cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Hikari
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA Bidang Kajian Linguistik Jepang.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017" : 9 Documents clear
STRATEGI KESANTUNAN TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM EIEN NO BOKURA SEA SIDE BLUE KARYA RYO NISHIMURA Octa P, Nevia
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Dalam kegiatan berkomunikasi bukan hanya untuk bertukar informasi, tetapi juga untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain dengan cara tidak melukai perasaan atau citra diri lawan tutur. Tindak tutur ilokusi ekspresif merupakan salah satu tindak tutur yang mungkin dapat melukai perasaan atau citra diri lawan tutur. Oleh karena itu, diperlukan strategi kesantunan agar maksud ekspresif dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur ilokusi ekspresif dan strategi kesantunan dalam film Eien no Bokura Sea Side Blue . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah fungsi tindak tutur ilokusi ekspresif untuk berterima kasih, mengucapkan selamat, meminta maaf, memuji, mengkritik, mengeluh, dan menyalahkan. Kemudian strategi kesantunan pada penelitian ini adalah strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif. Dari strategi kesantunan positif terdapat empat sub-strategi yaitu memberikan perhatian khusus pada lawan tutur, melebih-lebihkan perasaan terhadap sesuatu, menyatakan lelucon dan memberikan dan meminta alasan. Untuk strategi kesantunan negatif terdapat empat sub-strategi yaitu lawan tutur telah memberikan kebaikan kepada penutur, menggunakan permohonan maaf, menggunakan bentuk pertanyaan dengan partikel tertentu, dan mengungkapkan secara tidak langsung. Kata kunci: Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif, Strategi Kesantunan, Kesantunan Positif, Kesantunan Negatif                                                   ?? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????Sea Side Blue?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????????????????????????????
STRATEGI KESANTUNAN TUTURAN IMPERATIF LANGSUNG DALAM DRAMA『5 時から 9 時まで』 GOJI KARA KUJI MADE KARYA MIKI AIHARA Indahningrum, Marina
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan berkomunikasi tidah hanya untuk bertukar informasi tetapi juga untuk menjaga hubungandengan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi penutur menjaga citra diri untuk tidak melukai perasaanorang lain. Salah satu tuturan yang dapat melukai harga diri lawan tutur adalah kalimat imperatif. Olehkarena itu, diperlukan suatu strategi kesantunan agar maksud tuturan imperatif dapat tersampaikan denganbaik tanpa melukai harga diri lawan tutur. Terdapat tiga permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini,yaitu bagaimana bentuk tuturan imperatif langsung, bagaimana fungsi tuturan imperatif langsung,danbagaimana strategi kesantunan tuturaan imperatif langsung dalam drama goji kara kuji made. Data yangditemukan sebanyak 1 81 data, yakni : ungkapan perintah memiliki bentuk kalimat ~nasai, ~te, ~e/ro.Ungkapan permintaan memiliki bentuk kalimat ~tekudasai,~tekure, dan~kudasai. Ungkapan permohonanmemiliki bentuk kalimat ~tekudasai dan ~kudasai. Ungkapan larangan memiliki bentuk kalimat~naidekusai. Ungkapan ajakan memiliki bentuk kalimat ~mashoo,~ou/yoo, ~masenka. Strategi Kesantunanberbahasa yang digunakan untukmengungkapkan imperatif terbagi menjadi dua, yaitu strategi kesantunanpositif terdapat empat sub strategi yang digunakan yaitu memperhatikan lawan tutur, mencari persetujuan,peserta lawan tutur berada dalam sebuah aktivitas yang sama, dan memberikan simpati kepada lawan tutur.Sedangkan untuk strategi kesantunan negatif terdapat lima sub strategi yang ditemukan yaitu permintaansecara tidak langsung konvensional, bersikap pesimis, meminimalkan unsur paksaan,memberipenghormatan dengan membuat perbedaan posisi dengan lawan tutur, dan membedakan/ mengakhirikalimat dengan kata benda.Kata Kunci: tindak tutur imperatif langsung, strategi kesantunan, strategi kesantunan positif, strategikesantunan negatif.??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????5 ??? 9 ???????????????????????????? ????????????????????? ????????????????????????????????????????????? 181 ????????????????????????5 ??? 9 ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????~?+?????? (???????)? (?????????)?????????????????????? (?????????)???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????<
