cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalpkm.iairm@gmail.com
Phone
+6285335122235
Journal Mail Official
cahyanur45@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar, Kec. Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471 Phone: (0352) 3140309
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Islamic Science Community
ISSN : -     EISSN : 29649110     DOI : https://doi.org/10.55380/isc.v3i1.754
Core Subject : Social,
ISC: Islamic Science Community adalah jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ponorogo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun dan bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran hasil-hasil pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan penerapan ilmu pengetahuan Islam di berbagai bidang. Melalui jurnal ini, para penulis dapat berbagi pengalaman, hasil riset, serta inovasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik di tingkat lokal maupun nasional, dengan berlandaskan pada nilai-nilai Islam. adapun fokus kajian dalam jurnal ISC ini adalah: a. Pendidikan (berbasis keagamaan) b. Sosial, humaniora, dan budaya (berbasis keagamaan) c. Hukum dan dakwah (berbasis keagamaan) d. Ekonomi (berbasis keagamaan) e. Sains dan teknologi (berbasis keagamaan) f. Kesehatan (berbasis keagamaan)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2025)" : 5 Documents clear
PEMBINAAN ISLAMIC PARENTING DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI ANAK BA AISYIYAH KORI KIDUL SAWO PONOROGO Qurrota A’yun, Neny; Putri Toti Dewayanti, Maharani
Journal of Islamic Science Community Vol. 4 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/isc.v4i1.1081

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian anak, terutama di usia dini. Pada tahap ini, anak-anak sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar, termasuk orang tua dan guru. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, penerapan nilai-nilai Islam melalui pendekatan Islamic parenting menjadi semakin relevan. Islamic parenting tidak hanya berfokus pada pengajaran agama, tetapi juga pada pembentukan akhlak dan karakter yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Islamic parenting dalam membentuk karakter islami anak-anak di TK BA Aisyiyah Kori Kidul. Pentingnya penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk memahami bagaimana nilai-nilai Islam dapat diterapkan secara efektif dalam pendidikan anak usia dini. Di tengah perkembangan teknologi dan globalisasi yang pesat, tantangan dalam membentuk karakter anak menjadi semakin kompleks. Banyak anak terpapar pada pengaruh negatif dari luar, sehingga peran orang tua dan guru dalam memberikan teladan yang baik menjadi sangat krusial. Melalui pendekatan Islamic parenting, diharapkan anak-anak dapat dibekali dengan akhlak yang baik, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM PUBLIC SPEAKING MELALUI TEKNIK VISUAL AIDS DI SD NEGERI 02 KORI KABUPATEN PONOROGO Fauzi, Moh. Ihsan; Julaeha, Siti; Tsania Nurrohmah, Novinda; Alfi Rizkia, Rahmadina; Ramadhan, Haidar
Journal of Islamic Science Community Vol. 4 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/isc.v4i1.1133

Abstract

Artikel pengabdian ini menyajikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum melalui penerapan teknik visual aids di SD Negeri 02 Kori, Kabupaten Ponorogo. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada 44 siswa SD Negeri 02 Kori Kabupaten Ponorogo. Pelatihan dilakukan dengan materi yang mencakup teknik berbicara di depan umum, penggunaan alat bantu visual, serta pengembangan kepercayaan diri. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa penerapan teknik visual aids dapat berkontribusi pada peningkatan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum. Peningkatan ini dapat diamati dari perbaikan kemampuan siswa dalam melakukan presentasi di hadapan audiens, serta peningkatan rasa percaya diri mereka saat berinteraksi dengan pendengar. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri 02 Kori, Kabupaten Ponorogo. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengembangan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum.
ISLAMIC PARENTING TRAINING FOR MOTHERS IN FORMING CHILDREN'S CHARACTER BASED ON THE QUR'AN ummah, Wardatul; Jauhari, Irfan
Journal of Islamic Science Community Vol. 4 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/isc.v4i1.1134

Abstract

Strengthening the role of mothers in children's education is very important, especially in forming Islamic characters based on the values ​​of the Qur'an. This community service program aims to provide Islamic parenting training to mothers as an effort to equip them with knowledge and skills in educating children in a Qur'anic manner. Activities are carried out through a participatory approach, in the form of lectures, interactive discussions, and direct practice. Training materials include basic concepts of Islamic parenting, methods of educating children according to the values ​​of the Qur'an, as well as the habituation of worship and noble morals in everyday life. The results of the activities show an increase in mothers' understanding of Islamic parenting patterns, as well as a growing awareness of the importance of their role as the first madrasah for children. This program is expected to become a model of family assistance based on Islamic values ​​that can be applied sustainably in society.
PENINGKATAN SPIRITUALITAS MELALUI PEMBIASAAN SEDEKAH SUBUH DI MUSHOLA GRIYA HASANAH MADIUN Supriyanti, Iin; Auliya Firdaus, Annisaa; Chaerunnisa, Auliyah
Journal of Islamic Science Community Vol. 4 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/isc.v4i1.1136

Abstract

Saat ini spiritualitas Masyarakat di ambang batas minoritas, dengan ditandai masjid/musholla yang mulai sepi orang yang melalukan peribadahan. Upaya meningkatkan fungsi masjid/musholla sangat beragam salam satunya sebagai media pemersatu Masyarakat melalui kegiatan bersedekah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan pendambingan dan pembiasaan Masyarakat di sekitar muholla Griya Hasanah Munggut. Adapun hasil penelitian ini bahwa, melalui kegiatan Kesadaran Bersedekah sangat efektif dalam meningkatkan spiritualitas Masyarakat. Terbukti semakin ramainya musholla dan penuhnya shaf setiap sholat. Kegiatan Kesadaran Bersedekah dikemas dengan baik melalui kegiatan 1) kaleng kuning, 2) sedekah nasi bungkus, dan 3) sedekah dahaga. Kegiatan tersebut dialokasikan untuk berbagi kepada Masyarakat sekitar, anak yatim dan duafa serta meningkatkan religius dan kepasrahan Masyarakat melalui kegiatan istighotsah.
PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG MAKNA BULAN RAMADAN MELALUI KEGIATAN PONDOK RAMADAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONOROGO Nuraini, Ririn
Journal of Islamic Science Community Vol. 4 No. 1 (2025)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/isc.v4i1.1137

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya keresahan peneliti terkait kurangnya pemahaman peserta didik terkait makna bulan Ramadan. Dimana sebagian mereka hanya mengetahui puasa hanya sebatas menahan lapar dan haus saja. Hal ini tentunya membutuhkan alternatif solusi agar mereka memahami makna Ramadan secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo serta dampaknya terhadap pemahaman peserta didik tentang makna bulan Ramadan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo terbagi dalam tiga jenis kegiatan utama, yaitu: kegiatan ibadah rutin, kegiatan pembelajaran, kegiatan penguatan karakter. Dampak pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang makna bulan Ramadan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo adalah positif. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya beberapa aspek, yakni: aspek spiritual: peningkatan kesadaran beribadah dan pemahaman agama; aspek sosial: munculnya empati dan kepedulian; aspek moral: terbentuknya perilaku jujur, disiplin, dan bertanggung jawab.

Page 1 of 1 | Total Record : 5