cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2018)" : 34 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEMOLOWARU 1 SURABAYA AYU PERDANA, ADITYA; , SUPRIYONO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tema Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experiment. Desain rancangan penelitian ini adalah nonequivalent control group desain. Sampel penelitian berjumlah 58 subjek, dengan rincian 30 subjek dari kelas IV A yang dijadikan kelompok kontrol dan 28 subjek dari kelas IV B yang dijadikan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,296 > 1,673 dan dari uji n-gain diketahui adanya peningkatan sebesar 0,4 (kategori sedang) pada hasil belajar di kelas eksperimen setelah diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan apapun terjadi penurunan karena perhitungan n-gain menunjukkan angka -0,1. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. Kata Kunci: make a match, hasil belajar. Abstract The purpose of this research is to know the influences of cooperative learning model make a match type to learning outcomes on My Place Area theme of students grade IVth SDN Semolowaru 1 Surabaya. The type of this research is experimental research with quasi experiment. The design of this research is nonequivalent control group design. This sample was 58 subjects, with 30 subjects from IV A class classified as a control group and 28 subjects from IV B class that were made into an experimental group. Data collection techniques used pretest and posttest to find out student learning outcomes, while the data analysis techniques used test of normality, test of homogenity, t-test, and n-gain test. The analysis result of t-test showed that tcount> ttable is 3,296> 1,673 and from n-gain test known an increase of 0,4 (medium category) on result study in experiment class after being treated using cooperative learning model make a match type. While the learning outcomes in the control class that were not given any treatment decreased because the calculation of n-gain showed -0.1. It showed that cooperative learning model make a match type have a positive effect on learning outcomes of students grade IVth SDN Semolowaru 1 Surabaya. Keywords: make a match, learning outcomes.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERMODALITAS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI SD AIRANI CENDANI, CENDERA; , SURYANTI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKGaya belajar dominan siswa yang belum diwadahi dengan tepat oleh guru membuat hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kuantum bermodalitas visual terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif IPA kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80,74. Sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 78,28. Pada hasil belajar Psikomotor diperoleh nilai rata-rata pada pembelajaran 1 kelompok eksperimen adalah 83,81 dan pada pembelajaran 2 adalah 80,12. Sedangkan kelompok kontrol memperoleh hasil 81,56 pada pembelajaran 1 dan 79,3 pada pembelajaran 2. Hal ini perkuat dengan hasil analisis uji t yang menunjukkan perbedaan signifikan. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kuantum bermodalitas visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SD. Kata Kunci: model pembelajaran kuantum, pembelajaran IPA.ABSTRACTThe dominant learning style of the students that has not been properly accommodated by the teacher makes the students learning outcomes low. The research has purpose to determine how the influence of visual quantum learning to the result of learning. Which is this research experimental with pretest posttest control group design. Data collection was done using the test method. The results showing that the students cognitive learning outcomes group experiment in very good category with an average value of 80.74. While the average value of students who group control is 78.28. In Psychomotor learning result obtaining mean value on learning 1 group experiment is 83,81 and at learning 2 is 80,12. While the control group obtained the results of 81.56 in learning 1 and 79.3 in learning 2. This is justified the results of t-test analysis that shows significant differences. Thus it can be concluded that the visual quantum learning model has an effect on the fourth grade science learning outcomes in elementary school. Keyword: quantum learning, science learning.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULARTANGGA COBAKU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR AMALIA AMARTA, ULFA; , JULIANTO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media ular tangga modifikasi coba jawab aku terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental Design dengan Nonequivalen Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SDN Kedurus 1 Surabaya dengan jumlah populasi sebanyak 109 dengan jumlah sampel 54. Intstrumen yang dipakai berupa tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini terdapat pengaruh dengan penggunaan media ular tangga modifikasi coba jawab aku terhadap hasil belajar IPA dengan dibuktikan perhitungan t-test menggunakan SPSS Statistics 22 dengan diperoleh hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05 yang menandakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran penggunaan media juga perlu dipertimbangkan karena media mempermudah siswa dalam memahami serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Kata Kunci: pengaruh, media ular tangga cobaku, ipa, hasil belajar Abstract The research conducted has a purpose to see the influence from the application of snakes and ladders try to answer me modification media to the learning result. This research uses Quasi Experimental Design with Nonequivalen Control Group Design. The research was conducted at Kedurus 1 Elementary School Surabaya with total population of 109 with 54 sample. The instruments used were multiple choice test in the form of pretest and posttest. The results obtained from this research there is an influence with the application of snakes and ladders try to answer me modification media to the results of science learning with the proven calculation of t-test using SPSS Statistics 22 with obtained results Sig. (2-tailed) of 0.015 <0.05 indicating that Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, in the process of learning media use also needs to be considered because the media facilitate students in understanding and facilitate teachers in delivering the material. Keywords: Influence, Snakes and Ladders try to answer me media, science, Learning Result
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO KHABIBAH, IMEYLIA; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.PdAbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.AbstractThe purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO KHABIBAH, IMEYLIA; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.PdAbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.AbstractThe purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO KHABIBAH, IMEYLIA; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.PdAbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.AbstractThe purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO KHABIBAH, IMEYLIA; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.PdAbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.AbstractThe purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO KHABIBAH, IMEYLIA; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.PdAbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.AbstractThe purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO KHABIBAH, IMEYLIA; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.PdAbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.AbstractThe purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO KHABIBAH, IMEYLIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 5 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.PdAbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.AbstractThe purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.

Page 1 of 4 | Total Record : 34