Articles
27 Documents
Search results for
, issue
"Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019"
:
27 Documents
clear
Transfer Informasi Tuna Grahita Kategori Ringan di SLB C Widya Bhakti Semarang
Yaningrum, Iva Lutfi;
Rohmiyati, Yuli
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (131.981 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses transfer informasi pada anak tuna grahita kategori ringan di SLB CWidya Bhakti Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengandesain studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan wawancara. Metode yangdigunakan untuk menganalisis data adalah analisis tematik. Analisis tematik adalah sebuah metode yangmenghasilkan tema-tema yang menjawab fenomena yang sedang diteliti dan tema-tema yang ditemukan tersebutmemiliki keterkaitan antara satu dan yang lain. Hasill penelitian inimemperlihatkan 4 (empat) tema yaitumembentuk makna dalam proses transfer informasi, tindakan guru saat berbagi informasi, rutinitas dalam prosestransfer informasi, dan kesesuaian transfer informasi pada status religuius. Data yang sudah didapatkan untukdisampaikan pada anak tuna grahita ringan perlu dikelola agar menjadi informasi yang bermakna, setelah isiinformasi disampaikan pada anak tuna grahita ringan guru bertindak dengan menyesuaikan intonasi nada bicara danmenciptakan sesi tanya jawab dengan tujuan untuk menciptakan umpan balik antara guru dengan siswa. Setelahdilakukan tindakan saat berbagi informasi pada anak tuna grahita ringan, kemudian dilanjutkan dengan rutinitasproses transfer informasi yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan audio visual yang dilaksanakan didalamkelas. Kemudian saat memasuki mata pelajaran Pendidikan Agama guru memisahkan siswanya antar statusreligiusnya, yaitu agama islam dan non islam.
Peran Komunitas Ruang Literasi Juwana Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Desa Langgen Kecamatan Juwana
Adhimi, Alia Wahyu;
Prasetyawan, Yanuar Yoga
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (145.749 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunitas Ruang Literasi Juwana dalam upaya melakukanpemberdayaan masyarakat Juwana untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian inimenggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data yang dilakukan adalahdengan cara observasi dan wawancara semi struktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas RuangLiterasi Juwana memiliki peran dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukanmelalui aktivitas lapak buku, lapak seni, diskusi dan kegiatan kumpulan puisi. Kegiatan pemberdayaan mendapatkanrespon yang baik dari masyarakat. Modal sosial yang diberikan komunitas Ruang Literasi Juwana kepada masyarakat,memiliki dampak yang positif yaitu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat serta menjadikanmasyarakat lebih berani untuk mengungkapkan pendapat ketika mengikuti forum diskusi. Untuk meningkatkankualitas kegiatan pemberdayaan, komunitas Ruang Literasi Juwana melakukan kerjasama dengan Rumah BacaKreatif. Bentuk dari kerjasama yaitu melakukan kegiatan menggambar untuk anak-anak, memberikan pelatihan senikriya dan pelatihan bercocok tanam kepada anak-anak serta membuat kerajinan dari small wooden stick. Kerjasamayang dilakukan dapat menjadi sarana bagi komunitas Ruang Literasi Juwana untuk mendekatkan diri kepadamasyarakat serta untuk mempromosikan kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh komunitas Ruang LiterasiJuwana. Kerjasama dengan Rumah Baca Kreatif menjadi salah satu solusi komunitas Ruang Literasi Juwana untukmewujudkan rencana pengembangan kegiatan pemberdayaan masyarakat di masa mendatang yaitu membuka bimbeluntuk anak-anak setempat dan membangun perpustakaan desa.
