cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 9 (2018)" : 21 Documents clear
PENGGUNAAN METODE GASING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MAARIF NU PUCANG SIDOARJO ROKHMAWATI, ALIAH; , BUDIYONO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini berawal dari rendahnya peserta didik yang kurang berminat dalam mempelajari ilmu Matematika karena merasa kesulitan dalam berhitung dan masih terdapat pendidik yang menggunakan metode kurang tepat. Sehingga penelitian ini akan meneliti tentang metode GASING ciptaan Prof. Yohanes Surya dalam pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pada saat penggunaan, hambatan yang dihadapi dalam penggunaan metode GASING dalam pembelajaran Matematika kelas IV di MI Ma?arif NU Pucang Sidoarjo. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan dilakukan dengan mengikuti pelatihan bersama Prof. Yohanes Surya dan kemudian didiskusikan dalam KKG besar dan KKG kecil, (2) pelaksanaan metode GASING dalam pembelajaran Matematika kelas IV terdapat pada materi perkalian susun, perpangkatan, pengakaran, pecahan, dan statistik mean, (3) Evaluasi pada saat penggunaan metode GASING ditentukan oleh kemampuan setiap peserta didik yang akan dibagi menjadi tiga tingkatan: pengayaan, pemantapan, remidial, (4) Hambatan mengenai terhalangnya biaya dalam sumber buku pembelajaran, materi pembelajaran yang terbatas, dan peserta didik yang cenderung menggunakan metode tradisional, (5) Upaya yang dilakukan adalah dengan membuat rangkuman sebagai buku pegangan peserta didik dan melatih peserta didik secara berulang-ulang agar terbiasa menggunakan metode GASING. Kata Kunci: Metode GASING, Pembelajaran Matematika Abstract This study originated from the low-learner less interested in studying the science of Mathematics because of the difficulty in counting and there are still educators who use methods less precise. So this research will examine about method GASING creation of Prof. Yohanes Surya in Mathematics learning. This research uses qualitative research. The purpose of this study is to describe the planning, implementation, evaluation at the time of use, obstacles faced, and efforts made to overcome obstacles encountered in the use of methods GASING in learning fourth grade Mathematics at MI Ma?arif NU Pucang Sidoarjo. The results of this research indicate that: (1) the planning done by following joint training Prof. Yohanes Surya and then discussed in large KKG and small KKG, (2) the implementation methods GASING in learning fourth grade Mathematics is stacking multiplication, exponentiation, rooting, fractional, and statistics mean, (3) Evaluation at the time of use methods GASING is determined by the abilty of each learners who will be divided into three levels: enrichment, consolidation, remidial, (4) Obstacles regarding the obstruction charges in a source book learning, the learning material is limited, and students who tend to use traditional methods, (5) the efforts made is making the summary as a participant Handbook educates and trains students in over and over again in order to get used to using the method of a GASING. Keywords: Methods GASING, Mathematics learning
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK GALLERY WALK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN KEDURUS SURABAYA INTAN TRIASTUTI, MAYANG; HARIANI, SRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik gallery walk terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar negeri di kelurahan Kedurus Surabaya. Jenis penelitian menggunakan quasy experiment dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IVD SDN Kedurus III sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVC SDN Kedurus I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitiaan dibuktikan melalui uji hipotesis pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diperoleh hasil sebesar thitung (4,572) > ttabel (2,006647) yang menunjukkan bahwa Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif teknik gallery walk terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar negeri di kelurahan Kedurus Surabaya. Kata Kunci:model pembelajaraan kooperatif, teknik gallery walk, keterampilan menulis puisi Abstract The aim of this research is to know the influence of cooperative learning model of gallery walk technique on writing skill poetry for fourth grade student of elementary school in Kedurus Surabaya. This research used quasy experiment with non-equivalent control group design. The sampel are the fourth grade students of SDN Kedurus III as experiment class and IVC SDN Kedurus I as control class. The result of research is proved by hypothesis test of pretest and posttest experimental class and control class. The resultsis tcount (4,572) > ttable (2.006647), it means that Ha is accepted. From the results, it can be concluded a significant influence of cooperative learning model of gallery walk technique on writing skill poetry for fourth grade student of elementary school in Kedurus Surabaya Keywords: cooperative learning model, gallery walk technique, poetry writing skill