STILE DAN RAGAM BAHASA DALAM POSTER PERINGATAN DI KERETA API BAWAH TANAH TOKYO (東京メトロのマナーポスター) Fransisca, Dennes
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Poster peringatan termasuk dalam iklan layanan masyarakat, yang bertujuan untuk menginformasikan, menghimbau, serta mengajak publik untuk melakukan sesuatu hal atau kegiatan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan umum. Beberapa poster peringatan  menggunakan bahasa yang terkesan kias atau konotasi dengan beraneka ragam bahasa, mulai dari segi pemakaian, keformalan, maupun dari segi sarana. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini dilakukan untuk meneliti stile, hubungan stile dan ragam bahasa segi sarana, serta hubungan stile dan ragam bahasa keformalan dalam poster peringatan. Untuk mendukung proses analisis yang benar, maka peneliti menggunakan beberapa teori dan pendapat dari para ahli, antara lain Dedi Sutedi (2010), Tsusaka Tomohiro (2016), Nakamura Michio (dalam Sudjianto dan Dahidi, 2004), Nagara dan Chino (dalam Yamamoto dan Oonishi, 2003), Iori Isao (2012), serta Jorden dan Noda (dalam Barry Kavanagh,2010). Penelitian kualitatif ini menggnakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini ialah berupa kata-kata, dan kalimat yang mencakup penggunaan stile dan ragam bahasa dalam poster peringatan di kereta api bawah tanah Tokyo. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Stile dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2 klasifikasi yakni berdasarkan fungsi dan struktur. Berdasarkan fungsinya, ditemukan 7 bentuk stile yakni irai, kanyuu, kinshi, meirei, handan no bun, genshou byousha no bun, dan toikake no bun. Sedangkan berdasarkan strukturnya, ditemukan 5 bentuk stile yakni kalimat berpredikat verba intransitif, kalimat berpredikat transitif, kalimat berpredikat adjektiva “i”, kalimat berpredikat adjektiva “na”, dan kalimat berpredikat nomina. Penyiasatan struktur yang terjadi ialah elipsis atau penghilangan unsur, dan inversi atau pembalikkan. (2) Ragam hanashikotoba ditunjukkan oleh karakteristik stile yang berupa elipsis, inversi, terdapat penggunaan shuujoshi yo atau ne, menggunakan kata seru, dan menggunakan kosakata bersifat hanashikotoba. Ragam kakikotoba ditunjukkan oleh  karakteristik stile yang berupa kalimat memiliki unsur lengkap, memiliki urutan unsur kalimat yang normal atau sesuai kaidah bahasa Jepang, tidak terdapat penggunaan shuujoshi, dan menggunakan kosakata bersifat kakikotoba. (3) Ragam formal ditunjukkan oleh karakteristik yang berupa menggunakan ragam sonkeigo dengan awalan atau settouji “o” atau “go”, dan yang kedua ialah adanya penggunaan ragam teineigo dengan masukei atau desukei.  Ragam non-formal atau futsutai ditunjukkan oleh karakteristik yang berupa tidak terdapat ciri-ciri penggunaan sonkeigo maupun teineigo, kalimat verba menggunakan jishokei, kalimat adjektiva “na” diakhiri dengan kopula da, kalimat adjektiva “i” tidak menggunakan kopula desu, menggunakan shuujoshi, urutan unsur kalimat tidak normal (inversi), dan menggunakan kosakata non-formal. Kata Kunci: Poster Peringatan, Stile, Ragam Tulis, Ragam Lisan, Ragam Formal, Ragam Non-Formal)                     ??   ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????Dedi Sutedi (2010)?Tsusaka Tomohiro (2016)?Nakamura Michio?Sudjianto?Dahidi?2004?????Nagara?Chino?Yamamoto?Oonishi? 2003????? Iori Isao (2012)?Jorden?Noda?Barry Kavanagh?2010????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? (?????????????????????????????????????)
