cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Industrial Engineering Online Journal
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
INDUSTRIAL ENGINEERING ONLINE JOURNAL adalah Karya Ilmiah S1 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang memuat tulisan ilmiah dan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah, analisis dan pemecahan permasalahan di Industri yang erat hubungannya dengan bidang Ilmu Teknik Industri.
Arjuna Subject : -
Articles 51 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016" : 51 Documents clear
PENENTUAN WAKTU BAKU UNTUK PRODUK SOLID DAN SEMI SOLID DI PT PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION Hermanda, Inggriet; Puspitasari, Diana
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.046 KB)

Abstract

PT. Paragon Technology and Innovation merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik, dimana perusahaan ini mempunyai masalah dalam mensinkronkan antara performansi pekerja dengan target yang ingin dicapai. Sebagian besar target tidak tercapai setiap harinya, baik itu untuk shift pagi maupun shift malam. Masalah seperti ini terjadi pada produk jenis solid dan semi solid, dimana produk – produk ini memiliki target produksi. Dalam mengatasi permasalahan ini PT. Paragon Technology and Innovation melakukan penentuan waktu standart (standard time). Terdapat beberapa tahap untuk mendapatkan standard time. Sebelum mendapatkan standard time ditentukan dulu cycle time dari tiap-tiap proses, namun sebelum itu ditentukan dulu urutan proses – proses yang dilalui. Setelah didapatkan data tersebut diuji kelayakan yang terdiri dari uji kecukupan data, uji keseragaman data, dan uji normalitas. Setelah semua data tersebut dinyatakan lolos uji, barulah semua data tersebut disebut sebagai waktu siklus. Setelah didapatkan waktu siklus, dengan menambahkan unsur performance rating didapatkanlah waktu normal. Setelah itu, waktu normal ditambahkan dengan allowance, setelah itu didapatkan standard time. Dalam penelitian ini terdapat lima jenis produk yang akan diteliti dan didapatkan waktu bakunya yaitu produk lipstick long lasting adalah 200,052 detik, lipstick ekslusif  163,652 detik, lipgloss 175,003 detik, Refill TWC light feel 132,654 detik, dan Luminious Face Powder 139,991 detik.  Abstract [Title: Determination Of Standard Time For Solid and Semi Solid Product At Paragon Technology and Innovation] PT . Paragon Technology and Innovation is a company engaged in the field of cosmetics, which the company has a problem in synchronizing between worker performance targets to be achieved. Most of the targets were not achieved every day, whether it's for the morning shift and evening shift. Problems like this occur on the product type of solid and semi- solid, where the product - this product has a target production. In addressing these issues PT. Paragon Technology and Innovation determined the standard time. There are several stages to get standard time. Before getting standard time is determined first cycle time of each process, but before the first defined sequence of processes - the process through. Having obtained the data is assessed feasibility consisting of test the adequacy of the data, the data uniformity test, and test for normality. Once all the data is passed the test, then all the data is referred to as cycle time. Having obtained the cycle time, with the added element’s result normal time performance rating. After that, the normal time is added to the allowance, after it obtained standard time. In this study there are five types of products which: long lasting lipstick products  200.052 seconds, exclusive lipstick  163.652 seconds, lipgloss 175.003 seconds , Refill TWC light feel 132.654 seconds, and luminious Face Powder 139.991 seconds.
ANALISA FASILITAS DAN MERANCANG TATA LETAK FASILITAS YANG BAIK PADA CV.SAMPURNA BOGA MAKMUR Agsanigita Nindy Sukmawara; Hery Suliantoro
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.354 KB)