Literasi Informasi Pengendara Ojek Online (Go-Jek) Tembalang Semarang Saat Bertugas
Prasetyo, Irfan Agus;
Rukiyah, Rukiyah
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (142.739 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi pengendara ojek online (Go-Jek)Tembalang Semarang, yaitu bagaimana pengendara ojek online Go-Jek yang berada di kawasan kampusUndip Tembalang Semarang dapat memiliki kemampuan berliterasi informasi. Hal ini perlu dilakukankarena kemampuan literasi informasi digunakan untuk menunjang pekerjaan berbasis online seperti Go-Jek.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengambilan data menggunakan observasi danwawancara semi terstrukrur. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasilpenelitian mendapatkan empat tema besar yaitu, 1. Komunikasi informasi menjadi tema pertama sertamenjadi tema inti dari keempat tema yang telah ditemukan, komunikasi informasi menjelaskan tentangbagaimana pengendara ojek online Go-Jek Tembalang Semarang dalam melakukan komunikasi secarasharing informasi perihal informasi yang berkaitan dengan pekerjaan. 2. Penggunaan perangkat komunikasiberbicara tentang penggunaan perangkat yang digunakan oleh pengendara ojek online Go-Jek untukmendapatkan order serta untuk berkomunikasi satu sama lain. 3. Pemanfaatan aplikasi digunakan untukmembantu pengendara ojek online Go-Jek untuk mendapat order, serta penggunaan aplikasi tambahan gunamendukung perangkat yang digunakan oleh pengendara untuk melakukan pekerjaan. 4. Identifikasiinformasi sekaligus tema terakhir berbicara tentang bagaimana pengendara ojek online Go-Jek dalammenyikapi penyebarluasan informasi dengan mengidentifikasi informasi agar informasi dapat digunakanserta dikomunikasikan dan disebarluaskan ke sesama pengendara ojek online Go-Jek.
Persepsi Kolektif Sineroom Terhadap Perpustakaan Melalui Film Pendek The Library Book
Ariotejo, Indrarto Bimo;
Ganggi, Roro Isyawati Permata
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (223.341 KB)
Skripsi ini membahas tentang persepsi Kolektif Sineroom terhadap perpustakaan melalui film pendek The LibraryBook. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui persepsi Kolektif Sineroom terhadap perpustakaan melalui filmpendek The Library Book. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif denganpendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan wawancara semi terstruktur.Penentuan informan menggunakan sampling jenuh dan didapatkan lima informan yang berpartisipasi dalam penelitianini. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data. Hasil analisis data menunjukkan terjadi perubahanpersepsi Kolektif Sineroom setelah menonton film pendek The Library Book. Persepsi Kolektif Sineroom terhadapperpustakaan mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi yaitu bahwa Kolektif Sineroom menjadi semakinmenyadari pentingnya perpustakaan, menjadi lebih peduli dan mau memberikan perhatian lebih untuk perpustakaanagar tetap hidup di tengah perubahan zaman modern ini.
Peran Sentra Advokasi Perempuan Difabel Dan Anak Terhadap Kaum Difabel Dalam Pemenuhan Aksesibilitas Informasi
Maulana, Ryan Adrian;
Wasisto, Joko
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (134.493 KB)
Penelitian ini berjudul “Peran Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak terhadap Kaum Difabel dalamPemenuhan Aksesibilitas Informasiâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran SentraAdvokasi Perempuan, Difabel, dan Anak Kota Yogyakarta dalam memenuhi aksesibilitas informasi penyandangdifabel. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenispenelitian deskriptif yang dilakukan di kantor Sentra Advokasi Perempuan, Difabel, dan Anak (SAPDA) KotaYogyakarta. Informan penelitian berjumlah 4 orang dengan penentuan informan menggunakan teknik purposivesampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengolahan datadan analisis menggunakan model analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Uji keabsahan data mengacu pada Sugiyono dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitianmembuktikan bahwa peran SAPDA dalam menyediakan aksesibilitas informasi untuk penyandang difabel terdiridari tiga upaya khusus, yaitu menjalin kerjasama dengan beberapa perpustakaan serta pemerintah kota Yogyakarta,membentuk perpustakaan khusus difabel di kantor SAPDA, dan peningkatan kapasitas internal Lembaga SAPDA.