HUBUNGAN ANTARA PELANGGARAN PRINSIP KESOPANAN DAN PEMATUHAN PRINSIP KERJASAMA PADA TOKOH KAMIYAMA SATORU DALAM SERIAL DRAMA THE QUIZ SHOW SEASON 2 ERVIANA, RIA
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini membahas tentang hubungan antara pelanggaran prinsip kesopanan dan pelanggaran prinsip kerjasama pada seorang tokoh dalam serial drama The Quiz Show season 2. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelanggaran prinsip kesopanan dan pematuhan prinsip kerjasama. Rumusan masalah yang diambil adalah berupa bentuk pelanggaran prinsip kesopanan dan pematuhan prinsip kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data yang didalamnya terdapat konteks, kemudian dianalisis menggunakan teori prinsip kerjasama Grice dan prinsip kesopanan Leech. Hasil analisis penelitian tersebut adalah bahwa dari data yang ditemukan terdapat tuturan yang melanggar prinsip kesopanan dan mematuhi prinsip kerjasama. Bentuk pelanggaran prinsip kesopanan dan pematuhan prinsip kerjasama berdasarkan analisis data didapatkan formasi maksim-maksim sebagai berikut. (1) Kearifan(-) & Kualitas(+), (2) Kearifan (-) & Kuantitas(+), (3) Kearifan (-) & Hubungan (+), (4) Kearifan(-) & Pelaksanaan(+), (5) Kedermawanan(-) & Pelaksanaan(+), (6) Pujian(-) & Kualitas(+), (7) Pujian(-) & Kuantitas(+), (8) Pujian(-) & Hubungan(+), (9) Pujian(-) & Pelaksanaan(+), (10) Kerendahan Hati(-) & Pelaksanaan(+), (11) Kesepakatan(-) & Kuantitas(+), (12) Kesepakatan(-) & Hubungan (+), (13) Kesepakatan(-) & Pelaksanaan(+), (14) Simpati(-) & Kuantitas(+), (15) Simpati(-) & Maksim Hubungan (+), (16) Simpati(-) & Pelaksanaan(+). Terdapat pematuhan prinsip kerjasama dan pelanggaran prinsip kesopanan yang banyak dilakukan oleh penutur ini menandakan bahwa penutur tidak memperdulikan kesopanan dalam berkomunikasi sehingga lebih mengedepankan kepentingan dan tujuan dalam berkomunikasi untuk mendapatkan apa yang ia inginkan..Kata Kunci: prinsip kesopanan, prinsip kerjasama, serial dramaAbstractThis study disscusses the relationship between violation the principle of politeness and compliance the principle of cooperation on a character in the drama series The Quiz Show season 2. The purpose of this study is to determine the relationship between violation the principle of politeness and compliance the principle of cooperation. The formulation of the problems taken is in the form of adherence, violation of the principle of politeness and compliance with principles of cooperation. This study used descriptive qualitative method. The data taken in this research is data in the context, then analyzed using Grice cooperation principle theory and Leech politeness principle. The results of the research analysis is that from the data found there are speech that violates to the principle of politeness and adhere to the principle of cooperation. Forms of violation of the principle of politeness and compliance of principles of cooperation based on data analysis obtained the formation of maxim as follows. (1) Tact (-) & Quality (+), (2) Tact (-) & Quantity (+), (3) Tact (-) & Relationship (+), (4) Tact (-) & ), (5) Praise (-) & Quality (+), (7) Praise (-) & Quantity (+), (8) Praise (-) & Relationship (+), (9) Praise (-) & Implementation (+), (10) Humility (-) & Implementation (+), (11) Agreement (-) & Quantity (+), (12) ) (+), (14) Sympathy (-) & Quantity (+), (15) Sympathy (-) & Maximize Relationship (+), (16) Sympathy (-) & Implementation (+).There is adherence to the principle of cooperation and violation of the principle of decency that many done by this speaker indicates that the speaker does not care about politeness in communicating so as to put forward the interests and goals in communicating to get what he wants.. Keywords: principle of cooperate, principle of politeness, drama series
GAYA BAHASA RETORIS PADA ANIME YAHARI ORE NO SEISHUN RABU KOME WA MACHIGATTEIRU KARYA WATARU WATARI (KAJIAN PRAGMASTILISTIK ) Rahmanda Pahlevi, Rezza
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

