cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2020): September-November" : 8 Documents clear
Analisis pelatihan online teknis big data menggunakan data logger Moodle Kasmanto, Rony
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i2.29419

Abstract

AbstrakHasil pengamatan perilaku yang dilakukan pada peserta pelatihan daring dapat dijadikan bahan evaluasi untuk penyelenggaraan pelatihan pada masa yang akan datang menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku peserta, pengajar dan panita dalam proses pembelajaran dengan keseluruhan daring. Pendekatan penelitian adalah statistik deskriptif dengan menggunakan data logs report pada Learning Management System (LMS) Pusdiklat BMKG. Objek penelitian adalah 50 peserta pelatihan teknis big data yang berasal dari unit pelaksana teknis di BMKG, 13 pengajar dan 2 panitia. Pelatihan diselenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG pada 28 Oktober sampai dengan 9 Desember 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pelaku pelatihan memiliki aktivitas yang signifikan hanya pada momen-momen tertentu. Sistem LMS mencatat beberapa kejadian: 1) terjadi peningkatan aktivitas peserta, ketika mendekati tenggang waktu pengumpulan semua tugas yaitu pada hari senin dan pada saat pelaksanaan post-test; 2) terjadi peningkatan aktivitas pengajar ketika mendapat peringatan dari panitia untuk pemberian grading terhadap semua tugas-tugas yang dikumpulkan peserta; 3) terjadi peningkatan aktivitas panitia pada saat agenda pembelajaran dimulai dan ketika pelaksanakan post-test. Analysis of big data technical online training using Moodle logger dataThe results of behavioral observations conducted on online trainees can be used as evaluation material for the implementation of future training to be more optimal. This research aims to find out the behavior of participants, teachers, and organizers in the process of full online learning. The research approach is statistically descriptive by using data logs report on Learning Management System (LMS) Pusdiklat BMKG. The research object was 50 big data technical trainees from the technical implementation unit at BMKG, 13 teachers and 2 committees. The training was held at BMKG Education and Training Center from October 28 to December 9, 2019. The results showed that the behavior of trainees had significant activity only at certain moments. The LMS system records several events: 1) there is an increase in participant activity, when approaching the grace period of all tasks that is on Monday and during post-test implementation; 2) there is an increase in teacher activity when it is alerted by the committee to grading all the tasks collected by participants; 3) there is an increase in committee activity at the time the learning agenda begins and when the implementation of post-test.
Integrasi program SPARK dalam pendidikan jasmani terhadap peningkatan health-related fitness siswa Setiawan, Heri; Rahayu, Nur Indri; Juliantine, Tite
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i2.28979

