuk pada lembaga berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses transformasi manajerial dalam implementasi digitalisasi administrasi di lembaga PAUD Islam, khususnya pada satuan pendidikan RA Perwanida Sidoharjo, RA Al-Huda Ploso, dan BA Aisyiyah Pacitan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk menemukan pola manajerial dalam proses digitalisasi administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga lembaga telah beralih dari sistem manual ke semi-digital dengan memanfaatkan Google Form, Drive, Excel, dan WhatsApp untuk pengelolaan administrasi. Digitalisasi meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas, meski terkendala sarana, jaringan, dan literasi digital. Keberhasilan adaptasi ditopang oleh kepemimpinan visioner dan kolaborasi guru. Digitalisasi juga memperkuat nilai manajerial Islami seperti amanah, ṣidq, dan ta‘āwun. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi digital dan dukungan kelembagaan agar transformasi manajerial berbasis nilai Islami dapat berkelanjutan.
Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Tunas Bangsa Desa Borang Arjosari Supratiwi, Wahyu Eka
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5 No. 1 (2025): JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/q2wmbx45

Abstract

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran anak usia dini merupakan inovasi yang relevan dengan perkembangan teknologi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi AI dalam pembelajaran di KB Tunas Bangsa Desa Borang Arjosari serta menganalisis dampaknya terhadap kualitas proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik, mendukung penyajian materi yang lebih interaktif, serta memudahkan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Selain itu, AI berperan dalam memfasilitasi pembelajaran yang bersifat individual sesuai tahap perkembangan anak. Namun, kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan pemahaman guru terhadap teknologi AI dan keterbatasan sarana prasarana. Dengan demikian, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta dukungan infrastruktur untuk mengoptimalkan pemanfaatan AI dalam pembelajaran anak usia dini.
Inovasi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Bahan Alam di TK Tunas Harapan Sedayu Arjosari Tahun Pelajaran 2024/2025 Dwiantari, Wiwid Pheni; Istiana
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5 No. 1 (2025): JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/b0mg9892

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan inovasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis bahan alam di TK Tunas Harapan, Sedayu, Arjosari Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian meliputi enam guru, satu kepala sekolah, dan kelompok anak usia 4–6 tahun. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan validasi menggunakan triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil berinovasi mengembangkan media berbahan alam seperti ranting, daun, biji, dan pelepah pisang yang terbagi dalam empat kategori: sensorik/manipulatif, seni, numerik-huruf, dan motorik halus. Proses pengembangan meliputi tahapan identifikasi kebutuhan, eksplorasi bahan, pembuatan dan uji coba, serta revisi dan dokumentasi. Penggunaan media ini meningkatkan kreativitas anak (88%), motorik halus (85%), dan keterlibatan belajar (90%). Media berbahan alam terbukti efektif, murah, dan kontekstual, sekaligus memperkuat penerapan prinsip ecopedagogy dalam pembelajaran anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 3