cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 6 (2019)" : 21 Documents clear
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PURWITASARI, INDAH; SUKIDI, MASENGUT
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran probing-prompting terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Ponorogo. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ponorogo. Adapun sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 2 Tonatan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Bangunsari sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis pretest-posttest kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa (2, 25) > (2, 00172). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran probing-prompting terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Ponorogo. Kata Kunci: metode probing-prompting, keterampilan menulis eksposisi Abstract The reseach was done to determine the influence of probing-prompting learning method in exposition writing skills for fourth grade students in SDN of Ponorogo. This type of research uses quasi-experiment. The populationsare fourth grade students in SDN of Ponorogo District. The samples are fourth grade students at SDN 2 Tonatan as experimental class and SDN I Bangunsari as control class. The results of the pretest-posttest hypothesis test experimental and control class showed that (2, 25) > (2, 00172). Based on the results, it can be concluded that alternative hypothesis (Ha) is accepted which means that there is significant influence of probing-prompting learning method in exposition writing skills for fourth grade students inSDN of Ponorogo. Keywords:probing-prompting method, exposition writing skills
PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI REMO DI SDN LAKARSANTRI I/472 SURABAYA WAHYUNINGTYAS, HENY; , SUPRIYONO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung pada ekstrakurikuler Tari Remo serta cara pengintegrasian nilai-nilai karakter melalui ekstrakurikuler Tari Remo di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kesiswaan, Pembina Tari, Dosen Tari dan Siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh yaitu (a) Nilai-nilai karakter yang terkandung pada ekstrakurikuler Tari Remo yaitu religius, disiplin, bersahabat / komunikatif, dan percaya diri. (b) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dilakukan melalui beberapa pembiasan dalam setiap latihan ekstrakurikuler Tari Remo. Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Ekstrakurikuler, Tari Remo. Abstract This research aims to describe the character values contained through extracurricular Remo dance at SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. The research method used is qualitative descriptive. Data collection techniques in this research use interview, observation, and documentation techniques. Data sources in this research were the headmaster, teacher, dance coach, dance lecturer and students. Data analysis techniques that used in this reseacrh are data reduction, data presentation, and verification. The result obtained are (a) Character values contained in Remo dance extracurricular namely religious, disciplined, friendly / communicative, and confident. (b) Integration of character values are done trhough some habituation in every Remo dance extracurricular training. Keywords: Character values, Extracurricular, Remo Dance.
PENGARUH MEDIA MIKSUPAJA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TULISAN JAWA PADA SISWA KELAS V DI SDN KEBRAON I/436 SURABAYA MARATUS SHOLIHAH, DIANA; SUBRATA, HERU
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Miksupaja terhadap keterampilan membaca siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebraon I/436 Surabaya. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest yang diolah dengan statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media Miksupaja dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional tanpa media. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media Miksupaja terhadap keterampilan membaca siswa. Kata Kunci: Miksupaja, Komik Aksara Jawa, Media Komik Bisu.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SILVIA INDAHWATI, DWI; HUSNI ABDULLAH, MOHAMMAD
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPelaksanaan kegiatan pembelajaran kelas V SDN Lakarsantri I/472 Surabaya masih didominasi oleh guru dengan menerapkan model pembelajaran langsung, yakni guru lebih sering mentransfer pengetahuan secara keseluruhan kepada siswa yang mengakibatkan hasil belajar PPKn siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar PPKn, serta kendala-kendala yang muncul selama pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan dua siklus. Hasil keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I mencapai persentase 100% dengan nilai ketercapaian 75, dan pada siklus II meningkat mencapai persentase 100% dengan nilai ketercapaian 87,5. Hasil keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase 100% dengan nilai ketercapaian 77,08, dan pada siklus II meningkat mencapai persentase 100% dengan nilai ketercapaian 89,58. Ketuntasan klasikal hasil belajar PPKn siswa juga mengalami peningkatan. Pada ranah afektif dari 81,08% menjadi 100%, ranah kognitif dari 70,27% menjadi 89,19%, dan ranah psikomotor dari 83,78% menjadi 100%. Dapat disimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berhasil meningkatkan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar PPKn, serta kendala-kendala selama pelaksanaan pembelajaran dapat teratasi.Kata Kunci: Project Based Learning, hasil belajar, sekolah dasar. Abstract The implementation of learning activities class V at Junior High School I/472 Lakarsantri Surabaya is still dominated by teachers by applying direct learning models, the absence of learning media and limited learning resources to textbooks resulting in low student learning outcomes. The purpose of this study is to describe the activities of teachers and students, PPKn learning outcomes, as well as obstacles that arise during the implementation of learning by applying the Project Based Learning model. This research is a type of Collaborative Class Action Research with two cycles. The results of the implementation of teacher activities in the first cycle reached a percentage of 100% with an achievement value of 75, and in the second cycle increased to a percentage of 100% with a value of achievement of 87.5. The results of the implementation of student activities in the first cycle reached a percentage of 100% with the achievement value of 77.08, and in the second cycle increased to a percentage of 100% with the value of achievement of 89.58. Classical completeness of PPKn learning outcomes also increased. In the affective domain from 81.08% to 100%, cognitive domains from 70.27% to 89.19%, and psychomotor domains from 83.78% to 100%. The conclusion is by implementing the Project Based Learning learning model successfully increasing the activities of teachers and students, PPKn learning outcomes, and constraints during the implementation of learning can be overcome. Keywords: Project Based Learning, learning outcomes, elementary.
PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TSULUTSULLAYL MAWLIDYANA, HILDA; ISTIANAH, FARIDA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui kepraktisan, keefektifan pengembangan LKPD berorientasi model pembelajaran kooperatif TPS untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. LKPD dikembangkan untuk memperkuat konsep materi yang telah dimiliki siswa. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Sampel yang digunakan sebagai uji skala kecil yaitu 6 siswa kelas IVB dan sebagai uji skala luas yaitu 22 siswa kelas IVA. Pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu angket, observasi, dan tes. LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid setelah divalidasi oleh ahli dengan presentase 85,4% kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh 86% dan keefektifan hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: LKPD, Think Pair Share, IPA This studyhaims to determine the feasibility of developing worksheet based think pair share learning model for science learning of fourth grade Primary School. The developed worksheet to support the concept lesson by students. Type of research which is used Research and Development (R&D). The population of this studyfis the fourth grade of SDN Lidah Kulon IV Surabaya. The sample is used as a small-scale trial that is 6 students of class IVB and as a large-scale trial is 22 students of class IVA. Data collection uses with 3 method are questionnaires, observations, and tests. The developed worksheet is valid with the percentage of 85,4%, the practicality of learning implementation achieves 86%, and the effectiveness of the learning outcomes become significant increase. Keywords: Worksheet, Think Pair Share, Science
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN SLEMPIT 1 KEDAMEAN GRESIK ZAKY ARDIPRATIWI, ROZA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Slempi 1 Kedamean Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Slempit 1 Kedamean Gresik. Sampel penelitianya adalah siswa kelas VA merupakan kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes dan teknik observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji readibilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Kata Kunci: Quasi Experiment, Nonequivalent Control Group Design, Model Pembelajaran Think Talk Write, teks narasi, dan menulis. Abstract This study aims to determine the effect of Think Talk Write Learning Model on narrative writing skills of fifth grade students at Slempit 1 Elementary School Kedamean Gresik. The type of research used was Quasi Experiment with the design of Nonequivalent Control Group Design. The population of this study was grade V students at Slempit 1 Elementary School Kedamean Gresik. The research sample was VA class students were the experimental class and VB class students as the control class. The data collection techniques of this research are test techniques and observation techniques. The data analysis used in this study is validity test, readibility test, normality test and hypothesis test. Keywords: Quasi Experiment, Nonequivalent Control Group Design, Think Talk Write Learning Model, Narrative Text, and Writing.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR FUJI LESTARI, INDAH
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis scratch yang bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi gaya dan gerak. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE melalui lima tahapan: analysis,design,development,implementation,evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik validasi,angket, dan tes. Teknik menganalisis data dengan kevalidan,kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan validitas materi 88%, validitas media 88%,dan validitas perangkat 88/%, dengan kriteria sangat valid. Angket keterlaksanaan pembelajaran 86,58%, angket guru 84%, angket siswa 89,16% criteria sangat praktis. Efektifitas menunjukkan t hitung 20,08 > t tabel 2,093, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Scratch layak digunakan dalam pembelajaran materi gaya dan gerak Kata Kunci: Media Pembelajarn Sains, Scratch, ADDIE Abstract This research aims to produce scratch-based learning media that aims to improve the learning outcomes of grade IV students in style and motion subject. The type of research used is the research development of ADDIE model through five stages: analysis, design, development, implementation, evaluation. Data collection with validation, questionnaire and test. The technique of analyzing data is validity, practicality, and effectiveness. The results showed the material validity 88%, media validity 88%, and device validity 88/%, , with very valid criteria. The questionnaire for implementation of learning 86.58%, teachers questionnaire 84%, student questionnaire 89.16%, criteria very practical. Effectiveness shows T 20.08 > T table 2.093, so it can be concluded that scratch-based learning media deserves use in style and motion subject learning Keywords: Media Study of Science, Scratch, ADDIE