Analisis Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Semarang
Putra, Bayu Ardiansyah;
Suliyati, Titiek
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (267.3 KB)
Artikel ini merupakan hasil penelitian untuk skripsi yang berjudul “Analisis Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif padaSub Bagian Umum dan Kepegawaian di Dinas Pendidikan Kota Semarang.†Tujuan dari Penelitian ini adalah untukmengetahui pengelolaan arsip dinamis aktif yang dilakukan di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian DinasPendidikan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalampenelitian ini melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa kegiatan pengelolaan arsip dinamis aktif di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian DinasPendidikan Kota Semarang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu penciptaan arsip, penggunaan arsip danpenyimpanan arsip. Tahap penciptaaan arsip berkaitan dengan penanganan surat masuk dan surat keluar yangdilakukan dengan menggunakan sistem pola lama atau buku agenda. Tahap penggunaan arsip berkaitan dengankegiatan penemuan kembali untuk pelayanan dan peminjaman arsip. Kegiatan peminjaman arsip belum dilakukandengan menggunakan prosedur yang tepat karena belum adanya kegiatan pencatatan peminjaman arsip. Tahappenyimpanan arsip berkaitan dengan sistem penyimpanan arsip dan asas pengorganisasian arsip. Sistempenyimpanan arsip yang digunakan adalah sistem penyimpanan secara kronologis berdasarkan urutan tanggal, bulandan tahun. Asas pengorganisasian yang diterapkan menggunakan asas desentralisasi sebab di setiap unit kerja DinasPendidikan Kota Semarang mempunyai tugas untuk mengatur arsipnya masing-masing sesuai dengan tugas, pokokdan fungsi bagian di Dinas Pendidikan Kota Semarang.Analisis Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Sub BagianUmum Dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Semarang
Upaya Mewujudkan Ruang Publik Bagi Tunanetra di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka Daerah Istimewa Yogyakarta
Aresti, Mita;
Heriyanto, Heriyanto
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (121.159 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh balai layanan perpustakaan unit GrhatamaPustaka Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mewujudkan ruang publik bagi tunanetra. Jenis penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisismenggunakan metode Thematic Analysis. Hasil penelitian menunjukkan 4 (empat) tema yaitu penyediaan aksesinformasi, penyediaan sarana prasarana, penyelenggaraan kegiatan dan performa pustakawan. Penyediaan aksesinformasi dan penyediaan sarana prasarana bagi tunanetra merupakan faktor utama perpustakaan Grhatama Pustakabisa dijadikan ruang publik bagi tunanetra, penyediaan akses informasi juga menjadi faktor munculnya tema lainnya.Penyediaan akses informasi yang dilakukan oleh Grhatama Pustaka yaitu dengan menyediakan layanan braille yangdilengkapi dengan buku-buku braille dan komputer bicara yang dilengkapi dengan program screen reader untukmempermudah pemustaka tunanetra mendapatkan informasi. Penyediaan sarana prasarana terdiri dari sarana buspenjemputan pemustaka, perpustakaan keliling, penyediaan staff pembantu serta adanya tempat yang nyaman untukmelakukan diskusi. Selanjutnya, tema penyelenggaraan kegiatan yaitu melakukan beberapa kegiatan bersamapemustaka tunanetra terdiri dari kegiatan story telling dan melakukan diskusi bersama dengan yayasan yang ikutbekerjasama. Berikutnya, tema performa pustakawan yaitu pustakawan Grhatama Pustaka telah menyediakan layananyang baik terhadap pemustaka tunanetra khususnya pustakawan bagian layanan braille.