????????? ??????????????????????????????????????Pragmastylistic??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? 1.  ?????????Pragmastylistic?????????????????????? 2.  ?????????Pragmatylistic??????????????????????? 3.  ?????????Pragmastylistic??????????????????????? ????????????????Keraf (2010) ???????????????? (2004)???????????????????????????????Wahyuni? (2012) ???????????????? ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????50??????????????????????? 1.  ?????????Pragmastylistic?????????????????????????????????????????????????????????? ???Pragmastylistic?????????????????????????????????????????????????????????????? 2.  ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? 3.  ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????   ??????Pragmastylistic????????????????????     Abstrak   Penelitian ini berjudul “Gaya Bahasa Retoris Pada Anime Yahari Ore No Seishun Rabu Kome Wa Machigatteiru Karya Wataru Watari (Kajian Pragmastilistik)”. Latar belakang penelitian ini adalah analisis terhadap penggunaan gaya bahasa retoris pada percakapan dalam anime bergenre remaja yang belum pernah dilakukan terutama menyangkut masalah makna dan fungsi. Secara rinci permasalahan yang dibahas pada penelitian ini dibagi menjadi 3, yaitu bentuk, makna , dan fungsi gaya bahasa retoris pada ujaran yang mengandung aspek pragmastilistik dalam sebuah anime. Permasalahan pertama dan kedua dianalisis menggunakan teori gaya bahasa retoris milik Keraf (2010), didukung oleh pendapat Fujio Abe (2004). Permasalahan ketiga dianalisis menggunakan teori fungsi gaya bahasa milik Wahyuni,dkk (2012). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena pada penelitian ini tidak menggunakan amgka-angka, melainkan berupa kata-kata untuk mendeskripsikan analisis data pada anime  Yahari Ore no Seishun Rabu Kome wa Machigatteiru season 1. Data penelitian ini adalah ujaran-ujaran pragmastilistik yang terdapat pada percakapan dalam anime yang berjumlah 51 data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Bentuk gaya bahasa retoris dalam kajian Pragmastislistik diklasifikan menjadi hiperbola, litotes, oksimoron, pertanyaan retoris, asonansi, eufemisme, paradoks, periphrasis, inversi. Lebih jauh lagi ada 5 jenis bentuk gaya bahasa kiasan yang juga masuk dalam gaya bahasa retoris dalam kajian pragmastilistik. Yaitu simile, ironi, sarkasme, alusi,metafora. Makna konstektual pada tuturan yang mengadung gaya bahasa retoris pada umumnya berupa pengertian sebaliknya dari yang disampaikan oleh penuturnya. Terkandung makna konotasi dalam percakapan anime Yahari Ore no Seishun Rabu Kome wa Machigatteiru season 1 yang mengandung gaya bahasa retoris. Fungsi gaya bahasa retoris yang terdapat dalam anime Yahari Ore no Seishun Rabu Kome wa Machigatteiru season 1 yang paling menonjol adalah untuk memperkuat efek terhadap gagasan yang dapat membuat penonton terkesan dengan apa yang disampaikan oleh pengarang.     Kata Kunci : pragmastilistik, gaya bahasa retoris, gaya bahasa kiasan, anime
PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PRINSIP KERJASAMA ANTARA FILM BER-GENRE ACTION DENGAN FILM BER-GENRE ROMANCE RIZQA LAZUARDI IRRIYANTO, AZIZAH
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengkaji dan menganalisis persamaan dan perbedaan prinsip kerjasama pada film ber-genre action dengan film ber-genre romance. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: faktor apa sajakah yang melatar-belakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre action ditinjau dari konteks; faktor apa sajakah yang melatar-belakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre romance ditinjau dari konteks; dan bagaimana persamaan dan perbedaan prinsip kerjasama pada film ber-genre action dengan film ber-genre romance. Tujuan dari penelitian ini: untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre action ditinjau dari konteks, mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre romance ditinjau dari konteks dan mendeskripsikan persamaan dan perbedaan prinsip kerjasama pada film ber-genre action dengan film ber-genre romance. Untuk menjawab ketiga rumusan masalah pada penelitian ini, data dianalisis menggunakan teori konteks Hymes (dalam Brown dan Yule, 1996) dan teori tindak tutur Searle (dalam Koizumi, 1993). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah film ber-genre action Assassination Classroom : The Graduation dan film ber-genre romance Tada Kimi wo Aishiteru, data berupa kalimat tuturan-tuturan antar tokoh yang menaati maksim prinsip kerjasama pada film ber-genre action Assassination Classroom : The Graduation dan film ber-genre romance Tada Kimi wo Aishiteru. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV, bentuk pematuhan antara film ber-genre action dengan film ber-genre romance tidak memiliki perbedaan. Namun ditemukan bahwa faktor yang melatar-belakangi pematuhan prinsip kerjasama pada film ber-genre action yaitu faktor pembicara dengan jumlah sembilan data, kawan bicara 23 data, topik 18 data, dan waktu/tempat hanya satu data. Pada film ber-genre romance yaitu faktor pembicara dengan jumlah tiga data, kawan bicara sembilan data, dan topik 14 data. Persamaan antara film ber-genre action dan film ber-genre romance ditemukan frekuensi kemunculan data yang sama yang memenuhi maksim kuantitas dan maksim kualitas sebanyak lima data. Sedangkan perbedaan frekuensi kemunculan data pematuhan maksim pada film ber-genre action berjumlah 51 data dan film ber-genre romance 26 data. Pada film ber-genre action, pematuhan terjadi disebabkan oleh faktor kawan bicara dengan frekuensi sebanyak 23 data. Hal ini dikarenakan kawan bicara merupakan teman sebaya, orang yang lebih tua dan dihormati oleh penutur. Sedangkan pada film ber-genre romance dikarenakan oleh faktor topik. Seperti topik memberitahu, menjelaskan, menyuruh, kekecewaan, dan menyangkal, dan menolak dengan frekuensi sebanyak 14 data. Kata Kunci: Film Action, Film Romance, Prinsip Kerjasama, Maksim, Faktor, Tindak Tutur   ??  ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?????????????Hymes ?Brown ? Yule (1996) ???????Searle?Koizumi (1993)????????????? ???????????????????????????Assassination Classroom : The Graduation??????????????????????????????????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????????????9?????????23?????????18???????????1?????????????????????????????????????????????????9??????????14?????????????????????????????????????????????????????????? ??????????????????????????????51??????????26???????????????????????????23??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????14????? ????:???????????????????????????????
PEMBENTUKAN DAN MAKNA KONTEKSTUAL DAJARE PADA SERIAL KARTUN DORAEMON EPISODE 452 (ダジャレでやっつけろ!) FADILAH, NITA
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dajare merupakan salah satu permainan kata dalam bahasa Jepang. Permainan kata ini banyak digunakan di dalam keseharian masyarakat Jepang sebagai humor dan media periklanan. Untuk lebih mengetahui dan memahami apa itu dajare, maka dapat dilakukan dengan cara menganalisis pembentukan serta makna kontekstual dari dajare dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menganalisis dajare yakni serial kartun Jepang yang di dalamnya terdapat pemakaian dajare. Penelitian ini penting untuk dilakukan, terutama bagi para pemelajar Bahasa Jepang agar dapat memahami dan bisa menggunakan dajare, dengan tujuan untuk lebih mengakrabkan diri dengan orang Jepang, atau juga untuk kepentingan lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pembentukan dajare pada serial kartun Doraemon episode 452 (???????????), dan makna kontekstual dari dajare itu. Untuk menjawab kedua rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan teori pembentukan dajare oleh Dybala, dkk., dan teori pembentukan kata oleh Tsujimura, serta teori makna kontekstual oleh Chaer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan hasil analisis penelitian secara terperinci. Adapun sumber data penelitian yang digunakan yaitu serial kartun Doraemon episode 452. Data berupa pembentukan dajare serta makna kontekstual yang terdapat di dalamnya. Pada penelitian ini ditemukan data sebanyak 33 data. Kemudian diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pembentukan dajare yang ditemukan yakni mencakup 7 klasifikasi yang terbagi ke dalam pembentukan secara homophony, mora addition (initial, final, dan internal), mora omission (initial), mora transformation (vowel), kanji readings change, mix of languages, dan pause transference. Secara morfologi, pun phrase pada data yang ditemukan tersebut termasuk pada jenis free morphemes