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MAGIC BOX KELAS IV SDN UJUNG XIII SURABAYA PUTRI NUGRAHA, MALIYA; MARIANA, NENI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan hasil belajar dan kendala-kendala dalam penggunaan media magic box. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Aktivitas proses pembelajaran meningkat selama dua siklus, masing-masing siklus terdapat satu pertemuan. Pada siklus I ketercapaian dalam proses pembelajaran mendapatkan persentase 73,75%, sedangkan pada siklus II ketercapaian dalam proses pembelajaran 86,53%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik pada siklus I, ketuntasan klasikal peserta didik 64,86% dengan rata-rata 84,37. Pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 81,08% dengan rata-rata 84,83. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Magic Box dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Ujung XIII Surabaya. Kata Kunci: kemampuan kognitif, magic box Abstract The research is to describe the learning process and student?s learning outcomes by magic box media. This research is using classroom action research method which using collecting data techniques by means of observation and test. Learning process has improve during to cycle, one meeting in each cycles. The first cycle of learning procesreaches 73,75% and second cycle of learning process reaches 86,53%. There is also an improvement of student?s learning outcomes. In first cycle, the classical mastery is 64,86% and the average of the outcomes 84,37. The second cycle, the classical mastery is 81,08%, the average of the outcomes 84,83. Conclusion by using magic box media in learning process can improve the students?s learning outcomes fourth grade students of SDN Ujung XIII Surabaya. Keywords: cognitive ability, magic box
PENGARUH MEDIA MOKU (MONOPOLI KUIS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN SUMUR WELUT III/ 440 SURABAYA ADZIMUL HAYA, RAFI; , PURWANTO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media MOKU terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Sumur Welut III. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pre-test dan post-test. Sementara itu, teknik analisis data meggunakan uji instrumen dan analisis data hasil penelitian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 5% (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media MOKU memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan uji n gain menunjukkan bahwa rata-rata skor n gain kelas eksperimen yaitu 0,7315. Dengan ketentuan jika rata-rata n gain lebih dari 0,7 maka termasuk pada kategori tinggi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media MOKU sangat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/ 440 Surabaya. Kata Kunci: media MOKU, hasil belajar Abstract This research aim to determine the existence of MOKU media on the results of Mathematics learning of plane materials to students grade IV SDN Sumur Welut III. The research used quasi experiment with nonequivalent control group design. The samples are used the students of class IV A as the control class that did not get treatment and class IV B as the experimental class that received treatment. Technique of data collecting used test technique, it were pre-test and post-test. Meanwhile, data analysis techniques used instrument and analysis of research data. Based of data analysis has been done, it get signification of 0.000 <5% (0,05), it means that Ha accepted and Ho rejected. It can be concluded that the MOKU media has significant effect of student learning outcomes. The result of the n gain test shows that the average of the experimental class gain is 0.7315. Provided that then gain average more than 0.7 is included in the high category. So it can be concluded that learning by using MOKU media is very helpful to the results of Mathematics learning of plane materials to fourth grade students of SDN Sumur Welut III / 440 Surabaya. Keywords: MOKU media, learning outcomes
PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN WONOPLINTAHAN II KECAMATAN PRAMBON ANIES SOLICHAH, LULI; MARIANA, NENI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan adanya pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Wonoplintahan II. Quasi eksperiment adalah jenis penelitian yang digunakan dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dengan menggunakan media pop up book hasil belajar siswa terlihat meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan perhitungan N-Gain kelas kontrol skor rata-rata yaitu 0,498519 sedangkan kelas eksperimen yaitu 0,592857. Pada perhitungan T-test didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,024 yang artinya nilai 0,024 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian terjadi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa ketika pembelajaran menggunakan media pop up book Kata Kunci : pop up book, hasil belajar Abstract This study intend to describe the influence of pop up book media on the students learning outcomes in the mathematics subjects of the waking students of grade IV SDN Wonoplintahan II. Quasi experiment is a type of research used with nonequivalent control group design. The instrument used in this study is a test. By using the pop up book media the students learning results look increasing. This is shown by the calculation of N-Gain control class average score is 0.498519 while the experimental class is 0,59285. In the calculation of T-test obtained sig (2-tailed) value of 0.024 which means the value of 0.024 is smaller than 0.05. Thus there is a significant influence on student learning outcomes when learning using the media pop up book Keywords: pop up book, learning result
PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN KEMUNING TARIK SIDOARJO ERIYANTI, EVI; , SURYANTI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikirkkritis padappembelajaran IPAkkelas IV SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Jenisspenelitiannini adalah Quasi Eksperiment Design dengan NonequivalentpControl Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Kelas IV-A terdiriddari 31 siswaasebagai kelas eksperimen, kelas IV-Boyang terdiri dari 30 siswassebagai kelasskontrol. Teknikppengumpulan dataamenggunakan pretest dan posttest. Hasil uji t test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest yaitu 0,00 > 0,05. Dengan demikian dapatddisimpulkan bahwaapembelajaran menggunakan model pembelajran Creative Problem Solving (CPS) berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Kemuning Tarik Sidoarjo tahun ajaran 2017-2018. Kata kunci : Creative Problem Solving, IPA, Berpikir Kritis The aim of this study is to determine the effect of Creative Problem Solving model (CPS) toward the critical thinking skills in science teaching of IV grade in SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. This type of research is Quasi Eksperiment Design with Nonequivalent p Control Group Design . The population of this research is all fourth grade student of SD N Kemuning Tarik Sidoarjo. In the class IV-A consists of 31 students as an experimental class, class IV-B are 30 students as the control class. The Data Collection Techniques use pretest and posttest. The T test results showed a significant difference between pretest results with posttest is 0.00> 0.05. Thus it can be concluded that learning using Creative Problem Solving (CPS ) learning model has a positive effect on students critical thinking skills of IV grade in SDN Kemuning Tarik Sidoarjo academic year 2017-2018. Keywords: Creative Problem Solving, science, Critical Thinking
PENGARUH MEDIA AOT (ANGLE OF TIME) TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN DAN MENGHITUNG SUDUT PADA SISWA KELAS III SDN RONGGOMULYO 1 TUBAN RACHMAWATI, ELSA; , BUDIYONO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran Matematika di SD agar materi pembelajaran yang ingin disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan diserap oleh siswa dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang tepat. Salah satu alternative penggunaan media pembelajaran yang cocok digunakan dalam membelajarkan materi menentukan dan menghitung sudut adalah Media AOT . Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media AOT terhadap mata pelajaran Matematika materi menentukan dan menghitung sudut khususnya pada siswa kelas III di SDN Ronggomulyo 1 Tuban. Kata Kunci: Media, AOT, Sudut, Matematika
PENGARUH MEDIA TRIMIKAL (TRIOMINO PERKALIAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERKALIAN KELAS III SDN 2 KEDAMEAN GRESIK FAHIM MURIDLO, MOHAMMAD; , BUDIYONO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSaat ini dalam proses pembelajaran masih menggunakan cara konvensional hal itu dinilai kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran yang dapat menyebabkan kegiatan pembelajaran bagi siswa cenderung monoton yang mengakibatkan kebosanan, siswa menjadi pasif dan kurang motivasi di dalam proses belajarnya. Maka usaha dalam mengemas materi pelajaran yang kreatif supaya siswa dapat mengerti, memahami dan memiliki motivasi dalam kegiatan pembelajaran, maka dapat menggunakan Media Trimikal. Media ini sangat cocok digunakan dalam materi perkalian, karena media ini memberikan suatu pengalaman siswa dalam menghafal perkalian. Kelebihan dari media Trimikal (Triomino Perkalian) yaitu dapat meningkatkan minat, pengetahuan, keterampilan, wawasan siswa secara mendalam, terlebih lagi siswa semakin menyukai mata pelajaran yang sedang dipelajarinya karena lebih menarik untuk dilihat, dipelajari dan lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Trimikal (triomino perkalian) terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian kelas III SDN 2 Kedamean Gresik.Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan metode quasi experimental design dan jenis desain non-equvalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN 2 Kedamean Gresik. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan memilih dua kelas sebagai anggota sampel yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pre test dan post test. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penghitungan hasil uji t menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,005 dengan taraf signifikasi 0,05 (0,005 < 0,05), sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Media Trimikal (triomino perkalian) terhadap hasil belajar siswa, dengan saran penelitian yaitu peneliti lain harus lebih memahami tahapan dari Media Trimikal (triomino perkalian). Kata Kunci: media trimikal, hasil belajar, perkalianABSTRACT Currently in the learning process is still using conventional way it is considered less effective in learning activities that can cause learning activities for students tend to be monotonous resulting in boredom, students become passive and less motivation in the learning process. So the effort in packing creative learning materials so that students can understand, understand and have motivation in learning activities, then can use Trimikal Media. This media is very suitable for multiplication material, because this media gives a student experience in memorizing multiplication. The advantages of Trimikal media (Triomino Perkalian) is to increase the interest, knowledge, skills, insight of students in depth, especially the students increasingly like the subjects they are learning because it is more interesting to see, learn and more fun. This study aims to determine