Abstract

Suatu perusahaan yang baik tentunya tercermin dari kegiatan industri dalam perusahaan yang baik pula. Agar kegiatan perindustrian dalam perusahaan baik maka perlu dilakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan yang paling utama dalam membangun perusahaan adalah perencanaan tempat kerja atau workplace.           CV.Sampurna Boga makmur merupakan perusahaan yang bergerak dengan sistem make to order, sehingga perusahaan selalu dituntut untuk melakukan peningkatan produktivitas secara total. Proses produksi yang berjalan pada kegiatan pembuatan minuman serbuk dan berbagai jenis jelly lainnya merupakan kegiatan utama yang dilakukan perusahaan ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan.          Kualitas dari suatu produk dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah tata letak fasilitas. Tata letak fasilitas yang baik akan membawa dampak yang baik juga untuk kelancaran proses produksi. Produksi yang berjalan dengan baik akan menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan tetap baik.          Fasilitas produksi yang ada pada CV sampurna Boga Makmur sudah sangat baik dan lengkap namun tata letaknya masih kurang baik, sehingga lahan seluas lebih kurang 283,788 m2yang ada dapat dimanfaatkan dengan optimal. Dan dengan melihat faktor lingkungan yang ada, perusahaan akan dapat meningkatkan serta memperbaiki kinerja dan kenyamanan.  Abstract          Analisa Fasilitas dan Merancang Tata Letak Fasilitas Yang Baik pada Cv.Sampurna Boga Makmur. A good company is certainly reflected in the company's industrial activities are good also. So that industrial activities in good company it is necessary to plan in advance. Planning the most important in establishing the company is planning the workplace or workplace.          CV.Sampurna Boga Makmur prosperous is a company engaged with sistem make to order, so companies are always required to increase productivity in total. The production process running on the activity of making beverage powders and various other types of jelly is the main activity of the company is. Therefore, it is very important for companies to maintain the quality of products produced.The quality of a product is influenced by many factors, one of which is the layout of the facility. The layout of the             facilities are good and bring a good impact as well for a smooth production process. Production that goes well will maintain the quality of the products remains good.          The existing production facilities in CV  sampurna Boga  Makmur is very good and complete, but its layout is still not good, so that an area of approximately 283.788 m2 there can be utilized optimally. And to see that there are environmental factors, the company will be able to enhance and improve the performance and comfort.
APLIKASI SIX SIGMA DMAIC DAN KAIZEN SEBAGAI METODE PENGENDALIAN DAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK PT. SARANDI KARYA NUGRAHA Bramasta Raga Siwi; Susatyo Nugroho W. P
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.409 KB)

Abstract

PT. Sarandi Karya Nugraha adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan dengan hasil produksi berupa peralatan dan furniture rumah sakit yaitu emergency trolley. Dalam menghasilkan produksinya rata-rata per bulan terdapat produk cacat sebesar 12,84%. Maka dari itu penelitian ini digunakan untuk mengetahui kemampuan proses berdasarkan produk cacat yang ada dengan metode DMAIC dan pendekatan six sigma yang kemudian dilakukan pengendalian dengan menganalisis penyebab kecacatan menggunakan Seven Tools serta mengupayakan perbaikan berkesinambungan dengan alat implementasi kaizen berupa Kaizen Five-Step Plan, 5W dan 1H, dan Five-M Checklist. Setelah dilakukan pengolahan data didapat nilai DPMO sebesar 29.043,41 yang dapat diartikan bahwa dari satu juta kesmpatan akan terdapat 29.043,41 kemungkinan produk yang dihasilkan mengalami kecacatan. Perusahaan berada pada tingkat 3,39-sigma dengan CTQ (Critical To Quality) yang paling banyak menimbulkan cacat yaitu cat kasar sebesar 46,5% dari total cacat 7490. Dari hasil analisis berdasarkan alat-alat implementasi kaizen maka kebijakan utama yang harus dijalankan oleh pihak perusahaan yaitu pengawasan atau kontrol yang lebih ketat di segala bidang.  Abstract APPLICATION OF SIX SIGMA DMAIC AND KAIZEN AS A CONTROL METHOD AND QUALITY IMPROVEMENT PRODUCTS at PT. Sarandi Karya Nugraha. PT. Sarandi Karya Nugraha is a company that engaged in health equipment and produce a hospital furniture, such as emergency trolley. In producing an average production per month, the defective product was 12.84%. This research is used to determine the ability of the process based on product defects that exist with the approach of six sigma then be controlled by analyzing the causes of disability using the Seven Tools and seeking continuous improvement by implementing Kaizen Five-Step Plan, 5W and 1H, and the Five-M checklist. After processing the data, obtained DPMO value of 29043.41 which means that from one million opportunity there will be the possibility of disability product produced as much as 29043.41. The Company is at 3.39-sigma level with CTQ (Critical To Quality) most coarse cause paint defects that 46.5% of the total disability 7490. From the analysis by means of the implementation of kaizen, the main policies that should be run by the companies that tighten controls in all areas. 
ANALISIS KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) Studi Kasus : Automotive Workshop Semarang Projo Mukti Rifai; Sriyanto Sriyanto
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.371 KB)

