cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024" : 10 Documents clear
PEMANFAATAN PROTOKOL HTTP PADA SISTEM MONITORING SUHU AIR MENGGUNAKAN WEBSITE BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) Sofiumayroh, Hamidah; Hasfani, Hirzen
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.84050

Abstract

The bathroom is a basic necessity for personal hygiene, yet many still use conventional methods. This research aims to determine the delay between the sensor reaching the set temperature and the data being sent to the system, as well as the effect of the number of heaters on the duration of heating the bathwater temperature. The system is designed using an Arduino WiFi R4 microcontroller and a DS18B20 temperature sensor to measure the bathwater temperature. Temperature data is sent to the server via the HTTP protocol when the temperature reaches the threshold value of 37 °C to 40 °C. The research results show that the average delay between the DS18B20 temperature sensor reaching the recorded temperature and the time the data is received by the system varies depending on the number of heaters used. With 1 heater, the average delay is 1958.33 ms. This delay increases with the addition of heaters, becoming 2574.995 ms with 2 heaters, 2599.995 ms with 3 heaters, and 3766.665 ms with 4 heaters. Adding heaters speeds up the water heating process. With 1 heater, the longest duration reaches 10 minutes 1.58 seconds at a temperature of 40 °C. This duration decreases to 6 minutes with 2 heaters, 5 minutes 17 seconds with 3 heaters, and 1 minute 45 seconds with 4 heaters. This system is capable of providing a response in reaching the target temperature as well as managing and delivering temperature information in real-time on an Internet of Things (IoT)-based website.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI VIRTUAL TOUR 360 BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) Riyadi, Dwi Slamet; Mutiah, Nurul; Sari, Renny Puspita
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.85643

Abstract

Media merupakan alat penting untuk menyampaikan informasi secara efektif. Dengan perkembangan teknologi di bidang informasi, edukasi, dan komunikasi, media telah menjadi lebih interaktif dan mudah diakses. Pulau Lemukutan, yang mulai dikenal sebagai destinasi wisata di Kalimantan Barat, memerlukan media online untuk menyediakan informasi yang lengkap bagi wisatawan. Media online memungkinkan penyebaran informasi yang luas dan dapat diakses kapan saja, memudahkan wisatawan dalam memperoleh informasi sebelum mengunjungi tempat wisata. Teknologi Virtual Tour menjadi solusi yang tepat untuk kebutuhan informasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan merancang sistem informasi multimedia Virtual Tour 360 ° berbasis website sebagai media pengenalan tempat wisata di Pulau Lemukutan. Sistem ini menyediakan informasi interaktif berupa Virtual Tour 360 ° tentang fasilitas dan tempat wisata di Pulau Lemukutan, menggunakan foto panorama yang diimplementasikan dalam sistem informasi. Penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), yang mempercepat proses pengembangan perangkat lunak dengan siklus pengembangan yang pendek dan terstruktur. Implementasi sistem informasi ini menggunakan framework Laravel, bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL. Berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas sistem menggunakan metode black-box testing, sistem informasi Virtual Tour 360 ° yang dibangun telah diuji dengan skala Likert, melibatkan 40 responden, dan menunjukkan nilai 77.31%, yang termasuk dalam kategori "baik".
SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS UNTUK PERTANIAN TANAMAN TOMAT MENGGUNAKAN METODE PULSE WIDTH MODULATION (PWM) Aulia Amin, Muhammad Azmi; Rismawan, Tedy; Nirmala, Irma
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.86327