the influence of Trimikal Media (Triomino Perkalian) on student learning outcomes in the material of class III SDN 2 Kedamean Gresik. The research used experimental method with quasi experimental design and non-equvalent control group design. The population used in this research is all students of class III SDN 2 Kedamean Gresik. The sample technique used is purposive sampling technique by choosing two classes as a sample member that is class IIIA as experiment class and class IIIB as control class. Technique of collecting data using test technique that is pre test and post test. Test the instrument using the validity and reliability test, while the data analysis techniques using the normality test, homogeneity test, and t test. Based on result of t test result show that experiment class study result is higher than control class. The experimental class learning result is 0.005 with a significance level of 0.05 (0.005 < 0.05), so H1 is accepted and H0 is rejected. The result of the research is that there is influence which is Trimikal Media (Triomino Perkalian) to student learning result, with research suggestion that other researcher must better understand stage of Trimikal Media (Triomino Perkalian). Keywords: trimikal media, learning outcomes, multiplication
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEB OFFLINE BERBASIS MACROMEDIA DREAMWEAVER MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR JOHANSYAH DHARMAWIJAYA, ADE; YERMIANDHOKO, YOYOK
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran web offline berbasis Macromedia Dreamweaver yang efektif untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran materi bangun ruang kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Babatan I Surabaya. Metode yang digunakan peneliti adalah metode Research and Development (RnD). Dari hasil uji validasi ahli media pembelajaran web offline memperoleh skor ?75% dari ahli materi dan 70% dari ahli media, sementara dari kuesioner siswa memperoleh skor 89%. Untuk menguji keefektifan media pembelajaran web offline peneliti menggunakan soal post-test, dari hasil nilai post-test satu kelas siswa yang mencapai ketuntasan nilai belajar ?75 sebesar 83%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran web offline layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif bagi siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Media Web, Macromedia Dreamweaver. Abstract This study aims to develop a web-based offline learning media based on Macromedia Dreamweaver which is effective to be used as an alternative media for learning solid geometry materials for fifth grade. Subjects in this research are students of fifth grade SDN Babatan I Surabaya. The method used by researchers is the Research and Development (RnD) method. From the result of validation test of offline web learning media get score of 75% from material expert and 70% from media expert, while from student questionnaire got 89% score. To test the effectiveness of offline web learning media, the researcher uses post-test, from the post-test result of one class, the students achieving score the learning score of ?75 is 83%. This shows that offline web learning media is appropriate to be used as an alternative of effective learning media for students. Keywords: Development, Web Media, Macromedia Dreamweaver.
MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E FASE FAUZIYAH, ROBIATI; HUSNI ABDULLAH, MOHAMMAD
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 9 (2018)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Model pembelajaran merupakan suatu rancangan awal yang disusun demi kepentingan pelaksanaan proses pembelajaran yang sesuai dan sistematis serta mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran menekankan pada bagaimana untuk membantu siswa dalam belajar mengkontruksi pengetahuannya sendiri, membentuk pola interaksi antara guru dengan siswa, serta menggambarkan bentuk proses pembelajaran mulai dari awal hingga akhir yang secara khas disajikan oleh guru. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E Fase. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Penelitian dilakukan di SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IV sejumlah 29 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilakukan maka, model pembelajaran Learning Cycle 5E Fase dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran learning cycle 5E fase, hasil belajar, ptk Abstract The learning model is the initial design which prepared for the implementation of the appropriate learning process and systematic along achieve learning objectives. Learning model empashizes to assist students in learning to construct their own knowledge for improving their learning outcomes, to build interaction patterns between teachers and students, and to describe the form of learning process from start to finish that is typically presented by the teacher. The aims of this research is to increase students?s learning result which implemented through Learning Cycle 5E Phases learning method. This study is a Classroom Action Research which used two cycles. The study conducted at SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya which consists of 29 students in 4th grade. Based on the result of data it can be concluded that Learning Cycle 5E Phases learning method can increase student?s learning outcomes. Keywords: Learning Cycle 5E Phase learning model, learning outcomes, CAR (Classroom Action Research)

Page 1 of 3 | Total Record : 21