Abstract

AbstrakProgram SPARK sebagai salah satu program pelatihan substansial masih jarang diintegrasikan pada pembelajaran jasmani di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh integrasi program SPARK dalam pendidikan jasmani terhadap peningkatan health-related fitness serta menguji perbandingan antara pendidikan jasmani terintegrasi program SPARK dengan pendidikan jasmani tanpa program SPARK terhadap peningkatan health-related fitness siswa. Metode penelitian ini menggunakan matching only-pretest-postest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 48 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Intact Group. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah FITNESSGRAM. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh program SPARK dalam pendidikan jasmani terhadap peningkatan health-related fitness siswa dan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberikan treatment program SPARK yang terintegrasi dalam pendidikan jamani dibandingkan siswa yang diberikan pendidikan jasmani tanpa program SPARK terhadap peningkatkan health-related fitness. Program SPARK dalam pendidikan jasmani merupakan wahana ideal untuk meningkatkan health-related fitness siswa yang dikemas secara sistematis dan terstruktur. Integration of the SPARK program in physical education towards the improvement of student health-related fitnessSPARK program as one of the substantial training programs is still rarely integrated into physical learning in schools. The purpose of this study was to examine the effect of the integration of the SPARK program in physical education on improving health-related fitness and to examine the comparison between the integrated physical education of the SPARK program and conventional physical education on improving student health related fitness. This research method uses Pretest-Posttest Control Group Design. The sample of this research was 48 students in grade VII, taking samples using the Intact Group technique. The instrument used in this study was Fitnessgram. The results showed that. There is an effect of the SPARK program in physical education on improving students' health-related fitness. There is a significant difference between students who are given SPARK treatment programs that are integrated in physical education compared to students who are given conventional physical education to improve health related fitness. SPARK program in physical education is an ideal method to improve the health-related fitness of students that is systematically prepared.
Analisis sikap toleransi belajar IPA siswa sekolah menengah pertama Sari, Rizki Intan
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakUpaya pendidikan karakter dalam mengembangkan nilai toleransi dan peduli sosial harus dilakukan dalam berbagai aktivitas dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap toleransi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa sekolah menengah pertama. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian statistik deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket yang menggunakan skala Likert. Responden berjumlah 61 orang. Sikap toleran pada siswa diukur menggunakan 25 butir pertanyaan. Masing-masing pernyataan diberi skor 1-4, sehingga rentang skor adalah 18,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelas VII B sebanyak 31 responden, diperoleh skor tertinggi adalah 95, dan skor terendah adalah 69, diperoleh rata-rata (mean) yaitu 81.61. Penggunaan variabel kelas VII F sebanyak 30 responden, diperoleh skor tertinggi yaitu 96, dan skor terendah yaitu 56 dengan rata-rata (mean) yaitu 84.16. Siswa memiliki sikap toleransi yang baik selama proses pembelajaran IPA di kelas, terbukti dengan para siswa dapat menghargai perbedaan yang terjadi di antara setiap individu. Analysis of the tolerance attitudes of junior high school studentsCharacter education efforts in developing the value of tolerance and social care must be made in various activities and environments. This research aims to describe tolerance in Natural Science learning for junior high school students. The research approach is quantitative with descriptive statistical research methods. Sampling techniques use total sampling. Data collection techniques with polls using the Likert scale. Respondents numbered 61 people. Tolerant attitudes in students were measured using 25 questions. Each statement is rated 1-4, so the score range is 18.75. The results showed that the class VII B variable of 31 respondents, obtained the highest score was 95, and the lowest score was 69, obtained on average (mean) which is 81.61. The use of class VII F variables as many as 30 respondents, obtained the highest score of 96, and the lowest score was 56 with an average (mean) of 84.16. Students have a good tolerance during the IPA learning process in the classroom, proven by students being able to appreciate the differences that occur between each individual
Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa Astuti, Budi; Pratama, Anggi Idwar
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i2.33757

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan keterampilan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini ialah siswa SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta kelas VII A, VII B, VII C, VIID, VII E, VII F dan VII G. Penelitian ini melibatkan seluruh populasi siswa kelas VII dengan jumlah 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dan skala keterampilan komunikasi yang diadaptasi. Realibilitas skala efikasi diri 0,91 dan realibillitas skala keterampilan komunikasi 0,89. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa. Hasil korelasi diperoleh 0.208 yang berada pada koefesien korelasi antara 0.20-0.399 termasuk memiliki tingkat hubungan rendah. Masih ada faktor-faktor lain yang memiliki hubungan dengan keterampilan komunikasi. Tingkat efikasi diri siswa termasuk dalam kategori sedang sebanyak 94 siswa (76%). Tingkat keterampilan komunikasi siswa termasuk dalam kategori sedang sebanyak 82 siswa (66%). Hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru bimbingan dan konseling untuk memberikan intervensi-intervensi yang tepat agar keterampilan komunikasi siswa dapat meningkat dengan efikasi diri yang memadai. The relationship between self-efficacy and student communication skillsThis study aimed to determine the relationship between self-efficacy and student communication skills. The research method used is a quantitative approach to the type of correlational research. The population in this study were students of Al Azhar 26 Yogyakarta Islamic Middle School class VII A, VII B, VII C, VIID, VII E, VII F and VII G. This study involved the entire population of grade VII students with a total of 124 students. Data collection techniques using self-efficacy scales and communication skills scales were adapted. The reliability of the self-efficacy scale was 0.91 and the reliability of the communication skills scale was 0.89. The results showed that there was a positive and significant relationship between self-efficacy and student communication skills. The correlation results obtained 0.208 which is at the correlation coefficient between 0.20-0.399 at the low level of relationship. There are still other factors that have a relationship with communication skills. The level of student self-efficacy is included in the moderate category of 94 students (76%). The level of student communication skills is included in the moderate category of 82 students (66%). The results of this study have implications for teacher guidance and counseling to provide appropriate interventions so that students' communication skills can be improved with adequate self-efficacy.
Validasi School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia Rahman, Diniy Hidayatur
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i2.32579