Abstract

Tomat varietas Servo merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mudah dibudidayakan karena memiliki daya adaptasi tinggi dan umur yang relatif pendek. Terdapat kekurangan pada penyiraman tanaman tomat di mana takaran air yang diperlukan tomat melebihi kebutuhan tanaman tomat sehingga pertumbuhan tanaman tomat tidak optimal. Pada Penelitian ini dibuat penyiraman tanaman tomat secara otomatis yang dapat mengatur intensitas air untuk menyiram tanaman berdasarkan suhu dan kelembaban tanah. Sistem ini menggunakan ESP32 sebagai microcontroller, Sensor DHT11 sebagai pemantau suhu, Sensor FC-28 sebagai pemantau kelembaban tanah, dan pompa air DC 12V sebagai pengalir air. Petani dapat memantau hasil pengukuran sensor melalui Layar LCD yang dipasang pada tanaman tomat. Sistem ini menggunakan Pulse Width Modulation (PWM) untuk mengatur kecepatan pompa air berdasarkan duty cycle. PWM adalah cara memanipulasi lebar sinyal dalam satu periode. Duty Cycle dimulai dari 0% sampai 100%. Pengujian Sensor DHT11 mendapatkan akurasi sebesar 99.96%, rendahnya akurasi sensor disebabkan oleh waktu respon pada lingkungan sekitar. Sensor FC-28 memiliki akurasi sebesar 96.73%, rendahnya akurasi sensor disebabkan oleh kestabilan sensor dalam mendeteksi tanah yang kurang baik. Sensor FC-28 juga kurang optimal dalam mendeteksi kelembaban tanah karena setiap pengujian terhadap titik yang berbeda di sekitar tanaman tomat membuat hasil pengujian yang beragam dari nilai sebelumnya.
PENERAPAN PEMROSESAN PARALEL MULTICORE UNTUK PENYORTIRAN YANG EFEKTIF Sari, Kartika; Wijaya, Andy; Immanuel, Immanuel; Sari, Fioni Puspa; Anggraini, Yessa Tria
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.74292

Abstract

Pemrosesan data yang semakin canggih, terutama dalam penyortiran, krusial dalam kehidupan modern. Komputasi paralel memungkinkan multitasking dan pengolahan data secara simultan. Core tunggal bekerja sendiri, cepat namun hanya menangani satu tugas sekaligus. Quad-Core, dengan 4 inti, memungkinkan kinerja lebih cepat dan multitasking yang baik, cocok untuk gaming. Python, bahasa pemrograman serbaguna, digunakan untuk berbagai pengembangan perangkat lunak dan analisis data. Penelitian membandingkan sorting single-core menggunakan Bubble Sort dengan multi-core sorting. Single-core memakan waktu lama karena tidak ada paralelisme. Multi-core membagi dataset ke inti yang berbeda untuk sorting, meningkatkan efisiensi, kinerja Bubble Sort, dan penggunaan CPU. Namun, penelitian ini terbatas pada laptop Quad-Core, Bubble Sort, dan bahasa pemrograman Python. Multicore penting untuk perkembangan perangkat keras dan lunak.
PREDIKSI RISIKO PENYAKIT HIPERTENSI MENGGUNAKAN METODE EXTREME LEARNING MACHINE (ELM) Muhardina, Rinie
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.77811

Abstract

Hipertensi adalah penyakit disebabkan oleh peningkatan abnormal tekanan darah, baik tekanan darah sistolik maupun tekanan darah diastolik. Berbagai faktor risiko yang menyebabkan penyakit ini diantaranya riwayat keluarga, umur, jenis kelamin, dan lain-lain. Penelitian ini menjelaskan sebuah sistem dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat memprediksi risiko penyakit hipertensi dengan menggunakan metode Extreme Learning Machine (ELM). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh neuron lapisan tersembunyi terhadap kinerja pelatihan terbaik dan mengetahui jumlah neuron terbaik. Data yang digunakan penelitian ini berjumlah 500 data. Rasio pembagian data pelatihan dan pengujian yaitu 70:30, dengan data pelatihan 350 data dan data pengujian 150 data. Penelitian dilakukan dengan mencari hidden neuron untuk menghasilkan kinerja terbaik. Dilakukan proses pelatihan dengan menggunakan beberapa variasi jumlah hidden neuron yang diuji coba yaitu 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, 50, hingga 100 sampai tahap pengujian. Hasil kinerja terbaik pada proses pelatihan yaitu MSE sebesar 0, 02572 dengan akurasi 99% dari berbagai variasi neuron.
IMPLEMENTASI METODE DECISSION TREE C4.5 PADA LAMPU OTOMATIS BERDASARKAN KEBIASAAN PENGHUNI RUMAH Fahrizal, Muhammad; Nirmala, Irma; Suhardi, Suhardi
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.81200