dan inflectional morphemes, dan ada juga yang mengalami pembentukan kata secara affixation, compounding, reduplication, clipping, dan borrowing; (2) Makna kontekstual yang terdapat dalam dajare tersebut yakni berupa (1) kata benda, seperti: roti, badak, dan unta; (2) kata kerja, seperti: berbaring, terbang, dan marah; (3) kata keterangan, seperti: kata keterangan jatuh, benda yang mencair, dan suara tawa; dan (4) ungkapan, seperti: ungkapan terimakasih dan ungkapan dari rasa terkejut. Dengan mengetahui pentingnya penelitian ini, implikasi yang diharapkan yakni untuk dapat memasukkan materi mengenai dajare pada pembelajaran Bahasa Jepang, misal dalam bidang Sosiolinguistik. Dengan begitu, para pemelajar menjadi lebih memahami dan dapat menggunakan dajare dengan baik dan benar dalam keseharian berkomunikasinya.                 Kata Kunci: dajare, pembentukan, makna kontekstual   ?? ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????Dybala,dkk. (2012), ???Tsujimura (2004)???????????????????????????Chaer (2007) ??????????????????????????????????????Doraemon ??????????452????????????????????????????????????33 ?????????                 ?????????????????(1) ??????????????????????????????????????????????????????????????  ???????????????????????????????????????????????????; (2) ?????????????????????????????????????????????:????????????:???????????????:???????????????????: ???????????????  ?????????????????
PERUBAHAN MAKNA LEKSIKAL PADA GAIRAIGO (外来語) DALAM MAJALAH FASHION AR (アール) EDISI FEBRUARI 2016 Nabilah, Hayyina
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan adanya kontak bahasa, gairaigo menjadi sebuah kebutuhan dalam bahasa Jepang untuk penyebutan istilah dari bahasa asing yang selalu mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan bidangnya. Majalah AR menjadi trendsetter di bidang fashion Jepang dengan mencetuskan beberapa istilah populer yang berasal dari kata gairaigo, sehingga ditemukan banyak istilah gairaigo lainnya yang mengalami perubahan makna leksikal dari majalah ini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah bentuk perubahan makna leksikal pada gairaigo dalam majalah fashion AR edisi Februari 2016? (2) Bagaimana faktor penyebab perubahan makna leksikal pada gairaigo dalam majalah fashion AR edisi Februari 2016? Rumusan masalah pertama diselesaikan menggunakan teori Morita dkk (1989:96-101). Sedangkan rumusan masalah kedua diselesaikan menggunakan teori Chaer (1995:132-140). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan hasil analisis secara rinci. Sumber data yang digunakan adalah majalah fashion AR edisi Februari 2016. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Terdapat 28 data gairaigo yang mengalami perubahan makna (1) Berdasarkan data yang terkumpul menunjukkan bahwa terdapat 5 bentuk perubahan makna. Bentuk yang pertama yaitu perluasan makna yang terdiri atas 3 sub bagian, yaitu penganalogian makna, kedekatan makna, serta generalisasi makna. Bentuk yang kedua yaitu pengabstrakan makna yang terdiri atas 3 sub bagian, yaitu yang berkaitan dengan alam dan cuaca, berkaitan dengan indra dan perasaan, serta berkaitan dengan aksi dan kondisi. Bentuk yang ketiga yaitu spesialisasi makna, keempat yakni pergantian makna, serta terakhir adalah penghalusan makna. (2) Gairaigo yang telah berubah makna disebabkan oleh 9 faktor, yaitu perkembangan ilmu dan teknologi, perkembangan sosial budaya, perbedaan bidang pemakaian, asosiasi, pertukaran tanggapan indra, perbedaan tanggapan, penyingkatan, proses gramatikal, dan pengembangan istilah. Kata Kunci: perubahan makna, makna leksikal, gairaigo, majalah fashion.   ??    ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ???????????????? (1)     ??????2016?2???????????????????????????? (2)     ??????2016?2??????????????????????????? ?????????? (1989:96-101) ??????????????Chaer (1995:132-140) ??????? ???????????????????????2016?2??????????????????? ????????????? (1)     ??????2016?2?????????????????28?????????5????????5???????????????????????????????????????????????????????3????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? (2)     ?????????????28?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?????????????????????????????
