cover
Contact Name
Rahmad Hidayat
Contact Email
rahmad_hidayat@pnl.ac.id
Phone
+6285277807726
Journal Mail Official
admin.trik@pnl.ac.id
Editorial Address
Jl. Medan - Banda Aceh No.Km. 280 3, RW.Buketrata, Mesjid Punteut, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh 24301
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer
ISSN : 25812882     EISSN : 27971724     DOI : http://dx.doi.org/10.30811/jtrik.v8i1
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer (JTRIK) merupakan media publikasi hasil penelitian yang diterbitkan oleh Politeknik Negeri Lhokseumawe. JTRIK dipublikasikan setiap 2 bulan yaitu maret dan september baik secara print dan online. Scope jurnal ini meliputi bidang ilmu komputer, pemrosesan citra, jaringan komputer, keamanan komputer, multimedia, pengembangan perangkat lunak dan internet of things
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE" : 8 Documents clear
Rancang Bangun Layanan IPTV Sebagai Tontonan Anak Dengan Menggunakan Raspberry Afdilla, Muhammad; Atthariq, Atthariq; Mursyidah, Mursyidah
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v4i2.2559

Abstract

Abstrak— Di zaman modern saat ini teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang sedemikian pesatnya. Terutama televisi yang merupakan contoh nyata perkembangan teknologi yang sudah sedemikian akrab di semua masyarakat. Namun dapat juga membawa dampak buruk terutama bagi generasi bangsa atau anak-anak dibawah umur. Tayangan-tayangan yang mengandung unsur kekerasan, pornografi dan pornoaksi merupakan tayangan yang perlu diwaspadai. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah peran orang tua dalam mengontrol tontonan anak-anak menggunakan aplikasi berbasis Android yang di aplikasi tersebut hanya menyediakan tontonan animasi anak-anak saja sehingga menjadi alternative bagi orang tua untuk menjaga anak-anak. Dalam penelitian ini digunakan beberapa bantuan aplikasi yaitu Visual Studio Code, Eclipse. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dijalankan pada perangkat Android yang menampilkan sebuah film serial dan non serial kemudian dari masing masing serial ada beberapa judul film. Pada hasil pengujian QoS, untuk rata-rata delay 0.0244ms termasuk kategori ‘Bagus’, rata-rata Packet loss 0% termasuk kategori ‘Sangat Bagus’. Berdasarkan persamaan dengan nilai loss paket 0% - 2%, dan rata-rata throughput4.0564 Mbit/s termasuk kategori ‘Bagus’.Berdasarkan persamaan dengan nilai Throughput 450 Mbit/s dan yang terakhir rata-rata Jitter 0.1842 ms termasuk katagori ‘Sedang’.Kata kunci— Visual Code, Eclipse, QoS, Serial, Non Serial.
Perancangan Aplikasi Penjualan Sepeda Motor Dan Sparepart Motor Berbasis Web (Studi Kasus : UD. Variasi Motor di Matang Gelumpang Dua) Iqbal, Muhammad; Azhar*, Azhar; Huzaeni, Huzaeni
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v4i2.2562

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi informasi, penggunaan internet semakin marak. Hal ini membuat perkembangan bisnis online semakin berkembang pesat. Sehingga persaingan di bidang ini semakin ketat karena memudahkan orang dalam melakukan transaksi penjualan dan pembelian serta dapat memperluas jangkauan bisnis tersebut, UD Variasi motor ini merupakan toko yang menjual sepeda motor dan sparepart motor. Toko online ini masih belum memiliki media aplikasi elektronik sehingga toko ini kurang dapat bekembang lebih luas dibandingkan dengan toko-toko lain sejenisnya, yang sudah berjalan secara online. Aplikasi penjualan sepeda motor dirancang menggunakan konteks diagram yang dapat diakses oleh pelanggan dan pengelola sistem (admin). Aplikasi ini sudah dapat menyimpan semua data-data yang ada pada sistem toko dan pelanggan dapat melihat dan membeli barang dengan mudah dengan cara membuka website toko. Sistem ini diharapkan dapat memudahkan pemilik dan pelanggan toko dalam melakukan transaksi jual beli secara online. Tugas akhir ini akan merancang dan membuat aplikasi penjualan sepeda motor dan sparepart motor sebagai media pemesanan online di UD Variasi motor yang bertempat di Jalan Medan-Banda Aceh, Komplek Terminal Lama No.10 Matang Gelumpang Dua Kabupaten Bireuen
Penerapan Internet of Things untuk Pengendalian Kotak Beras Menggunaka Raspberry Pi Berbasis Android Ulfahidayati, Ulfahidayati; Husaini, Husaini; Mursyidah, Mursyidah
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v2i1.2576