Abstract

Lampu adalah salah satu alat penerangan yang umumnya digunakan untuk menerangi ruangan di rumah. Namun, terkadang ada beberapa lampu yang masih menyala pada siang hari. Hal ini sering kali disebabkan oleh kelalaian penghuni rumah dalam mematikan lampu tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, telah dikembangkan sistem otomatisasi lampu yang cerdas, yang mampu menyalakan dan mematikan lampu berdasarkan kebiasaan penghuni rumah. Sistem ini menggunakan metode Algoritma C4.5 untuk membuat keputusan otomatis. Sistem otomatisasi ini dibangun menggunakan NodeMCU ESP32 sebagai mikrokontroler dan 6 lampu LED sebagai perangkat penerangan yang dikendalikan. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dari 620 penggunaan lampu selama 14 hari untuk pelatihan, yang didasarkan pada kebiasaan penghuni rumah. Setelah fase pelatihan, sistem diuji dengan 120 data pengujian selama 5 hari untuk mengevaluasi kinerja sistem otomatisasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem ini berhasil mencapai tingkat akurasi sebesar 99.31%, dengan nilai recall 100%, precision 99%, dan error 0.69%.Penelitian ini menunjukan bahwa sistem bekerja dalam mengandalikan lampu sesuai kebiasaan pengguna, mendungkung adanya penghematan penggunaan energi terutama energi listrik.
RANCANG BANGUN SISTEM PEMINJAMAN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS WEBSITE DENGAN FITUR PUSH NOTIFICATION & BOT TELEGRAM Aisyah, Lupita; Ilhamsyah, Ilhamsyah; Febriyanto, Ferdy
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.57919

Abstract

Sarana dan prasarana FMIPA Untan adalah merupakan bagian penting dalam siklus pelayanan untuk mendukung berjalannya kegiatan akademik dan non-akademik. Proses peminjaman yang masih menggunakan cara manual ini tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan masalah, seperti terjadi kesalahan dalam proses peminjaman terkait jadwal ketersediaan sarana dan prasarana yang akan dipinjam, serta memerlukan waktu yang cukup banyak bagi mahasiswa atau peminjam. Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Informasi Perminjaman Sarana dan Prasarana (SPSP) berbasis website dengan mengimplementasikan teknologi push notification. Selain implementasi teknologi push notification, teknologi lainnya yang diimplementasikan dalam sistem informasi ini adalah teknologi bot telegram, dimana teknologi ini merupakan aplikasi dari pihak ketiga yang dapat berjalan dalam aplikasi Telegram. Dengan memanfaatkan teknologi BOT Telegram, sistem yang telah dibuat dapat memberikan informasi tentang peminjaman sarana dan prasarana di FMIPA Untan. Mahasiswa atau dosen dapat melakukan peminjaman melalui sistem tanpa harus melakukan pengecekan ketersediaan sarana dan prasarana di bagian umum dan perlengkapan FMIPA Untan. Hasil dari penelitian ini berupa SPSP yang telah dilakukan pengujian fungsional kepada pihak bagian umum dan perlengkapan, dosen, dan mahasiswa FMIPA Untan yang memperoleh hasil sesuai dengan perancangan fungsional sistem. Sedangkan pengujian interface kepada mahasiswa memperoleh predikat sangat baik dengan nilai sebesar 86,74 %.  Kata kunci: Sarana dan Prasarana, FMIPA UNTAN, Push Notificaton, Bot Telegram, SPSP
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA KARYAWAN ROYAL LAUNDRY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE KANBAN Altalariksyah, Faiz; Mutiah, Nurul; Febriyanto, Ferdy
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.84701

Abstract

Perkembangan sistem informasi telah berdampak pada banyak  aspek kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas harian. Banyak sektor, termasuk dunia bisnis, melihat efek positif dari penerapan sistem informasi. Salah satu bisnis yang bisa didukung oleh teknologi informasi adalah bisnis laundry. Royal laundry adalah sebuah tempat usaha laundry yang berlokasi di kota Pontianak yang mempunyai 24 pegawai. Untuk sistem operasional seperti pelayanan presensi, izin cuti, dan penggajian masih manual. Sistem manual ini menggunakan pencatatan melalui kertas ketika presensi, pembuatan slip gaji, hingga rekapitulasi bulanan dan cuti. Hal tersebut berdampak pada sulitnya pegawai untuk izin cuti, sistem penggajian yang manual sehingga menyulitkan dari segi pencatatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang sebuah sistem informasi penggajian menggunakan metode Kanban. Kanban digunakan karena memiliki alur pengembangan yang cepat dan efektif dalam pembangunan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi presensi dan penggajian berbasis web yang diujikan menggunakan black-box dan skala likert. Hasil dari uji fungsionalitas sistem yang diuji oleh pihak royal laundry menunjukkan bahwa sistem informasi presensi dan penggajian karyawan di royal laundry memiliki nilai yang sangat baik dan diterima oleh pemilik dari royal laundry. Hal ini menunjukkan bahwa sistem informasi yang dibuat dapat membantu memecahkan masalah yang dialami oleh usaha royal laundry dalam melakukan manajemen karyawan.
EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE BADAN PUSAT STATISTIK MENGGUNAKAN METODE WEBUSE DAN IPA Deanti, Uray; Rusi, Ibnur; Ilhamsyah, Ilhamsyah
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.86201