ABREVIASI BAHASA JEPANG DAN BAHASA INDONESIA DALAM ASAHI SHIMBUN「朝日新聞」DAN CNN INDONESIA– KAJIAN KONTRASTIF – Karina,
GoKen Vol 5, No 3 (2017): Edisi Wisuda Oktober 2017
Publisher : GoKen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakAbreviasi merupakan proses penanggalan satu atau beberapa bagian leksem sehingga menghasilkan bentuk baru, namun tetap memiliki makna yang sama. Abreviasi banyak ditemukan dalam koran, baik koran Jepang maupun koran Indonesia. Sesuai dengan sasaran yang diteliti, peneliti tertarik dengan analisis kontrastif. Analisis kontrastif adalah membandingkan dua bahasa atau lebih, yaitu membandingkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. Sedangkan metode yang digunakan untuk menunjang penelitian ini ialah menggunakan metode deskriptif.Rumusan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana jenis-jenis abreviasi dalam Asahi Shimbun??????dan CNN Indonesia? (2) Bagaimana proses pembentukan abreviasi yang terdapat dalam Asahi Shimbun??????dan CNN Indonesia? (3) Bagaimana persamaan dan perbedaan proses abreviasi Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia yang terdapat dalam Asahi Shimbun ??????dan CNN Indonesia?Kemudian diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) jenis abreviasi Bahasa Jepang terdiri dari dua macam yaitu berupa karikomi dan toujigo. Sedangkan jenis abreviasi dalam Bahasa Indonesia terdapat lima macam yaitu berupa singkatan, akronim, kontraksi, penggalan, dan lambang huruf. (2) secara umum proses pembentukan abreviasi dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia terbagi menjadi tiga, yaitu proses penyingkatan kata tunggal, penyingkatan kata majemuk, dan pengekalan huruf tiap komponen.(3) dalam penelitian ini ditemukan persamaan dan perbedaan proses abreviasi Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia. Persamaannya yaitu:a) pada abreviasi jenis toujigo dan singkatan mengalami pengekalan huruf tiap komponenb) pada abreviasi jenis karikomi dan penggalan mengalami pemendekan dari suku kata (silabis) dari kosa kata aslinyac) pada abreviasi jenis karikomi dan kontraksi mengalami penghilangan pada kata pertama dan keduad) pada abreviasi jenis karikomi dan kontraksi mengalami pengekalan suku kata tiap komponene) pada abreviasi jenis karikomi dan kontraksi mengalami pengekalan pada kata keduaSedangkan perbedaan proses abreviasi Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia yaitu:a) pada abreviasi jenis singkatan terdapat penghilangan konjungsi, kombinasi angka, dan pengekalan huruf ketiga, sedangkan pada abreviasi jenis toujigo tidak terdapat hal tersebut.b) pada abreviasi jenis karikomi mengalami penghilangan pada awal kata, sedangkan abreviasi jenis penggalan mengalami penghilangan pada akhir suku kata.c) pada abreviasi jenis karikomi mengalami penghilangan tengah suku kata pada kata kedua, sedangkan abreviasi jenis kontraksi mengalami penghilangan akhir suku kata pada kata kedua.d) pada abreviasi jenis karikomi tidak terdapat penghilangan konjungsi, sedangkan abreviasi jenis kontraksi mengalami penghilangan konjungsi.e) pada abreviasi jenis karikomi mengalami penghilangan seluruh kata pertama, sedangkan abreviasi jenis kontraksi mengalami penghilangan awal suku kata pertama serta konjungsiKata Kunci: abreviasi, pembentukan, kajian kontrastif??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????(1) ?????CNN Indonesia????????????????????(2) ?????CNN Indonesia ??????????????????(3) ??Abreviasi Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia2???CNN Indonesia ?????????????????????????????????????????????????????????(1) ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????(2) ?????????????????????????????????????????????????????????????????????(3)???????????????????????????????????????????a) ????????????????????????b) ????????????????????????????c) ????????????????????????????d) ?????????????????????????e) ????????????????????????????????????????????????a) ?????????????????????????????????????????????????????????????b) ?????????????????????????????????????????????????c) ??????????????????????????????????????????????????d) ??????????????????????????????????????????e) ?????????????????????????????????????????????????????????????

Page 1 of 1 | Total Record : 9