Urgensi Peranan Arsiparis Dalam Pengelolaan Arsip Statis di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo
Maryanasari, Ika Dyah;
Prasetyawan, Yanuar Yoga
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (126.852 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Urgensi Peranan Arsiparis dalam Pengelolaan Arsip Statis diDinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuibagaimana peran, tugas dan kompetensi profesionalitas arsiparis, dan mengetahui implementasi sistem pengelolaanarsip statis. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatanstudi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur,dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa jumlah arsiparis yang menangani arsip di DinarpusKabupaten Purworejo belum sebanding dengan volume arsip yang masuk sehingga beban kerja paling tinggidirasakan oleh tenaga pengelola arsip di mana yang di mulai dari akuisisi arsip, pengelolaan dan penataan arsip,hingga sampai penyimpanan arsip dibebankan pada arsiparis saja. Kegiatan pengelolaan arsip statis sudah mengacupada landasan yuridis formalnya yang terdapat pada pasal 3 Kepres RI Nomor 105 Tahun 204 mengenaipengelolaan arsip statis.
Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Repositori Perpustakaan Perguruan Tinggi Pada Perpustakaan Universitas Indonesia
Reyhan, Muhammad Meiska;
Hermintoyo, Hermintoyo
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (262.519 KB)
Penelitian ini membahas mengenai peran pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan repositori diPerpustakaan Universitas Indonesia yang didorong melalui kompetensi pustakawan PerpustakaanUniversitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiankualitatif dengan model deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana peranan yang dilakukan oleh pustakawandalam meningkatkan kualitas layanan repositori yang ada di Perpustakaan Universitas Indonesia. Kualitaslayanan ini kemudian didukung melalui 3 kompetensi pustakawan yang dijelaskan oleh SLA (SpecialLibrary Association) yaitu kompetensi inti, kompetensi profesional, dan kompetensi individu. Melaluikompetensi tersebut kemudian akan mempengaruhi kualitas layanan repositori yang ada di PerpustakaanUniversitas Indonesia yang dapat diketahui melalui seberapa banyak layanan yang ada tersebut diaksesoleh masyarakat luas secara langsung maupun digital. Melalui banyaknya akses kunjungan tersebut akanmemberikan pengaruh terhadap layanan repositori Perpustakaan Universitas Indonesia. Semakin banyakkunjungan ke perpustakaan secara langsung maupun melalui web domain perpustakaan akan berdampakterhadap indikator Webometrics seperti visibility, presence, openness, dan excellence. Indikator tersebuttentunya dapat meningkat atau menurun tergantung dari bagaimana kompetensi dan kualitas layanandijalankan oleh pustakawan Perpustakaan Universitas Indonesia kepada pelanggannya.
Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa S-1 Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro
Agustin, Nova Catur;
Krismayani, Ika
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (186.276 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengambilan data yangdilakukan yaitu wawancara semi terstruktur dengan melibatkan enam informan. Data yang diperoleh kemudiandianalisis dengan menggunakan thematic analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa S-1 angkatan 2018Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro secara umum menguasai beberapa aspek literasi digital terutama dalamkemampuan memahami internet searching yaitu memanfaatkan search engine dalam pencarian informasi, memahamiinternet sebagai sumber informasi, penghubung dan memanfaatkan internet untuk melakukan beberapa aktivitas.Memahami cara kerja hyperlink meskipun belum memahami mengenai pengertian hypertext dan cara kerjanya sertamengetahui perbedaan informasi di internet dan media cetak dalam aspek kemampuan navigasi hypertekstual. Padakemampuan evaluasi konten, dapat dipahami karakteristik website yang digunakan sebagai referensi, melakukan crosscheck terhadap informasi yang diperolehnya dan memanfaatkan FAQ di suatu website untuk membantunyamemperoleh informasi. Mampu menggunakan keyword untuk memudahkan dalam melakukan pencarian informasi,memanfaatkan sumber informasi lain selain dari internet dalam aspek kemampuan penyusunan pengetahuan, namunbeberapa mahasiswa tidak bergabung dengan grup diskusi di internet