cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL ECONOMIA
ISSN : 18582648     EISSN : 24601152     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Economia (JECO) is published by Faculty of Economics, Yogyakarta State University. It publishes theoretical or research manuscripts related to 1. Economics 2. Accounting 3. Management 4. Business 5. Entrepreneurship, and 6. Finance
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1: April 2015" : 8 Documents clear
URGENSI PENGUATAN BUDAYA WIRAUSAHA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING INDONESIA DI ERA MEA Prianto, Agus
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.771 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7760

Abstract

Abstrak: Urgensi Penguatan Budaya Wirausaha untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia di Era MEA. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan diberlakukan mulai Desember 2015. Berbagai hambatan yang selama ini menghalangi pergerakan berbagai sumber daya dan aktivitas ekonomi seperti kebijakan tarif dan non tarif mulai ditiadakan. Konsekuensinya tingkat persaingan di kawasan ASEAN akan semakin ketat. Pertanyaannya adalah apakah Indonesia sudah siap menghadapi MEA? Budaya wirausaha yang belum kuat dikhawatirkan akan mempengaruhi kemampuan Indonesia untuk memanfaatkan potensi pasar domestik yang sangat besar. Hal ini menjadi peringatan bahwa dalam MEA nanti penetrasi produk luar ke pasar dalam negeri akan semakin massif. Untuk memperkuat daya saing bangsa, pemerintah harus mendorong agar kewirausahaan menjadi budaya baru dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan lembaga pendidikan, mulai dari tingkat dasar sampai dengan pendidikan tinggi; meningkatkan anggaran penelitian dan pengembangan, serta menggalakkan pelatihan kewirausahaan. Kata kunci: Daya saing, Masyarakat Ekonomi ASEAN, budaya wirausahaAbstract: Urgency of Entrepreneurial Culture Strengthening to Improve Indonesia Competitiveness toward ASEAN Economic Community (AEC). ASEAN Economic Community (AEC) will be implemented starting December 2015. Many obstacles that have hindered the movement of resources and economic activities such as tariff and non-tariff are abolished. As a result of that policy the level of competition in the ASEAN region will be intense. The question is whether Indonesia is ready to face the MEA? A weak entrepreneurial culture will affect the ability of Indonesia to exploit the potential of a large domestic market. To strengthen the competitiveness of Indonesia, government should encourage a new culture of entrepreneurship. This can be done by involving educational institutions from elementary to higher education, increasing research and development budget, and promoting entrepreneurship training.Keywords: competitiveness, ASEAN Economic Community, entrepreneurship culture.
MENANAMKAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP MELALUI PENDIDIKAN EKONOMI PADA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN Subroto, Waspodo Tjipto
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.992 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7751

Abstract

Abstrak: Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship Melalui Pendidikan Ekonomi pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Entrepreneurship memegang peranan yang dominan dalam menggerakkan roda perekonomian baik dalam skala lokal, regional maupun global. Para entrepreneur yang dinamis dan berkomitmen untuk sukses, terbukti mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Entrepreneur yang memiliki semangat kepemimpinan dan jiwa entrepreneur ini akan memimpin revolusi ekonomi menuju peningkatan standar hidup yang lebih layak. Di tengah-tengah liberalisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN, nilai-nilai entrepreneurship, seperti kreativitas, inovatif, risiko moderat, ulet dan bertanggungjawab, optimistis, perlu selalu ditanamkan pada generasi muda, terutama melalui Pendidikan Ekonomi, sehingga jiwa dan semangat generasi muda dapat lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Peran Pendidikan Ekonomi sangat diperlukan untuk menyiapkan semangat generasi muda agar menjadi pelaku aktif dan partisipatoris dalam revolusi ekonomi menuju perubahan yang positif dan abadi.  Kata kunci: Entrepreneurship. Nilai dan sikap, Pendidikan Ekonomi.Abstract: Instilling Entrepreneurship Values through Economic Education in the Era of the ASEAN Economic Community. Entrepreneurship has a dominant role to push economic activities at any level -- locally, regionally as well as globally. The dynamic entrepreneurs affect the economic growth and prosperity. Entrepreneurs who have a spirit of leadership and entrepreneurial spirit will lead the economic revolution to raise living standards. Under AEC the values of entrepreneurship, such as creative, innovative, tough, responsible, and optimistic, should always be instilled to the younger generation, especially through Economic Education. The Role of Economic Education is needed to prepare the young people to actively participate to positive economy activities. Keywords: Entrepreneurship, Value, Economic Education
MODEL PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR BERBASIS CO-MANAGEMENT SUMBERDAYA PERIKANAN DI KABUPATEN PONTIANAK Witarsa, Witarsa
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.192 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7752

