Jurnal Psikoedukasia
JOURNAL OF PSIKOEDUKASIA is a scientific journal of ideas and research results in the field of Guidance and Counseling, published by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education, Universitas PGRI Semarang. The purpose of this journal publication is to disseminate research results and ideas that have been achieved in the fields of Psychology and Education.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia"
:
10 Documents
clear
A Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Stress Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir: Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Stress Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Andini, Safitri Dian
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.185
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk mengatasi stress akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan jumlah 32 mahasiswa. sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing terdiri dari 5 mahasiswa kelompok kontrol dan 5 mahasiswa kelompok eksperimen yang dibagi menjadi kelompok kecil. Data penelitian ini menujukkan hasil dari pretest dan posttest dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Hal ini dibuktikan dengan uji-t dimana output Paired T-Test, uji-t nilai sig pada output tabel > 0,05. Dan pada uji normalitas masing-masing uji sig nya sebesar 0, 148 dan 0,685 pada masing-masing uji sehingga ada pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk mengatasi stress akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Kata kunci: Konseling Kelompok, Realita, Stress Akademik
HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X SMK MA’ARIF NU TONJONG BREBES: HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA
Anang Pratama, Rifqy
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.844
The background that motivates this research is the lack of emotional maturity among students regarding decision-making, which is related to career planning. The aim of this study is to determine whether there is a relationship between emotional maturity and career planning among 10th-grade students at SMK Ma’arif NU Tonjong Brebes. This type of research is correlational. The population in this study includes all 10th-grade students at SMK Ma’arif NU Tonjong Brebes. From the existing population, a sample was taken using purposive sampling technique, totaling 86 students from three classes. The analysis technique used is Product Moment correlation. The results of the study indicate that 1) Career planning among 10th-grade students at SMK Ma’arif NU Tonjong Brebes falls into the low category for 40 students, representing 46%. 2) Emotional maturity among 10th-grade students at SMK Ma’arif NU Tonjong Brebes falls into the moderate category for 34 students, representing 40%. The results show a significant relationship between the two variables with a correlation value of 0.554. Based on the research findings, it is recommended that the school optimize existing programs in counseling services (BK) by providing supporting facilities so that counseling teachers or counselors and subject teachers can offer maximum service programs.
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X IPS
NABAHA, AHMAD YAZDAD
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.916
The background that drives this research is that self-confidence is an aspect of personality that functions to encourage students to achieve success which is formed through the student's learning process in interaction with the environment. The problem in this study is whether there is a relationship between social interaction and self-confidence of class X IPS students of SMA N 1 Guntur Demak? The purpose of this study that the researcher wants to achieve is to determine the relationship between interaction and self-confidence in class X IPS students of SMA N 1 Guntur Demak.
PENERAPAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MEREDUKSI STRESS AKADEMIK SISWA KELAS X NAUTIKA SMK NEGERI 10 SEMARANG: APPLICATION OF RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TECHNIQUES IN REDUCING ACADEMIC STRESS OF CLASS X NAUTIKA STUDENTS OF SMK NEGERI 10 SEMARANG
Friska Diva Windu Istani, Friska Diva Windu Istani
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.956
Sebagaimana telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa stres akademik merupakan suatu gangguan jiwa yang disebabkan oleh tuntutan akademik. Hal ini disebabkan oleh adanya respon terhadap suatu kondisi ketidaksesuaian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki siswa terhadap prestasi akademik dan kemampuan untuk mencapainya, sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan respon individu baik secara fisik, psikologis maupun dalam prestasi belajarnya, sehingga semakin terbebani oleh berbagai tuntutan dan tekanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi stres akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMKN 10 Semarang kelas X jurusan Nautika, sampel yang diambil sebanyak 41 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengacu pada purposive sampling atau pengambilan sampel secara objektif. Hasil analisis data menggunakan uji-t dimana output Paired T-Test, nilai sig uji-t pada tabel output < 0,05. Dan pada uji normalitas untuk masing-masing pengujian diperoleh nilai sig sebesar 0,447 dan 0,320 untuk masing-masing pengujian sehingga terdapat pengaruh konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menurunkan stres akademik siswa kelas X Nautika di SMK Negeri 10 Semarang. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) memiliki pengaruh dalam menurunkan stres akademik siswa kelas X Nautika di SMKN 10 Semarang. Kata Kunci: (Konseling Kelompok, REBT, Stres Akademik)
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA (AKL) SMK NEGERI 2 SEMARANG: THE INFLUENCE OF SOCIODRAMA TECHNIQUE GROUP GUIDANCE SERVICES ON THE EMOTIONAL INTELLIGENCE OF CLASS XI FINANCIAL ACCOUNTING INSTITUTION (AKL) SMK NEGERI 2 SEMARANG
Lina suryati
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.957
This research aims to increase the emotional intelligence of class XI students at SMK N 2 Semarang using the sociodrama technique group guidance services. This type of research is quantitative research with the type of experimental method used, namely pre-experimental design one-group pretest-posttest design. The population in this study was 108 students of class XI AKL (Institutional Financial Accounting) and the sample of this research was students of class sampling. Based on the hypothesis test, a significance (2-tailed) result of 0.000 was obtained. So the results of the significance value (2-tailed) < 0.05 or 0.000 < 0.05. So there is a significant difference between the pretest and posttest. This shows that the guidance of the sociodrama technical group can have an influence on the emotional intelligence of class XI AKL (Institutional Financial Accounting) students at SMK N 2 Semarang.
HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTERAKSI DALAM KELOMPOK TEMAN SEBAYA DI SMK NEGERI 4 KENDAL
tanjung, aidha yustira
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.978
ABSTRACT This research aims to analyze the relationship between self-confidence and interaction in groups among students at SMK N 4 Kendal. Using the Pearson correlation method, this research involved 150 respondents and measured two main variables: self-confidence and interaction in groups. The results of the analysis show a significant positive correlation with a Pearson Correlation value of 0.188 and a significance level of 0.021. These findings indicate that the higher the student's level of self-confidence, the more active they are in interacting with their peers. In addition, the reliability test shows that all questionnaire items have high internal consistency with a Cronbach's Alpha value of 0.861, which confirms the reliability of the measuring instrument. The conclusion of this research is that self-confidence plays an important role in increasing participation and the quality of social interactions in groups. Therefore, it is recommended to implement self-confidence development programs to support student involvement in group activities. Keywords: Self-confidence, Interaction in Groups, Vocational School Students
THE INFLUENCE OF THE SCHOOL ENVIRONMENT ON TEENAGE DELINQUENCY IN STUDENTS OF SMP N 1 BANJARMANGU
IHZA FAUZI, PRAYOGA
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.980
The Influence of the School Environment on Juvenile Delinquency in Students at SMP Negeri 1 Banjarmangu. Guidance and counseling. Faculty of Education. PGRI University Semarang. 2024. The background to this research is that there is still juvenile delinquency among Banjarmangu State Middle School students. The aim of this research is to determine the influence of the school environment on juvenile delinquency among students at SMP Negeri 1 Banjarmangu. The population in this study was class VII students at SMP N Banjarmangu. This type of research is correlation research. The sample in the research consisted of 30 students. Retrieval of data using a scale. The data analysis technique uses rxy product moment. The research results showed that there was a positive and significant influence between the school environment and juvenile delinquency in class VII SMP N 1 Mangunharjo. This result is proven by the product moment correlation test, obtaining a calculated correlation value of 0.3768. Meanwhile, the rtable for the sample size is 30 with a significance level of 5%, which is 0.361. Therefore, rcount ˃ rtable. So it can be said that "there is an influence between the school environment and juvenile delinquency in class VII SMP N 1 Banjarmangu". Suggestions that can be conveyed should be that as a guidance and counseling teacher, in implementing student delinquency prevention, there needs to be a different method or technique for dealing with it.
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA di SMP KHZ MUSTHAFA
suci khoerunisa;
FEIDA NOORLAILA ISTI'ADAH;
MUHAMMAD MUHAJIRIN
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.1547
Dukungan sosial memainkan peran penting dalam membentuk kesejahteraan psikologis remaja, terutama pada fase perkembangan yang penuh tantangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMP KHZ Musthafa Sukamanah. Populasi dalam penelitian ini remaja di SMP KHZ Musthafa Sukamanah yang berjumlah 133 remaja. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengukur Tingkat dukungan sosial yaitu skala dukungan sosial yang dikembangkan oleh Wida Austin hidayah (2021) berdasarkan pada teori sarafino dan smith (2011:81), sedangkan instrumen kesejahteraan psikologis menggunakan instrument yang dikembangkan oleh Firdausya Rahmatika (2024) berdasarkan teori Ryff (1998). Diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 0,012<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis. Dimana dukungan sosial memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 0,047 atau setara 4,7%. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat dukungan sosial maka semakin tinggi juga tingkat kesejahteraan psikologis pada remaja. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah Tingkat dukungan sosial yang dimiliki remaja maka semakin rendah juga kesejahteraan psikologis yang dimilikinya.
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI KELAS 7 DI SMPN 1O TASIKMALAYA
Azahra, Nabila
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.1549
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri siswa kelas 7 di SMPN 10 Tasikmalaya. Latar belakang permasalahan ini muncul seiring dengan tantangan yang dihadapi remaja dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan interaksi sosial yang baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah siswa kelas 7 di SMPN 10 Tasikmalaya dan sampel berjumlah 177 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mengukur tingkat Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Dirikarena nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0.000 dimana lebih kecil dari 0.01, di mana nilai koefisiensi korelasi sebesar 0.402 dengan menggunakan uji non parametrik Spearman Rho. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri, dengan tingkat hubungan yang berada pada kategori cukup sesuai dengan rentang 0,40–0,599 dalam kriteria kekuatan korelasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin besar Dukungan Sosial yang diterima, semakin baik kemampuan seseorang dalam melakukan Penyesuaian Diri. Kata kunci: Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri, Siswa Baru
Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Padaherang
-, Aida Yasa Amalda
Jurnal Psikoedukasia Vol. 2 No. 3 (2025): Psikoedukasia
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/psikoedukasia.v2i3.1611
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Padaherang. Data diperoleh melalui kuesioner prokrastinasi akademik dan leger nilai hasil belajar siswa, kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 22. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat prokrastinasi akademik yaitu skala prokrastinasi akademik yang dikembangkan oleh Wahyu Fitriana (2024) berdasarkan teori Ghufron (2012 ). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padaherang yang berjumlah 163 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (74%) berada pada kategori rendah dalam prokrastinasi akademik, yang mencerminkan kemampuan manajemen waktu yang baik. Sebaliknya, hasil belajar sebagian besar siswa (64%) berada pada kategori sedang. Uji regresi linier sederhana mengungkapkan adanya pengaruh negatif signifikan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar. Dimana nilai korelasi (R) sebesar 0,366 dan kontribusi pengaruh sebesar 13,4% (R² = 0,134). Hal ini menunjukkan bahwa meskipun prokrastinasi bukan faktor utama akademik, perilaku ini tetap memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian akademik siswa.