cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Khusus
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 3 (2019)" : 4 Documents clear
MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA ANAK AUTIS AYUNING SURI, YUNI; , SUJARWANTO
Jurnal Pendidikan Khusus Vol 13, No 3 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Anak autis memiliki hambatan pada perkembangan bahasanya. Aspek bahasa sendiri dibagi menjadi tiga yaitu, menyimak, membaca/berbicara, dan menulis. Dalam apek menulis tentunya dibutuhkan kemampuan dalam menyusun kalimat. Anak autis memiliki gaya belajar visual-auditory. Mobile learning berbasis android merupakan suatu media pembelajaran yang disertai dengan gambar/visual dan suara/audio, sehingga dapat mempermudah pemahaman anak autis dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan mobile learning berbasis android dalam peningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan one group pre test-post test design. Subjek yang terteliti berjumlah 6 anak autis. Teknik pengumpuan data menggunakan tes dan menggunakan analisis statistik wilcoxon matched pairs. Hasil analisis data untuk menguji penerapan mobile learning berbasis android dalam peningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis dengan Zhitung (Zh) = 2,52>Ztabel (Zt) dengan nilai signifikansi 5% Zt= 1,96. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa mobile learning berbasis android dapat meningkatan kemampuan menyusun kalimat pada anak autis. Kata Kunci : Mobile Learning, Android, Menyusun Kalimat, Autis
PENERAPAN STORY TELLING BERBASIS BUKU CERITA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU DELTA PRASTYA, BAGUS; , WAGINO
Jurnal Pendidikan Khusus Vol 13, No 3 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakHambatan pendengaran mengakibatkan anak tunarungu kesulitan dalam membaca pemahaman. Sehingga anak tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode Story Telling dengan buku cerita digital terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu. Buku cerita digital digunakan untuk media mempermudah dalam memahami pembelajaran, dikarenakan dalam penelitian anak tunarungu yang mempunyai karakteristik visual yang tinggi dan masih memiliki sisa pendengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental, dan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini 8 siswa tunarungu kelas V di SLB-B Pertiwi Mojokerto. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan teknik analisis data menggunakan statistik non parametik dengan rumus uji Wilcoxon macth pairs test. Berdasarkan hasil tes kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu, ada pengaruh metode story telling berbasis buku cerita digital terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu. Diperoleh data dari tes awal/pre-test menunjukan rata-rata nilai 48, kemudian sesudah diberikan perlakuan tes akhir/ post-test menunjukan rata-rata nilai 71. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan signifkan. Dapat disimpulkan penggunaan metode story telling dalam pembelajaran berbahasa memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu. Kata kunci :Story Telling, Buku cerita digital, Membaca pemahaman, Siswa Tunarungu.
PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB SUDARTO, ZAINI; TANU MARTHAUDA HARIYADI, LALU
Jurnal Pendidikan Khusus Vol 13, No 3 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak tunagrahita mengalami hambatan dalam berbahasa yaitu kemampuan membaca. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik, kurang memotivasi anak dan cenderung monoton. Maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang sesuai dengan anak tersebut yaitu model Scramble. Model Scramble ini adalah suatu kegiatan bermain yang mengutamakan membentuk kata, dan adanya aktivitas membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan model Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak tunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksprerimental dengan menggunakan ?One Group Pretest ? Posttest Design?. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcon Match Pairs Test, dengan jumlah subjek 6 anak tunagraita. Sehingga ditemukan hasil Zh 2,096 sedangkan Ztabel 1,96 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak tungrahita di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. Kata kunci : Model Scramble, membaca, tunagrahita
MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENJAHIT SEDERHANA SISWA TUNANETRA UMAR YUSHBIKHURIDLO, CANDRA; , MURTADLO
Jurnal Pendidikan Khusus Vol 13, No 3 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Ketunanetraan yang di alami siswa berakibat terhadap kemampuan bina diri anak dalam merawat pakaian, kemampuan ini masih perlu dikembangkan untuk menjadikan siswa tunanetra mandiri dalam merawat pakaian, terutama dalam aspek menjahit sederhana. Dalam penelitian ini kemampuan menjahit siswa tunanetra diajarkan melalui model pembelajaran langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran langsung terhadap kemampuan menjahit sederhana siswa tunanetra di SMPLB YPAB Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pretes - postes design. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretes dan postes) dan analisis data menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh Zh=2.36 lebih besar dibanding Zt=1,96 dengan nilai krisis 5%. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan menjahit siswa tunanetra di SMPLB YPAB Surabaya. Kata kunci : menjahit, model pembelajaran langsung

Page 1 of 1 | Total Record : 4