Abstract

Burnout akademik merupakan sebuah kondisi yang dapat berdampak negatif pada para pelajar, baik secara akademik, pribadi, maupun sosial. Pencegahan terhadap dampak lanjutan yang tidak diinginkan melalui sebuah identifikasi dini. School Burnout Inventory merupakan salah satu instrumen berbahasa Inggris yang efektif untuk melakukan identifikasi dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia dalam konteks program sarjana, serta menguji jumlah faktor yang membentuknya. Proses adaptasi School Burnout Inventory dilakukan dengan menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia dan menyesuaikannya dengan konteks pendidikan di perguruan tinggi. Uji kesahihan terjemahan oleh ahli bahasa dan pakar dalam bidang burnout. Instrumen yang telah diadaptasi, disebarkan kepada 542 mahasiswa program sarjana (126 laki-laki dan 416 perempuan), yang dipilih secara acak secara online dan offline. Analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori dan alpha Cronbach. Hasil analisis menunjukkan bahwa School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia, sebagai keseluruhan instrumen maupun sebagai item per item, telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang ditetapkan. Hasil pemfaktoran juga menunjukkan bahwa inventori ini dibentuk oleh dua faktor, di mana Item 1, 3, 4, 7, dan 9 terbentuk dari faktor 1 (kelelahan emosional) dan item 2, 5, 6, dan 8 terbentuk dari faktor 2 (sinisme). Dengan demikian, hasil tersebut mengeliminasi faktor 3 (penurunan pencapaian personal) yang tidak memiliki dukungan empiris yang memadai. The validation of School Burnout Inventory-Indonesian versionAcademic burnout can have negative effects on students both academically, personally, and socially. Therefore, early identification of this type of burnout is necessary to prevent further undesirable effects. The School Burnout Inventory is one of the English-language assessment tools to identify the academic burnout of students. The research aims to test the validity and reliability of the Indonesian version of the inventory in the context of the undergraduate program and to investigate its factor structure. The inventory adaptation process is carried out by translating it into Bahasa Indonesia and replacing certain technical terms with other terms that are better suited to the undergraduate context. The translation was evaluated for validity by asking for the judgment of a linguist and a burnout expert. The adapted instrument was then distributed online and offline to research subjects.  A  total of 542 undergraduate students (126 males     and 416 females) were selected at random to participate in the study. Exploratory factor analysis and Cronbach's alpha were used to analyze the research data. The results showed that the School Burnout Inventory, as a whole inventory or as items, is valid and reliable. It was also found that the School Burnout Inventory comprises two factors, which items 1, 3, 4, 7, and 9 are derived from factor 1 (emotional exhaustion), while items 2, 5, 6, and 8 are from factor 2 (cynism). The results further suggest that factor 3 (personal inadequacy) needs to be excluded due to a lack of empirical evidence.
Pengaruh program motor cognitive coordination training terhadap gross motor skill dan working memory dalam pendidikan jasmani Setiawan, Lili; Hendrayana, Yudy; Mahendra, Agus
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i2.29279

Abstract

AbstrakMotor cognitive coordination training merupakan sebuah konsep latihan multimodel yang mengkombinasikan aktivitas fisik dengan stimulasi kognitif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motor cognitive coordination training terhadap gross motor skill dan working memory dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Leles I (kelompok control) dan SD Negeri Leles III (kelompok treatment) yang terlibat aktif dalam aktivitas pembelajaran akademis pada anak usia 9-10 tahun. Metode yang digunakan dalam penelatian ini adalah the matching only-pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan yaitu test gross motor development (TGMD-3) untuk mengukur 13 keterampilan motorik mendasar, dibagi lagi menjadi dua sub-skala yaitu Keterampilan Lokomotor dan Object Control. Sedangkan Digit Span Test untuk mengukur daya ingat (working memory). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh motor cognitive coordination training dalam program aktivitas pendidikan jasmani lebih baik dibandingkan program aktivitas pendidikan jasmani terhadap peningkatan gross motor skill dan working memory siswa di sekolah dasar. Penelitian ini mengungkapkan program gerak yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik anak, salah satunya dengan menerapkan program motor cognitive coordination training. The influence of motor cognitive coordination training program on gross motor skill and working memory of physical educationMotor cognitive coordination training is a multimodel exercise concept that combines physical activity with cognitive stimulation. The purpose of this study is to find out whether there is an influence from the motor cognitive coordination training program on gross motor skill and working memory of physical education in elementary school. The sample in this study were students of Leles I Elementary School (control group) and Leles III Elementary School (treatment group) who were actively involved in academic learning activities in children aged 9-10 years. This research uses the matching only-pretest- posttest control group design as a method and uses of instrument like test gross motor development (TGMD-3) to measure 13 basic motor skills, subdivided into two subscales namely Locomotor Skills and Object Control. While Digit Span Test to measure memory (working memory). The results showed the effect of motor coordination on cognitive training in physical education activity programs is better than physical education activity programs against increasing gross motor skills and working memory of students in elementary school. This research explains the important of program which can increase cognitive and motoric skill of students, like apply motor cognitive coordination program.
Using technology for formative assessment in food preservation learning Yuliani, Nani; Sugiarti, Yatti -; Rahayu, Dwi Lestari
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i2.32555