Abstract

Abstrak: Model Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pesisir Berbasis Co-Management Sumberdaya Perikanan di Kabupaten Pontianak. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi komponen urgen pengelolaan sumberdaya pesisir, faktor-faktor internal dan eksternal, dan peringkat prioritas co-management sumberdaya perikanan. Metode yang digunakan adalah PRA (Participatory Rural Appraisal), SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Treats), dan alur pikir PMPK (pemecahan masalah dan pengambilan keputusan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak permasalahan yang ditemukan pengelolaan sumberdaya pesisir khususnya dilihat dari aspek biofisik, teknologi, market, sosial ekonomi, dan kelembagaan.Kata kunci: ekonomi masyarakat pesisir, co-management, sumberdaya perikananAbstract: Fisheries Resources Co-Management Based Model of Coastal Community Economic Development in Pontianak. The purpose of this study is to determine the common problems faced by coastal communities by identifying important component of coastal resource management, internal and external factors, and the priority scale for fisheries resources co-management. This study employs three methods, namely Participatory Rural Appraisal (PRA), Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Treats Analysis (SWOT), and a Problem-solving and Decision-making. The results show that the problems are found on managing coastal resource, especially in the biophysical, technological, market, social economic, and institutional aspect.Keywords: economy of coastal communities, co-management, fishery resources
MODEL ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI JEMBER Sukidin, Sukidin; Suharso, Pudjo
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.378 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7754

Abstract

Abstrak    : Model Analytical Network Process (ANP) dalam Pengembangan Pariwisata di Jember. Penelitian ini mengkaji kebijakan pengembangan pariwisata di Jember, terutama kebijakan pengembangan agrowisata perkebunan kopi dengan menggunakan Jember Fashion Carnival (JFC) sebagai event marketing. Metode yang digunakan adalah soft system methodology dengan menggunakan metode analitis jaringan (Analytical Network Process). Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan pariwisata di Jember masih dilakukan dengan menggunakan pendekatan konvensional, belum terkoordinasi dengan baik, dan lebih mengandalkan satu even (atraksi) pariwisata, yakni JFC, sebagai lokomotif daya tarik pariwisata Jember. Model pengembangan konvensional ini perlu dirancang kembali untuk memperoleh pariwisata Jember yang berkesinambungan. Kata kunci: pergeseran paradigma, industry pariwisata, even pariwisata, agrowisataAbstract: Analytical Network Process (ANP) Model in the Tourism Development in Jember. The purpose of this study is to conduct a review of the policy of tourism development in Jember, especially development policies for coffee plantation agro-tourism by using Jember Fashion Carnival (JFC) as event marketing. The research method used is soft system methodology using Analytical Network Process. The result shows that the tourism development in Jember is done using a conventional approach, lack of coordination, and merely focus on a single event tourism, i.e. the JFC, as locomotive tourism attraction in Jember. This conventional development model needs to be redesigned to reach Jember sustainable tourism development. Keywords: paradigm shift, tourism industry, agro-tourism
PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI: PENTINGKAH UNTUK SEMUA PROFESI? Susilaningsih, Susilaningsih
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.603 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7748

Abstract

Abstrak: Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkah untuk Semua Profesi? Pendidikan kewirausahaan sudah dikembangkan hampir di semua perguruan tinggi di Indonesia dengan proses yang sangat bervariasi yang bertujuan untuk menciptakan wirausaha. Wirausaha adalah seseorang yang dengan kreativitasnya menciptakan sesuatu yang memiliki values, baik dalam bentuk tangible maupun intangible. Proses tersebut dapat dilakukan di dalam perusahaan yang diciptakan sendiri maupun di dalam organisasi di mana seseorang bekerja. Tujuan artikel ini adalah mengembangkan pemahaman tentang pentingnya pendidikan kewirausahaan bagi semua profesi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Artikel ini ditulis berdasarkan pada hasil-hasil penelitian tentang pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dan kajian literatur yang relevan. Artikel ini menyimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi diperlukan dalam bidang apapun tanpa memperhatikan bidang yang ditekuni atau profesi seseorang. Kata kunci: wirausaha, kreativitas, values. Abstract: Entrepreneurship Education in Higher Education: Is that Important for All Profession? Entrepreneurship education has been developed in almost all universities in Indonesia. An entrepreneur is someone who exploits his/her creativity to create something valuable either in the form of tangible or intangible. That process can be carried out in his/her own company or in the organization where someone attached. The purpose of this article is to develop an understanding of the importance of entrepreneurship education for all professions. This study found that that entrepreneurship education in higher education is required in any field of study.Keywords: entrepreneurship, creativity, values
PRINSIP 6C (CHARACTER, CAPACITY, CAPITAL, CONDITION OF ECONOMY, COLLATERAL DAN CONSTRAINT) DALAM WIRAUSAHA MAHASISWA Henny Sri Astuty
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.844 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7756