Abstract

Abstrak— Beras atau nasi merupakan makanan pokok masyarakat indonesia. Kegiatan memasak yang dilakukan sehari-hari membutuhkan waktu khusus. Selama ini alat memasak pada umumnya menggunakan cara manual dan perlu berada dirumah untuk kegiatan memasak. Hal tersebut menyebabkan sebagian orang yang bekerja di luar rumah perlu meluangkan waktu khusus untuk memasak. Oleh karena itu, perlu dikembangkan teknologi pada sistem memasak mulai dari proses menakar beras, mencuci beras sampai memasak nasi. Teknologi yang dimaksud adalah Raspberry pi. Dengan teknologi tersebut sistem dapat dikontrol melalui aplikasi mulai dari menakar beras, mencuci beras sampai memasak nasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan dengan memproses data menjadi informasi sehingga beras keluar dari tempat beras dan untuk mengetahui kualitas koneksi jaringan internet menggunakan metode Quality of Service. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil bahwa untuk takaran pertama, kedua dan ketiga membutuhkan waktu 10 detik, sedangkan kualitas jaringan internet yang diperoleh dari sistem adalah sangat bagus.Kata kunci: Raspberry Pi; Relay; Kotak Beras; Metode Quality Of Service (QOS) 
Perancangan Akses Control Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrocontroller Arduino Berbasis Via Bluetooth marziah, Ainun; Musyidah, Musyidah; Anwar, Anwar
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v4i2.2566

Abstract

Abstrak   -  Seiring perkembangan teknologi, setiap orang dapat melakukan sesuatu pekerjaan tanpa harus bertindak secara langsung. Berkat perkembangan teknologi dapat diatasi dengan membangun aplikasi perancangan pintu gerbang yang digunakan hanya berfungsi untuk dibuka dan ditutup secara manual dengan bantuan pengguna, dengan adanya perkembangan teknologi pintu gerbang dapat dilakukan dengan aplikasi Perancangan prototype untuk perangkat sistem pengendalian pintu gerbang berbasis arduino menggunakan sistem operasi android untuk penerapan sistem pintu gerbang otomatis yang dapat dikendalikan dari jarak jauh mrnggunakan mikrokontroler sebagai sistem pengendalian pusat dengan jaringan bluetooth via aplikasi android yang dapat diakses dengan jarak 10 meter waktu respon maksimum 3 detik di ruang terbuka. data didapatkan dengan pengujian koneksi bluetooth untuk mengetahui jarak transmisi antara bluetooth HC-05 yang diintegrasi dengan board arduino uno, sehingga menghasilkan pengujian limit switch yang terdapat kontak jenis NO  dan  NC  yang   menampilkan keakuratan pintu gerbang terbuka dan tertutup setelah eksekusi pintu gerbang otomatis.Kata Kunci : Arduino, Pintu Gerbang, Bluetooth Dan Android
Perancangan Sistem Rekam Medis Rumah Sakit Menggunakan RFID Berbasis Internet Of Things Mazeda, Diva; Nasir, Muhammad; Anwar, Anwar
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v4i2.2555

Abstract

Abstrak— Penerapan aplikasi teknologi RFID (Radio Frecuency Identification) di rumah sakit Indonesia relative baru dibandingkan dengan sektor lainnya seperti instansi manufaktur, retail, perpustakaan, logistic, pendidikan dan pemerintah. Banyak para akademisi dan praktisi dibidang teknologi yang meyakini bahwa teknologi RFID memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan manfaat bagi rumah sakit yang ada di negara berkembang seperti Indonesia. Penerapan perangkat rekam medis berbasis teknologi RFID diinstansi kesehatan diharapkan dapat mempermudah dokter dalam melakukan pelayanan kesehatan terhadap psien. Berdasarkan pentingnya peranan data rekam medis diinstansi kesehatan seperti rumah sakit maka dirancang suatu prototype perangkat rekam medis berbasis teknologi RFID menggunakan RFID reader jenis Mifare RC522 dan sebuah Tag RFID jenis Mifare S50 klasik yang terhubung ke mikrokontroller Arduino Uno sebagai pusat kontrol utama dari perangkat rekam medis berbasis teknologi RFID menggunakan pemrograman Sublime dan Xampp. Dengan menerapkan alat ini dapat kita simpulkan bahwa penggunaan waktu lebih efesien dari pada menggunakan sistem manual kartu kuning pada rumah sakit. Sehingga di jaman yang modern ini kita dapat menghasilkan perangkat yang efesien yang berfungsi untuk membantu pihak rumah sakit dalam mencari data rekam medis pasien dengan mudah dan cepat.Kata kunci— Arduino Uno, Rekam Medis, RFID Mifare RC522, Arduino, Sublime, Xampp.
Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Dosen Berprestasi Dalam Bidang Penelitian Dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering Berbasis Website Muakhir, Muakhir; Husaini, Husaini; Arhami, Muhammad
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v2i1.2577

