cover
Contact Name
Zulkifli Nurul Haqq
Contact Email
zulkiflinurulhaqq@unimus.ac.id
Phone
+6281917405151
Journal Mail Official
value-added@unimus.ac.id
Editorial Address
Department of Management Faculty of Economics University of Muhammadiyah Semarang Kedungmundu Raya Street No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 16933435     EISSN : 25804863     DOI : 10.2671/vameb.v17i1.6936
Core Subject : Economy, Social,
Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, supply chain management, organizational behavior, and entrepreneurship, using both quantitative and qualitative approaches, or mixed method.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis" : 6 Documents clear
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Popok Bayi Merek Mamamia di Kota Semarang) Sarwo Prayogi; Triyono Triyono
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1094.465 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v16i2.6056

Abstract

Keputusan pembelian setiap orang dapat ditingkatkan denganmemperhatikan beberapa faktor, antara lain faktor psikis yang merupakan faktorpendorong yang berasal dari dalam diri konsumen itu sendiri yaitu motivasi,persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap, selain itu faktor sosial yangmerupakan proses dimana perilaku seseorang dipengaruhi oleh keluarga,lingkungan, status sosial, dan kelompok acuan, kemudian pemberdayaan bauranpemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Untukitu dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaranterhadap keputusan pembelian (Studi Pada Konsumen Popok Bayi MerekMamamiaKota Semarang). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen popok bayi sekalipakai merek Mamamia di Kota Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian iniadalah sebesar 100 orang dengan teknik sampling adalah accidental sampling.Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji regresi linierberganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa seluruh variabeldalam penelitian yang meliputi produk, harga, promosi, dan distribusibaik secaraparsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian padapopok bayi merek Mamamia, maka secara statistik dinyatakan bahwa semuahipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atasdiharapkan bahwa hasil penelitian memberikan rekomendasi kepada peneliti lainuntuk menganalisis variabel lain seperti kearifan lokal atau budaya, citra produk,dan sebagainya.
ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN DAN CITRA MEREK TERHADAP PERSPEKTIF KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO Dewi Avianti
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.53 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v16i2.6061

Abstract

Banyaknya perusahaan otomotif yang ada di Indonesia khususnya sepeda motor akan membuat konsumen lebih selektif dalam menentukan pilihan mereksepeda motor yang akan mereka gunakan sebagai alat transportasi. Akan ada banyakpertimbangan yang dilakukan konsumen sebelum menentukan pilihan untuk membelisuatu produk misalnya, kualitas produk, desain dan citra merek. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, desain dan citra merekterhadap keputusan pembelian Honda Vario pada mahasiswa UniversitasMuhammadiyah Semarang. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitiankuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang menggunakanSkala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unimus yangmenggunakan motor Honda Vario. Teknik pengambilan sampel yaitu PurposiveSampling dengan sampel sebesar 73 responden. Metode analisis yang digunakandalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan hasil Y = -1,686 + 0,186X1 + 0,364 X2 + 0,448 X3. Dalam pengujian hipotesis pada uji korelasi menunjukkanmasing-masing variabel independen memiliki hubungan korelasi postif dan signifikanterhadap variabel dependen serta termasuk dalam korelasi yang sangat kuat. Hasil uji– t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Desain, Citra Merek memilikipengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Perspektif KeputusanPembelian. dan dalam hasil uji – F menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk,Desain, Citra Merek secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dansignifikan terhadap Perspektif Keputusan Pembelian.
PENGARUH KOMPENSASI, PENEMPATAN KARYAWAN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA ART INDUSTRIES BOYOLALI Riris Wanti Apriyani; Setia Iriyanto
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.301 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v16i2.6057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi (X1), penempatan karyawan (X2), dan lingkungan kerja (X3) terhadap kepuasan kerja karyawan (Y) di ArtIndustries Boyolali. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden. Teknik pengambilansampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sample random sampling.  Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh kemudiandiolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 23. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji regresi berganda, uji hipotesis melalui uji Ttest Fteste, koefisien determinasi (R2) dan uji asumsi klasik.   Berdasarkan hasil perhitungan dari analisis regresi berganda yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu, Y=3,287+0,193KMP+0,157PNM+0,180LK. Apabila kompensasi,penempatan karyawan, dan lingkungan kerja bernilai 0 maka kepuasan kerja karyawanbernilai 3,287. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, variabel penempatan karyawan berpengaruh negatif dan tidak signifikan dan lingkungan kerja berpengaruh negatif dan tidak sginifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Sedangkan hasil Adjusted R square atau koefisien determinasi sebesar 0,381 yang berarti bahwa 38,1% variabel dependen Y dipengaruhi oleh variabel independen (X), sedangkan sisanya 61,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Study pada Putri Kembar Katering Semarang) Andjar R., Herdjanti; Haerudin, Haerudin
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.427 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v16i2.6058