Abstract

Bengkel Automotive Workshop adalah unit usaha yang bergerak dalam bidang reparasi, pengecatan dan perawatan kendaraan. Bengkel ini melayani jasa body repair, custom paint modification, colour matching service dan detailing mobil. Pekerjaan yang dilakukan di bengkel sering kali menimbulkan kecelakaan kerja bagi montir yang bekerja. Selama 3 tahun terakhir tercatat kecelakaan kerja di bengkel Automotive Workshop diataranya seperti luka, tangan terpalu, kaki terpeleset, iritasi akibat buangan las, tersetrum dll. Untuk menyikapi permasalahan yang terjadi di bengkel Automotive Workshop tersebut,peneliti melakukan analisis kecelakaan kerja dengan metode Failuere Mode and Effect Analysis (FMEA). Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi potensi bahaya yang dapat terjadi, mengevaluasi pengaruh dari bahaya, serta membangun tindakan perbaikan yang bisa diambil untuk mencegah atau mengurangi peluang terjadinya kecelakaan kerja yang akan terjadi. Metode FMEA akan membantu mengidentifikasi sumber-sumber dan akar penyebab dari suatu masalah dan kemudian dapat diketahui penyebab mana yang menjadi prioritas dan kemudian akan dilakukan perbaikan guna meningkatkan efektifitas proses produksi. Nilai RPN tertinggi yaitu sebesar 25 diperoleh jenis kecelakaan kerja diantaranya yaitu tangan terkena penggaris besi siku, kepala  terkena spon,iritasi mata akibat gas buang las dan tangan tersetrum.   Abstract Automotive Workshop is a business unit that specializes in repair, painting and maintenance of vehicles. This workshop services  body repair, modification custom paint, color matching service and car detailing. Work done in the workshop often caused accidents for the mechanics. Over last 3 years the  accidents recorded in the Automotive Workshop like a wound, hammered hand, slipped  foot, irritation from welding exhaust, electric shock etc. To response the issues at the Automotive Workshop, the researcher do analyze the work accident using Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). The purpose of this study is to predict the potential dangers that can occur, evaluate the impact of hazards, and establish corrective actions that can be taken to prevent or reduce the chances of accidents would happened. FMEA method will help identify sources and root causes of a problem and then it can be seen which of these causes is a priority and then it will be improved in order to increase the effectiveness of the production process. The highest RPN number is 25 obtained the type of work accidents among which are hands exposed  stainless ruler bracket, head exposed sponge, eye irritation due to flue gas welding and hand electrocuted
ANALISIS RISIKO OPERASIONAL BERDASARKAN PENDEKATAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA PERUSAHAAN PEMBUATAN KARDUS DI CV MITRA DUNIA PALLETINDO Normaria Mustiana Sirait; Aries Susanty
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.286 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko – risiko yang mungkin dalam perusahaan kemudian membuat matriks risiko untuk mengetahui risiko yang terparah untuk dijadikan prioritas dalam pengendalian. Penelitian ini dilakukan pada CV Mitra Dunia Palletindo dengan menggunakan pendekatan Enterprise Management Risk. (ERM) dengan memfokuskan pada risiko operasional perusahaan. Dari identifikasi risiko yang dilakukan, temuan dari penelitian menunjukan bahwa terdapat 32 risiko operasional yang mungkin terjadi dalam perusahaan. Risiko tersebut berasal dari adanya risiko sumber daya manusia, produktivitas, pengadaan bahan baku, pergudangan, risiko sistem, delivery, lingkungan, reputasi dan risiko penanganan limbah. Perhitungan penilaian setiap risiko didasarkan pada tingkat keparahannya dan tingkat peluang terjadinya. Dari perhitungan yang dilakukan dalam penelitian, dapat diketahui bahwa risiko yang perlu diprioritaskan untuk dikendalikan adalah mengenai penumpukkan buffer stock yang ada di gudang, ketidaksesuaian jumlah barang datang dan barang pesanan dari supplier dan penanganan kapasitas gudang.   