Abstract

Abstrak­­­___ Sistem Pendukung Keputusan adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semiterstruktur dan tak terstruktur. Seperti saat ini prosespenilaian untuk pemilihan dosen berprestasi merupakan proses yang rumit dan memerlukan pertimbangan – pertimbangan yang cermat. Karena pengerjaannya yang selama ini masih manual, selain itu dalam proses tersebut banyak peluang untuk membuat keputusan yang salah karena proses penilaian berdasarkan subyektifitas dan tidak objektif. Tujuan penelitian ini adalah membuat perangkat lunak Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Sehingga dapat menjadi alat bantu bagi Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe dalam penilaian dosen berprestasi. Demi efektivitas penilaian maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan dengan metode Collaborative Filtering. Sistem pengambilan keputusan ini dibangun dengan menggunakan PHP dan MySQL untuk penyimpanan data. Hasil output dari aplikasi ini ialah hasil seleksi berupa ranking dosen berprestasi. Oleh karena itu sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu memberikan alternatif dalam penilaian dosen berprestasi.Kata Kunci—SPK, Dosen Berprestasi, Collaborative Filtering, Rangking.
Teknik Motion Capture Dalam Proses Pergerakan Karakter Manusia Menggunakan Kinect Utami, Lisa Sri; Nasir, *Muhammad; Anwar, Anwar
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v4i2.2568

Abstract

Abstrak— Motion capture merupakan suatu proses penangkapan gerakan yang ada di lingkungan ke dalam computer motion capture. Motion capture sudah menjadi teknik paling efektif untuk pembuatan animasi guna mempermudah dan mempercepat gerak karakter yang memiliki bentuk seperti manusia perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan PC adalah kinect. Penelitian ini bertujuan mengetahui jarak ideal untuk medeteksi objek manusia dengan sensor kinect dan jarak ideal untuk menangkap objek manusia menjadi skeleton. Metode  yang digunakan pada penelitian ini dengan cara memanfaatn teknik skeleton tracking pada objek manusia. Berdasarkan analisa ini menunjukkan bahwa jarak yang  ideal antara manusia dengan sensor kinect dan jarak ideal untuk menangkap objek menjadi skeleton adalah 1,5 sampai dengan 2 meter.Kata kunci :Kinect, Motion Capture. Skeleton Tracking.
Augmented Reality Sebagai Alat Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Markerless Nufus, Hayatun; Mursyidah*, Mursyidah; Amri, Amri
Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer Vol 4, No 2 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jtrik.v4i2.2556

Abstract

Anak usia dini penting sekali untuk diajarkan mereka mengenai makhluk hidup yang berada di sekitar mereka contohnya seperti pengenalan hewan. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk media pengenalan hewan adalah teknologi augmented reality berbasis android. Aplikasi augmented reality pada umumnya masih banyak menggunakan marker khusus. Penggunaan marker tersebut membuat aplikasi menjadi bergantungan pada marker karena aplikasi hanya dapat dijalankan jika marker tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan objek 3D pada lingkungan augmented reality tanpa menggunakan marker khusus pada perangkat android dan mengetahui sudut kemiringan kamera yang baik, dan jarak yang baik terdeteksi. Aplikasi dibuat menggunakan metode markerless user defined target. Hasil dari penelitian ini yaitu, jarak yang baik untuk menampilkan objek 3D menggunakan target buku adalah 40 cm dan 60 cm dengan sudut 0o dan 30o. Jarak yang baik untuk menampilkan objek 3D menggunakan target bantal adalah 20 cm - 60 cm dengan sudut 0o - 60o. Jarak yang baik untuk menampilkan objek 3D menggunakan target kotak kosmetik adalah 20 cm dan 40 cm dengan sudut 0o dan 30o.

Page 1 of 1 | Total Record : 8