Abstract

Abstract The research aims to determine the cognitive and affective aspects of learning outcomes on food preservation learning that applies formative assessment using Plickers app. The study used quasi experimental method with non equivalent control group design. The research sample consisted of 22 students as an experimental class and 22 students as a control class. Measurement of learning outcomes of cognitive aspects was based on the reults of the pretest and posttest. Measurement of learning outcomes for affective aspects was based on the results of assessment of indicators of visual, verbal, listening, drawing, writing, motor, mental, and emotional activity. The results showed that the experimental group that implemented formative assessment using the Plickers app had cognitive learning outcomes better than the control class. The average score of the N-Gain experiment class was 0.486 (in the medium category), while the control class was 0,266 (in the low category). The average results of the indicators assessment of affective aspects on the experiment class was in a very good category whereas the control class was in a good category. Applying formative assessments with the Plickers app not only provides assessments but also increases student learning activities and involvement in the learning process. Penilaian formatif menggunakan teknologi pada materi pengawetan bahan panganPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada aspek kognitif dan afektif siswa pada pembelajaran materi pengawetan bahan pangan yang menerapkan formative assessment menggunakan aplikasi Plickers. Penelitian menggunakan quasi experimental method dengan non equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Pengukuran hasil belajar aspek kognitif dilakukan berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Pengukuran hasil belajar aspek afektif didasarkan pada hasil penilaian indikator aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menggambar, menulis, motorik, mental, dan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menerapkan formative assessment menggunakan aplikasi Plickers memiliki hasil belajar pada aspek kognitif yang lebih baik dari kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0,486 (kategori sedang) sedangkan pada kelas kontrol adalah 0,266 (kategori rendah). Rata-rata penilaian indikator hasil belajar aspek afektif kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik sedangkan kelas kontrol berada pada kategori baik. Penerapan penilaian formatif dengan aplikasi selain memberikan penilaian juga meningkatkan aktivitas belajar dan keterlibatan siswa.
The role of character education in learning during the COVID-19 pandemic Intania, Enika Vera; Sutama, Sutama
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2020): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i2.32979

Abstract

Abstract Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) has an impact on all aspects of life, including education. Face-to-face education must be transferred to online learning. In learning, both face-to-face and online, character education must always be instilled in students. Character education is an important thing that students must have in order to grow their character, so they can have good personalities In a pandemic such as now, character education is very necessary for students to continue to develop their potential, even though learning is carried out online. The purposes of this study are 1) Analyzing the role of character education in learning; 2) Describing the role of character education in learning in the pandemic era of COVID-19. This type of research is a reference research. The object of this research is the role of character education in learning in the COVID-19 pandemic era. Data validity is done by Triangulation of Sources and Triangulation of Extension. In this study, data analysis techniques used constant comparison. The results of the study are twofold, 1) Character education in learning has a role for students to foster good character that can be realized in their social life; 2) In the pandemic era COVID-19 character education can play a role so that students independently want to learn material and develop an attitude of responsibility towards the tasks given by the teacher in online learning. Peran pendidikan karakter dalam pembelajaran selama pandemi COVID-19Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak pada semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan tatap muka harus dialihkan ke pembelajaran online. Dalam belajar, baik tatap muka maupun online, pendidikan karakter harus selalu ditanamkan pada siswa. Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus dilakukan siswa agar dapat menumbuhkan karakternya, sehingga mereka dapat memiliki kepribadian yang baik Di masa pandemi seperti sekarang, pendidikan karakter sangat diperlukan bagi siswa untuk terus mengembangkan potensinya, meskipun pembelajaran dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Menganalisa peran pendidikan karakter dalam pembelajaran; 2) Menggambarkan peran pendidikan karakter dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian referensi. Objek penelitian ini adalah peran pendidikan karakter dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. Validitas data dilakukan dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Ekstensi. Dalam penelitian ini, teknik analisis data menggunakan perbandingan konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidikan karakter dalam pembelajaran memiliki peran bagi siswa untuk menumbuhkan karakter baik yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sosialnya; 2) Di era pandemic, pendidikan karakter COVID-19 dapat berperan penting sehingga siswa secara mandiri ingin belajar materi-materi dan mengembangkan sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 8