Abstract [Title: Operational Risk Analysis Approach Based on Enterprise Risk Management (ERM) At the Company Manufacturing Cartons CV Mitra Dunia Palletindo] The objective of this study is to identify possible risks that may happen in a company, then creates a risk matrix so that we are able to determine the most severe risk to be the priority in managing the risk. This study was conducted at CV Mitra Dunia Palletindo, which uses the ERM (Enterprise Risk Management) approach, focusing on operational risk. From the risk identification, there are 32 findings referring to the operational matters, that could potentially harm the company. These risks are found in the scope of human resource, productivity, procurement, warehousing, system, delivery, environment, reputation, and waste handling. Calculation of any risk assessment is based on the severity and the level of chance occurrence. From calculations carried out in the research, it is known the risks that has to be prioritized and to be controlled later are buffer stock storage system inside the warehouse, mismatch between ordered amount and delivered amount from supplier, and warehouse capacity handling.
Pengukuran Kinerja Pengadaan Barang/Jasa dengan Menggunakan Indonesia Procurement Maturity Model di Unit Layanan Pengadaan Universitas Diponegoro Ilahiyyah, Eka Nurul; Pujotomo, Darminto; Sriyanto, Sriyanto
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.725 KB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengukuran kinerja pengadaan barang/jasa dengan menggunakan Indonesia Procurement Maturity Model di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Universitas Diponegoro (Undip). Universitas Diponegoro adalah salah satu institusi dibawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang salah satu kegiatannya melakukan pengadaan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan kampus. Pengadaan barang/jasa yang efektif dan efisien sangat diperlukan untuk kelancaran pelayanan pendidikan yang diberikan oleh Undip. Oleh karena itu, diperlukan pengukuran kinerja dari proses pengadaan yang terjadi dengan mengukur tingkat kematangan ULP Universitas Diponegoro. Indonesia Procurement Maturity Model (IPM2) adalah salah satu instrumen pengukuran tingkat kematangan yang ditetapkan oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah) melalui bidang pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia sebagai langkah pendampingan kepada ULP untuk melakukan penilaian diri terhadap tingkat kematangannya. Setelah dilakukan pengukuran tingkat kematangan maka dapat dilihat di variabel mana yang kira-kira dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja. Metode untuk pemilihan rekomendasi yang digunakan adalah metode Delphi.  Abstract The title of this research is measuring the procurement performance using Indonesia Procurement Maturity Model at Unit Layanan Pengadaan (ULP) Universitas Diponegoro (Undip). Diponegoro University is the one of institutions under the Ministry of research technology and education that has the activities named procurement to fulfill the needs of existing facilities and infrastructure in campus environment. Procurement of goods / services should be effective and efficient for the education services provided by Undip. Therefore, the measurement of procurement process performance required by measuring the maturity level ULP Diponegoro University. Indonesia Procurement Maturity Model (IPM2) is one of the instruments measuring the maturity level set by LKPP (Institute for Government Procurement Policy Services) through the fields of development and human resource development as a step assistance to the ULP to self-assessment of the level of maturity. After measuring the maturity level it can be seen in which Variabelts can be roughly enhanced to improve performance. The method for the selection of recommendation used is the Delphi method.
PENDEKATAN MULTI ATTRIBUTES DECISION MAKING DENGAN METODE TOPSIS DALAM PEMILIHAN LOKASI PERAKITAN Studi Kasus PT. Hartono Istana Teknologi Riri Indah Lestari; Sriyanto Sriyanto
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.566 KB)