Abstract

Usaha katering adalah usaha yang mengedepankan kepuasan pelanggan dimana kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kualitas produk dan harga. Perusahaan yang mengembangkan dan mempertahankan loyalitasnya terhadap konsumen akan memperoleh kesuksesan jangka panjang. Loyalitas itu sendiri disebabkan oleh pengaruh kepuasan atau ketidak puasan konsumen dengan produk atau jasa yang  yang telah didapatkan. Untuk itu dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelangganPutriKembarKatering. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 100 orang dengan teknik sampling adalah accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa seluruh variabel dalam penelitian yang meliputi kualitasproduk terhadap loyalitas (t=5,729, p=0,000), harga terhadap loyalitas (t=-4,631, p=0,000)dan kepuasan (t=5,779, p=0,000), (F=51,68, p=0,000) sehingga baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Putri Kembar Katering, maka secara statistik dinyatakan bahwa semua hipotesis penelitian diterima.
PENGARUH BONUS PACK, DAYA BELI, DAN KEPERCAYAAN INSTITUSI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA E-MONEY CAMPUSPAY Fransiska Novita Maria Santika; Suwardi Suwardi
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.934 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v16i2.6059

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Bonus Pack, Daya Beli, dan Kepercayaan Institusi terhadap Loyalitas Pengguna E-Money Campuspay.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh user member yang terdapat pada CampusnetKedungmundu, kemudian melakukan penentuan spesifik random sampling dengan kriteriayang telah ditertentu dalam metode penentuan sampel. Lalu menggunakan Rumus Slovinuntuk memperoleh jumlah sampel yang akan diteliti, kemudian diperoleh hasil sampelsebanyak 100 orang yang memenuhi kriteria persyaratan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas dalampenelitian berpengaruh positif secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas PenggunaE-Money Campuspay. Hasil perhitungan nilai statistik variabel  Bonus Pack menunjukkannilai statistik B1 : 0,398 dengan tanda (+), t hitung : 5,259 > t tabel : 1,984, probabilitas nilaisignifikansi 0% > tingkat alpha : 5%. Hasil perhitungan nilai statistik variabel  Daya Belimenunjukkan nilai statistik B1 : 0,093 dengan tanda (+), t hitung : 2,108 > t tabel : 1,984,probabilitas nilai signifikansi 0,38% > tingkat alpha : 5%. Hasil perhitungan nilai statistikvariabel  Kepercayaan Istitusi menunjukkan nilai statistik B1 : 0,314 dengan tanda (+), thitung : 2,881 > t tabel : 1,984, probabilitas nilai signifikansi 0,005% > tingkat alpha : 5%. Hasil perhiotungan nilai f hitung pada variabel bebas menunjukkan angka : 63,662 > f tabel :2,460.  Berdasarkan data tersebut berarti variabel bebas secara parsial maupun simultandinyatakan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pengguina E-MoneyCampuspay. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi R Square yang didapatkansebesar 0,665 atau 66,5%. Prosentase tersebut menjelaskan bahwa perubahan tingkatLoyalitas Pengguna E-Money Campuspay dipengaruhi oleh tingkat Bonus Pack, Daya Beli,dan Kepercayaan Institusi sebesar 66,5%. Sedangkan 34% jumlah sisanya adalah dipengaruhioleh variabel lain.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN PERSONALITAS WIRANIAGA DAN KEMENARIKAN MODEL PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Siti Muzarongah; Suwardi Suwardi; A. M. Juma’i
Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1525.167 KB) | DOI: 10.26714/vameb.v16i2.6060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga, dan Kemenarikan Model Produk terhadap LoyalitasPelanggan MD ACC. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan MD ACC Semarang.Sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan metode stratifikasisampling. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis linier berganda yangsebelumnya telah dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga dan Kemenarikan Model Produk secara simultan (bersama-sama)berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung >Ftabel atau 8.661 > 2.81 dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 . Dari semua variabelbebas, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga (X2) adalah variabel yang paling berpengaruhdominan, koefisiennya 0.293 atau 29.3%. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi (R²) menunjukkan 36.10% variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan melalui variabel Kualitas Pelayanan, KepercayaanPersonalitas Wiraniaga dan Kemenarikan Model Produk. Sedangkan sisanya sebanyak63.90% dapat dijelaskan melalui variabel lain diluar model penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 2 (2024): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 20, No 1 (2024): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 19, No 2 (2023): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 19, No 1 (2023): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 2 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 1 (2022): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 18, No 1 (2022): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 17, No 2 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 2 (2021): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 17, No 1 (2021): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 17, No 1 (2021): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 16, No 2 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 16, No 1 (2020): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 16, No 1 (2020): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 2 (2019): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 2 (2019): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2019): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2019): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 15, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 14, No 1 (2018): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 14, No 1 (2018): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 2 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 1 (2016): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 12, No 2 (2016): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2016): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2015): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 11, No 2 (2015): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2015): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 11, No 1 (2015): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2015): Value Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 9, No 2 (2013): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen UNIMUS Vol 9, No 1 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 9, No 1 (2012): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 8, No 2 (2012): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 8, No 2 (2012): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 8, No 1 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 8, No 1 (2011): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 7, No 2 (2011): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 7, No 2 (2011): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 1 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 7, No 1 (2010): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 2 (2010): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 2 (2010): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 6, No 1 (2009): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 5, No 2 (2009): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 5, No 2 (2009): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 5, No 1 (2008): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 5, No 1 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 2 (2008): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 4, No 2 (2008): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 4, No 1 (2007): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 4, No 1 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 2 (2007): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 2 (2007): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 1 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 3, No 1 (2006): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2006): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2006): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 1 (2005): Vallue Added - Manajemen Unimus Vol 2, No 1 (2005): Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis More Issue