Abstract

Abstrak: Prinsip 6C (Character, Capacity, Capital, Condition of Economy, Collateral dan Constraint) dalam Wirausaha Mahasiswa. Kegiatan wirausaha yang sekarang banyak dilakukan oleh mahasiswa memiliki sisi positif maupun negatif, dari yang berhasil kuliah dan wirausahanya hingga yang gagal semuanya. Untuk ini diperlukan pemahaman tentang prinsip enam C (character, capacity, capital, condition of economy, collateral and constraint) yang akan membantu mahasiswa sebagai bekal dalam melakukan kegiatan usahanya. Banyak faktor yang diperoleh dalam prinsip ini yaitu aspek manajemen, pemasaran, produksi, dan keuangan.Kata Kunci: prinsip 6c, wirausaha, mahasiswaAbstract: 6C Principles (Character, Capacity, Capital, Condition of Economy, Collateral and Constraint) in Entrepreneurial Students. Entrepreneurial activity that is widely performed by students has two different stories. Some of them are successful on the other hand, the rest of them are fail. Accordingly, it is required an understanding of the 6C principles of the six C (character, capacity, capital, condition of economy, collateral and constraints) which will help the students as a preparation in conducting their business activities. Many factors obtained in this principle namely: management, marketing, production, and financial aspects. Keywords: 6C principles, entrepreneurs, students
PENGEMBANGAN KAWASAN TERPADU MANDIRI DENGAN PENDEKATAN MODEL ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) DAERAH TRANSMIGRASI RASAU JAYA Nuraini Asriati
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.094 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7757

Abstract

Abstrak: Pengembangan Kawasan Terpadu Mandiri dengan Pendekatan Model One Village One Product (OVOP) Daerah Transmigrasi Rasau Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Kawasan Terpadu Mandiri dengan pendekatan OVOP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif dan evaluatif. Penelitian dilakukan melalui tahap pengembangan dan perancangan, tahap uji coba dalam lingkup terbatas dan tahap validasi berupa eksperimental yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model OVOP dengan QFD belum seratus persen berhasil karena belum banyak memiliki jaringan nasional maupun Internasional; upaya pengembangan sentra produk OVOP dilakukan berupa: pelatihan, pendampingan tenaga ahli, bantuan sarana usaha, promosi, pameran, pemasaran, fasilitasi permodalan, dan pemberian penghargaan OVOP; pengembangan sentra produk OVOP di Rasau Jaya merupakan kegiatan  ekonomi  yang  sangat  mendukung terwujudnya KTM; dan terbentuknya KTM menumbuhkan perilaku pengusaha transmigrasi yang selalu  mengembangkan  OVOP.  Kata Kunci: One Village One Product (OVOP), Kawasan terpadu mandiri (KTM), Daerah Transmigrasi.  Abstract: Independent Integrated Area Development Using One Village One Product (OVOP) Model in Transmigration Area Rasau Jaya. This research aims to develop a model of independent integrated area with OVOP approach. This study used a qualitative approach that is both exploratory and evaluative. The study was conducted through these three following steps: (1) development and design, (2) limited pilot trial, and (3) experimental validation to broader area. The results showed that the application of OVOP models with QFD was not fully successful. This unsuccessful story was contributed by lacking of a national and international network. A number of efforts was conducted to develop OVOP product, such as: training, expert assistance, assistance for running business, promotion, exhibition, marketing, capital facilitation and OVOP rewards. OVOP product centers development in Rasau Jaya is an economic activity that supports the formation of Integrated Area Independent. Keywords: One Village One Product (OVOP), Integrated Area Independent, Transmigration Area.
ANALISIS ABNORMAL RETURN DAN LIKUIDITAS SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT PERIODE 2008-2012 Wening Asriningsih
Jurnal Economia Vol 11, No 1: April 2015
Publisher : Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with the Institute for

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.554 KB) | DOI: 10.21831/economia.v11i1.7750

Abstract

Abstrak: Analisis Abnormal Return dan Likuiditas Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split Periode 2008-2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan abnormal return dan likuiditas saham sebelum dan sesudah stock split di perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012. Penelitian ini menggunakan desain event study, dimana dilakukan pengamatan 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah peristiwa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sampel t-test dan Uji Wilcoxon Signed Rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return namun terdapat perbedaan likuiditas yang signifikan sebelum dan sesudah stock split periode 2008-2012. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa stock split mampu meningkatkan likuiditas.Kata kunci: stock split, abnormal return, likuiditas.Abstract: The Analysis of Abnormal Return and Liquidity Before and After Stock Split in 2008-2012. This study is aimed to find out the differences abnormal return and liquidity before and after stock split at the companies listed for the period of 2008 – 2012. This study is using event study, in which the writer observed within 10 days before and 10 days after the event date. Data analysis that is uses in this research is Paired Sample t-test and Wilcoxon Signed Rank test. The result of the study show that: there was no differences in abnormal return but there was a significant difference in liquidity before and after stock split. The result of this study indicate the stock split may improve liquidity.Key words: stock split, abnormal return, liquidity

Page 1 of 1 | Total Record : 8