Abstract

PT. Hartono Istana Teknologi berencana akan memindahkan lokasi sub assembly atau lokasi perakitan untuk komponen kulkas, namun lokasi tersebut belum ditentukan. Perusahaan ini memiliki tiga pilihan alternatif lokasi untuk dijadikan lokasi perakitan yang baru. Metode pendukung pengambilan keputusan sangat bermanfaat jika di aplikasikan dalam perusahaan ini untuk menentukan alternatif terbaik dari ketiga alternative tersebut. Terdapat beberapa metode pengambilan keptusan yang dapat digunakan, salah satu nya adalah dengan Multi Attributes Decision Making (MADM) dengan mengunakan metode TOPSIS. Metode TOPSIS digunakan karena memiliki konsep yang sederhana, mudah dipahami, memiliki komputasi yang efisien dan mempunyai kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana, dimana pada permasalahan ini, perusahaan harus memilih salah satu dari tiga alternatif dengan memperhitungkan beberapa kriteria atau atribut yang telah ditentukan. Hasil akhir dari MADM metode TOPSIS ini ditentukan berdasarkan dari nilai preferensi tertinggi diperhitungan akhir, dimana pada kasus ini, alternatif terpilih adalah pada alternatif pertama, dengan nilai preferensi sebesar 0,586.  Abstract The titled of this research is Multi Attributes Decision Making with Using TOPSIS Method for Assembly Site Selection at PT Hartono Istana Teknologi. PT. Hartono Istana Teknologi will move the sub-assembly or assembly location for the components of the refrigerator, but the location has not been determined. Company has a three alternatif locations to be used as the location of the new assembly. Decision support method is very useful if applied in this company to determine the best alternatif of several alternatifs. There are several methods of making keptusan that can be used, one of them is with Multi Attributess Decision Making (MADM) by using TOPSIS method. This is because the TOPSIS method has a simple concept, easy to understand, have efficient computing with the ability to measure the relative performance of alternatifs decision in the form of mathematically simple, which in this problem, companies must choose one of three alternatifs with taking into account several criteria or the attributes that has ditentukant. The end result of this is seen MADM TOPSIS method and determined based on the value of the highest preference reckoned end, which in this case, the selected alternatif is the first alternatif, with a preference value of 0.586 
PERBAIKAN TATA KELOLA WAREHOUSE PT MUSTIKA RATU SEMARANG DENGAN KONSEP 5S + PENGAPLIKASIAN RAK BARANG Mochammad Sidiq Saifuddin Prasetyo; Sriyanto Sriyanto
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1143.103 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah sistem manajemen gudang PT Mustika Ratu Semarang, menghitung volume gudang yang diperlukan untuk menyimpan produk, menghitung dimensi rak beserta jumlah yang diperlukan, dan merancang tata letak gudang yang efektif dan efisien. Data primer didapat melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder melalui manajemen gudang PT Mustika Ratu Semarang. Penelitian ini menggunakan metode 5S untuk mengatur tata letak gudang yang diintegrasikan dengan penggunaan rak barang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak yang direkomendasikan memiliki utilitas mendekati 100% dibanding tata letak awal yang hanya 48,97%, serta diperlukan rak barang berdimensi panjang 3 meter; lebar 0,5 meter; dengan 4 buah kolom yang masing – masing tingginya 0,45 meter. Jumlah rak yang diperlukan adalah 111 unit.   AbstractREDESIGN OF PT MUSTIKA RATU SEMARANG’S WAREHOUSE USING 5S CONCEPT AND GOODS RACK – The goal of this research if to identify and analyze the problem of warehouse management in PT Mustika Ratu Semarang, calculate the needs of warehouse volume to store the goods, calculate the rack dimension include the amount of the needs, and arrange the effective and efficient layout. The primary data came from interview and observation, while the secondary data came from PT Mustika Ratu Semarang’s warehouse manager. The research uses 5S methods to create a layout arrangement which would be integrated with rack usage. Research result shows that recommended layout has an utillity at almost 100% or much higher than current state with 48,97%, also it needed goods rack with dimension of 3 meters length; 0,5 meters of width; with 4 columns each 0,45 meters talls. The warehouse also needed 111 units of rack.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RESTORAN CEPAT SAJI DENGAN METODE SERVQUAL (SERVICE QUALITY) DAN IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) (Studi Kasus Restoran Olive Fried Chicken) Ariani Putri Winanda; Sriyanto Sriyanto
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.949 KB)