Abstract

Penerapan teknologi berbasis situs web pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pontianak digunakan sebagai wadah untuk menyediakan data yang diperlukan oleh pemerintah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan efektivitas kinerja yang diberikan. Dalam penerapannya terdapat beberapa kendala yang dapat mempengaruhi nilai kegunaan pada situs web, kegunaan situs web adalah kualitas yang dapat diketahui terkait seberapa mudah pengguna untuk mencapai tujuannya, kendala yang dialami diantaranya pengguna kesulitan mencari informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kegunaan website berdasarkan sudut pandang pengguna menggunakan metode WEBUSE dan IPA diterapkan untuk mengukur kesesuaian serta kesenjangan antara kinerja dari instansi dan kepentingan pengguna terhadap website, serta mengidentifikasi secara lebih spesifik indikator yang menjadi fokus utama untuk dilakukan perbaikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kegunaan website berdasarkan 23 indikator yang mencakup 4 Dimensi WEBUSE yang mencakup aspek Konten, Organisasi, dan Keterbacaan; Navigasi dan Tautan; Desain Antarmuka Pengguna; serta Kinerja dan Efektivitas, berada dalam kategori "baik" dengan skor 0,79. Rata-rata kinerja website dinilai 4,10, yang masuk dalam kategori "Sangat Baik," sementara rata-rata tingkat kepentingan berada pada angka 4,34, yang termasuk kategori "Sangat Penting." Tingkat kesesuaian rata-rata tercatat sebesar 94,48%, dan kesenjangan rata-rata (Gap) sebesar -0,24. Berdasarkan analisis kuadran IPA, ada dua indikator di kuadran I yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan, yaitu COR1 dan COR2.
Sistem Pemilah Tingkat Kematangan Buah Tomat Berdasarkan Warna Buah Berbasis Website Indriana, Fitrialfi; Suhery, Cucu; Sari, Kartika
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i2.87108

Abstract

Tomat adalah buah yang memiliki banyak manfaat dan permintaan tinggi di pasaran, namun pemilahan tomat berdasarkan tingkat kematangan sering kali dilakukan secara manual, yang memerlukan waktu dan ketelitian. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengembangkan sistem otomatis yang mampu memilah tomat menjadi tiga kategori kematangan yaitu matang, setengah matang, dan mentah, berdasarkan warna buahnya menggunakan sensor RGB TCS34725. Sensor Loadcell berfungsi untuk menimbang berat tomat, sedangkan Arduino Nano mengendalikan sistem dan NodeMCU ESP32 mengirim data ke server. Sensor Ultrasonik HC-SR04 berperan dalam mendeteksi kapasitas wadah pemilahan dan memberikan notifikasi saat wadah mendekati batas penuh. Hasil pemilahan data ditampilkan secara real-time melalui antarmuka website dengan menggunakan Grafana sebagai platform visualisasi dan MySQL sebagai database. Sistem diuji dengan menggunakan 90 buah tomat dengan masing-masing 30 tomat matang, setengah matang, mentah dan menunjukkan akurasi pemilahan warna sebesar 86,67% dan akurasi pengukuran berat sebesar 91,79%. Website ini memudahkan monitoring dan evaluasi dengan menampilkan informasi berat untuk masing-masing kategori dan total keseluruhan serta riwayat pemilahan. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pemilahan tomat, mengurangi waktu dan tenaga yang diperlukan, serta membantu petani dalam proses pemilahan secara otomatis.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 2 (2025): Edisi September 2025 Vol 13, No 1 (2025): Edisi April 2025 Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024 Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024 Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer More Issue