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN INKLUSI KLAMPIS NGASERM 1 SURABAYA NUR KHASANAH, NOVANDA; RACHMADYANTI, PUTRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran keterampilan sosial pada siswa berkebutuhan khusus di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan secara holistik mengenai pembelajaran keterampilan sosial pada siswa berkebutuhan khusus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan memahami karakteristik ABK, pelaksanaan pembelajaran keterampilan sosial di sesuaikan dengan ketunaan dan potensi ABK, evaluasi hasil belajar ABK. Hasil penelitian ini sekaligus membuktikan teori kompetensi pedagogik guru aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Kata Kunci: Pembelajaran Keterampilan Sosial, Sekolah Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus. Abstract The purpose of this research was to analysis the planning, implementation and evaluation of learning social skills on the exceptional students in elementary school of Klampis Ngasem 1 Surabaya. This research used qualitative approach with descriptive methods that describes holistically about teacher learning social skills in exceptional students through three stages that planning, implementation and evaluation of learning. Researcher used three type of qualitative research: interview, observation, study of documentation and technique triangulation. The result was showed that planned by understanding the characteristics of exceptional students, implemented of social skills learning strategies tailored to the abilities and potential of exceptional students, evaluated the learning outcomes of the exceptional students. This research result at the same proved the theory of teacher?s pedagogical competence aspects master learning theory and the principles of educational learning.Keywords: Social Skills Learning, Inclusive School, Exceptional Students.
PENGARUH BENTUK THINK PAIR SHARE DENGAN SARANA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MATERI KEBERAGAMAN KELAS III SDN RANGKAH I SURABAYA AYU RAHMA, ANNISA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran yang digunakan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan dan siswa merasa bosan dan pasif. Sehingga peneliti memilih salah satu model pembelajaran yaitu model think pair share. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bentuk pembelajaran think pair share dengan sarana gambar terhadap hasil belajar murid kelas III SDNRangkah I Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh, hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan uji hipotesis sebsar thitung 2,760 > ttabel 1,991. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa model think pair share dengan media mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Sarana Gambar, Bentuk Pembelajaran, Hasil Belajar Abstract Based on observations, the learning process used by teachers tends to use lecture and assignment methods and students feel bored and passive. So that researchers choose one of the learning models, namely the think pair share model. The purpose of this study was to determine whether or not the influence of the learning model think pair share with media images on the learning outcomes of third grade students of SDN Rangkah I Surabaya. The research design used was quasi experiment design. The method used in data collection is validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, and hypothesis test. The results showed that there was influence, it was proven by calculating the hypothesis test as tcount 2.760> t table 1.991. From these results it can be said that the think pair share model with the media is able to influence student learning outcomes. Keywords: Media Images, Learning Models, Learning Outcomes
PENGARUH BENTUK THINK PAIR SHARE DENGAN SARANA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MATERI KEBERAGAMAN KELAS III SDN RANGKAH I SURABAYA AYU RAHMA, ANNISA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 6 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran yang digunakan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan dan siswa merasa bosan dan pasif. Sehingga peneliti memilih salah satu model pembelajaran yaitu model think pair share. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bentuk pembelajaran think pair share dengan sarana gambar terhadap hasil belajar murid kelas III SDNRangkah I Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh, hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan uji hipotesis sebsar thitung 2,760 > ttabel 1,991. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa model think pair share dengan media mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Sarana Gambar, Bentuk Pembelajaran, Hasil Belajar Abstract Based on observations, the learning process used by teachers tends to use lecture and assignment methods and students feel bored and passive. So that researchers choose one of the learning models, namely the think pair share model. The purpose of this study was to determine whether or not the influence of the learning model think pair share with media images on the learning outcomes of third grade students of SDN Rangkah I Surabaya. The research design used was quasi experiment design. The method used in data collection is validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, and hypothesis test. The results showed that there was influence, it was proven by calculating the hypothesis test as tcount 2.760> t table 1.991. From these results it can be said that the think pair share model with the media is able to influence student learning outcomes. Keywords: Media Images, Learning Models, Learning Outcomes

Page 1 of 3 | Total Record : 21