Abstract

Persaingan usaha restoran cepat saji di Indonesia yang semakin ketat menuntut setiap pelaku usaha termasuk Olive Fried Chicken untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai gap dari persepsi dan ekspektasi pelanggan Olive Fried Chciken serta memberikan perbaikan dari atribut-atribut yang memiliki prioritas tertinggi. Pada penelitian ini digunakan metode SERVQUAL dengan lima dimensi pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Kemudian digunakan pula metode IPA (Importance Performance Analysis) untuk menentukan prioritas dari tiap atribut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga atribut yang berada di kuadran I yang memiliki prioritas perbaikan tertinggi, yaitu keberadaan jumlah kasir yang melayani dapat memadai jumlah pelanggan saat ramai (Tangible:9), kecepatan pelayanan oleh kasir, terutama jika pelanggan terlalu banyak (Responsiveness:16), dan ketersediaan tempat cuci tangan yang bersih dan fasilitas pendukung cuci tangan yang lengkap (Tangible:7).  Abstract The title of this paper is service quality analysis of fast food restaurant using SERVQUAL method and Importance Performance Analysis. Fast-food restaurant business competition in Indonesia increasingly stringent require every fast-food restaurant business including Olive Fried Chicken to continuously improve the quality of its service. The purpose of this study was to obtain the gap value of perception and expectation of Olive Fried Chicken customer, and provide improvement according to the attributes that have the highest priority. In this study, the method used is SERVQUAL with its five dimensions of service, that is tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This study used IPA (Importance Performance Analysis) methods to determine the priority of each service attribute. Results from the study showed that there are three attributes which are in quadrant I, which has highest priority to repair, i.e. the amount of the cashier who serve can be an adequate number of customers when crowded (Tangible: 9), the service speed of cashier, especially if it is peak time (Responsiveness : 16), and the availability of clean washstand and adequate hand washing support facilities (Tangible: 7).
EVALUASI BAHAYA KERJA MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL DALAM MEMPRODUKSI RAK ENGINE OVERHOUL PADA CV. MANSGROUP Riandi Fauzan; Nia Budi Puspitasari
Industrial Engineering Online Journal Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016
Publisher : Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.22 KB)

Abstract

CV. Mansgroup adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi sparepart motor . CV. Mansgroup berada di Jalan Pedurungan, Semarang. Perusahaan ini memiliki kondisi lantai produksi yang tidak terlalu besar yang kondisi peralatannya tidak tertata sehingga menimbulkan banyak risiko yang mungkin terjadi. Hal tersebut melatarbelakangi diadakannya sebuah penelitian tentang manajemen risiko untuk mengidentifikasi risiko apa saja yang mungkin terjadi serta pengendalian apa saja yang perlu dilakukan terhadap risiko yang ada di lantai produksi CV. Mansgroup. Penelitian manajemen risiko tersebut menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control) yang berfokus pada risiko dalam memproduksi Rak Engine Overhoul. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa terdapat 9 risiko yang mungkin terjadi. Dari 9 risiko yang ada, 5 risiko diantaranya termasuk ke dalam kategori Medium Risk, 3 risiko termasuk ke dalam Low Risk dan 1 risiko termasuk ke dalam High Risk. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa risiko terjadinya Muscoloskeletal merupakan risiko tertinggi dengan RPN sebesar 8 dan termasuk ke dalam kategori High Risk. Berdasarkan tiap risiko yang ada perlu dilakukan pengendalian risiko. Untuk risiko Muscoloskeletal, pengendalian yang harus dilakukan adalah mendesain ulang lantai produksi dengan menyediakan fasilitas meja dan kursi produksi untuk operator agar dapat mengurangi risiko Muscoloskeletal.   AbstractCV. Mansgroup is a manufacturing company that produces spare parts of motorcycle. CV. Mansgroup located at Pedurungan street, Semarang. The company has a production floor conditions that are not too big that the equipment condition is not disordered, causing many risks which may occur. It is the background of this research about risk management to identify any risks that may occur and the control that needs to be done to the existing risks in the CV. Mansgroup production floor. This risk management research using HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control) methods, which focuses on risk in producing Engine Overhoul Shelf. From the result there are 9 possible risks. From 9 risks, there are 5 risks are included in the category of Medium Risk, 3 risks included in the Low Risk and 1 risk included in the High Risk. The result shows that the risk of Muscoloskeletal is the highest risk with 8 RPN and included in the category of high risk. Any risk should be controlled. For Muscoloskeletal risk, the risk control is redesign the production floor by providing tables and chairs facilities in order to reduce the Muscoloskeletal risk.

Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 4 (2024): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2024 Vol 13, No 3 (2024): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2024 Vol 13, No 2 (2024): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2024 Vol 13, No 1 (2024): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2024 Vol 12, No 4 (2023): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2023 Vol 12, No 3 (2023): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2023 Vol 12, No 2 (2023): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2023 Vol 12, No 1 (2023): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2023 Vol 11, No 4 (2022): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2022 Vol 11, No 3 (2022): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2022 Vol 11, No 2 (2022): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2022 Vol 11, No 1 (2022): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2022 Vol 10, No 1 (2021): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2021 Vol 9, No 4 (2020): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2020 Vol 10, No 4 (2021): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2021 Vol 10, No 3 (2021): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2021 Vol 9, No 3 (2020): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2020 Vol 9, No 2 (2020): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2020 Vol 9, No 1 (2020): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2020 Vol 8, No 4 (2019): WISUDA PERIODE OKTOBER TAHUN 2019 Vol 8, No 3 (2019): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2019 Vol 8, No 2 (2019): WISUDA PERIODE APRIL TAHUN 2019 Vol 8, No 1 (2019): WISUDA PERIODE JANUARI TAHUN 2019 Vol 7, No 4 (2018): WISUDA PERIODE OKTOBER 2018 Vol 7, No 3 (2018): WISUDA PERIODE JULI 2018 Vol 7, No 2 (2018): WISUDA PERIODE APRIL 2018 Vol 7, No 1 (2018): WISUDA PERIODE JANUARI 2018 Vol 6, No 4 (2017): wisuda periode oktober 2017 Vol 6, No 3 (2017): wisuda periode juli 2017 Vol 6, No 2 (2017): wisuda periode april 2017 Vol 6, No 1 (2017): Wisuda Periode Januari Tahun 2017 Vol 5, No 4 (2016): Wisuda Oktober Tahun 2016 Vol 5, No 3 (2016): Wisuda Juli Tahun 2016 Vol 5, No 2 (2016): Wisuda April Tahun 2016 Vol 5, No 1 (2016): wisuda januari Tahun 2016 Vol 4, No 4 (2015): Wisuda Oktober Tahun 2015 Vol 4, No 3 (2015): Wisuda Juli Tahun 2015 Vol 4, No.2 Tahun 2015 Vol 4, No.1 Tahun 2015 volume 3,nomor 4,tahun 2014 Volume 3, Nomor 3, Tahun 2014 Volume 3, Nomor 2, Tahun 2014 Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014 Volume 2, Nomor 4, Tahun 2013 Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013 Volume 1, Nomer 4, Tahun 2012 Volume 1, Nomer 3, Tahun 2012 Volume 1, Nomer 2, Tahun 2012 Volume 1, Nomer 1, Tahun 2012 More Issue